Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Konsep Pembelajaran PAUD

Pada masa usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Untuk membangun pertumbuhan baik anak, ada baiknya untuk mengikutsertakan anak pada pembelajaran PAUD. Karena berupaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang dilakukan pada anak sejak lahir hingga usia delapan tahun. Buku referensi yang membahas konsep dasar pembelajaran anak usia dini terbilang masih sangat langka. Karena itulah buku ini hadir untuk membuka cakrawala pemikiran para pendidik, yang tugas utamanya bukan hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja, melainkan lebih dari itu. Seorang pendidik diharapkan mampu membuat anak didiknya paham atas apa yang dipelajarinya. Bahkan substansi buku ini dapat juga menginspirasi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini. Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad Pertengahan Bab 4 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Abad Pencerahan, Zaman Baru, Zaman Rasionalisme Bab 5 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Abad Ke XIX Revolusi Perancis, Abad XX di Eropa, dan Abad XX di Amerika Bab 6 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini di Indonesia Daftar Pustaka Glosarium Indeks Tentang Penulis Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 202 halaman Weight : 0.305 kg ISBN : 9786024461096 Pengarang : Luluk Asmawati Penerbitan : Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : PAUD - Pendidikan anak - Pendidikan dasar Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Daftar isi Bab 1 Hakikat Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini Bab 2 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Purba di Asia Afrika Bab 3 Tokoh dan Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Zaman Yunani, Romawi, Abad ...

Buku Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Sebagai bagian dari upaya mensukseskan pembelajaran dalam kelas, maka dibutuhkan sebuah pemahaman tentang dasar dan teori pembelajaran, khususnya bagi pelaksanaan pembe- lajaran pada anak usia dini. Selain memiliki kekhasan tersendiri, pembelajaran pada anak usia dini harus dipahami sebagai bentuk pembelajaran yang mampu memberikan pemahaman yang kongkrit sebagai upaya pengalaman belajar peserta didik secara alami. Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan buku ajar yang penulis susun dalam rangka memberikan bekal pemahaman dasar kepada para pendidik dan para calon pendidik (mahasiswa) yang menggeluti pembelajaran anak usia dini.

Implementasi konsep pembelajaran Kilpatrick proyek total pada pendidikan anak usia dini yaitu pendidikan berdasarkan tematik artinya system belajarnya didasarkan pada suatu tema, tetapi dari satu tema itu dapat menggali berbagai ...

MODEL EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PAUD

Teori dan Praktik dalam Pembelajaran PAUD

Dalam dunia pendidikan, siapapun harus menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Makna kesenangan yakni bagaimana dalam kegiatan pendidikan tidak terjadi tekanan mental dan fisik baik pada diri pendidik maupun peserta didik. Proses kegiatan pembelajaran seyogiyanya dalam kondisi menyenangkan, pikiran jernih, tidak menimbulkan suasana tegang dan terciptanya suasana yang mendorong tumbuh kembangnya aspek fisik, mental serta berbagai kecerdasan peserta didik. Strategi pembelajaran yang membantu anak melakukan kegiatan, pada akhirnya akan dapat mengkontruksi pengetahuan yang mereka pelajari dengan baik serta merangsang perkembangan nilai moral agama, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni. Edutaintment merupakan salah satu strategi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini yang mengedepankan aspek kesenangan dan keceriaan sehingga yang timbul adalah suasana hiburan yang menyenangkan. Strategi edutainment bukan lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bagi anak, namun menjadi sesuatu yang menarik dan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik. Unsur kebahagiaan dalam proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting agar anak antusias dan menambah motivasi dalam diri anak. Tentunya pembelajaran akan berlangsung dengan efektif serta kreativitas anak pun pada akhirnya dapat muncul dengan baik.

“Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda”. Jurnal Thufula, 4(1), 44–62. Sumanto. (2005). ... Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Uno, H. B. (2008).

Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple intellegences. Ide-ide kreatif tersebut tertuang secara jelas dan mudah untuk diterapkan sehingga para guru Anak Usia Dini tidak perlu repot untuk mendesain pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, melainkan juga memiliki muatan-muatan penanaman karakter dengan menggunakan klasifikasi kecerdasan majemuk. Sajian dalam buku ini dilengkapi dengan ulasan secara teoritik dari setiap strategi pembelajaran yang ditawarkan. Terdiri dari 9 bagian dengan masing-masing terdapat 14 strategi pembelajaran, buku ini sangat relevan dikonsumsi oleh mereka para calon guru Anak Usia Dini, guru Anak Usia Dini dan pemerhati dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai referensi utama. Selain itu, kelebihan dari buku ini adalah strategi yang disajikan tidak sekedar hasil dari kajian pustaka saja, namun telah dilakukan eksperimen pada berbagai lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut dikarenakan para penulis buku ini memiliki kapasitas yang mumpuni baik secara teoritik maupun praktik. Melihat urgensi dan tingkat kebermanfaatan yang ada dalam buku ini, Penerbit Mangku Bumi merasa sangat bangga dapat menerbitkan buku yang sekarang sedang anda baca. Anda akan menemukan berbagai macam strategi yang up to date. Selamat bereksperimen dan salam revolusi mental...!!!

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple ...

Assesmen Pembelajaran PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental.

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD

Berbasis Perkembangan Anak

Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. Jakarta : PT Kencana Prenada Media Group Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Warniti, Surya, Ardana, Ketut, Kristiantari, ...

Strategi Pembelajaran PAUD

  • ISBN 13 : 9786024461843
  • Judul : Strategi Pembelajaran PAUD
  • Pengarang : Mulyasa,  
  • Kategori : PAUD
  • Penerbit : Remaja Rosdakarya
  • Klasifikasi : 380
  • Call Number : 380 MUL s
  • Bahasa : Indonesia
  • Edisi : 1
  • Tahun : 2017
  • Ketersediaan :
    006793
    (PNJ-001-00004733) Dipinjam sampai 07-01-2025 pada Library of UI BBC
    006792
    Tersedia di Library of UI BBC
    006791
    Tersedia di Library of UI BBC
    006790
    (PNJ-001-00004297) Dipinjam sampai 21-11-2023 pada Library of UI BBC
    006789
    Tersedia di Library of UI BBC
    006788
    Tersedia di Library of UI BBC
    006787
    Tersedia di Library of UI BBC
    006786
    Tersedia di Library of UI BBC
    006785
    Tersedia di Library of UI BBC
    006784
    Tersedia di Library of UI BBC