Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Perceraian Dalam Sistem Hukum Di Indonesia

Buku ini layak dibaca insan akademik dan masyarakat luas. Kehadiran buku ini bukan hanya memberikan asupan secara epistemologis (perceraian dalam kajian fikih dan hukum positif), namun juga secara aksiologis bisa menurunkan tingkat perceraian. Setiap keluarga bisa kembali pada tekad awalnya: membangun keluarga sakinah, mawaddah, rahmah. Keluarga seperti ini pada gilirannya akan menjadi modal sosial dalam ikhtiar mewujudkan bangsa yang bahagia.

Buku ini layak dibaca insan akademik dan masyarakat luas.

Kontribusi Perbankan Syari'ah Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Banjarnegara

Perbankan syari'ah memiliki peran penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat yang mengedepankan akad-akad produk berdasarkan hukum syariah sehingga tidak ditemukan unsur riba didalamnya. Buku ini merupakan hasil penelitian yang mengkaji bagaimana kontribusi perbankan syariah secara kuantitatif terhadap perkembangan UMKM dengan mengambil setting penelitian di kecamatan Banjarnegara.

Adapun permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Makasar sama dengan permasalahn UMKM secara Nasional seperti tingkat sumber daya manusia (SDM) yang tergolong rendah, kurangnya penguasaan teknologi, budaya usaha yang belum terbangun, ...

Hubungan Fiqh Kalam dan Tasawuf dalam Pandangan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Suryalaya Tasikmalaya

Krisis yang melanda bangsa Indonesia semakin hari semakin merambah ke berbagai aspek kehidupan bangsa. Secara kronologis, krisis yang melanda bangsa ini bermula dari krisis keimanan (kepercayaan kepada Allah SWT) kemudian menyebabkan terjadinya krisis moralitas, kemudian diikuti krisis ekonomi, politik, sosial dan budaya. Secara ideologi bangsa Indonesia adalah bangsa yang terkenal memiliki kesadaran tinggi tentang keberagamaan. Sebab, sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang ada dalam Pancasila merupakan sila yang menyinari dan menjiwai sila-sila yang lain. Meskipun demikian, tidak dapat diingkari bahwa kejadiankejadian itu telah menjadi kenyataan yang tidak dapat dibantah keberadaannya. Pengamalan tasawuf yang terorganisir dalam sejarah Islam dikenal dengan tarekat. Salah satu tarekat yang relatif banyak pengikutnya di Indonesia dan ASEAN adalah Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN), yang salah satu pusatnya adalah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Oleh karena itu, perlu untuk meneliti bagaimana hukum pengamalan fiqh, kalam dan tasawuf. Dalam hal ini penulis mencoba melakukan penelitian tentang hubungan pengamalan fiqh, kalam dan tasawuf dalam kehidupan keberagamaan komunitas Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

Krisis yang melanda bangsa Indonesia semakin hari semakin merambah ke berbagai aspek kehidupan bangsa.

Nalar Pendidikan Islam Kritis Transformatif Abad 21

Buku ini hadir sebagai sebuah alternatif di tengah-tengah kondisi pendidikan yang semakin digerogoti oleh nalar pendidikan yang monoton dan misleading serta tidak memanusiakan manusia seutuhnya. Semangat yang membuat manusia sudah tidak lagi menjadi subjek, tetapi menjadi objek dari regulasi sistem pengetahuan dan sistem sosial yang telah tercipta sebelumnya. Buku ini sangat cocok dibaca oleh akademisi, pendidik dan orang tua sebagai tambahan pengetahuan dalam memandang hakikat manusia secara utuh.

Buku ini hadir sebagai sebuah alternatif di tengah-tengah kondisi pendidikan yang semakin digerogoti oleh nalar pendidikan yang monoton dan misleading serta tidak memanusiakan manusia seutuhnya.

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.

Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple intellegences. Ide-ide kreatif tersebut tertuang secara jelas dan mudah untuk diterapkan sehingga para guru Anak Usia Dini tidak perlu repot untuk mendesain pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, melainkan juga memiliki muatan-muatan penanaman karakter dengan menggunakan klasifikasi kecerdasan majemuk. Sajian dalam buku ini dilengkapi dengan ulasan secara teoritik dari setiap strategi pembelajaran yang ditawarkan. Terdiri dari 9 bagian dengan masing-masing terdapat 14 strategi pembelajaran, buku ini sangat relevan dikonsumsi oleh mereka para calon guru Anak Usia Dini, guru Anak Usia Dini dan pemerhati dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai referensi utama. Selain itu, kelebihan dari buku ini adalah strategi yang disajikan tidak sekedar hasil dari kajian pustaka saja, namun telah dilakukan eksperimen pada berbagai lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut dikarenakan para penulis buku ini memiliki kapasitas yang mumpuni baik secara teoritik maupun praktik. Melihat urgensi dan tingkat kebermanfaatan yang ada dalam buku ini, Penerbit Mangku Bumi merasa sangat bangga dapat menerbitkan buku yang sekarang sedang anda baca. Anda akan menemukan berbagai macam strategi yang up to date. Selamat bereksperimen dan salam revolusi mental...!!!

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple ...

MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Secara garis besar isi buku ini mengenai analisis pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam, strategi pembelajaran melalui Pendekatan Saintifik, analisis dan pengembangan kompetensi sikap spiritual peserta didik dalam konteks Kurikulum 2013 yang terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan motivasi pembelajaran bagi peserta didik. Semoga dengan hadirnya buku ini dapat memberikan referensi yang begitu jelas bagi para akademisi, terlebih bagi para pendidik yang mengampu tugas di sekolah maupun madrasah. Tidak lupa buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan para pendidik dan para akademisi untuk mencapai kompetensi yang diharapkannya bagi peserta didik yang menjadi binaannya masing-masing, yang telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Sehingga dengan demikian, buku ini layak di baca insan akademik dalam menambah wawasan khasanah keilmuan pendidikan dalam memberikan asupan pengetahuan kepada peserta didik supaya menjadi pribadi yang labih baik lagi. Tujuan dasar buku ini adalah menciptkan dan mewujudkan kesadaran pentingnya pendidikan bagi warga Negara Indonesia terutama pendidikan berbasis agama Islam agar terwujudnya nuansa ilmu pengetahuan di lingkungan sekolah dan madrasah sebagai salah satu wujud mendidik, membimbing, dan mencerdaskan anak bangsa.

Secara garis besar isi buku ini mengenai analisis pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, proses pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama ...