Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah

Judul : Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah Penulis : Risna, Dharma Harfin, Nurdin, Isbawahyudin, Ihdiana, Sampara Halik, Nur Asti Sari, Kasmawati, Dina Maryani Z, Dian Fitri Nurmalasari, Sitti Aisyah Ona, Muh. Nurdin A.N., dan Irham Said Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 189 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-528-1 SINOPSIS Buku yang bertajuk “Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah” ini sebagai bentuk refleksi ide dan pelaksanaan moderasi beragama pada lingkup Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi, merupakan suplemen tambahan dari sekian banyaknya buku-buku yang membahas tentang “Moderasi Beragama”, terutama yang secara resmi diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Buku ini dimaksudkan sebagai referensi tambahan yang bersifat lebih praktikal bagi segenap pembaca, utamanya yang bekerja dalam lingkup pendidikan madrasah. Buku ini menyajikan bacaan yang lebih ringkas dan praktis dalam memahami pelaksanaan moderasi beragama di madrasah. Agar semakin mudah untuk dipahami oleh para pembaca, maka pada beberapa bagian dari buku ini, sengaja ditampilkan contoh-contoh kasus yang dikemas secara naratif namun mudah untuk dipahami. Sangat diharapkan buku ini dapat memberi penguatan pemahaman bagi guru tentang moderasi beragama dan bagaimana mengimplementasikannya dimadrasah. Penjelasan atau ulasan terkait semua itu, secara lebih mendalam tentang apa itu moderasi beragama, mengapa ia penting dalam konteks Indonesia, serta bagaimana strategi penguatan dan implementasinya secara khusus dimadrasah, dapat dibaca dalam buku ini.

Judul : Praktik Baik Moderasi Beragama Di Madrasah Penulis : Risna, Dharma Harfin, Nurdin, Isbawahyudin, Ihdiana, Sampara Halik, Nur Asti Sari, Kasmawati, Dina Maryani Z, Dian Fitri Nurmalasari, Sitti Aisyah Ona, Muh.

Book of Abstract Conference Article of Takhrij Al-Hadith

The articles in the Book of Abstract are the output of the Tahrij Hadith course. This course applies Outcome Based Education (OBE) in the form of articles published in scientific journals. As a step towards scientific publication, the authors presented articles at CATAH activities. A total of 43 students registered at CATAH, all of which were third-semester students of class B, the Department of Al-Qur'an and Tafsir of the Faculty of Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Lectures start on September 9, 2022 while CATAH will be held on December 28, 2022.

The articles in the Book of Abstract are the output of the Tahrij Hadith course. This course applies Outcome Based Education (OBE) in the form of articles published in scientific journals.

Inovasi Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi

Komputer sebagai bentuk pengembangan dari Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi ikon yang paling sering disebut sebagai penyebab perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang. Pendidikan sebagai bidang yang sangat terpengaruh akan hadirnya teknologi sehingga kita sebagai pendidik dan peserta didik perlu mengetahui dan memahami inovasi yang terjadi terhadap kurikulum, bahan ajar, dan aspek lainnya. Melalui buku ini disampaikan terkait inovasi pengembangan kurikulum berbasis teknologi informasi. Pembaca bisa melihat berbagai jenis pengajaran secara menyeluruh dan bisa mendapatkan pengetahuan terkait hal-hal yang penting dari berbagai aspek tersebut. Melalui buku ini juga pembaca dapat melihat perkembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia serta pengaruh inovasi terhadap proses belajar di sekolah maupun perguruan tinggi.

... Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205 ... PAI). Cantrik Pustaka. Bahri, Syamsul. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Multikulturalisme Di Indonesia ...

Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar

Buku ini disusun oleh sejumlah guru, dosen dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Kehadiran buku ini diharapkan memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Sistematika buku ini dengan judul “Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Kurikulum, modul ajar dan pendekatan STEAM merdeka belajar, strategi penerapan kurikulum merdeka belajar pada PAUD, SD, SMP dan SMA serta aksi nyata, juga dilengkapi dengan Model-model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum merdeka belajar.

Sistematika buku ini dengan judul “Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar” terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dan Aplikasi diantaranya: Kurikulum, modul ...

Kajian Epistemologi terhadap Ilmu Hikmah dan Penyimpangan Prakteknya dalam Masyarakat: Studi pada Wirid Hizib Asror di Pesantren Nurul Hikmah Bojonegara Serang-Banten

Pengamalan ilmu hikmah merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan bagi masyarakat Banten. Karena tingginya suatu kepercayaan terhadap hal-hal yang bersifat supranatural. Masyarakat Bojonegara masih meyakini bahwa dengan pengamalan ilmu hikmah segala urusan baik urusan sosial maupun ekonomi dapat tercapai karena menganggap ilmu hikmah mempunyai kekuatan yang dapat mempercepat keinginan secara pragmatis. Bagi masyarakat Bojonegara ilmu hikmah yang berkembang saat ini ialah suatu amalan yang berupa ayat al-Qur`an, do`a-do`a tertentu, wirid dan hizib yang semata-mata dijadikan sebagai ikhtiyar untuk mendekatkan diri dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Akan tetapi tanpa disadari masih banyak masyarakat yang praktek pengamalannya tidak sesuai dengan ajaran Islam Untuk Pengamalan ilmu hikmah tersebut biasanya, para warga dapat berguru kepada sang kiyai, yang mengajarkan ilmu hikmahnya melalui pesantren-pesantren, khusunya pesantren salafi, dari berbagai macam ilmu hikmah yang di ajarkan lewat pesantren-pesantren tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaiman memperoleh ilmu hikmah Wirid Hizib Asror dan Penyimpa-ngan prakteknya dalam masyarakat Bojonegara Serang Banten Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan tentang apa itu ilmu hikmah Wirid Hizib Asror, bagaimana proses memperoleh dan manfaat lmu hikmah Wirid Hizib Asror, bagaimana kedudukan ilmu hikmah dalam epistemologi, serta mendiskripsikan praktek pengamalan masyarakat sesuai dengan ajaran Islam dan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan epistemologi Islam, teknik pengumpulan data yang digunakan Library Research dan Field Research. Ilmu Hikmah Wirid Hizib Asror ialah amalan-amalan baik berupa bacaan zikir, dan do`a-do`a yang mampuh memberikan kekuatan spiritual yang bersifat rahasia, yang diperoleh melalui niat, adanya seorang guru, berijazah, berpuasa,wirid, dan Istiqamah. Kemanfaatan dari ilmu hikmah Wirid Hizib Asror membantu mempercepat tercapainya keinginan menolak suatu bahaya, dan pengobatan. Serta dilihat dari sebuah kedudukannya dalam epistemologi Ilmu hikmah Wirid Hizib Asror jelas dapat dikatakan sebagai epistemologi, sebab unsur-unsur dari sub ontologi, epistemologi dan aksiologinya terpenuhi.

Pengamalan ilmu hikmah merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan bagi masyarakat Banten.

Evaluasi Pembelajaran

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh soal yang sesuai dengan aplikasi dan mudah dipahami. Sistematika buku ini dengan judul “Evaluasi Pembelajaran” mengacu pada konsep dan contoh soal pembahasan. Buku ini terdiri atas 10 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar Evaluasi Pembelajaran untuk para pendidik diantaranya: Konsep Pengukuran, penilaian dan evaluasi, Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran, Acuan dan Aspek hasil belajar, mendeskriptifkan penilaian tes dan non tes, analisis teoritis, validitas soal secara manual, excel dan SPSS, Reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal, penilaian keterampilan, mengolah hasil tes, prosedur administrasi dan pelaopran hasil pengukuran dan penilaian, kompetensi guru dalam pengukuran dan penilaian Pendidikan.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Evaluasi Pembelajaran, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi ...

Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Persiapan materi yang bersifat teoritis penting artinya dalam mempersiapkan calon guru, namun latihan praktis tidak kalah pentingnya dari semua teori itu. Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] di sekolah-sekolah merupakan media terbaik untuk melatih calon guru dalam mengajar dan melatih kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan-keterampilan mengajar tersebut sebelum terjun ke lapangan pendidikan yang sesungguhnya dimana mereka sudah jauh dari bimbingan, arahan dan pantauan pembimbing. Berlatih mengajar di kelas dengan peserta didik 40 orang dan alokasi waktu 40 menit dalam satu pertemuan merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi seorang calon guru yang sedang berlatih [praktikan], perhatiannya sering tertuju pada peserta didik yang sedang belajar sehingga terabaikan tujuan utamanya bahwa dia sedang belajar mengajar. Bahkan jika praktikan mengalami kekeliruan mengajar akan berakibat langsung pada sekian banyak peserta didik. Untuk melengkapi kekurangan tersebut, dikembangkan pengajaran mikro [micro teaching] guna menunjang Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM], artinya sebelum calon guru dikirim ke sekolah- sekolah untuk mengikuti Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] mereka terlebih dahulu dilatih melaksanakan pengajaran mikro [micro teaching]. Dalam pengajaran mikro, calon Keterampilan Dasar Mengajar Guru Penulis: Rabukit Damanik, M.Pd. Rakhmat Wahyudin Sagala, M.Hum. Tri Indah Rezeki, M.Hum. iv guru [praktikan] dilatih untuk menguasai sejumlah keterampilan, melakukan berbagai bentuk langkah dan kegiatan, yang dilanjutkan dengan diskusi tentang masalah-masalah yang dihadapi, dengan menggunakan rekaman video, dihadiri dosen pembimbing, dan saling bertukar peran antara praktikan. Bagaimana konsep pengajaran mikro, apa latar belakang historis dan teoritis yang mendasarinya, keterampilan mengajar apa saja yang dilatihkan dalam pengajaran mikro, apa saja macammacamnya dan apa manfaatnya

... kegiatan pembelajaran berulang-ulang, dan guru sudah kewalahan menanganinya, maka guru tersebut dengan penuh kebijaksanaan dapat meminta tolong atau bekerjasama dengan pimpinan sekolah, guru bimbingan [konselor], dan atau orang tua.

Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas)

Buku pendidikan yang berjudul Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas) merupakan buku karya Undang Ruslan Wahyudin. Buku ini bermanfaat bagi masyarakat umum yang ingin menambah pengetahuan tentang manajemen pembiayaan pendidikan, makna manajemen keuangan, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip serta faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan. Buku yang berjudul Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi dan Akuntabilitas), memiliki peran penting dan perlu dimaknai. Buku ini berisi 8 bab, dengan pokok bahasan, antara lain: Konsep manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan, manajemen keuangan pendidikan, anggaran pendidikan, pendanaan pendidikan, pembiayaan pendidikan, faktor-faktor pembentuk biaya pendidikan, operasionalisasi pembiayaan pendidikan, dan kebijakan alokasi anggaran untuk lembaga pendidikan di Indonesia. Daftar isi buku ini meliputi : Bab I Konsep Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidikan Bab II Manajemen Keuangan Pendidikan Bab III Anggaran Pendidikan Bab IV Pendanaan Pendidikan Bab V Pembiayaan Pendidikan Bab VI Faktor-Faktor Pembentuk Biaya Pendidikan Bab VII Opersionalisasi Pembiayaan Pendidikan Bab VIII Kebijakan Alokasi Anggaran untuk Lembaga Pendidikan di Indonesia Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Penulis : Undang Ruslan Wahyudin E-ISBN : 978-623-02-3178-0 Ukuran : 14x20 cm Halaman : 160 hlm Tahun Terbit : 2021 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com

Buku pendidikan yang berjudul Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas) merupakan buku karya Undang Ruslan Wahyudin.