Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Kehidupan Moderasi Beragama

Tinjauan Potensi Adat dan Budaya

Buku ini merupakan hasil penelitian BOPTN yang mengangkat judu tentang Kehidupan Moderasi Beragama (Tinjauan Potensi Adat dan Budaya). Keberagaman dan kemajemukan bangsa Indonesia merupakan fakta sosial dan keniscayaan yang harus diterima dan disikapi dengan bijaksana oleh segenap bangsa Indonesi dan harus dijadikan sebagai potensi untuk membangun kehidupan sosial bangsa Indonesia. Keberagamaan itu harus dijadikan diolah menjadi modal dan potensi kemajuan bangsa dan harus disukuri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Seiring perkembangan jaman tentu bangsa Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan, munculnya gesekan, bibit konflik tidak bisa dihindarkan, oleh karena itu harus terus dilakukan upaya utnuk merawatnya dan mengantisipasi gesekan dan lahirnya bibit konflik yakni dengan gerakan moderasi beragama. Kondisi adat dan budaya yang heterogen dalam masyarakat harus dirawat dengan baik dalam bingkai moderasi sehingga dapat terbangun kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Buku persembahan penerbit Bypass #PenerbitBypass

Buku ini merupakan hasil penelitian BOPTN yang mengangkat judu tentang Kehidupan Moderasi Beragama (Tinjauan Potensi Adat dan Budaya).

Tujuh Teknologi Transformasi Digital Penggerak Industri 4.0

ada generasi saat ini, Industri 4.0 merupakan sebuah revolusi digital yang memberdayakan digitalisasi dari proses manufaktur dengan intervensi manusia maupun penggunaan manual yang minimum, dengan tujuan menjaring sebanyak mungkin industri dan mengadaptasi serta meningkatkan teknologi yang ada agar menyesuaikan kebutuhan manufaktur digital (Nayyar & Kumar, 2020, p. 1). Nayyar dan Kumar (2020, p. 1) juga menyebut Industri 4.0 juga sebagai “smart manufacturing” dan “industrial internet”, yang berpotensi mempengaruhi seluruh sistem manufaktur di berbagai industri melalui transformasi global terkait desain, manufaktur maupun pengiriman barang dan jasa.

Dalam dunia perbankan, teknologi ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan keamanan sistem. Salah satu aplikasi blockchain dalam dunia perbankan adalah dalam sistem ...

HUMAS & KEPROTOKOLAN

Fungsi humas dan keprotokolan bagi organisasi menjadi penting. Baik organisasi bisnis—laba, maupun organisasi pemerintahan—nonlaba memerlukan hubungan kemasayarataan yang menjembatani komunikasi organisasi kepada para pemangku kepentingan (stakeholder). Agar fungsi ini bisa berjalan baik, maka diperlukan pemahaman dan kompetensi bagi mahasiswa yang kelak menjadi bekal mereka dalam bekerja di bidang kehumasan dan keprotokolan. Dengan adanya buku ajar ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki pemahaman, dan kompetensi terkait humas dan keprotokolan. Buku ini berisi tigabelas bagian yang dapat dipelajari oleh mahasiswa komunikasi yang mengambil mata kuliah kehumasan.

Fungsi humas dan keprotokolan bagi organisasi menjadi penting.

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MENGGUNAKAN TEKNIK INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC)

Pada umumnya, perusahaan besar maupun kecil cenderung mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan promosi demi mempertahankan sebuah produk dan penguatan sebuah merek. Selain itu, demi meningkatkan angka penjualan, perusahaan gencar melakukan promosi baik melalui periklanan maupun alat-alat komunikasi pemasaran lainnya seperti humas, pemasaran langsung, penjualan personal, dan promosi penjualan, dalam memasarkan produknya. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan baru dimana alat-alat komunikasi pemasaran bisa berjalan efektif dan terintegrasi. Salah satunya dengan cara melakukan komunikasi pemasaran atau Marketing Communicationss (MC). Upaya untuk membangun citra perusahaan tidak lepas dari peran suatu badan atau lembaga yang berfungsi mengidentifikasi, memantapkan dan juga memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan publiknya. Badan Atau lembaga yang bertanggung jawab menyangkut hal ini adalah hubungan masyarakat yang biasa disingkat humas. “Humas adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen dan penyalurnya.” Berdasarkan definisi ini, public relation dikatakan sebagai wadah untuk membangun suatu organisasi atau perusahaan melaui program-program kerjanya yang ber berorientasi untuk pembentukan citra positif. Definisi tentang public relations yang menekankan tanggung jawab khususnya, diberikan oleh public relations news yang menyatakan.

Pada umumnya, perusahaan besar maupun kecil cenderung mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan promosi demi mempertahankan sebuah produk dan penguatan sebuah merek.

Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang. Sejak adanya pandemi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dunia mengalami banyak perubahan di berbagai tatanan kehidupan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Virus yang tidak nampak membuat dunia harus sabar di rumah saja karena itu salah satu cara agar angka kematian yang disebabkan oleh virus ini tidak semakin naik. Dengan adanya permintaan di “rumah saja” lantas tidak membuat aktivitas berhenti. Masyarakat tetap masih bisa bekerja, belajar, berdoa, dan mencari hiburan meski di rumah saja. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dalam jaringan (daring) adalah sebutan untuk belajar melalui satu tempat saja yang bernama rumah. Gerakan b elajar di rumah saja menjadi popul er di awal tahun 2020. Saat virus Covid 19 melanda Indonesia, seluruh perguruan tinggi melakukan penutupan sementara secara serentak, tidak ada aktivitas 2 Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (New Normal) 3 Prolog: Antara Peluang dan Tantangan dalam Menciptakan Inovasi Pembelajaran di Era New Normal 2 perkuliahan tatap muka. Kegiatan pembelajaran mulai beralih di rumah saja secara daring. Pembelajaran jenis ini melibatkan peran teknologi, informasi, dan teknologi sebagai kunci kesuksesannya. Namun dari berbagai hasil penelitian, kampus merdeka di Indonesia belum siap menjalankan metode belajar daring atau PJJ, perubahan terkesan cenderung dipaksakan, belum meratanya jaringan internet, model pembelajaran kurang efektif, dan menimbulkan rasa jenuh hingga ancaman kesehatan mental. Sementara kebijakan dari kementerian tetap harus dijalankan agar generasi penerus Indonesia tetap mendapat haknya dalam berilmu. Dengan berbagai alasan di atas membuat para dosen mau tidak mau, siap atau tidak siap harus dapat merinovasi di bidang pendidikan terutama pada mata kuliah yang diampuh agar mahasiswa tidak merasa bosan belajar secara daring, agar kesehatan mental tidak terganggu, agar mereka dapat terus menjadi pejuang pengetahuan, agar cita-cita mereka tercapai, sehingga ini menghadirkan adanya tantangan dan peluang bagi para dosen di masa pandemi ini. Untuk itulah book chapter ini dihadirkan oleh UMSU Press yang tentu saja direstui kehadirannya oleh pihak rektorat. Sebuah buku bunga rampai dari para dosen yang juga gemar meneliti dan menulis kemudian menyeragamkan artikelnya dalam tema “Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal) antara Peluang dan Tantangan”.

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang.

Modul Komunikasi Sosial

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang komunikasi yang terjadi di dalam masyarakat dari kelompok masyarakat terkecil hingga kelompok masyarakat yang berjumlah besar dan bertujuan untuk harmonisasi dalam masyarakat. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa komunikasi merupakan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan keseharian, dan memiliki peran penting dalam perkembangan manusia secara psikologis dan sosial. Berbagai permasalahan sering dihadapi manusia karena komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Dengan mata kuliah yang membahas bagaimana peran komunikasi dalam membentuk jati diri dan identitas seorang manusia dalam masyarakat dan kemudian berpengaruh pada harmonisasi dalam masyarakat, maka mata kuliah ini menjadi penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari mata kuliah ini, capaian yang hendak dicapai adalah mahasiswa mampu menerapkan pemikiran ilmiah dalam lingkungan social secara nyata dan memberi kontribusi secara berimbang dalam masyarakat. Dengan mempelajari berbagai kecerdasan komunikasi, elemen komunikasi, dan ketrampilan komunikasi efektif, maka mata kuliah ini akan memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang manusia sebagai mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri dan harus berinteraksi dengan manusia lain. Mahasiswa juga diharapkan mampu berkomunikasi efektif dengan semua anggota masyarakat, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas dan kelompok-kelompok anggota masyarakat lain, juga menyadari bahwa manusia memiliki berbagai macam kecerdasan yang mendukung aktivitas komunikasi dan kehidupan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang komunikasi yang terjadi di dalam masyarakat dari kelompok masyarakat terkecil hingga kelompok masyarakat yang berjumlah besar dan bertujuan untuk harmonisasi dalam masyarakat.

PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA

Pemimpin merupakan orang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok orang dalam usaha mencapai tujuan organisasi dan mengarahkan para pegawai untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Suatu instansi dapat mencapai tujuannya jika orang–orang yang berada dalam instansi tersebut dapat bekerjasama dengan baik untuk mencapai tujuannya, oleh karena itu peran pemim- pin sangat berarti dalam mendukung tercapainya tujuan tersebut. Kepemimpinan dipengaruhi oleh sifat dan perilaku yang dimiliki oleh pemimpin tersebut. Karena sifat dan perilaku seseorang tidak akan persis sama, maka gaya kepemimpinan yang diperlihatkan oleh seorang pemimpin dapat berbeda antara satu pemimpin yang satu dengan yang lainnya. Pada teori kepemimpinan situasional, terdapat empat gaya kepemimpinan yang digunakan pemimpin dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yaitu : gaya kepemimpinan direktif, gaya kepemimpinan konsultatif, gaya kepemimpinan partisipatif, dan gaya kepemimpinan delegatif (Thoha, 2012).

Pemimpin merupakan orang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi sekelompok orang dalam usaha mencapai tujuan organisasi dan mengarahkan para pegawai untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.