Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD

Buku ini diharapkan pula dapat menjadi salah satu referensi bagi dosen, guru, praktisi pendidikan, dan mahasiswa calon guru PAUD yang membutuhkan materi terkait media dan sumber belajar bagi anak usia dini.

Buku ini diharapkan pula dapat menjadi salah satu referensi bagi dosen, guru, praktisi pendidikan, dan mahasiswa calon guru PAUD yang membutuhkan materi terkait media dan sumber belajar bagi anak usia dini.

Kreatif Merancang Media Dan Sumber Belajar Di PAUD

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Buku ini penulis desain untuk memudahkan mahasiswa PIAUD semester 3 dalam memahami materi perkuliahan dan dapat melakukan praktek secara mandiri baik yang berupa tugas individual maupun kelompok. Proses pembelajaran yang efektif, menyenangkan, menarik, dan bermakna bagi anak dipengaruhi oleh berbagai unsur, antara lain; guru yang memahami secara utuh hakikat, sifat dan karakteristik anak; strategi dan metode pembelajaran yang berpusat pada kegiatan anak; prasarana dan sarana belajar anak yang memadai, serta tersedianya berbagai media dan sumber belajar yang mampu mendukung anak untuk belajar, dan lain sebagainya. Secara khusus, tersedianya berbagai media dan sumber belajar akan mendukung penciptaan kondisi belajar anak yang menarik dan menyenangkan. Buku Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini berbeda dengan buku ajar yang telah ada, karena banyak disertai contoh-contoh kreativitas dan hasil-hasil penelitian tentang media dan sumber belajar bagi Pendidikan anak usia dini, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi perkuliahan ini.

Buku ajar Kreatif Merancang Media & Sumber Belajar di PAUD ini merupakan salah satu rujukan utama pada mata kuliah "Media dan Sumber Belajar" yang penulis ampu pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Agama ...

Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU

buku “Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU” dengan tujuan penyeragaman teknis penulisan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencapai efektivitas penyelenggaraan pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Lampiran 3: Contoh Form Berita Acara Pengesahan Proposal Lampiran 4: Contoh Form Berita Acara ______ Seminar Proposal Lampiran 5: Contoh Form Berita Acara. Bimbingan Skripsi. Lampiran 6: Contoh Format Halaman Sampul __ Lampiran 7: ...

Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang. Sejak adanya pandemi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dunia mengalami banyak perubahan di berbagai tatanan kehidupan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Virus yang tidak nampak membuat dunia harus sabar di rumah saja karena itu salah satu cara agar angka kematian yang disebabkan oleh virus ini tidak semakin naik. Dengan adanya permintaan di “rumah saja” lantas tidak membuat aktivitas berhenti. Masyarakat tetap masih bisa bekerja, belajar, berdoa, dan mencari hiburan meski di rumah saja. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dalam jaringan (daring) adalah sebutan untuk belajar melalui satu tempat saja yang bernama rumah. Gerakan b elajar di rumah saja menjadi popul er di awal tahun 2020. Saat virus Covid 19 melanda Indonesia, seluruh perguruan tinggi melakukan penutupan sementara secara serentak, tidak ada aktivitas 2 Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (New Normal) 3 Prolog: Antara Peluang dan Tantangan dalam Menciptakan Inovasi Pembelajaran di Era New Normal 2 perkuliahan tatap muka. Kegiatan pembelajaran mulai beralih di rumah saja secara daring. Pembelajaran jenis ini melibatkan peran teknologi, informasi, dan teknologi sebagai kunci kesuksesannya. Namun dari berbagai hasil penelitian, kampus merdeka di Indonesia belum siap menjalankan metode belajar daring atau PJJ, perubahan terkesan cenderung dipaksakan, belum meratanya jaringan internet, model pembelajaran kurang efektif, dan menimbulkan rasa jenuh hingga ancaman kesehatan mental. Sementara kebijakan dari kementerian tetap harus dijalankan agar generasi penerus Indonesia tetap mendapat haknya dalam berilmu. Dengan berbagai alasan di atas membuat para dosen mau tidak mau, siap atau tidak siap harus dapat merinovasi di bidang pendidikan terutama pada mata kuliah yang diampuh agar mahasiswa tidak merasa bosan belajar secara daring, agar kesehatan mental tidak terganggu, agar mereka dapat terus menjadi pejuang pengetahuan, agar cita-cita mereka tercapai, sehingga ini menghadirkan adanya tantangan dan peluang bagi para dosen di masa pandemi ini. Untuk itulah book chapter ini dihadirkan oleh UMSU Press yang tentu saja direstui kehadirannya oleh pihak rektorat. Sebuah buku bunga rampai dari para dosen yang juga gemar meneliti dan menulis kemudian menyeragamkan artikelnya dalam tema “Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal) antara Peluang dan Tantangan”.

Merdeka Belajar -Kampus Merdeka adalah sebuah kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai jalan untuk mematangkan karir mahasiswa di masa mendatang.

Manajemen Program Pendidikan Inklusif

Studi Analisis Raudhatul Athfal

Buku monograp ini merupakan hasil penelitian penulis di salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Formal yaitu Raudhatul Atfhal (RA) Terpadu An-Nahl yang berlokasi di Jakarta Barat. Buku ini bertujuan memberikan gambaran kepada lembaga-lembaga PAUD lainnya yang ingin melaksanakan program pendidikan inklusif, dengan harapan layanan pendidikan juga dapat dinikmati oleh anak-anak kebutuhan khusus yang selama ini termarginalkan.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa sarana prasarana pendidikan memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Namun, RA Terpadu An-Nahl membuktikan ...