Sebanyak 10 item atau buku ditemukan

Fiqh Mu’amalah Kontemporer

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari hubungan dengan orang lain dalam kerangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia sangat beragam, sehingga terkadang secara pribadi dia tidak mamapu untuk memenuhinya, dan harus berhubungan dengan orang lain. Hubungan anatara satu manusia dengan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan lain, harus terdapat aturan yang menjelaskan hak dan kewajiban keduanya berdasarkan kesepakatan. Proses untuk membuat kesepakatan dalam kerangka memenuhi kebutuhan keduanya, lazim disebut dengan proses untuk berakad atau melakukan kontrak. Hubungan ini merupakan fitrah yang sudah ditakdirkan oleh Allah. Islam sebagai agama komprehensif dan universal memberikan aturan yang cukup jelas dalam akad untuk dapat diimplementasikan dalam setiap masa.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari hubungan dengan orang lain dalam kerangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

MENULIS KARYA TULIS ILMIAH (KTI) BAGI PEMULA

“Secara etimologi Karya Ilmiah merupakan perpaduan dua kata yaitu Karya dan Ilmiah, Karya berarti hasil kerja dan ilmiah merupakan pengetahuan yang didasari oleh polapikir ilmiah. Sehingga makna dari karya ilmiah adalah hasil kerja seseorang yang dituliskan secara objektif, sistematis, logis, dan disampaikan secara fakta dari hasil penelitian yang dilakukan.” Karya ilmiah dalam praktiknya dapat berupa beberapa karya tulis diantaranya Tugas Akhir, skripsi, tesis, dan disertasi serta karya tulis ilmiah lainnya. Pada edisi perdana buku berjudul Menulis KTI bagi Pemula merupakan buku yang diharapkan sebagai penunjang literasi berbasis riset yang dapat menggugah jiwa penelitian siswa, guru, dosen, dan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang terjadi dengan karya tulis yang didasari oleh pemikiran ilmiah dalam deskripsinya. Secara isi, buku ini menjabarkan tentang perbedaan karya ilmiah dan non ilmiah, masalah dalam penelitian, metode pengutipan/citasi, menyusun latar belakang, menyusun kajian pustaka, menyusun metode penelitian, dan menyusun hasil dan pembahasan. Dengan adanya buku ini dalam cetakan perdananya diharapkan mampu untuk memudahkan penulis pemula dalam menulis karya tulis ilmiah. “Sebuah karya ilmiah harus mengandung kebenaran ilmiah, yang meliputi : kebenaran rasional dan kebenaran empiris. Kebenaran rasional maksudnya adalah kebenaran yang di dasarkan pada rasio atau penalaran; sedangkan kebenaran empiris adalah kebenaran yang di dukung oleh fakta atau bukti-bukti. Penggabungan dari kedua kebenaran tersebut, yaitu kebenaran rasional dan kebenaran empiris, merupakan proses berfikir ilmiah. Oleh karenanya, setiap karya ilmiah haruslah dihasilkan oleh proses berfikir ilmiah di mana di dalamnya bersisikan tentang kebenaran rasional dan kebenaran empiris.”

“Secara etimologi Karya Ilmiah merupakan perpaduan dua kata yaitu Karya dan Ilmiah, Karya berarti hasil kerja dan ilmiah merupakan pengetahuan yang didasari oleh polapikir ilmiah.

Pekasam

Antologi Cerpen Antikorupsi

Sederhana tapi menempel sekali dalam kenangan. Dua puluh delapan tahun berlalu, ada kalimat yang masih tersusun rapi di ingatan saya. “Jajan harus jujur, kalau hanya mampu bayar satu, maka ambil jajanan satu saja.” Kalimat itu diucapkan oleh seorang guru di depan kelas saat saya masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. Dulu saya menanggapinya hanya dengan anggukan saja. Selain karena saya jarang jajan, saat itu kadang justru saya bawa makanan untuk dijual di sekolah. Tapi, sekarang saya paham, guru ibarat air dan pupuk untuk tunas-tunas bangsa yang akan tumbuh besar. Pemahaman akan nilai-nilai kebaikan sangat penting dimiliki para guru. Melalui alur 38 cerita dalam buku ini, terbaca bahwa guru adalah sosok yang sangat dekat dengan penanaman kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, dan nilai lain yang mendukung sikap-sikap antikorupsi. Nilai-nilai yang disisipkan di setiap cerita terasa sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Di beberapa cerita menuliskan praktik korupsi juga sangat mungkin dilakukan oleh seorang guru atau masyarakat biasa yang bukan penyelenggara negara. Kondisi ini nyata terjadi. Maka harus dilawan dan diatasi bersama-sama. Terima kasih telah membantu KPK menyebarkan nilai-nilai antikorupsi. Febri Diansyah Kepala Biro Humas KPK

Sederhana tapi menempel sekali dalam kenangan.

Pendekatan Pembelajaran Guru

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai tolak ukur atau sudut pandang seseorang terhadap proses pembelajaran, hal ini merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Lebih jelasnya, buku ini akan membahas tentang : Bab 1 Pendekatan Induktif Bab 2 Pendekatan Deduktif Bab 3 Pendekatan Inkuiri Bab 4 Pendekatan Discovery Learning (PDL) Bab 5 Pendekatan Lingkungan Bab 6 Pendekatan Konsep Bab 7 Pendekatan CBSA Bab 8 Pendekatan Pemecahan Masalah Bab 9 Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Bab 10 Pendekatan Mutual Adaptasi (PMA) Dalam Pembelajaran

Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau ...

CYBER PEDAGOGY

Guru sebagai Fasilitator & Coach dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Pemanfaatan teknologi digital sebagai sumber belajar bagi dunia pendidikan tidak asing lagi. Guru harus dapat mengembangkan kompetensi TIK dalam merancang sumber belajar bagi anak didik sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Buku ini membahas tentang Cyber Pedagogy di mana seorang guru harus menggali potensi dirinya agar dapat memahami karakteristik setiap anak didik dalam pendidikan abad ke-21. Seorang guru harus memahami konsep-konsep pedagogi yang berhubungan dengan teknologi pedagogi. Cyber Pedagogy merupakan fondasi dasar dalam merancang proses pembelajaran dalam hal menyediakan sumber belajar bagi anak didik kompetensi pembelajaran abad ke-21. Dalam buku ini membahas mulai dari konsep teknologi pedagogi, pembelajaran abad ke-21, tahapan penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga penerapan Cyber Pedagogy dapat sesuai dengan prinsip ilmu pendidikan dan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

Buku ini membahas tentang Cyber Pedagogy di mana seorang guru harus menggali potensi dirinya agar dapat memahami karakteristik setiap anak didik dalam pendidikan abad ke-21.

PEMBELAJARAN & PRAKTIKUM DASAR: Mikrokontroler AT8535, Arduino UNO R-3 BASCOM AVR, Arduino UNO 1.16 dan Fritzing Electronic Design

Buku ini berisi tentang dasar-dasar mempelajari Mikrokontroller AT 8535, Arduino UNO R-3, Software Bascom AVR, Arduino UNo 1.16 dan fritzing electronic design yang digunakan untuk pembelajaran di Tingkat SLTA dan Perguruan Tinggi.

Bab 6 Perangkaian Mikro AVR 6.1 Rangkaian Mikro AVR Pada bab ini kita
membahas tentang rangkaian Mikrokontroller AVR jenis AT8535 dan instalisasi
program yang digunakan di antaranya adalah Software bascom AVR, USBasp, ...