Sebanyak 23682 item atau buku ditemukan

TERAMPIL MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INDONESIA SD

Dalam mempelajari Bahasa Indonesia harus memperhatikan prinsip belajar yaitu dari yang mudah ke yang sulit, dari hal yang dekat ke hal yang jauh, dari hal yang sederhana ke hal yang kompleks, dari hal yang diketahui ke hal yang belum diketahui dan dari konkrit ke hal abstrak. Bahasa adalah alat komunikasi. Bahasa memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain, berbagi pengalaman, belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kemampuan intelektual mereka. Oleh karena itu, belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar bagaimana berkomunikasi. Tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik dalam bahasa lisan maupun tulisan.

Dalam mempelajari Bahasa Indonesia harus memperhatikan prinsip belajar yaitu dari yang mudah ke yang sulit, dari hal yang dekat ke hal yang jauh, dari hal yang sederhana ke hal yang kompleks, dari hal yang diketahui ke hal yang belum ...

Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Budaya

Buku ini memiliki spesifikasi: (1) berbasis budaya Indonesia, yg disajikan dalam sepuluh topik, yaitu: kesenian, makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, pertanian, agama, pariwisata, dan, kesetaraan jender; (2) terpadu, yaitu memadukan keterampilan menyimak, membaca, berbicara, menulis, dan tatabahasa; pemaduan bahasa dan budaya diwujudkan dalam model pembelajara: keterampilan berbahasa, kesadaran bahasa, kesadarara budaya, dan pengalaman budaya; (3) tujuan akademik, dalam arti bahwa level kompetensi bahasa Indonesia yang dihasilkan sesuai untuk kuliah di perguruan tinggi Indonesia.

Buku ini memiliki spesifikasi: (1) berbasis budaya Indonesia, yg disajikan dalam sepuluh topik, yaitu: kesenian, makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, pertanian, agama, pariwisata, dan, kesetaraan jender; (2) terpadu, yaitu memadukan ...

BUKU AJAR BAHASA INDONESIA

Buku ajar Bahasa Indonesia adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sebuah pedoman dalam melaksanakan perkuliahan. Buku Ajar Bahasa Indonesia ini disusun dengan harapan agar setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif berbagai masalah yang berkaitan dengan: pendahuluan (latar belakang bahasa indonesia), sejarah perkembangan bahasa Indonesia, ragam Indonesia, konsep bahasa dan fungsi bahasa, ragam dan laras bahasa, penulisan ejaan dan tanda baca, kalimat dan kalimat efektif dalam penulisan, paragraf atau Alenia dalam teks, penulisan karya ilmiah, karya tulis akademik, proposal dan laporan kegiatan, karya ilmiah, diskusi, moderator, notulen. Buku Ajar Bahasa Indonesia ini disusun dengan model kuliah secara daring dan luring yang diharapkan akan dapat memperdalam penguasaan mahasiswa akan setiap materi yang akan dipelajari.

Buku ajar Bahasa Indonesia adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sebuah pedoman dalam melaksanakan perkuliahan.

Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar. Buku ini dapat dijadikan acuan materi dari pembelajaran yang akan diajarkan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai buku penunjang mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi, buku ini memiliki manfaat dalam menyiapkan bekal pemahaman bagi mahasiswa calon guru, terutama dalam mengajarkan empat keterampilan berbahasa yakni: menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam kehidupan. Begitu pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia. Dengan demikian Pembelajaran Bahasa Indonesia mendapatkan peran penting untuk pendidikan di Indonesia karena merupakan bahasa resmi di semua bidang. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Agar dapat melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia, silakan baca selengkapnya pada buku ini.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam ...

Kamus Bahasa Indonesia

Kosakata Lengkap Disertai Pemaknaan secara Tepat

Berbahasa Indonesia secara tepat merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia. Memang telah terdapat banyak kamus-termasuk buku panduan berbahasa yang sudah beredar, tetapi harus diakui hanya sedikit yang bisa dianggap bermutu. Buku ini hadir secara khusus kepada para pemula yang ingin menguasai bahasa Indonesia secara baik dan tepat. Kelebihan kamus ini antaralain mampu menjawab problematika bentuk kata dan menawarkan sebuah pegangan yang sederhana tetapi bisa dipercaya. Selain juga mampu menjawab masalah-masalah pemaknaan suatu istilah secara simpel dan akurat. Dengan kesederhanaan itu, kamus ini disusun untuk digunakan terutama oleh para pelajar dan mahasiswa, serta siapa pun yang merasa berkepentingan menggunakan bahasa Indonesia secara lebih baik.

Dengan kesederhanaan itu, kamus ini disusun untuk digunakan terutama oleh para pelajar dan mahasiswa, serta siapa pun yang merasa berkepentingan menggunakan bahasa Indonesia secara lebih baik.

Pembinaan Bahasa Indonesia

Perkembangan bahasa Indonesia dewasa ini cukup menggembirakan. Hari demi hari kosakata bahasa Indonesia terus bertambah. Perkembangan ini tentu sangat membantu para pemakai bahasa Indonesia dalam mengekspresikan segala aktivitas kehidupannya, terutama yang menyangkut ilmu pengetahuan modern. Namun, kecermatan berbahasa Indonesia pada umumnya masih kurang disadari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara dan bahasa nasional kurang mendapat perhatian yang layak. Harapan kami, hadirnya buku ini dapat menggugah kesadaran mahasiswa pada norma-norma bahasa Indonesia yang berlaku sehingga berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat ditularkannya kepada masyarakat luas. Buku ini menyajikan dasar-dasar gramatika bahasa Indonesia praktis. Buku ini diharapkan dapat membantu mereka yang mempelajari bahasa Indonesia, terutama untuk kepentingan tata tulis karya ilmiah.

Perkembangan bahasa Indonesia dewasa ini cukup menggembirakan.

Bahasa Indonesia Dalam Berbagai Perspektif

Bahasa Indonesia sebagai bahasaterpenting di bumi Indonesia semakin hari harus semakin dikokohkan keberadaannya. Hadirnya beberapa kasusyang meradang bahasa membuat pengawasan dan rasa memiliki bahasa harus semakin ditingkatkan. KasusCia-Cia yang mengagetkan dunia internasional dan Indonesia sungguh merupakan potret keprihatinan. Maraknya penggunaan bahasa Inggrisdi sekolah-sekolah RSBI dan SBI juga menjadi potret menegangkan sebagai warga negara yang mengaku "menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia". Rasa memiliki bahasa, tentu harus diiringidengan segala hal yang tercakup dalam budaya, misalnya sastra, sistem kehidupan, dan Iain-Iain. Bahasa sebagai media terpenting dalam pembangunan komunikasi tentu mempunyai makna yang sangat dalam. Hal ini disebabkan peran bahasa yang demikian besar karena sangat membentuk karakterbangsa, sebagai media pengembangan sastra dan budaya, media analisis, serta media komunikasi baik dalam media cetak maupun elektronik. Pembaca juga diharapkan mampu Menyusun tulisan ilmiah dengan memperhatikan ejaan yang disempurnakan. Buku ini membimbing dan memacu pembaca untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis, baik dalam suasana formal maupun nonformaI. Buku ini lengkap dengan informasi fungsi bahasa Indonesia, kebijakan terhadap bahasa Indonesia sampai dengan kasus-kasus kekinian yang melemahkan posisi bahasa Indonesia. Guru, mahasiswa, dosen, dan para pemerhati bahasa dapat memanfaatkan buku ini karena buku ini disajikan dengan melihat bahasa dari berbagai perspektif. Dengan membaca buku ini akan diperoleh informasi tentang berbagai haltentang bahasa, termasu ketika dan tata cara berbicara di depan publik.

Bahasa Indonesia sebagai bahasaterpenting di bumi Indonesia semakin hari harus semakin dikokohkan keberadaannya.