Buku ajar ini merupakan bahan ajar alternatif bagi para pembelajar BIPA untuk belajar bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal khususnya di Magelang. Ada sepuluh materi yang ada dalam bahan ajar ini yang mencakup materi Menyapa, Perkenalan, Identitas Diri, Keluarga, Aktifitas Sehari-hari, Kegemaran/Hobi, Transportasi, Petunjuk Arah, Jual Beli dan Lagu Populer. Materi-materi tersebut akan membantu pembelajar BIPA untuk menguasai empat kemampuan dalam belajar bahasa Indonesia yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Buku ajar ini merupakan bahan ajar alternatif bagi para pembelajar BIPA untuk belajar bahasa Indonesia yang berbasis kearifan lokal khususnya di Magelang.
Buku ajar Bahasa Indonesia adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sebuah pedoman dalam melaksanakan perkuliahan. Buku Ajar Bahasa Indonesia ini disusun dengan harapan agar setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif berbagai masalah yang berkaitan dengan: pendahuluan (latar belakang bahasa indonesia), sejarah perkembangan bahasa Indonesia, ragam Indonesia, konsep bahasa dan fungsi bahasa, ragam dan laras bahasa, penulisan ejaan dan tanda baca, kalimat dan kalimat efektif dalam penulisan, paragraf atau Alenia dalam teks, penulisan karya ilmiah, karya tulis akademik, proposal dan laporan kegiatan, karya ilmiah, diskusi, moderator, notulen. Buku Ajar Bahasa Indonesia ini disusun dengan model kuliah secara daring dan luring yang diharapkan akan dapat memperdalam penguasaan mahasiswa akan setiap materi yang akan dipelajari.
Buku ajar Bahasa Indonesia adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sebuah pedoman dalam melaksanakan perkuliahan.
Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah. Selain itu dengan menggunakan buku ajar, maka mahasiswa dapat menyerap materi dengan lebihbaik, dan memahami konsep dalam mengajar Bahasa Indonesia khususnya di kelas rendah SD. Buku ini telah disesuaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dalam penyusunan buku ini, penyusun tidak menggunakan banyak Referensi atau sumber rujukan. Sumber rujukan menggunakan artikel bermuatan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa khususnya yang berasal dari Wilayah Pegunungan Tengah Papua.
Buku ajar ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas, dimana mahasiswa mempunyai referensi dalam mempelajari mata kuliahBahasa Indonesia di SD kelas rendah.
Buku ajar sederhana ini menyajikan kepada pembaca konsep tentang pengetahuan umum bahasa Indonesia, serta keterampilan berbahasa dalam hal ini fokus pada aspek keterampilan menulis karya ilmiah. Hal itu disadari oleh penulis sebab tradisi menulis di kalangan mahasiswa masih rendah. Proses yang berkesinambungan, serta transfer ilmu dalam mata kuliah ini akan menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki kompetensi berbahasa Indonesia. Buku Buku Ajar Bahasa Indonesia Dan Karya Tulis Ilmiah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
A. BAB VIII PENGANTAR KARYA TULIS ILMIAH Pendahuluan 1. Tujuan Instruksional Umum: Mahasiswa mampu memahami hakikat, seluk beluk karya tulis ilmiah, serta penerapannya. 2. Tujuan Instruksional Khusus: a.
Romantisme global kapitalis menggeliat ke dalam hiruk pikuk sosial media. Secara tidak langsung, sosial media telah dan sedang membuat generasi kurang mau dan mampu menghargai bahasa Indonesia secara baik dan benar. Konsekuensinya, banyak mahasiswa di perguruan tinggi mengalami kesulitan untuk memahami bahasa Indonesia ranah ilmiah. Hal ini terlihat dari pengalaman penulis sebagai pembimbing skripsi yang menemukan banyak kekeliruan penalaran mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah, khususnya dalam penulisan proposal penelitian dan penulisan skripsi. Mengetahui kenyataan ini, penulis mencoba menyusun buku ajar bahasa Indonesia berbasis karya tulis ilmiah. Buku ajar ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa dan dosen untuk memahami pembelajaran bahasa Indonesia secara lebih praktis dan sesuai dengan tujuan utama mata kuliah bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi, yakni meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyusun karya tulis ilmiah. Buku ajar ini merupakan salah satu luaran dari Hibah Penelitian Tahun Anggaran 2015 berdasarkan Keputusan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No: 0094/E5.1/PE/2015, tanggal 16 Januari 2015 tentang Penetapan Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2015. Buku ajar ini juga telah disesuaikan dengan modul materi mata kuliah bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi yang diterbitkan oleh Dirjen Dikti pada tahun 2013 dan diajukan dalam hibah penulisan buku ajar tahun 2016. Pokok pembahasan dalam buku ajar ini berisikan topik pembelajaran bahasa Indonesia yang mencakup fungsi dan ragam bahasa Indonesia; laras bahasa lisan dan tertulis; ciri perbedaan ringkasan, abstrak dan sintesis; dan topik sejenis lainnya yang berkaitan dengan ranah pariwisata. Buku ajar ini juga dilengkapi dengan cara memahami kekeliruan penggunaan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah, khususnya karya tulis ilmiah bidang ilmu pariwisata.