Sebanyak 10915 item atau buku ditemukan

Ilmu perundang-undangan dan legal drafting

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

Dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, konsep hukum beserta dasar filosofis, hukum, politik, dan sosial harus diperhatikan. Dalam rangka mengatur masyarakat, negara, dan negara, dan juga ilmu hukum sangat diperlukan.

Evaluasi Pendidikan dalam Ranah Kajian Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian. Pembaharuan kurikulum di masa sekarang memberikan sebuah pemahaman baru jika penilaian bukanlah sekadar angka melainkan bentuk evaluasi yang mendidik. Maka istilah evalusi pendidikan dimaknai sebagai proses untuk menentukan tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran. Akan tetapi bentuk evaluasi yang diberikan kepada siswa harus sesuai prinsip dan prosedur UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya buku ini sedikit banyak akan memaparkan konsep evaluasi pendidikan sesuai kontekstual pendidikan agama Islam masa kini. Ada berbagai tingkat pendidikan yang dikemas dalam buku ini. Harapannya buku ini mampu membuka pemikiran pembaca untuk menciptakan peluang dan solusi menghadapi tantangan evaluasi pendidikan saat ini.

Pada setiap pembelajaran umumnya seorang guru pasti akan memberikan penilaian.

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem evaluasi yang efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar evaluasi PAI, desain sistem evaluasi, implementasi, dan jenis evaluasi formatif dan sumatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama Islam. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi PAI dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Pentingnya inklusivitas dalam sistem evaluasi PAI juga menjadi sorotan dalam buku ini, dengan penekanan pada bagaimana mengakomodasi beragam gaya belajar dan memahami kebutuhan siswa khusus. Selain membahas evaluasi siswa, buku ini juga mengeksplorasi evaluasi kinerja guru PAI, dengan fokus pada pengembangan guru melalui hasil evaluasi. Dengan panduan praktis, penelitian yang mendalam, dan contoh-contoh kasus, "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui sistem evaluasi yang lebih baik.

... Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran guru PAI melalui platform daring, webinar, atau sumber daya online. 7) Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan guru ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan untuk menangkap kompleksitas dan ambiguitas yang lazim dijumpai di dunia nyata. Metode kasus juga melatih aplikasi pendekatan yang lintas disiplin dan multiperspektif. Kelebihan-kelebihan semacam itulah yang tidak dapat diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan tradisional. Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia 5 ini merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yang telah sukses digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Namun, perubahan dan dinamika dunia bisnis yang terus bergulir dengan cepat menuntut pembaruan serta inovasi tanpa henti. Untuk menjadikan pengajaran bisnis dan manajemen tetap relevan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kasus-kasus yang baru dan berbeda mutlak terus dibutuhkan. Kasus-kasus bahasan merupakan fenomena, kejadian, peristiwa, dan situasi yang diangkat dari beragam kejadian nyata. Kasus-kasus tersebut merepresentasikan realitas dan kompleksitas dunia bisnis dan manajemen di Indonesia. Semua kasus melibatkan unsur dilema, konflik, dan permasalahan manajemen bisnis yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan oleh pelaku atau protagonis di dalamnya. Oleh karenanya, diharapkan kasus-kasus tersebut mampu mendorong diskusi dan partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan. Bagi mahasiswa, diskusi dan partisipasi dapat membantu mereka mengidentifikasi parameter dalam memetakan masalah, mengenali dan mengartikulasikan posisi yang diambil, mengevaluasi pilihan-pilihan yang tersedia, dan mendiskusikan berbagai perspektif yang berbeda. Pada akhirnya, kasus-kasus semacam ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen bisnis yang lebih komprehensif, tetapi juga mampu menjembatani “knowing-doing gap” yang menjadi kepelikan dalam pengelolaan pendidikan bisnis, yaitu mengintegrasikan teori dengan realitas.

... marketing dari University of Agder (UiA), Norwegia pada tahun 2009; dan terakhir, penulis sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-3 dalam bidang strategic management dari Departemen Strategi dan Manajemen dari Norwegian School ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, buku ini memberikan wawasan yang berguna dalam memahami dan mengelola perilaku manusia di tempat kerja. Buku ini menyajikan Pengenalan dan Konsep Perilaku Organisasi, yang memberikan landasan pemikiran untuk memahami interaksi antara individu dan organisasi. Dalam bab selanjutnya, kami membahas Kepribadian dan Nilai serta Sikap dan Kepuasan Kerja, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kemudian, buku ini mengeksplorasi Pendekatan Motivasi Organisasi, Pengaruh Kepemimpinan dalam Organisasi, isu penting mengenai Manajemen Stres dan Kesehatan Kerja, Evaluasi kinerja dan pengembangan karir, dan buku ini juga menyoroti Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Organisasi, yang semakin penting di era modern ini, mengingat tantangan global yang dihadapi oleh banyak organisasi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku organisasi dan bagaimana menerapkannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

... organisasi dapat beriringan dengan perkembangan zaman yang terjadi tanpa mengurangi atau menghilangkan sisi ... organizational Behavior”, Classics of Public Administration, Jay M. Shafritz & Albert C. Hyde (Edt.), 1978, hlm.182 ...

Mengenal Akhlak dan Tasawuf

"Mengenal Akhlak dan Tasawuf" adalah buku yang mengupas tentang akhlak dan tasawuf sebagai dua aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim. Buku ini membahas tentang prinsip-prinsip akhlak yang baik, serta mengajarkan tentang perilaku yang seharusnya dimiliki oleh seorang Muslim. Selain itu, buku ini juga mengulas tentang konsep dasar tasawuf dan pentingnya mengembangkan akhlak yang baik dalam diri seorang Muslim. Buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh-contoh praktis dalam kehidupan sehari-hari. Pembaca akan diajak untuk memahami tentang makna akhlak yang sebenarnya dan bagaimana cara mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga membahas tentang konsep dasar tasawuf dan bagaimana cara mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. "Mengenal Akhlak dan Tasawuf" adalah buku yang sangat berguna bagi mereka yang ingin mempelajari dan memperbaiki akhlak serta mengembangkan diri dalam kehidupan beragama. Buku ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang makna akhlak dan tasawuf dan akan membantu pembaca untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

"Mengenal Akhlak dan Tasawuf" adalah buku yang mengupas tentang akhlak dan tasawuf sebagai dua aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim.