Sebanyak 70 item atau buku ditemukan

Tafsir Tarbawi: Mengkaji Pembelajaran Modern dengan Nilai-Nilai Qurani

Buku ini mengupas berbagai ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan, mendalami maknanya, serta mengaitkannya dengan konsep pedagogi kontemporer. Dengan pendekatan tafsir tarbawi, buku ini membahas bagaimana nilai-nilai Qur’ani dapat diimplementasikan dalam proses belajar-mengajar, baik di lingkungan pendidikan formal maupun informal. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana Al-Qur’an memberikan prinsip dasar mengenai pembelajaran, seperti pentingnya ilmu, metode pengajaran yang efektif, serta pembentukan karakter peserta didik yang berakhlak mulia. Buku ini ditulis oleh para penulis yang konsen terhadap Ilmu al-Qur’an, sehingga setiap pembahasan dibahas dengan perspektif Qur’an beserta terjemahannya, tafsir ijmali, tafsir progresif, dan implementasi ayat tersebut dalam konteks pembelajaran modern. Dengan format ini, diharapkan pembaca, dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep pendidikan Islami yang aplikatif dan progresif.

Buku ini mengupas berbagai ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan, mendalami maknanya, serta mengaitkannya dengan konsep pedagogi kontemporer.

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...

Filsafat Pendidikan Kontemporer

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan Filsafat, Manusia dan Pendidikan; Aliran Filsafat Pendidikan; Peranan Filsafat Pendidikan; Aksiologi Filsafat Dan Sistem Pendidikan Nasional; Filsafat Pendidikan Dalam Organisasi Program Pendidikan Karakter; Konservatisme, Liberalisme Dan Kritisme Pendidikan; dan Teori Ekonomi Modern Buku ini membahas konsep berfilsafat dalam era postmodernisme adalah hasil penggabungan dari berbagai jenis fondasi pemikiran. Mereka tidak mau terkungkung dan terjebak dalam satu bentuk fondasi pemikiran filsafat tertentu. Dalam buku ini, belum rinci menjelaskan peran sains pada dirinya sendiri, melainkan peran sains sebagai ideologi dan scientism saja di mana kebenaran ilmiahlah yang dianggap kebenaran yang paling sahih dan meyakinkan.

Dalam buku ini dibahas secara lengkap mengenai ; Sejarah dan Perkembangan Filsafat Kontemporer; Sejarah Lahirnya Filsafat Pendidikan; Filsafat dan Pendidikan; Landasan Filsafat dalam Pendidikan; Sistematika Filsafat Pendidikan; Hubungan ...