Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm., Apt Dr. Ir. Tutang Muhtar K, ST., M. Si Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM Jushermi, SE., MSBA Dewita Suryati Ningsih,SE., MBA Rovanita Rama, SE., MH Kurniawaty Fitri, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 196 Halaman ISBN : 978-623-497-635-9 SINOPSIS Buku ini berjudul “EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG”. Buku ini disusun oleh beberapa penulis dari beberapa universitas di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang ekonomi di Indonesia khusunys bidang ekonomi kreatif. Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Konsep Ekonomi Kreatif Bab 2 Gelombang Peradaban Ekonomi Kreatif Bab 3 Konsep Kreativitas dan Inovasi Bab 4 Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif Bab 5 Mengapa Ekonomi Kreatif? Bab 6 Modal Dasar dan Pilar Ekonomi Kreatif Bab 7 Subsektor Ekonomi Kreatif Bab 8 Sumber Daya Kreatif Bab 9 Industri Kreatif Bab 10 Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia . Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG, sehingga tidak hanya dipahami secara teori tapi dapat diimplementasikan dalam dunia usaha dengan baik.

Judul : EKONOMI KREATIF : DARI IDE MENJADI UANG Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Phil Dr. Herman Sjahruddin, S.E., M.Si Didi Suhendi, S.E., M.M Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M.Si., M.Farm.

Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas

Menjadi ancaman dalam masyarakat jika pendidikan diselenggarakan tanpa didikan karakter cerdas (moral). Belum tentu, dan tidak semua orang yang berpendidikan itu, telah terdidik dengan nilai-nilai karakter. Buku ini merupakan hasil penelitian, mengkaji masalah pendidikan karakter cerdas yang mengemuka saat ini. Ia terdiri dari nilai-nilai karakter cerdas dalam kehidupan utuh, efektif, dan yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, terdiri dari tiga bagian. Bagian I terdiri dari tiga bab, yakni: Bab 1 Landasan Dasar, mempresentasikan landasan pendidikan karakter cerdas sebagai fondasi utama pendidikan, memuat landasan: filosofi, historis, sosiologi, psikologi, dan teori belajar pembelajaran karakter cerdas. Bab 2 Model Pembelajaran Karakter Cerdas, menguraikan: pengertian pembelajaran afektif, komponen domain/ ranah afektif dan hirargikalnya, kedudukan skemata afeksi dalam pembelajaran, hubungan integrasi antara ranah afektif dengan kognitif dan psikomotor, aplikasi kurikulum pengembangan afektif, prinsip pembelajaran afektif, dan pengembangan instrumen penilaian afektif. Bab 3 Konsep Dasar Pendidikan Karakter Cerdas, mempresentasikan: hakikat pendidikan karakter cerdas, pengertian karakter, konsep dasar kecerdasan, tujuan pendidikan karakter cerdas, dan pokok-pokok nilai-nilai karakter cerdas. Bagian II terdiri dari Bab 4, Nilai-Nilai Karakter Cerdas dalam kehidupan yang Utuh dan Efektif, mempresentasikan sumber nilai-nilai karekter cerdas, yakni Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bab 5, Jujur, mengurai konsep dasar karakter cerdas jujur. Bab 6, Cerdas, menguraikan: pengertian cerdas. Bab 7, Tangguh, menguraikan pengertian tangguh, yakni: 22) cermat, teliti, dan hati-hati, 23) sabar/ mengendalikan diri, 24) disiplin, 25) ulet/ tidak putus asa, 26) bekerja keras, 27) terampil, 28) produktif, 29) berorientasi nilai tambah, 30) berani berkorban, 31) tahan uji, 32) berani menanggung resiko, dan 33) menjaga K3. Bab 8, Peduli, menguraikan pengertian peduli, yakni: 34) mematuhi peraturan/ hukum yang berlaku, 35) sopan santun, 36) loyal dengan mentaati perintah, 37) demokratis, 38) sikap kekeluargaan, 39) gotong royong, 40) toleransi/ suka menolong, 41) musyawarah, 42) tertib/ menjaga ketertiban, 43) damai/ anti kekerasan, 44) pemaaf, dan 45) menjaga kerahasiaan. Bagian III terdiri dari enam bab (Bab 9-14), mengurai Nilai-nilai karakter cerdas (45 butir) yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, dan sumber jati diri. Selamat membaca!

ga komponen bekerja sama melaksanakan dengan baik, maka akan terbentuk karakter cerdas bangsa yang kuat (Kesuma, 2011: 2). Dari pembahasan di atas dapat ditegaskan bahwa pendidikan karakter cerdas merupakan upaya memanusiakan manusia ...

Manajemen Impor & Importasi Indonesia

Hampir semua negara tidak bisa memenuhi sendiri semua kebutuhan konsumsi rakyatnya di dalam negeri sehingga harus dibantu arus barang impor guna menyeimbangkan permintaan dan penawaran di dalam negeri. Impor merupakan variabel yang sangat penting dalam mengendalikan laju inflasi. Banyak kebutuhan dalam negeri yang tidak bisa dicukupi oleh hasil-hasil produksi dalam negeri, baik kebutuhan barang konsumsi rakyat maupun kebutuhan sektor industri. Tanpa mengalirnya arus barang impor ke dalam negeri, dikuatirkan akan terjadi kegoncangan harga barang pada umumnya. Buku Manajemen Impor dan Importasi Indonesia ini berisi materi-materi yang sangat dibutuhkan guna menambah pengetahuan dan keterampilan semua pihak yang terkait dalam transaksi dan realisasi impor barang ke Indonesia serta semua pihak yang berkepentingan memelajari dan mendalami Ilmu Manajemen Impor dan Importasi Indonesia.

Setelah importir melakukan permintaan pembukaan Letter of Credit pada Issuing Bank di negaranya, serta importir menyetorkan sejumlah uang sebesar nilai transaksi impornya, maka importir hanya tinggal diam menunggu reaksi selanjutnya ...

100++ Soal & Jawaban Ekspor-Impor-Interinsuler Dalam Angka

Buku ini memberikan berbagai soal/kasus dalam angka, yang sangat penting bagi siapa saja yang berniat mempelajari ekspor impor interinsuler agar bisa menjadi para pelaku bisnis ekspor impor antar pulau yang handal.

Buku ini memberikan berbagai soal/kasus dalam angka, yang sangat penting bagi siapa saja yang berniat mempelajari ekspor impor interinsuler agar bisa menjadi para pelaku bisnis ekspor impor antar pulau yang handal.

Manajemen Kapal Niaga

Teori, Aplikasi dan Peluang-Peluang Bisnis

Buku Manajemen Kapal Niaga ini berisi tentang pengetahuan dan seluk beluk aspek pelayaran di Indonesia yang merupakan hasil pengalaman dan penelitian bertahun-tahun. Untuk memajukan pendapatan negara di bagian pelayaran, pembelajaran di manajemen kapal niaga dan peluang-peluang bisnisnya sangatlah penting. Selain berisi teori aspek ekonomi secara umum, buku ini juga berisi pemahaman akan kapal dan metode pengelolaan kapal serta peluang bisnisnya yang sangat mudah dipahami dan diterapkan oleh pengguna atau pemerhati pelabuhan yang tertarik dengan pengelolaan kapal niaga. Para pengusaha pelayaran juga dapat mempergunakan buku ini untuk menyempurnakan pola operasinya sehingga lebih efektif, efisien, dan memberikan keuntungan yang lebih besar. Buku ini dibuat dengan tujuan untuk menambah wawasan bagi masyarakat, pengusaha pelayaran, dan pengusaha ekspor-impor yang dalam kesehariannya selalu harus berhubungan dengan 'laut dan kapal'.

Bayangkan bilamana dokumen yang salah ketik tersebut adalah Certificate of Origin yang diterbitkan oleh Kantor Departemen ... mereka akan melakukan transaksi ekspor tanpa menggunakan Letter of Credit atau lazim disingkat ekspor Non L/C.

Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor

Pentingnya kegiatan ekspor/impor di pelabuhan khususnya, dan di suatu negara pada umumnya, menunjukkan mobilitas besarnya penawaran maupun permintaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Pelabuhan sendiri merupakan pintu suatu negara bagi keluar-masuknya berbagai arus, yakni arus barang ekspor/impor dan interinsuler; arus penumpang ke/dari luar negeri dan ke/dari antarpulau; arus kapal baik kapal bendera nasional maupun kapal bendera asing; arus dokumen komoditas yang melindungi barang ekspor impor; arus dokumen kapal yang melindungi kapal asing maupun kapal domestik; arus uang baik mata uang asing maupun mata uang nasional; arus virus/bakteri baik yang dibawa oleh para penumpang kapal dan anak buah kapal, contohnya flu hongkong, AIDS, kolera; serta yang dibawa oleh muatan kapal, baik yang berupa hewan, misal penyakit sapi antrax, flu burung, maupun muatan kapal yang berupa tumbuhan, yakni kutu (insect) seperti kutu loncat, hama wereng, kutu pengerat padi, penyakit kulit pohon kopi, jeruk, lamtoro, dan lainnya. Pelabuhan juga merupakan pintu keluar masuknya arus kapal, baik kapal asing maupun kapal domestik (deadweight ships' call), juga arus hewan dan produk asal hewan serta arus tumbuhan dan produk asal tumbuhan. Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak peluang maupun kekuatan yang dimiliki oleh negara kita, sehingga di kemudian hari diharapkan bangsa kita akan semakin banyak memiliki ahli-ahli perdagangan internasional dalam dunia ekspor impor.

Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak ...