Sebanyak 1500 item atau buku ditemukan

Karakter Nasionalis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan. Belajar sejarah merupakan kegiatan untuk mengurai kembali memori yang ada untuk di jadikan nilai. Belajar sejarah adalah melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri sesungguhnya pembelajar telah mengukur kemampuannya. Sehingga dengan demikian, dapat menentukan pilihan terbaik untuk dirinya. Pada tataran inilah syarat menjadi guru kehidupan dan menjadikan orang bijak. Buku ini mengulas tentang karakter nasionalisme dan pembelajaran sejarah yang dilakukan pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa SMA merupakan generasi yang berada dalam suasana kejiwaan yang menjurus pada proses pembentukan karakter. Agar dalam proses ini tidak terjadi salah langkah, kiranya perlu hal-hal yang dapat di jadikan sebagai panduan dalam mewujudkan karakter yang terukur. Karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dimaksudkan untuk mengisi hal-hal yang dapat membentuk karakter sekaligus dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur kelayakan pembelajar sebagai generasi yang berkarakter nasionalis.

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan.

TRANSFORMASI BUDAYA PEMBELAJARAN ERA KENORMALAN BARU PASCA COVID-19

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio Lekahena, Theopany P.Th, Rampisela, S.Psi., M.Ed, Mersya Rikumahu, Tifanny Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-68722-9-1 Sinopsis Buku Transformasi Budaya Pembelajaran Situasi saat ini telah mempercepat implementasi pendidikan abad-21 sebagai tuntutan era insdustri 4.0. Kehadiran Covid-19 menuntut para pendidik, peserta didik bahkan orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar, karena pembelajaran online dianggap sebagai alternative terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online akan efektif jika para penggunanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Inilah yang dialami oleh banyak para pendidik yang berada di daerah-daerah yang jarang bahkan tidak pernah menikmati kegiatan workshop. Mereka mengeluh karena punya android, laptop tetapi tidak paham untuk memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih saat situasi covid-19. Jangan tanyakan ini tugas siapa? Jangan tanyakan ini tanggung jawab siapa? Jangan tanyakan ini salah siapa? Yang harus kita lakukan adalah bagaimana solusinya dan bertindaklah. Buku ini hadir sebagai wujud nyata dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Buku ini secara spesifik mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan PKM pada masa Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. Mulai dari Analisis, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, bahkan sampai output yang dihasilkan. Dengan demikian, buku ini akan menjadi refferensi yang baik bagi para mahasiswa, dosen atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio ...

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HYBIRD LEARNING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ULUL ALBAB

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online). Melalui blended learning semua sumber belajar yang dapat memfasilitasi terjadinya belajar bagi mahasiswa dapat dikembangkan. Pembelajaran blended dapat menggabungkan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan pembelajaran berbasis komputer.

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online).

Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa. Pertumbuhan mental tidak terlepas dari pertumbuhan fisik: pematangan sistem saraf dan endokrin, khususnya, berlanjut hingga usia enam belas tahun. Ini menyiratkan bahwa untuk mencapai pertumbuhan pemahaman, tidaklah cukup untuk memulai dengan kelahiran yang berhubungan dengan gerakan dan respons janin, dan perilaku pra-persepsi janin. Dari sudut pandang teoritis, hal ini juga mengimplikasikan bahwa psikologi anak harus dipandang sebagai ilmu yang mempelajari salah satu aspek permulaan keadaan keseimbangan relatif yang merupakan tingkat dewasa.

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa.

Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Peningkatan mutu pendidikan tinggi dewasa ini dilakukan dengan melalui perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan KKNI yang telah ditetapkan melalui peraturan presiden. Buku ini diharapkan akan dapat menjadi acuan dan titik tolak kegiatan perkuliahan, sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terarah dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Buku ini merupakan referensi utama bagi dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, mengingat buku yang sesuai dengan isi dan silabus mata kuliah ini masih kurang. Dengan demikian, para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dapat menggunakannya sebagai referensi dalam mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, baik untuk membuat tugas-tugas terstruktur maupun dalam proses belajar secara mandiri. Meskipun demikian, buku ini tidaklah dimaksudkan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam penyelenggaraan mata kuliah ini. Untuk itu, kepada para mahasiswa dan dosen diharapkan dapat mencari, membaca, dan menambah referensi lain yang relevan. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Sebagai implikasi dari konsep pendidikan seumur hidup terlihat dari pernyataan adanya perhatian pemerintah untuk ... Dengan demikian, pemerintah telah menerapkan kebijaksanaan bahwa pendidikan dimulai sejak anak dilahirkan sampai ...

Konsep Dasar IPS

Ditulisnya buku ini selain bermaksud untuk memberikan sumbangsih perbendaharaan literatur yang saat ini masih sangat terbatas jumlahnya, terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Konsep Dasar IPS, Pendidikan IPS, dan Pembelajaran IPS sebagai salah satu bentuk pengembangan bahan ajar mata kuliah yang diampu penulis juga dimaksudkan dapat memberikan sumbangsih literatur bagi para praktisi pendidikan umumnya secara khusus bagi guru dan calon guru IPS yang membutuhkan. Buku ini lahir adanya akan bahan ajar yang relevan dengan kurikulum Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yaitu mata kuliah Konsep Dasar IPS sebagai salah satu mata kuliah wajib. Dalam buku ini memuat teori pada ruang lingkup IPS dan karakteristiknya, yaitu ekonomi, sejarah, antropologi, sosiologi, geografi, dan politik pemerintahan. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan teori keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon guru SD dari sudut pandang muatan IPS dalam beberapa tinjauan kurikulum. Konsep Dasar IPS ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Selain itu , buku ini dilengkapi dengan teori keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon guru SD dari ... Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PG - PAUD ) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ( 2017-2020 ) .

DASAR-DASAR PENDIDIKAN

Buku dasar-dasar pendidikan ini mengulas hakikat pendidikan, landasan pendidikan, asas pendidikan, aliran pendidikan, teori dan pilar pendidikan, lingkungan pendidikan, sistem pendidikan nasional, kelembagaan dan pengelolaan pendidikan nasional dan sistem informasi manajemen dalam dunia pendidikan. Buku ini memuat berbagai pokok bahasan dasar-dasar ilmu pendidikan, yang dapat berguna untuk para pendidik dan anak didik untuk mengetahi pondasi dalam lingkungan pendidikan. Buku ini menyuguhkan bacaan yang relevan dan sangat bagus isinya. Selain itu berbagai argumentasi yang diungkapkan dalam buku ini juga memberikan wawasan lebih bagi pembaca.

Haudi S.Pd., M.M., Hadion Wijoyo, S.E., S.H., S.Sos., S.Pd., M.H., M.M.. karakter bersama. Tujuan ini bermakna bahwa karakter di sekolah harus dihubungkan dengan proses pendidikan di keluarga.23 ...

Jurus Jitu Mendidik Anak Dalam Kandungan Secara Islami

Disadari atau tidak, bahwa sebenarnya proses pendidikan, bimbingan dan pengajaran terhadap anak (harus) sudah dimulai sejak mereka masih dalam kandungan. Namun dalam kenyataannya masih banyak orangtua yang kurang tahu atau belum paham mengenai aturan dan rambu-rambu dalam memberikan bimbingan, pengajaran dan pendidikan terhadap anak-anak mereka yang masih dalam kandungan, khusunya secara Islami. Atau mungkin saja mereka tahu dan sadar bahwa pendidikan anak sudah dimulai sejak masih dalam kandungan, namun mungkin saja mereka tidak tahu dan tidak paham tentang apa dan bagimana yang harus dilakukan dalam upaya mendidik anak-anak mereka ketika masih dalam kandungan. Inilah permasalahannya. Dikarenakan begitu mendasar dan pentingnya bekal pendidikan bagi anak yang masih dalam kandungan, maka (Insya Allah) buku ini akan menjadi solusinya. Dalam buku ini diuraikan secara sederhana, praktis dan gamblang apa dan bagaimana yang harus dilakukan oleh para orangtua dalam rangka mendidik anak-anaknya yang masih ada dalam kandungan secara Islami. Apa saja konsep ajaran Islam tentang pendidikan anak dalam kandungan, termasuk solusi dan petunjuk praktisnya bagi para orangtua atau bahkan siapa saja dalam melakukan hal tersebut. Mudah-mudahan buku ini menjadi bahan acuan atau setidaknya menjadi referensi dasar bagi para orangtua (muslim khususnya) dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya ketika masih dalam kandungan sesuai dengan ajaran agam Islam.

Masa mendidik anak dalam kandungan menurut Islam dibagi menjadi dua periode yaitu masa persiapan mendidik dan masa aktif mendidik. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing periode tersebut. 1. Masa Persiapan Mendidik Tidak ada sesuatu ...

WASIAT RASULULLAH TENTANG ANAK Cara Islami Mengasuh dan Mendidik Anak dari Kelahiran hingga Pernikahan

Buku ini menyampaikan pengetahuan bagi para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan wasiat Rasulullah saw. Disajikan cara mengasuh dan mendidik anak mulai dari kelahiran sampai pernikahan. Buku ini menjelaskan wasiat-wasiat Rasulullah saw., tentang anak, dalam hal mengasuh dan mendidiknya. Sebab, Rasulullah saw. adalah sebaik-baik teladan dalam mengasuh dan mendidik anak. Kelengkapan buku ini melebihi buku sejenis, karena disampaikan cara mengasuh dan mendidik anak mulai dari lahirnya sampai dewasa saat menikah. ISBN : 978-623-7537-12-0 Ukuran : 4 cm x 20.5 cm x 1.4 cm Jumlah halaman : 224 Tahun : 2019

erawat dan mengasuh buah hati merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua. ... Selain didukung data riset ilmiah, pentingnya seorang ibu untuk menyusui anak juga disebutkan dalam Islam. Al-Buhuti dalam Syarh Muntaha al-Iradat, ...

HUKUMAN DALAM MENDIDIK PERSPEKTIF HADIS

Sebagai pembuka saya ucapkan Alhamdulillah, puji dan syukur hanya milik Allah SWT karena atas rahmat dan petunjuk dari-Nya lah penulis dapat menyelesaikan buku ini. Shalawat dan salam semoga tercurah selalu kepada Nabi Muhammad SAW., uswatun hasanah yang di utus oleh Allah SWT bagi umat manusia yang telah mengeluarkan manusia dari kejahiliyahan menuju cahaya ilahiah. Selanjutnya penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kedua orang tua (emak dan bapak), karib kerabat, para dosen dan teman-teman yang telah memberikan doa dan dukungan moral maupun material sehingga buku ini dapat penulis selesaikan. Semoga Allah memberikan balasan kepada mereka. Buku ini merupakan skripsi penulis ketika menyelesaikan studi S1 di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengengembangan Ilmu Al-Qur’an Sumatera Barat (STAI-PIQ SUMBAR) pada tahun 2019. Untuk isi tidak ada yang berubah dari apa yang telah di sarankan oleh dosen pembimbing dan tim penguji sidang munaqasyah. Namun untuk letaknya memang banyak mengalami perubahan, yang semula dari format skripsi menjadi format buku. Selain itu bagian-bagian yang penulis anggap kurang penting tidak penulis muat dalam buku ini. Buku ini sangat tepat untuk para akademisi ataupun pembaca yang ingin mengetahui tentang hukuman dalam mendidik yang pelaksanaannya menuai diskusi yang cukup menarik dari para ahli maupun dari kalangan orang awam sendiri. Penulis mencoba mengkaji dari perspektif hadis Nabi, karena ada sepotong hadis nabi yang mengisyaratkan untuk memberikan hukuman. Hadis tersebutlah yang v dijadikan dalil sebagian kalangan untuk memberlakukan sanksi hukuman termasuk fisik. Namun sebagian yang lain membantah dan menganggap bahwa hadis tersebut dengan tafsiran yang berbeda dari redaksinya. Untuk memperjelas duduk persoalan tersebutlah penulis tertarik untuk mengkajinya. Dengan segenap kemampuan yang penulis miliki dan upayakan, akhirnya penulis dapat menarik benang merah dari persoalan tersebut. Namun mengatakan pepatah tak ada gading yang tak retak, oleh karena itu penulis menyadari walaupun penulis sudah mengupayakan semaksimal mungkin untuk yang terbaik, penulis menyadari banyak kelemahan penulis terutama dalam mengumpulkan hadis, menuliskannya dan menganalisisnya. Penulis mengharapkan karya ilmiah ini dapat memberikan manfaat dan sumbangan akademik keilmuan terutama bagi ilmu pendidikan Islam.

Shalawat dan salam semoga tercurah selalu kepada Nabi Muhammad SAW., uswatun hasanah yang di utus oleh Allah SWT bagi umat manusia yang telah mengeluarkan manusia dari kejahiliyahan menuju cahaya ilahiah.