Sebanyak 10535 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling fundamental. Dimana menyiapkan anak usia 0-6 tahun agar siap memasuki pendidikan selajutnya. Dalam hal ini pengembangan manajemen pendidikan anak usia dini sangat diperlukan. Untuk perencanakan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam sebuah lembaga PAUD. Hal tersebut tidak terlepas dari perhatian seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Proses pendidikan anak usia dini memerlukan pengelolaan yang efektif dan efisien serta perlu didukung oleh kepemimpinan pendidikan yang baik. Buku ini hadir untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan buku ini diharapkan seluruh komponen yang terlibat pada pendidikan anak usia dini lebih memahami betapa pentingnya manajemen untuk pengembangan pendidikan anak usia dini. Dalam buku ini terdiri dari 11 bab yang membahas tentang Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendirian PAUD, Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen I), Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen II), Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Ekstrakurikuler I, Manajemen Ekstrakurikuler II, Manajemen Pembiayaan PAUD, Manajemen Pemasaran PAUD, Manajemen Perpustakaan PAUD.

Bahasa Inggris Kegiatan ekskul bahasa Inggris bertujuan mengembangkan kompetensi bahasa Inggris dalam bentuk lisan, meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional serta komunikasi. Melalui kegiatan ini anak dilatih ketrampilan ...

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik)

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”. Dengan diterbitkannya buku ini tentunya penulis dapat membantu mahasiswa pendidikan anak usia dini dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan para calon guru maupun guru atau pendidik anak usia dini serta siapa yang hendak mempelajari dan memahami bagaimana cara mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pada hakikatnya pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh kareta itu, pendidikan anak usia dini memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Atas dasar ini, lembaga paud perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Dengan adanya buku ini tentunya dapat sebagai alternatif terlebih mampu memberikan solusi-solusi yang tepat dalam usaha mengembangkan kognitif anak secara optimal. Dalam penulisan buku, penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan atau ketidak sempurnaan baik dalam bahasa maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik bagi para pembaca, guna untuk perbaikan dalam menyempurnakan penyusunan buku ini.

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”.

Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak

Buku ini berbicara tentang kreativitas dan strategi pengembangan anak-anak pada usia dini, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak. Berbagai topik penting dalam topik ini mencoba mengantarkan para pembaca untuk memahami apa yang dimaksud dengan kreativitas, strategi pengembangan pada anak usia dini, dan kegiatan di taman kanak-kanak yang memfasilitasi pengembangan tersebut. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Buku ini berbicara tentang kreativitas dan strategi pengembangan anak-anak pada usia dini, khususnya dalam ranah pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak.

Sains Untuk Anak

Elmatera

Sains adalah bagian dari kehidupan. Sains juga merupakan mata pelajaran di sekolah. Namun bukuini hadir dengan sesuatu yang berbeda. Buku ini mencoba menghadirkan pertanyaan-pertanyaan seputar sains. Pertanyaan-pertanyaan yang disajikan adalah pertanyaan-pertanyaan kritis yang dapat membantu anak menjadi anak cerdas. Anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Cerdas, tidak hanya merupakan bawaan atau bakat yang diperoleh sang anak. Setiap orang tua bisa menjadikan anaknya menjadi anak cerdas. Tentu saja, hal ini tergantung dari cara mendidik anak sejak dini. Salah satu cara agar anak menjadi cerdas adalah orang tua harus membiasakan anaknya bertanya. Bertanya adalah langkah awal untuk menjadi kritis. Berilah jawaban yang akurat dan tepat ketika anak bertanya.

Sains adalah bagian dari kehidupan.

Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk memulai memberikan stimulus agar anak dapat berkembang secara optimal. Apa yang dipelajari seseorang di awal kehidupan akan mempunyai dampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Usia dini adalah masa peka bagi anak. Pada usia ini perkembangan anak akan berkembang secara optimal, karena pada masa ini merupakan peletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan nilai agama moral. Usia ini sering disebut sebagai usia emas (The Golden Age), karena masa ini akan terjadi perkembangan yang pesat terhadap semua aspek perkembangan dan akan terjadi sekali dalam seumur hidup, dan tidak akan kembali lagi setelah anak-anak dewasa nantinya. Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Adapun materi yang dibahas pada buku ini yakni sepenuhnya berkaitan dengan Pengembangan Fisik Motorik untuk mahasiswa Perguruan Tinggi pada umumnya.

Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam ...

Engineering psychology : prinsip dasar rekayasa kerja berbasis integrasi fisik, psikis, dan teknik

Engineering Psychology: Prinsip Dasar Rekayasa Kerja Berbasis Integrasi Fisik, Psikis, dan Teknik merupakan buku pertama di Indonesia yang membahas mengenai keilmuan Engineering Psychology. Engineering psychology sendiri merupakan disiplin ilmu dengan konsep multidisiplin yang berfokus pada optimalisasi kinerja manusia melalui interaksi antara manusia dengan mesin, produk, objek, maupun teknologi yang berlandaskan integrasi aspek fisik, psikis dan teknik, dengan mempertimbangkan kelebihan dan keterbatasan manusia sebagai pusat dari rancangan. Buku ini terdiri dari 15 yang disusun oleh para penulis yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yaitu psikologi, teknik dan kedokteran. Setiap bab ditulis secara spesifik oleh dosen yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Buku ini dibagi atas empat bagian; bagian pertama terdiri dari dua bab yang membahas pengantar keilmuan dan dasar hubungan manusia mesin, bagian kedua terdiri dari empat bab yang ditulis oleh para ahli dari fakultas kedokteran membahas mengenai dasar-dasar pancaindra, memori, dan anatomi, bagian ketiga terdiri dari lima bab membahas mengenai manusia dan aktivitas kerja serta bagian keempat terdiri empat bab yang membahas mengenai human performance. Buku ini dapat menjadi pegangan utama untuk mata kuliah Engineering Psychology, suatu mata kuliah baru yang akan diperkenalkan di Unika Atma Jaya Jakarta. Karena isi buku secara ringkas membahas mengenai aspek manusia dari sisi pendekatan psikologi, fisik dan teknik yang disusun oleh para ahli dari tiga fakultas berbeda (psikologi, kedokteran dan teknik), sebagian besar materi dalam buku ini juga dapat menjadi pegangan untuk beberapa mata kuliah yang terkait di kedokteran, psikologi, dan teknik. Buku ini cocok menjadi buku pegangan bagi mahasiswa peserta kuliah, dosen, praktisi, maupun khalayak umum.

Usaha yang digunakan untuk meningkatkan output motorik dari korteks motorik
primer disebut sistem fasilitasi. Input dari sistem fasilitasi meningkatkan aktivitas
pada bagian korteks motorik asosiasi dan korteks motorik primer, sehingga ...

MODEL-MODEL EXERCISE DAN AKTIVITAS FISIK Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD

Buku ini disusun oleh penulis untuk memberikan gambaran tentang model-model dari aktivitas fisik dan exercise (latihan) untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak. Adapun isi buku ini meliputi: (1) konsep aktivitas fisik dan latihan, (2) kemamapuan motorik kasar (gross motor skills), (3) kebugaran jasmani dan aspek pentingnya, (4) model-model exercise dan aktivitas fisik.

Buku ini disusun oleh penulis untuk memberikan gambaran tentang model-model dari aktivitas fisik dan exercise (latihan) untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak.

Sistem kepemimpinan dalam masyarakat pedesaan daerah Sulawesi Tenggara

Di samping itu terdapat pula organisasiorganisasi pendukung yang bergerak di
bidang pendidikan yang dibentuk oleh masyarakat sebagai upaya masyarakat
setempat untuk memajukan pendidikan anak-anak mereka. ORGANISASI
DALAM ...

Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Abad Ke-21

Buku ini menampilkan tujuh bab berkaitan dengan kepemimpinan sekolah dan pengurusan kualiti sekolah. Sebagai pemimpin sekolah, kemahiran dan pengetahuan dalam pelbagai bidang ilmu perlu dimiliki bagi menjayakan pelbagai polisi dan program khususnya Kementerian Pendidikan Malaysia. Pemimpin sekolah perlu memiliki pelbagai kemahiran dan gaya kepemimpinan bagi mengurus staf, guru dan pelajar yang kebanyakan mereka adalah generasi Y dan generasi Z. Pemimpin sekolah perlu bijak untuk membuat keputusan, menyusun strategi, dan berhemah dalam membentuk budaya korporat sekolah. Semua elemen ini memerlukan pemimpin sekolah yang berketerampilan bagi mengurus kualiti sekolah. Negara menaruh harapan yang tinggi kepada sekolah untuk melahirkan insan cerdik pandai dan berakhlak mulia bagi menyediakan anak muda meneruskan pendidikan di kolej dan di universiti seterusnya ke pasaran tenaga kerja bagi membangunkan negara.

Buku ini menampilkan tujuh bab berkaitan dengan kepemimpinan sekolah dan pengurusan kualiti sekolah.