Sebanyak 4108 item atau buku ditemukan

Review of Programs for the Handicapped, 1977

Hearings Before the Subcommittee on the Handicapped of the Committee on Human Resources, United States Senate, Ninety-fifth Congress, First Session ....

Instructional Program Receptionist Secretary Division of Developmental Education Division of Curriculum Development ... Assistant Foreign Language Teacher Education Instructional Assistant Home Economics Foods Teacher Home Economics ...

Review of Programs for the Handicapped, 1977: February 7, 1977

... Division of Instruction ( Principal ) Division of Developmental Education Division of Curriculum Development Media Administrative Secretary Associate Principal , Instructional Program Associate Principal , Curriculum Planning ...

Review of Vocational Education Programs, 1975

Hearings Before the Subcommittee on Education of the Committee on Labor and Public Welfare, United States Senate, Ninety-fourth Congress, First Session ....

Handicapped Youths Modified Vocational Programs Occupational training programs designed to provide pre - vocational and vocational training opportunities utilizing existing curriculum or curriculum designed specifically for the ...

Tafsir Ayat Tarbawi (Kajian Ayat-Ayat Pendidikan)

Tafsir tarbawi yang merupakan ijtihad akademisi di bidang tafsir, berupaya mendekati Alquran melalui sudut pandang pendidikan. Baik dari segi teoretik maupun praktik, sehingga diharapkan paradigma pendidikan dapat dilandaskan kepada kitab suci, dan petunjuk kitab suci mampu diimplementasikan sebagai dasar pendidikan. Tujuan utama dari mempelajari tafsir adalah memahami makna-makna Alquran, hukum-hukumnya, hikmah-hikmahnya, ajaran akhlaknya, dan petunjuk-petunjuknya untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Tafsir tarbawi yang merupakan ijtihad akademisi di bidang tafsir, berupaya mendekati Alquran melalui sudut pandang pendidikan.

TAFSIR TARBAWI: Melacak Kontruksi Pendidikan dalam Alquran dan Hadis

Buku ini melampiaskan dinamika pendidikan dalam saduran berbagai pendekatan yang berimbang. Alquran dan hadis sebagai standar nilai dalam pendidikan Islam dirujuk secara ekstrim dalam menginterpretasikan entitas pendidikan dengan cukup luas. Sumber ajaran Islam tidak hanya pada tahapan ide, tetapi merupakan sebuah idealitas terhadap seluruh unsur pendidikan. Kekayaan nilai dalam Alquran dan Hadis digali melalui pendekatan sosial, sains, dan problematika sosial. Penulis berupaya menghadirkan Islam dalam sistem pendidikan yang subtansial, mulai dari prasyarat guru, siswa, materi, metode, hingga evaluasi. Ekstremis Islam yang banyak dimaknai parsial berikut juga weternis yang dianggap modren sama-sama dikaji dalam ruang lingkup yang berimbang. Uniknya, buku ini mengalir dengan bahasa awam, sehingga para pembaca dengan mudah dapat menangkap ide gagasan dari setiap uraian yang dimaksudkan. Kemudahan ini menjadi daya tarik untuk lebih interpretatif membuka peluang pengembangan kajian yang lebih serius.

Buku ini melampiaskan dinamika pendidikan dalam saduran berbagai pendekatan yang berimbang.

KOMUNIKASI EDUKATIF ORANGTUA DAN ANAK DALAM ALQURAN : KAJIAN TAFSIR TARBAWI

Buku Komunikasi Edukatif Orangtua dan Anak dalam Alquran: Kajian Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan kajian Komunikasi dan Pendidikan Islam yang diulas dengan pendekatan Pendidikan Islam dengan berbasis pada Alquran. Sebab bagi umat Islam Alquran adalah pedoman dan panduan yang memberikan arah dan tuntunan bagi kehidupan manusia termasuk dalam membangun komunikasi edukatif dalam lingkungan keluarga antara orangtua dan anak. Dalam buku ini, mengungkapkan hal penting yang harus diketahui antara lain bahwa Alquran mengungkapkan beberapa kata atau istilah yang harus menjadi rujukan dalam membangun komunikasi edukatif antara orangtua dan anak, yaitu: Qaulan Ma’rufa (Perkataan yang baik), Qaulan Sadida (Perkataan yang tegas dan benar), Qaulan Layyina (Perkataan yang lemah lembut), Qaulan Maisura (Perkataan yang pantas), Qaulan Baligha (Perkataan yang membekas pada jiwa), Qaulan Karima (Perkataan yang mulia), Qaulan Tsaqilan (Perkataan yang penuh makna), dan Ahsanu Qaulan (Perkataan terbaik). Tentu saja, selain informasi tersebut masih banyak informasi lain yang perlu diketahui dalam buku ini. Karena itu, buku ini amat layak dibaca oleh orangtua, praktisi pendidikan, guru, dan dosen, dan masyarakat Muslim untuk menjamin terbangunnya komunikasi edukatif orangtua dan anak pada khususnya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Buku Komunikasi Edukatif Orangtua dan Anak dalam Alquran: Kajian Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan kajian Komunikasi dan Pendidikan Islam yang diulas dengan pendekatan Pendidikan Islam dengan berbasis pada Alquran.

Tafsir Ar-Rahmah

Juz 30

Surah-surah Juz 'Amma merupakan surah-surah populer yang sering dibaca umat Islam baik di dalam dan di luar shalat. Walaupun surah-surah Juz 'Amma ayat-ayatnya pendek atau jumlah ayat-ayatnya sedikit kecuali beberapa surah saja, namun banyak nilai, motivasi, ajaran-ajaran mulia yang terkandung dalam surah-surahnya. Buku tafsir ini mengajak pembaca untuk mentadaburi ciptaan-ciptaan-Nya disertai dengan kisah-kisah umat terdahulu yang menarik dan selalu hidup. Kisah Musa dan Firaun, Ibnu Ummi Maktum, Ubay bin Ka'b, Abu Lahab dan istrinya, dan kisah-kisah lainnya dikupas dalam buku ini. Buku tafsir ini ditulis dengan metode yang menggabungkan antara tafsir bil ma'tsur dan tafsir bil ma'qul yang dikemas dengan bahasa yang ringan namun representatif. Semoga buku Tafsir Ar-Rahmah Juz 30 ini memberi manfaat bagi seluruh umat dan menjadi lebih dekat kepada al-Quran serta memahami dan mengaplikasikan ajaran-ajarannya dalam kehidupan. Amin.

Penulis mengenyam pendidikan dasar di SDN Mekarjaya VII dari tahun 1987 s.d. tahun 1993. Setelah itu melanjutkan pendidikan menengah pertama di MTS al-Hamidiyah Sawangan Depok sekaligus menjadi santri di pesantren al-Hamidiyah dari ...

Kaidah Tafsir Al-Quran

Buku ini memperbincangkan kaidah-kaidah yang sangat diperlukan untuk memahami Al-Quran. Kaidah-kaidah tersebut meliputi kaidah bahasa, kaidah yang berkaitan dengan ulum Al-Quran, kaidah ushul, dan sebagainya. Kaidah bahasa ialah berkaitan dengan prinsip-prinsip utama terkait dengan bahasa yang menjadi standar dalam memahami nuṣūṣ al-shar`iyah, khususnya Al-Quran. Kaidah bahasa itu antara lain, kaidah yang berkaitan dengan isim ḍamīr, makna huruf, jumlah shartiyah, dan sebagainya. Kaidah tafsir yang berkaitan dengan ushul, yang dibahas dalam buku ini, antara lain adalah kaidah tentang `am dan takhsis, muṭlaq dan muqayyad, manṭūq dan mafhum, dan sebagainya. Sementara kaidah tafsir yang berkaitan dengan ulum Al-Quran yang dibahas dalam buku ini adalah kaidah tentang sebab nuzul dan nasikh wa al-mansukh. Kaidah-kaidah ini merupakan prinsip-prinsip utama yang perlu dikuasai untuk dijadikan sebagai standar dalam memahami Al-Quran.

Selanjutnya gelar S2 M.Ag (Magister Agama) penulis peroleh pada perguruan tinggi yang sama pada tahun 2003 jurusan Pendidikan Islam. Pada tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikannya pada Program Doktoral (S3) jurusan Pendidikan Agama ...