Assalamu 'Alaikum Wr. Wb Manusia adalah makhluk berkembang baik fisik maupun fisikisnya akan tetapi perkembangan itu haruslah dilakukan melalui proses pengembangan dan proses pengembangan tersebut harus dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan di keluarga, di sekolah baik formal maupun non formal dan juga di masyarakat. Pengembangan diri dalam perspektif Islam adalah pengembangan diri yang tidak hanya menitik beratkan kepada keterampilan untuk kemaslahatan kehidupan dunia akan tetapi juga menitik beratkan kepada spiritual atau rohaninya untuk kemaslhatan kehidupan akhirat yang merupakan tujuan dari kehidupan manusia. Oleh sebab itu dalam pengembangan diri siswa dalam perspektif Islam haruslah menyelamatkan keimanannya atau ketauhidannya. Buku yang ada ditangan anda ini adalah buku yang mengajarkan bagaimana melakukan pengelolaan pengembangan diri siswa dalam perspektif Islam yang menyeimbangkan antara dunia dan akhirat atau jasmani dan rohani manusia. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca khususnya kaum akademisi, para Pendidik, Anak didik dan masyarakat dalam memahami konsep sebenarnya tentang ‘Management Self Development Student’ dan semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkah dan keridhaan Allah SWT, sehingga dapat memberikan kemanfaatan khususnya bagi kami penyusun, Amin ya Rabbal ‘aalamiin.
Assalamu 'Alaikum Wr. Wb Manusia adalah makhluk berkembang baik fisik maupun fisikisnya akan tetapi perkembangan itu haruslah dilakukan melalui proses pengembangan dan proses pengembangan tersebut harus dilakukan melalui pendidikan.
Tata cara bilal Tarawih, Witir dan ayat-ayat pilihan tarawih 8 dan 20 raka'at
Ibadah shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat bergengsi yang dilaksanakan oleh ummat Islam pada bulan ramadhan. Ibadah ini hanya ditemukan pada bulan ramadhan saja. Tarawih bermakna ‘istirahat’, oleh sebab itu dalam ibadah shalat tarawih diselingi ‘istirahat’ dengan disunnah-kan duduk sejenak selepas salam lalu memperbanyak zikir kepada Allah dan shalawat kepada Rasulullah, baik pada setiap rakaat kedua maupun rakaat ke empat dan dikerjaakan dalam keadaan tenang, khusyuk dan tidak tergesa-gesa, dilakukan dengan benar, tidak terlalu cepat, sehingga sesuai kepada tajwid atau tatacara bacaan yang benar. Jika dilihat secara historis, shalat tarawih ini dikerjakan oleh Nabi pertama pada tanggal 23 Ramadhan tahun kedua Hijriyyah, namun pada masa itu beliau mengerjakannya tidak semata hanya di masjid terus menerus, kadang di masjid, kadang mengerjakannya di rumah. Hal ini beliau lakukan karena khawatir kalau shalat tarawih diwajibkan oleh Allah SWT untuk ummat Islam. Meskipun shalat tarawih merupakan perkara sunnah, akan tetapi ia merupakan sunnah muakkadah yaitu yang sangat dianjur-kan bagi ummat Islam, boleh dilaksanakan sendiri akan tetapi dianjurkan berjamaah. Buku ini dibuat sebagai sarana belajar kembali bagi penyusun sendiri, akan tetapi penyusun juga berharap dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Amin ya Rabbal ‘aalamiin.
Secara etimologi Teologi adalah ilmu pengetahuan tentang Tuhan. Sementara dalam Islam kata padanan dari teologi ini adalah tauhid atau kalam. Masyarakat dikampung-kampung lebih mengenal ilmu ini dengan Kajian Sifat 20. Sementara jika di kaitkan dengan pendidikan, sebagaimana pendidikan itu sendiri adalah bimbingan atau pimpinan yang dilakukan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama maka dapatlah kita pahami bahwa Teologi Pendidikan adalah ‘usaha yang dilakukan oleh manusia dengan berfikir secara benar dan sungguh-sungguh untuk ma’rifatullah (mengenal Allah) dengan menyelaraskan keinginan Allah SWT dengan keinginannya atau sebaliknya keinginan manusia dengan keinginan Tuhannya (mencapai Ridha); dalam seluruh realitas aspek kehidupan sebagai rasa tanggung jawab sebagai seorang hamba‘. Manusia harus berteologi sehingga terjalinlah hubungan mesra dengan Tuhan, selalu merasa diawasi dalam setiap gerak geriknya dan melakukan setiap (aktivitas) dengan kehati-hatian; apakah ini telah sesuai dengan kehendak Tuhan?. Teologi pendidikan mengamanatkan misi “sebuah upaya untuk menyelaraskan masyiatullah dan masyiatul-’ibad”. Jika ditelusuri secara mendalam, ternyata dari konsep masyiah itulah lahirnya ruh atau inti dari pendidikan Islam.
Buku yang ada ditangan anda ini adalah buku panduan praktik ibadah yang sederhana. Mungkin buku ini tidaklah sebaik buku-buku yang beredar lainnya akan tetapi lumayanlah sekurang-kurangnya menjadi buku pengantar dalam beribadah. Banyak sekali buku risalah ibadah/ amaliah yang beredar dipasaran yang berisi tentang berbagai amalan-amalan yang dapat diamalkan oleh kaum Muslimin; akan tetapi buku ini memiliki nilai lebih dimana dilengkapi dengan penguatan berdasarkan al-Qur’an hadits shahih. Penulis mencoba untuk merujuk amalan-amalan yang bersandar kepada al-Qur’an dan Sunnah Nabi agar amalan kita benar-benar bersandar pada pedoman yang lurus. Buku ini hadir sebagai permintaan dan memenuhi kebutuhan jamaah pengajian rutin pada Masjid al-Iman Bandung. Penyusun sangat menyadari akan kekurangan dalam buku ini, penulis mohon adanya tegur dan kritik yang membangun guna untuk menyempurnakan buku ini. Apabila pembaca menemukan ada kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan buku ini baik berupa ayat ataupun hadits dan do’a-do’a maka penulis memohon maaf. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkah dan keridhoan Allah SWT, sehingga dapat memberikan kemanfaatan khususnya bagi kami penyusun, Amin ya Rabbal ‘aalamiin.
... ibadah adalah bagian dari spirtual yang mengantarkanya untuk dekat kepada Allah Subhanahu wata'ala; dan untuk dekat kepada Allah harus dengan ilmu sebagaimana yang diajakan oleh al-Qur'an dan Hadits Rasulullah yang shahih. Saya ...