Sebanyak 598 item atau buku ditemukan

SELEKTA PENDIDIKAN

Suatu Pengantar Kebijakan Pendidikan Karakter dan Arah Pembelajaran

Hakikat pendidikan dalam Islam adalah kewajiban mutlak yang di bebankan kepada semua ummat Islam, bahkan kewajiban pendidikan atau mencari ilmu di mulai semenjak anak dalam kandungan hingga masuk ke liang lahat. Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, dan berzikir kepada Allah karena akhlak ibu yang baik pada masa-masa hamil sangat besar pengaruhnya kepada anak dalam kandungan. Demikian pula, anak yang baru di lahirkan di bacakan azan dan iqamat karena pendengaran sang anak adalah alat indra pertama yang bekerja. Dengan demikian, suara azan dan qamat sangat bermakna bagi pengisian ketauhidan pertama kepada sang anak

Hakikat pendidikan dalam Islam adalah kewajiban mutlak yang di bebankan kepada semua ummat Islam, bahkan kewajiban pendidikan atau mencari ilmu di mulai semenjak anak dalam kandungan hingga masuk ke liang lahat.

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA Penulis : Dr. H. Muhammad Zakaria, M.H. Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-507-5 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Seorang ayah dibebani oleh hukum untuk memberikan nafkah kepada anaknya. Bagi seorang anak, nafkah tersebut menjadi hak untuk dimilikinya demi pemenuhan hidup. Ketentuan hukum positif, nafkah anak merupakan akibat hukum yang harus dipenuhi oleh ayah. Apabila ayah tidak memenuhi nafkah yang merupakan hak anak tersebut maka telah dianggap melakukan perbuatan melawan hukum karena telah meninggalkan kewajibannya. Bagaimana pandangan Islam dan Hukum Positif di Indonesia, maka buku ini jawabannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

3 tahun 2006 kewenangannya diperluas dalam bidang ekonomi syariah meliputi: Bank Syariah, Asuransi, Asuransi Syariah, Reasuransi Syariah dan Surat Berharga Berjangka Menengah Syariah, Sekuritas Syariah, Pengadilan Syariah, Dana Pensiun ...

Manajemen Pemasaran

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Manajemen Pemasaran. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tigabelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Perencanaan Pemasaran, Sistem Informasi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Ekuitas Merek, Strategi Produk, Strategi Penetapan Harga, Manajemen Saluran Distribusi, Bauran Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Menciptakan Kepuasan Pelanggan, Pasar Global, serta bab terakhir mengenai Komunikasi Pemasaran.

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Judul : SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Penulis : Robi, S.Pd Kata Pengantar Prof. Dr. H. Kartawan, SE., MP (Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Tasikmalaya) Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 124 Halaman ISBN : 978-623-497-562-8 Sinopsis Pemikiran Ekonomi Islam yang berkembang pada masa kejayaan Peradaban Islam, dikemudian hari terpinggirkan dari Sejarah Pemikiran Ekonomi Dunia. Hal itu karena para penulis Barat Modern tidak memberikan apresiasi seperti yang dilakukan Joseph Schumpeter dalam bukunya History of Economic Analysis yang memulai sejarah pemikiran ekonomi bermula dari Yunani, namun tiba-tiba loncat ke masa St Aquinas (abad ke-12), dan mengandaikan kekosongan pemikiran ekonomi (great gap) sejak abad ke-7 hingga abad ke-12. Padahal, pada periode ini Umat Islam berada di puncak kejayaannya yang melahirkan pemikir-pemikir ekonomi Islam yang kemudian mempengaruhi pemikiran ekonomi Barat. Sebagai contoh, Adam Smith yang dihormati sebagai Bapak Ekonomi Barat, terpengaruh oleh Abu Ubaid. Bukunya The Wealth of Nations merupakan terjemahan dari kitab Al-Amwal-nya Abu Ubaid. Dari Kitab Al-Amwal, Adam Smith mengambil teori Invisible Hand-nya. Selain Adam Smith, masih banyak ekonom Barat lain yang teorinya secara jelas dipengaruhi pemikiran ekonomi Islam. Maka dari itu, penulis berupaya menyajikan pemikiran ekonomi Islam sejak Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam hingga pemikir ekonomi Islam kontemporer. Buku ini adalah jilid pertama yang menjelaskan kebijakan dan praktek ekonomi pada masa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Buku ini juga menyajikan informasi unik : benarkah Nabi Adam as adalah manusia pertama? Benarkah para Nabi adalah pelopor aktivitas ekonomi? Benarkah Piagam Madinah adalah Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia? Dan masih banyak lagi.

... Islam (Islamic worldview),10 demikian pula peradaban Barat membangun konsep keilmuannya berda- sarkan pandangan hidup Barat (Western worldview).11 Jadi, apa yang dikembangkan oleh ekonom-ekonom Barat sebenarnya merupakan hasil perkembangan ...

MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON KEPENDIDIKAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bisa dimanfaatkan oleh Lembaga Profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang memfokuskan pada peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Buku ini terdiri dari enam bab, mulai dari bab pendahuluan yang membahas tentang bagaimana mutu pendidikan pada saat sekarang serta faktor yang mempengaruhinya. Bab kedua kompetensi dan profesionalisme guru, membahas tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bab ketiga penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membahas tentang tata cara mengimplementasikan program pembelajaran. Bab keempat supervisi akademik, membahas tentang supervisi akademik merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam pemberdayaan guru. Bab kelima meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-pendidikan melalui supervisi akademik kepala sekolah, yaitu berisikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMP 2 Hiliduho yang dilakukan kepala sekolah melalui teknik supervisi akademik. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan, berisikan ringkasan dari hasil pembahasan yang dari bab sebelumnya.

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini.

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

Ada beberapa kesulitan yang dihadapi guru produktif. Tugas seorang guru produktif di SMK tidak hanya mengajar saja tetapi setelah mengajar perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian ini tidak bisa hanya membuat butir soal tes saja kemudian diberikan ke peserta didik dan dinilai hasilnya. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar butir soal tes tersebut layak digunakan. Penilaian hasil belajar peserta didik tidak hanya melalui tes. Penilaian menggunakan non tes perlu dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada aspek sikap. Jumlah jam mengajar yang tinggi juga merupakan kesulitan guru produktif. Tingginya jam mengajar mata pelajaran produktif membuat guru kesulitan membagi waktu untuk membuat beragam soal tes yang disesuai dengan tujuan pembelajaran. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal non tes, dan cara penilaiannya. Buku ini disusun berdasarkan peraturan dan buku penilaian terbaru dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal ...

Etika Profesi

Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami dan memperluas pengetahuan tentang etika dalam profesi. Buku ini sangat berguna untuk membantu wawasan bagi mahasiswa, aparatur pemerintah, pemerhati pendidikan, dan pekerja dalam memberikan pelayanan pendidikan. Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika Profesi Statistikawan Bab 8 Etika Profes Interpreter Bab 9 Etika Profesi Engineering

Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika ...

ETIKA DAN PROFESI KEGURUAN

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik. Sebab guru tidak hanya sebatas mengajar saja, akan tetapi guru juga sebagai morabbi ruh, terhadap setiap murid-muridnya. Guru mempunyai tanggung jawab untuk membentuk etika dan moral generasi melineal di zaman kontemporel ini, sehingga penting kiranya penulis mengangkat buku ini untuk dijadikan pijakan oleh setiap guru bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional dan intruksional, peran strategis tersebut sejalan dengan UU No 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen, yang menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai agen pembelajaran. Sebagai tenaga profesional, pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu.

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik.