Sebanyak 1173 item atau buku ditemukan

Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs. Nofirman, MT, Indah Wahyu Ningsih, S.Pd.I, M.Pd, Dewa Oka Suparwata, SP, MP, Wanda Nugroho Yanuarto, S.Pd., M.Pd., Ph.D, Syahdara Anisa Makruf, S.Pd.I., M.Pd.I, Fuad Hasyim., S.S., M.A, Dr. Casmudi, S.Pd., M.M, Ahmad Asroni., S. Fil., S.Th.I., M. Hum Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 156 Halaman No ISBN : 978-623-5314-88-4 Tahun Terbit : Agustus 2022 Sinopsis Buku ini berjudul “Pendidikan Multukultural: Konsep dan Implementasi”. Buku ini membahas terkait pendidikan multukultural mengenai konsep dan implementasinya. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini terdiri dari dua belas bab. Bab pertama membahas tentang Konsep Budaya dan Sejarah Pendidikan Multikultural. Bab kedua membahas tentang Konsep dan Hakikat Pendidikan Multikultural. Bab ketiga membahas tentang Teori Pendidikan Multikultural. Bab keempat membahas tentang Pendekatan Pendidikan Multikultural. Bab kelima membahas tentang Dimensi-dimensi Pendidikan Multikultural. Bab keenam membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Bab ketujuh membahas tentang Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kedelapan membahas tentang Problematika Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bab kesembilan membahas tentang Peranan Sekolah Dasar Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural. Bab kesepuluh membahas tentang Pendidikan Multikultural di Berbagai Negara. Bab kesebelas membahas tentang Studi Tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Suatu Sekolah. Bab keduabelas membahas tentang Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Studi Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Judul: Pendidikan Multukultural : Konsep dan Implementasi Penulis: Abd Karman, M.M, Alif Lukmanul Hakim., S. Fil., M. Phil, Lisni Hastuti Harahap, S. Pd, M. Pd, Dr. Jasiah, S. Ag, M. Pd, Drs.

Kurikulum

Collection of professional circulars on elementary and secondary education in Malaysia issued by Ministry of Education from 1969 to 2007.

... sebaliknya ) Logaritma nombor Fungsi trigometri Songsangan fungsi trigometri Nilai pai Fungsi eksponen Pembolehubah statistik Nombor bercampur PEJABAT KETUA PENGARAH PENDIDIKAN MALAYSIA KEMENTERIAN PENDIDIKAN MALAYSIA PARAS 7 377 Lampiran ...

Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, pada Kurikulum Merdeka, terdapat unsur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang mana merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Selain Profil Pelajar Pancasila, Kementerian Agama Republik Indonesia menambahkan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang diberlakukan di Madrasah, di antaranya yaitu: 1) Berkeadaban (ta’addub); 2) Keteladanan (qudwah); 3) Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah); 4) Mengambil jalan tengah (tawassut); 5) Berimbang (tawazun); 6) Lurus dan tegas (i’tidal); 7) Kesetaraan (musawah); 8) Musyawarah (syura); 9) Toleransi (tasamuh); 10) Dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar). Dengan visi yang jelas dan ide-ide yang inovatif, “Kurikulum Merdeka” menjadi panduan bagi pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk merumuskan dan mengimplementasikan kurikulum yang lebih relevan dan inklusif. Buku ini mengilhami pembaca bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kelas hingga ke langkah implementasi kurikulum merdeka di Madrasah.

Buku “Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Madrasah” menggambarkan visi baru dalam dunia pendidikan, di mana siswa diberdayakan untuk menjadi individu yang kreatif, berpikiran bebas, dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Kemampuan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi

Persepsi investor, sebagai salah satu pelaku di pasar modal, terhadap keberhasilan perusahaan mencerminkan nilai suatu perusahaan. Penilaian terhadap penerapan good corporate governance dapat memberikan sinyal kepada publik atau pasar yang dapat memunculkan persepsi positif terhadap (calon) investor untuk berinvestasi pada saham perusahaan. Pembahasan buku ini ditulis berdasarkan hasil studi empiris yang menguji dan menganalisis kemampuan good corporate governance sebagai pemoderasi pengaruh profitabilitas (baik yang diukur menggunakan indikator return on assets maupun return on equity) terhadap nilai perusahaan (yang diukur menggunakan indikator price to book value). Good corporate governance diukur berdasarkan hasil skor corporate governance perception index yang dilakukan oleh lembaga Indonesia Institute for Corporate Governance.

Pembahasan buku ini ditulis berdasarkan hasil studi empiris yang menguji dan menganalisis kemampuan good corporate governance sebagai pemoderasi pengaruh profitabilitas (baik yang diukur menggunakan indikator return on assets maupun return ...

Pancasila Dan Pengaruhnya Pada Filsafat, Pemikiran Dasar Serta Pelaksanaan Pembangunan Kesehatan

Pancasila sebagai dasar filsafat negara, diangkat dari pandangan hidup yang sekaligus juga sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia. Sementara itu, filsafat dipahami sebagai bidang bahasan yang sangat luas meliputi segala sesuatu yang bersifat konkret dan abstrak, termasuk pengertian filsafat sebagai suatu sistem pemikiran. Paradigma filsafat atau pemikiran dasar pembangunan kesehatan pada hakikatnya merupakan kerangka berpikir tentang proses, cara, dan perbuatan berpikir yang fundamental tentang pembangunan kesehatan. Oleh karena itu, saya pandang penting untuk dapat lebih memahami pengaruh Pancasila terhadap pelaksanaan filsafat atau pemikiran dasar pembangunan kesehatan serta peran filsafat atau pemikiran dasar pembangunan kesehatan tersebut terhadap prospeknya di masa depan. Sejalan dengan hal tersebut, Sistem Kesehatan Nasional menetapkan beberapa ketentuan, antara lain: (1) untuk meningkatkan akselerasi dan mutu pelaksanaan Sistem Kesehatan Nasional, pembangunan kesehatan perlu berlandaskan pada pemikiran dasar pembangunan kesehatan; (2) pemikiran dasar pembangunan kesehatan meliputi pemikiran tentang pelaksanaan, tujuan, dan prinsip dasar pembangunan kesehatan; (3) prinsip dasar pembangunan kesehatan memerhatikan aspek-aspek peri kemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, keadilan dan pemerataan, serta pengutamaan dan manfaat. Dengan demikian, pemikiran dasar pembangunan kesehatan merupakan landasan penting pembangunan kesehatan untuk meningkatkan akselerasi dan mutu pelaksanaan sistem kesehatan. Buku ini mengemukakan tentang: 1) pengertian pembangunan kesehatan, Pancasila dan filsafat atau pemikiran dasar pembangunan kesehatan; 2) beberapa program pembangunan kesehatan yang berlandaskan pada pemikiran dasar pembangunan kesehatan; dan 3) prospek pengaruh Pancasila pada filsafat atau pemikiran dasar dan pelaksanaan pembangunan kesehatan. Bila Pancasila sebagai pandangan hidup, dasar negara, ideologi, dan paradigma ilmu semakin disosialisasikan dengan saksama kepada masyarakat dan pemerintah, diharapkan hal ini akan dapat mendukung penguatan dan pelaksanaan filsafat atau pemikiran dasar pembangunan kesehatan.

Pancasila sebagai dasar filsafat negara, diangkat dari pandangan hidup yang sekaligus juga sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia.

Penemuan dan penafsiran hukum

Buku yang berjudul Penemuan dan Penafsiran Hukum disusun oleh para Dosen di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang. Menjadi seorang Dosen bukan hanya sekedar melaksanakan pengajaran, dengan kata lain, Dosen juga berkewajiban melakukan penelitian serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Dosen wajib mengembangkan kompetensi diri kearah yang lebih produktif dalam rangka untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangannya, khususnya dibidang ilmu hukum. Salah satu pengembangan diri seorang Dosen adalah dengan menulis sebuah buku dan menjadikannya sebagai bahan ajar yang berguna bagi mahasiswa dan pembaca lainnya. Buku penemuan hukum ini sangat bagus untuk dibaca dan dipelajari oleh seorang calon Sarjana hukum, Magister hukum dan Doktor ilmu hukum mengingat materi penemuan hukum sangat penting dalam mempelajari proses pembentukan dari hukum itu sendiri. Dengan adanya buku ini diharapkan menjadi semangat para Dosen lainnya untuk menulis. Saya percaya dan yakin penulis buku Penemuan dan Penafsiranb Hukum ini sudah memenuhi kaidah penulisan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Akhirnya, Saya selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dedikasi para Dosen dalam menulis buku ini sebagai bentuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Buku yang berjudul Penemuan dan Penafsiran Hukum disusun oleh para Dosen di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba Pangkalpinang.

Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu hadir dengan tujuan membuka jalan yang tertutup di dalam diri setiap manusia. Tanpa ilmu, pasti manusia akan kebingungan menentukan pilihan di dalam hidupnya. Untuk apa dia hidup? Bagaimana dia hidup? Dan apa hidup itu? Buku ini layak dimiliki oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah filsafat ilmu, dosen atau pengajar, dan khalayak umum yang ingin belajar filsafat ilmu.

... philosophy of science in one aspect as a critique of current scientific opinions by comparison to prov- en past ... general scheme of intel- lectual discipines. (Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan te- laah sistematis ...