Sebanyak 2050 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Islam

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji. Buku ini dikembangkan berdasarkan pada konsep dasar ekonomi Islam yang lahir bukan sebagai sebuah pengetahuan baru.Ekonomi Islam merupakan sebuah konsep keilmuan Islam yang telah dipraktekkan sejak masa Rasulullah yang dilanjutkan oleh para sahabatnya yang dibingkai dalam konteks sains ekonomi modern. Kandungan yang ada pada buku ini berisikan pembahasan mengenai: konsep dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam, fiqih ekonomi kontemporer, landasan hukum ekonomi Islam, jenis akad dalam ekonomi Islam, konsep teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam, produksi dalam ekonomi Islam, konsumsi dalam ekonomi Islam, distribusi dalam ekonomi Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam ekonomi Islam, pasar modal syariah, wakaf dan ekonomi Islam di Indonesia.

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji.

Pengantar Ekonomi Makro

Sejarah Ilmu Ekonomi, Pendapatan Nasional, Angka Pengganda Perekonomian, Uang dan Bank, Kebijakan Moneter, Siklus Bisnis, Pasar Barang, Pasar Uang, Tabungan, Sistem Ekonomi Suatu Negara, Analisis Permintaan dan Penawaran Agregat, Teori Konsumsi, Teori Investasi, Pengangguran dan Inflasi dan Kebijakan Fiskal

5.3 Manajemen Moneter Konvensional dan Islam ............................... 5.3.1 Manajemen Moneter Konvensional .............................................. 5.3.2Manajemen Moneter Islam .

Intermediate Islamic Finance

"The principal objective of this intermediate book on Islamic finance is to address selected issues in the theory and practice of Islamic finance that typical fall beyond the contents of classic introductory text books on the subject matter. These topics are often discussed at very basic level. The list of special topics includes the stability of Islamic finance, the role of ethics, the scope of financial engineering and derivatives, the function of Islamic capital markets, as well as perspectives on Islamic structured finance, corporate finance, and financial inclusion. The book can serve as a guide to hitherto unexplored avenues of research in Islamic finance for graduate and post-graduate students. This book includes: - some reference to case studies and specific problems in the practice of Islamic finance as well as conventional finance - a list of suggested further readings per chapter - appendices that include details of advanced analysis for the purpose of simplifying the level of discussion for advanced undergraduate students - graphs, figures, tables on financial and economic data"--

"The principal objective of this intermediate book on Islamic finance is to address selected issues in the theory and practice of Islamic finance that typical fall beyond the contents of classic introductory text books on the subject matter ...

Desain Pembelajaran Interaktif SD

Pendidikan merupakan aset yang paling berharga, baik perseorangan, maupun masyarakat. Itulah sebabnya proses pendidikan diharapkan berjalan secara optimal dan berkualitas. Sementara inti dari proses pendidikan ialah proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan berhasil dalam meraih fungsi dan tujuan pendidikan, tujuan pendidikan ini sangat berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menjalankan proses pembelajaran. Pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal manakala seperangkat kompetensi sebagai rumusan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam ranah ini, guru adalah desainer pembelajaran yang berperan langsung dalam merancang proses pembelajaran. Rancangan proses pembelajaran meliputi tujuan dan materi pembelajaran, pengalaman belajar, dan evaluasi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik. Agar peran sebagai desainer pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik, guru harus memahami berbagai model desain pembelajaran. Buku ini akan memandu Anda dalam merancang pembelajaran berbasis pencapaian kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

Joyce dan Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahanbahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di ...

Desain pembelajaran SD : teori dan praktik

Desain pembelajaran merupakan prinsip-prinsip penerjemah dari pembelajaran dan instruksi ke dalam rencana-rencana untuk bahan-bahan dan aktivitas-aktivitas instruksional (Smith and Ragan, 1993). Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa desain pembelajaran dapat di anggap sebagai suatu sistem yang berisi banyak komponen yang saling berinteraksi. Komponen-komponen tersebut harus di kembangkan dan diimplementasikan untuk kelengkapan suatu instruksional.

Joyce & Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di ...

SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL)

50 Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving ...... 58 Metode Pembelajaran Example Non Example (EE) ............ 62 Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI) ..................... 64 Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) ...

Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif biasanya berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Di bidang pembelajaran terdapat sejumlah model, pada dasarnya dapat dikategorikan atas pendekatan pembelajaran dan beberapa di antaranya seperti yang dibahas pada buku ini: Bab 1 Pembelajaran Individual Dengan Modul Bab 2 Pembelajaran Teman Sejawat Bab 3 Pembelajaran Kooperatif Bab 4 Pembelajaran Secara Berpasangan Bab 5 Metode Brainstorming Bab 6 Pembelajaran Induktif Bab 7 Metode Permainan Bab 8 Metode Pembelajaran Menggunakan Media Kertas dan Pensil Bab 9 Metode Peta Pikiran Bab 10 Metode Penyelesaian Masalah Bab 11 Teknik Inovatif Dalam Pembelajaran Bab 12 Pembelajaran Menggunakan Metode Flipped Classroom Bab 13 Pembelajaran Model Blended Learning

Pembelajaran kooperatif dapat dimaknai sebagai suatu metode pembelajaran yang memberikan masukan kepada siswa untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi dengan teman sebaya yang menyebabkan tidak terjadinya ...

Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Metode Pembelajaran Tebak Kata, Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE), Metode Pembelajaran Debat Aktif, Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Example Non Example Dan Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI)

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay ...

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Kemampuan berpikir kreatif selalu menjadi tujuan pendidikan dari masa ke masa. Kreativitas seseorang itulah yang mengubah peradaban. Restorasi, revolusi, atau inovasi memerlukan kemampuan berpikir kreatif di luar kebiasaan. Seseorang perlu terbuka, berpikir independen, fleksibel dan imajinatif untuk mewujudkan perubahan yang orisinal dan “baru” tetapi tetap bermanfaat di bidangnya. Dalam belajar matematika, seorang siswa perlu dibekali tidak hanya pemahaman dan keterampilan matematika tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika. Kebiasaan itu diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini perkembangan teknologi seakan mengejar semua sistem kehidupan manusia, termasuk pendidikan matematika. Integrasi dalam kehidupan maupun pembelajaran tidak dapat dielakkan lagi. Sementara, guru belajar satu teknologi maka teknologi lain bermunculan yang lebih canggih, efektif, dan efisien. Adaptasi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran diperlukan terus menerus dan berkesinambungan. Peserta didik rata-rata dilahirkan dalam lingkungan teknologi yang canggih, sehingga adaptasi dan keterampilannya dalam berteknologi lebih baik. Agar pembelajaran tetap menarik dan memotivasi peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kreatifnya, maka integrasi teknologi itu semakin diperlukan. Untuk itu perlu dikembangkan model intrgrasinya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Kompetensi professional guru seharusnya meliputi penguasaan materi (subject matter knowledge) dan kemampuan mendesain ... studi yang lebih baru telah mengalihkan fokus ke pengembangan pengetahuan guru mereka (Clark-Wilson, Robutti, ...