Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Mengenal Tasawuf

Sekurangnya selama dua dekade–di negeri-negeri maju bahkan sejak setengah abad–yang lalu, kita menyaksikan kembalinya spiritualisme atau mistisisme ke dalam kehidupan manusia modern. Demikian pula halnya dengan spiritualisme Islam, yakni tasawuf. Keberhasilan peradaban modern dalam memenuhi tuntutan kemakmuran hidup ternyata justru menggarisbawahi dahaga orang pada spiritualisme. Mistisisme sekaligus juga mengembalikan wajah cinta dan kedamaian agama di tengah hawa kebencian dan kekerasan yang mewabah belakangan ini. Maka, buku kecil ini memiliki fungsi ganda. Pertama, memaparkan tasawuf secara proporsional, ringkas, populer, dan mudah dipahami, tetapi sedapat mungkin juga cukup komprehensif dan tidak dangkal. Kedua, mempromosikan sejenis tasawuf positif–sebagai lawan tasawuf negatif atau eksesif–yang sejalan dengan prinsip cinta, akhlak, kebaikan, sikap proporsional terhadap kehidupan duniawi, rasionalitas, dan juga penghargaan terhadap sains. Meskipun ringkas dan populer, pembaca akan mendapati pandangan-pandangan segar yang tak segera bisa didapat dari buku-buku sejenis yang lebih berat. Dengan membaca buku ini, Anda diharapkan dapat mengetahui: * Makna tasawuf * Manfaat bertasawuf * Tasawuf sebagai mazhab cinta dan perwujudan rukun ihsân * Sejarah aliran-aliran tasawuf * Kosmologi, epistemologi, dan ontologi tasawuf * Konsep-konsep kunci tasawuf, khususnya zuhud dan ‘uzlah * Tentang mursyid dan tarekat * Tentang tasawuf dan Metode Takwil [Mizan, Noura Books, Nourabooks, Religi, Islam, Sufisme, Tasawuf, Dewasa Indonesia]

Sekurangnya selama dua dekade–di negeri-negeri maju bahkan sejak setengah abad–yang lalu, kita menyaksikan kembalinya spiritualisme atau mistisisme ke dalam kehidupan manusia modern.

Konstruk Pemikiran Tasawuf

Akar Filosofis Upaya Hamba Meraih Derajat Sedekat-dekatnya dengan Tuhan

Buku ini disusun dengan konstruksi yang mencoba menjelaskan satu persatu secara komprehensip. Dimulai dengan kajian etimologi dan terminologi tasawuf, sumber ajaran tasawuf, originalitas tasawuf, sejarah perkembangan tasawuf, tipologi sufi, maqamat, ahwal, pemikiran tasawuf dan tokoh-tokohnya, dan diakhiri dengan jenjang pencapaian sufi dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Buku ini baik untuk dibaca oleh para mahasiswa, maupun masyarakat umum yang ingin mendalami masalah tasawuf, sehingga dapat memperoleh pencerahan batin mengenai kebenaran tasawuf. Hal ini penting, dikarenakan tasawuf merupakan salah satu disiplin ilmu yang lahir dari al-Ihsan sebagai salah satu pilar keislaman di antara dua pilar lainnya, yaitu Iman dan Islam. Belumlah dikatakan sempurna keislaman seseorang, selagi ia belum dapat menyatukan antara Iman, Islam dan Ihsan, dalam ibadah maupun mu’amalah.

Buku ini disusun dengan konstruksi yang mencoba menjelaskan satu persatu secara komprehensip.

PENGEMBANGAN MODEL E-LEARNING: Studi Analisis Kebutuhan & Uji Kelayakan

Cakupan dalam buku membahas terkait; studi pengembangan mobile learning, model dan format instrumen preview media berbasis TIK, strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran, model dan format analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis TIK, studi pengembangan e-learning, integrasi TIK dalam pembelajaran, model elearning sebagai pembelajaran mandiri.

Cakupan dalam buku membahas terkait; studi pengembangan mobile learning, model dan format instrumen preview media berbasis TIK, strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran, model dan format analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis ...

Monograf Sarjana Pendidikan Agama Buddha Sebagai Misionari Buddhis (Studi Kasus pada Lulusan PTKB di Provinsi Sumatera Utara)

Teknik Pengumpulan Data Penulis melalukan teknik observasi (pengamatan), wawancara mendalam, kajian dokumen dengan mencari foto, naskah naskah yang terkait dan lain sebagainya, sehingga bisa memperoleh informasi yang akurat yang dapat ...

Studi Komprehensif Pendidikan Islam

Dalam buku ini dijelaskan secara komprehensif tentang makna pendidikan Islam, hakikat pendidik dan peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, serta sejarah pertumbuhan dan perkembangan lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang sedang menempuh program studi pendidikan agama Islam, dan tentunya dapat dijadikan referensi bagi para policy-maker dunia pendidikan.

sampai Perguruan Tinggi yang tersebar di wilayah Indonesia.20 Ijtihad dalam dunia pendidikan adalah sebuah keniscayaan, mengingat zaman terus berkembangan yang dampaknya terjadi perubahan peradaban dan tatanan sosial manusia.

Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, learning loss adalah hilangnya kesempatan belajar karena berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik saat proses pembelajaran yang mengakibatkan penurunan penguasaan kompetensi peserta didik. Sedangkan The Education and Development Forum (2020) menyebutkan learning loss adalah situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan. Berdasarkan pemahaman ini, permasalahan yang paling utama dalam learing loss adalah penurunan bahkan hilangnya penguasaan kompetensi peserta didik yang diakibatkan oleh berkurangnya intensitas interaksi dengan pendidik. Learning loss menjadi sangat memungkinkan terjadi akibat tidak maksimalnya pembelajaran yang dilakukan secara daring. Learning loss menjadi kerugian jangka panjang terhadap pembelajaran anak-anak akibat penutupan sekolah sementara di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Penulisan buku ini sangat penting di tengah adanya kekhawatiran terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan di negeri ini. Pandemi covid 19 memang tidak bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi learning loss yang bisa saja terjadi pada sistem pendidikan kita harus diantisipasi dengan baik. Terbitnya buku ini adalah bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya learning loss dalam sistem pendidikan kita.

Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat dirumuskan bagaimana model pembelajaran mitigasi learning loss dampak pendidikan jarak jauh era covid 19 pada pendidikan nonformal dengan fokus sebagai berikut.

ANTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU SINA

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan). Pendidikan dan filsafat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai ibu dari semua ilmu (mother of knowledge)filsafat dipakai menjadi kerangka teori dasar dalam pengembangan disiplin ilmu pengetahuan. Itulah mengapa dalam pendidikan dikenal cabang ilmu Filsafat Pendidikan, belakangan pendidikan Islam terutama Perguruan Tinggi Kegaman Islam (PTKI) juga menggunakannya sebagai sebuah disiplin ilmu baru yaitu Filsafat Pendidikan Islam dan ini menjadi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Tugas kekholifahaan menuntut manusia itu berilmu pengetahuan. Sedangkan manusia sebagai hamba Allah menunjukkan dan membuktikan baktinya kepada Allah SWT. Kajian tentang manusia tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan.

Teknik Pembentukan Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Kefarmasian

Penyusunan dan pembentukan mata kuliah bukan sekedar membuat daftar nama-nama mata kuliah yang sekiranya pantas disusun dalam kurikulum. Namun, koherensi rumusan visi dan misi institusi perguruan tinggi-prodi, rumusan profil lulusan, rumusan capaian pembelajaran, dan rasionalisasi implementasi sangat menentukan keberlanjutan yang terukur dari pengembangan suatu prodi.

Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi, 2014, Direktorat Pendidikan Tinggi. Naskah Capaian Pembelajaran Lulusan, Asosiasi Pendidikan Tinggi Indonesia, 2021, Sasongko dkk, ITB Press. Standar Nasional Pendidikan ...

Filsafat pendidikan : Islam teori dan metodologi

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin. Tentu saja, pekerjaan ini tidak mudah bagi seorang pendidik, sebab ia harus mampu menggali atau menampakkan potensi peserta didik yang masih tersembunyi (hidden talent) menjadi potensi yang tumbuh dan berkembang ke permukaan. Sebuah layanan yang bukan saja membutuhkan waktu, akan tetapi membutuhkan pula proses layanan pendidikan Islam yang tepat dan benar. Dengan landasan di atas, seorang pendidik perlu pandangan yang luas, sehingga memiliki pemahaman yang mendalam terkait dengan berbagai konsep filsafat pendidikan Islam. Peristiwa memilah, memilih, dan menerapkan beragam teori filsafat pendidikan Islam menjadi bagian yang kerap dilakukan oleh seorang pendidik. Selain itu, mengkaji dan menentukan keberpihakan pada beragam aliran dari beberapa tokoh pendahulu juga merupakan bagian yang senantiasa dilakukan oleh seorang pendidik yang berkeinginan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didiknya. Semua yang disebutkan di atas menjadi perhatian utama dan serius. Penyusunan bab demi bab telah disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar Filsafat Pendidikan Islam, sehingga aneka materi yang disajikan mudah dipahami. Dengan demikian tidak hanya kalangan pendidik yang dapat mengambil manfaat, melainkan juga masyarakat yang peduli pendidikan mampu mendapatkan gambaran dan kandungan pengetahuan yang ada di dalamnya.

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin.

Metodologi Studi Islam

dalam buku ini akan dibahas: ikhwal studi Islam; beberapa pendekatan dan metode studi Islam; pengantar tentang berberapa aspek Islam; metodologi studi al-Qur’an, al-Hadis, hukum Islam, pembaharuan pemikiran Islam; etika dalam Islam; sejarah dan peradaban Islam; serta metodologi penelitian ilmiah untuk studi Islam. Untuk memenuhi sillabi serta kekurangan bahan studi, sementara kesempatan penulis amat terbatas, maka dalam terbitan pertama buku ini kami tambahkan empat bab dari hasil terjemahan dan saduran penulis dari beberapa buku berbahasa arab yang relevan dengan tema. Yaitu, bab VI dan VII masing- masing diterjemahkan disadur dari buku Syuruth al-Ijtihad, dan buku Manahij al-Fuqaha’; keduanya karya Dr. Abdul Aziz al-Khayyath. Termasuk juga bab XI dan XII yang disadur dari buku Adlwa’ ‘Ala al-Bahts wa al-Mashadir karya Dr. Abdurrahman ‘Umairah. Adapun sembilan bab yang lain: bab I, II, III, IV, V, VIII, IX, X dan XI merupakan karya penulis yang cukup lama dipersiapkan. Mudah-mudahan dalam cetakan kedua nanti penulis dapat menggantikan hasil saduran tersebut dengan karya baru yang saat ini telah mulai kami persiapkan.

bab pertama ini akan dibahas ikhwal metodologi studi Islam pengertian metodologi studi Islam; objek dan ruang lingkup ... A. Pengertian Metodologi Studi Islam Term (istilah) studi Islam (Islamic studies: bahasa Inggris; atau diraasat ...