Sebanyak 132 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Islam

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji. Buku ini dikembangkan berdasarkan pada konsep dasar ekonomi Islam yang lahir bukan sebagai sebuah pengetahuan baru.Ekonomi Islam merupakan sebuah konsep keilmuan Islam yang telah dipraktekkan sejak masa Rasulullah yang dilanjutkan oleh para sahabatnya yang dibingkai dalam konteks sains ekonomi modern. Kandungan yang ada pada buku ini berisikan pembahasan mengenai: konsep dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam, fiqih ekonomi kontemporer, landasan hukum ekonomi Islam, jenis akad dalam ekonomi Islam, konsep teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam, produksi dalam ekonomi Islam, konsumsi dalam ekonomi Islam, distribusi dalam ekonomi Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam ekonomi Islam, pasar modal syariah, wakaf dan ekonomi Islam di Indonesia.

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji.

KEWIRAUSAHAAN DESAIN

Materi -materi yang disajikan dalam buku ini diambilkan dari beberapa buku dan jurnal rujukan yang menurut penulis sangat baik, mudah dipahami dan paling penting dapat memberikan informasi yang lebih luas tentang kiat praktik berwirausaha bagi mahasiswa dan bagi siapapun yang membaca buku-buku rujukan dan beberapa jurnal tentang Kewirausahaan oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para beliau. Penulis juga mencoba memadukan dan mengembangkan antara Kewirausahaan Komersil dengan Kewirausahaan Sosial, yang sesuai dengan Pembelajaran Abad 21

Perencanaan Umberto Sihombing (2000: 58), tahap perencanaan adalah menentukan rumusan pembelajaran berupa tujuan yang akan dicapai, media, sumber belajar, materi, metode pembelajaran, evaluasi yang akan diterapkan, dan alokasi waktu ...

Azas Teknik Kimia

Buku ini membahas mengenai prinsip dari perhitungan dalam Teknik Kimia. Buku ini juga menjelaskan aplikasi dari Industri kimia yang dapat dilihat dari contoh soal maupun soal latihan dan diperluas dalam lingkup teknik kimia yang mencakup bidang Bioteknologi, Teknik Lingkungan, dan Nanoteknologi. Bab awal menjelaskan mengenai konversi satuan SI ke AE ataupun sebaliknya. Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Neraca Massa dan Neraca Energi. Pembahasan ini terbagi menjadi beberapa pembahasan dalam sistem steady-state, sistem unsteady-state, sistem terbuka, dan sistem tertutup. Penulis memberikan kemudahan untuk menggunakan buku ini dengan metode problem solving dan analisis data. Di awal pembahasan diberikan tujuan pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengetahui hal-hal yang menjadi poin penting dari pembahasan tertentu. Selanjutnya diberikan apersepsi sehingga mahasiswa lebih kontekstual memahami konsep dari prinsip dan perhitungan dalam Teknik Kimia. Selain itu, terdapat terdapat juga contoh soal yang membahas mengenai Konsep Neraca Massa dan Neraca Energi. Sebagai latihan, penulis juga menyajikan beberapa soal latihan sehingga mahasiswa dapat mengukur kemampuannya dalam memahami pembahasan.

Penulis mengajar mata kulian inti pada Program Studi Teknik Kimia salah satunya mata kuliah Azas Teknik Kimia. Beberapa pengalaman mengajar yang telah dilakukan salah satunya adalah penulis pernah mengikuti program Indonesia Mengajar ...

Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu)

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu). Sistematika buku Ilmu Gizi (Teori, Aplikasi dan Isu) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

4) Sistem Terpadu: Fokusnya adalah proses horizontal yang menghubungkan seluruh fungsi 5) Pendekatan strategis dan ... Standar mengadopsi pendekatan sistem dan didasarkan pada proses dan delapan prinsip manajemen: fokus pelanggan, ...

Ilmu Gizi dan Pangan (Teori dan Penerapan)

Penerapan) ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri dari 32 BAB yaitu berisikan antara lain: konsep dasar, paradigma dan ruang lingkup ilmu gizi, prinsip – prinsip ilmu gizi, dasar- dasar ilmu gizi, gizi dalam keperawatan dan gizi kuliner, pendidikan kesehatan dan konsultasi gizi, etika moral dan profesionalisme gizi, gizi 1000 hari pertama kehidupan, manajemen sistem penyelenggaraan makanan, daftar komposisi bahan makanan dan daftar makanan penukar, penilaian status gizi, nilai gizi, dan angka kecukupan gizi, proses asuhan gizi indiviud dan kelompok, korelasi gizi, kesehatan, produktivitas kerja, masalah gizi dan takhayul makanan, menghitung kebutuhan gizi dan analisis makanan/minuman. Diet fungsi dan peranan zat-zat gizi, gizi dan food waste dan loss (FWL), gizi dalam daur kehidupan dan terapi gizi, komponen gizi dan survey konsumsi makanan/minuman, kebutuhan gizi janin bayi balita dan anak, kebutuhan gizi pada ibu hamil dan ibu menyusui, kebutuhan gizi pada remaja dewasa dan lansia, antropometri gizi pemeriksaan kimia gizi dan klinis gizi, metabolisme gizi gizi seimbang dan zat gizi makro/mikro, gizi dalam kesehatan reproduksi dan gizi olahraga, gizi kesehatan masyarakat dan gizi kerja, konsep dasar paradigma dan ruang lingkup ilmu pangan, bahan makanan bahan pangan dan mikrobiologi pangan, pengolahan pangan tekhnologi pangan dan analisis pangan, nilai gizi pangan kimia pangan dan karbohidrat pangan, terapi pangan manajemen mutu dan keamanan pangan.

Pendekatan sistem manajemen mutu mengajak perusahaan dan organisasi untuk menganalisis persyaratan pelanggan, menetapkan proses yang memberi sumbangan pencapaian produk yang dapat diterima, menjaga proses agar tetap terkendali.

Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Nilai Karakter Untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa Dalam Pandemi Covid-19

Buku "Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Nilai Karakter untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa dalam Pandemi Covid-19" ini merupakan bahan ajar yang disusun khusus dalam merespon dinamika covid-19. Pandemic Covid-19 telah melanda dunia, termasuk di Indonesia.Oleh karena itu, dibutuhkan penyesuaian untuk Menjalankan new normal. Buku ini berupa bahan ajar guna mengembangkan karakter mandiri mahasiswa dalam menghadapi pandemic covid-19. Dengan demikian, mahasiswa dapat belajar dalam mengembangkan karakter mandiri untuk bertahan dan berkembang dalam menghadapi pandemic Covid-19, yang secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah tatanan kehidupan di dunia.

Buku "Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Nilai Karakter untuk Mengembangkan Kemandirian Mahasiswa dalam Pandemi Covid-19" ini merupakan bahan ajar yang disusun khusus dalam merespon dinamika covid-19.

Kumpulan Essai Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global

Puji syukur kehadirat Allah SWT, kami panjatkan atas segala kasih sayangnya dan nikmatnya sehingga kami dapat membuat buku kumpulan essai karya tulis ilmiah dengan tema "Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global" dan kami selaku yang menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah berharap hal ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus berkarya menebarkan banyak kebermanfaatan melalui tulisan, terkhusus juga dapat menjadi karya yang dapat dibanggakan oleh para penulis.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, kami panjatkan atas segala kasih sayangnya dan nikmatnya sehingga kami dapat membuat buku kumpulan essai karya tulis ilmiah dengan tema "Karya Tulis Ilmiah Sebagai Sarana Generasi Z menjawab tantangan global ...

Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI. Dalam pengajaran komponen bahasa kosa kata (mufradat) maupun tata bahasa (qawaid) kita harus mengerti terlebih dahulu bagaimana karakteristik siswa yang akan kita ajar, dan materi yang akan diajarkan haruslah menarik. Dalam pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing pertama yang diperkenalkan kepada siswa, guru adalah model yang ditiru siswa dalam menggunakan bahasa arab. Oleh karena itu, keterampilan bahasa lisan dan keterampilan tulisan dalam pembelajaran bahasa arab harus diajarkan untuk menghindari salah pengertian dan juga untuk memberi kesempatan seluasluasnya kepada siswa untuk mengunakan bahasa arab.

Sebagai guru bahasa arab untuk siswa SD/MI, maka kita harus mengetahui bagaimana kesiapan siswa dalam belajar, bagaimana karakteristik siswa, dan kita harus mengetahui bagaimana cara pengajaran bahasa arab yang baik untuk siswa SD/MI.

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman. Sama halnya dunia pendidikan, seorang guru harus extra menguras otaknya guna memilah strategi atau metode yang cocok dan menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran. Agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan maka dalam hal ini media sangat berperan penting untuk menghidupkan suasana kelas. Pada awalnya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru yang berupa visual saja. Namun, seiring berjalannya waktu media kini semakin berkembang dan canggih mengikuti kemajuan zaman menjadi alat penyalur pesan yang menunjang PBM. Yang dulu hanya berupa visual, sekarang bisa ditemui media audio visual seperti film, televisi dan lain-lain.

Di era globalisasi yang terus berkembang dan maju, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengimbangi kemajuan zaman.

Metode Penelitian Kuantitatif

Buku dengan judul Metode Penelitian Kuantitatif. Adapun tujuan dari penyusunan buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pegangan bagi mahasiswa terlepas apa pun jurusan yang ditempuh dan juga bagi para peneliti di lapangan. Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.