Sebanyak 19652 item atau buku ditemukan

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi pendidikan Islam sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat. pada poin ini lebih mengutamakan fungsi lembaga pendidikan Islam diadakan masyarakat dan hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari beberapa aspek. Apabila pendidikan Islam tidak dapat menempatkan diri dalam masyarakat yang berbeda-beda kulturnya maka manusia tidak sesuai cita-cita Islam yang mencerminkan hakikat Islam tidak bisa terwujud. Sosiologi pendidikan Islam sebagai alat kemajuan perkembagan sosial Pendidikan Islamn sebagai disiplin ilmu dapat melestarikan dan memajuakan tradisi budaya moral yang Islami sehingga terwujud komunikasi sosial dalam masyarakat dan membawa kebudayaan kepuncak yang setinggi-tingginya.

pendidikan sesuai yang tercantum dalam jenjang pendidikan di Indonesia yang mengatakan jenjang pendidikan adalah suatu tahapan dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta ...

Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi)

Sosiologi pendidikan menganalisis berbagai masalah dalam pendidikan dari sudut pandang sosial, kebudayaan, politik, ekonomi. Artinya, gejala pendidikan dalam sudut pandang sosiologi pendidikan diamati sebagai bagian dari struktur sosial masyarakat. Beberapa masalah yang misalnya diselidiki sosiologi pendidikan antara lain adalah: (1) hubungan di antara sistem pendidikan dengan berbagai segi dalam kehidupan masyarakat; (2) hubungan atau interaksi antarindividu di dalam lingkungan sekolah; (3) pengaruh sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di lingkungan sekolah; dan (4) kedudukan sekolah di tengah masyarakat. Guna memahami tujuan sosiologi sebagai basis manajemen pendidikan secara memadai, berbagai tema pembahasan yang akan diuraikan buku ini meliputi paradigma dalam sosiologi pendidikan terapan, pendidikan dan masyarakat, analisis sosiologis terkait peran pendidik, implementasi sosiologi terapan pada pendidikan kecakapan hidup (life skills), manusia sebagai makhluk sosial, perkembangan sosial anak didik di sekolah dan masyarakat, interaksi sosial, hubungan pendidikan dan masyarakat luas, kebudayaan sekolah dan masyarakat, landasan sosiologi dalam praktik pembelajaran, pendidikan dan stratifikasi sosial, mobilitas sosial, dan hal yang terkait dengan kenakalan remaja.

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek pendidikan baik itu struktur, dinamika, masalah pendidikan maupun aspek-aspek yang lainnya secara mendalam melalui serangkaian analisis pendekatan sosiologis.

KONSEP SOSIOLOGI PENDIDIKAN PERSPEKTIF IBNU KHALDUN Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Guru, Peserta Didik, Proses Pembelajaran

Buku ini sangat penting untuk dibaca tidak hanya mahasiswa/i jurusan pendidikan atau pendidikan agama Islam maupun civitas akademika di lingkungan kampus tetapi juga praktisi dunia pendidikan; para pendidik, kepala sekolah dan masyarakat serta siapa pun yang ingin menyelesaikan problematika pendidikan melalui paradigma sosial kemasyarakatan. Selama ini bahasan sosiologi masyhur diasumsikan berasal dari dunia barat. Akan tetapi, jauh dari pada itu dunia Islam, tepatnya sebelum abad pertengahan struktur pengetahuan sosiologi telah berkembang begitu pesatnya. Hanya saja, saat peradaban Islam runtuh, dunia barat mengidentifikasi kembali sekaligus mengembangkannya menjadi teori-teori yang begitu mapannya hingga saat ini.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012. Suharto, Toto. Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003. ______. Filsafat Pendidikan Islam.

BUKU AJAR PENGANTAR SOSIOLOGI

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial. Adapun isi BAB dalam buku ajar ini adalah Konsep Sosiologi, Ruang Lingkup Teori dan Historis Sosiologi, Proses-Proses Sosial, Kelompok-kelompok Sosial, Kelembagaan Sosial, Pelapisan Masyarakat, Perubahan Sosial dan Kebudayaan, Perspektif Dalam Sosiologi, Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial. Dengan adanya buku ajar ini dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa untuk dapat memahami teori-teori sosiologi dan dianalisis dengan fenomena yang terjadi di masyarakat.

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial.

SOSIOLOGI KEBENCANAAN: MODAL SOSIAL, MEDIA SOSIAL DAN RESILIENSI

Buku ini menjelaskan penggunaan media sosial yang menguatkan modal sosial disebabkan rumah tangga maupun antar rumah tangga selalu aktif dalam dialog tentang menangani banjir dan longsor, media sosial memperkuat solidaritas yang memiliki rasa sepenanggungan dan sikap tolong-menolong. Disamping itu juga, media sosial mampu membentuk perilaku dan pencapaian tujuan bersama dengan melakukan kegiatan bersama. Modal sosial juga memberikan pengaruh terhadap resiliensi rumah tangga serta peningkatan resiliensi rumah tangga pada wilayah bencana. Kekuatan modal sosial meningkatkan resiliensi rumah tangga pada wilayah bencana. Selain itu, penguatan resiliensi rumah tangga semakin kuat akibat keberhasilan rumah tangga maupun antar rumah tangga dalam membangun kerjasama dengan berbagai pihak baik pada aras lokal, nasional hingga internasional. Buku ini cocok bagi praktisi dan mahasiswa yang pelajari dalam kajian sosiologi ekonomi, sosiologi digital, sosiologi kebencanaan dan sosiologi perubahan sosial. Kajian ini memberikan penguatan dan pengembangan ilmu pengetahuan pada tingkat teoritis hingga praktis dalam memberikan solusi untuk menjawab masalah sosial-ekonomi.

Buku ini menjelaskan penggunaan media sosial yang menguatkan modal sosial disebabkan rumah tangga maupun antar rumah tangga selalu aktif dalam dialog tentang menangani banjir dan longsor, media sosial memperkuat solidaritas yang memiliki ...

BUKU AJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori dan contoh-contoh perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terbaru. Adapun isi BAB dalam buku ajar ini adalah Perencanaan Pembelajaran, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Pengembangan Silabus, Pengembangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Pembelajaran, dan contoh dari silabus dan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum di sekolah khususnya pada mata pelajaran sosiologi.

Adapun isi BAB dalam buku ajar ini adalah Perencanaan Pembelajaran, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Pengembangan Silabus, Pengembangan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Pembelajaran, dan contoh dari silabus dan ...

Sosiologi politik

makna kekuasaan dan transformasi politik

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan kajian klas, serta kajian stabilitas dan instabilitas sosial. Kajian isu-isu penting tersebut dilakukan dengan mengacu pada banyak perspektif pemikiran, mulai dari Hobbes, Montesquieu, Durkheim, Max Weber, Karl Marx, Althusser, Horkheimer, Gramsci, Alexis de Tocqueville, Vilfredo Pareto, Gaetano Mosca, S.M. Lipset, H. Crough, F.W. Riggs, Schmitter, Nordhaus hingga C. Wright Mills, Liddle, Hefner, Fukuyama dan sejumlah pemikir lainnya. Dalam konteks ini didialogkan juga konstruks elite, masyarakat Jawa, dan pemikir Islam tentang kekuasaan mengacu pada pemikiran Anderson, Ibn Khaldun, Ali Abd. Raziq, di samping juga pemikiran Maududi. Buku ini mengkaji relasi elite dan masyarakat atau civil society. Ia diletakkan dalam konteks pengelolaan kekuasaan. Elite cenderung determinative terhadap civil society. Kata Kenneth Minogue (1994) Profesor Emeritus dalam Ilmu Politik di London School of Economics. an elite party, or vanguard, takes over all power and proceeds to tutor the population in how to think and to act. Dalam praktik bahkan cenderung menggunakan kekerasan. Oleh karena itu buku ini mengajak pembaca memahami kecenderungan elite menggunakan kekerasan, terutama oleh elite yang telah kehilangan kepekaan moral seperti yang muncul dalam kajian C. Wright Mills. Transformasi dan perubahan politik menuju kepolitikan modern dikaji melalui Pemilu yang dalam hal ini ditempatkan sebagai langkah konsolidasi menuju kekuasaan dan demokrasi. Di samping juga dikaji melalui prasyarat budaya yang diperlukan untuk mengkonsolidasikan sistem politik yang demokratis. Pengalaman empirik sangat diperlukan, dalam hal ini diambilkan dari pengalaman bangsa Indonesia, bangsa yang dikenal penduduknya memiliki basis religio politik keagamaan yang kuat. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan ...

Education and Society

An Introduction to Key Issues in the Sociology of Education

Drawing on current scholarship, Education and Society takes students on a journey through the many roles that education plays in contemporary societies. Addressing students’ own experience of education before expanding to larger sociological conversations, Education and Society helps readers understand and engage with such topics as peer groups, gender and identity, social class, the racialization of achievement, the treatment of immigrant children, special education, school choice, accountability, discipline, global perspectives, and schooling as a social institution. The book prompts students to evaluate how schools organize our society and how society organizes our schools. Moving from students to schooling to social forces, Education and Society provides a lively and engaging introduction to theory and research and will serve as a cornerstone for courses such as sociology of education, foundations of education, critical issues in education, and school and society.

The book prompts students to evaluate how schools organize our society and how society organizes our schools.