Sebanyak 105 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN INVESTASI

Buku ini dapat menjadi referensi materi mata kuliah Manajemen Investasi yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar, mahasiswa atau para pemula investor di pasar modal dan pembaca pada umumnya untuk meningkatkan wawasan dan ilmu berkenaan dengan Investasi. Buku ini disusun berasarkan acuan berbagai literature dan pengalaman mengajar penulis.

Buku ini dapat menjadi referensi materi mata kuliah Manajemen Investasi yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar, mahasiswa atau para pemula investor di pasar modal dan pembaca pada umumnya untuk meningkatkan wawasan dan ilmu berkenaan ...

MANAJEMEN KEUANGAN

Syukur Alhamdulillah kepada Tuhan YME atas lindungan dan rahmat-Nya karena para penulis dari berbagai Perguruan Tinggi dan Instansi kembali mampu menyelesaikan naskah kolaborasi dengan Judul “Manajemen Keuangan”. Yang melatarbelakangi penerbit mengadakan kegiatan Menulis Kolaborasi adalah untuk membiasakan Dosen dan Guru menulis sesuai dengan rumpun keilmuannya. Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Sumber Dana Jangka Pendek, 2) Sumber Dana Jangka Panjang, 3) Leasing vs Borrowing, 4) Biaya Modal, 5) Penilaian Obligasi, 6) Penilaian Saham, 7) Analisis Leverage, 8) Teori Struktur Modal, 9) Kebijakan Dividen. Akhir kata Dengan terbitnya buku ini, harapan penerbit ialah menambah Khazanah Keilmuan dibidang Pendidikan dan dapat dinikmati oleh kalangan pembaca baik Akademisi, Dosen, Peneliti, Mahasiswa atau Masyarakat pada Umumnya.

Buku dengan judul Manajemen Keuangan merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Menaklukkan Pasar Derivatif

Kebutuhan terhadap kegiatan pengelolaan risiko fluktuasi harga di kalangan bisnis internasional sekarang ini cukup meningkat. Luasnya perdagangan yang berbasiskan komoditas pertanian, pertambangan, dan keuangan mendorong kesadaran untuk mengetahui teknik-teknik pengelolaan risiko fluktuasi harga. Pengelolaan risiko telah menjadi usaha yang berskala global dan merupakan praktik-praktik yang perlu bagi badan usaha komersial di setiap negara. Di banyak negara, organisasi-organisasi bisnis atau grup-grup perdagangan dan lembaga-lembaga pemerintahan telah menggunakan cara alternatif dalam mengelola risiko fluktuasi harga yang melekat pada suatu bisnis dan kebijakan ekonomi. Pasar derivatif (derirative market) merupakan salah satu sarana yang dapat memenuhi kebutuhan untuk mengalihkan risiko fluktuasi harga tersebut. Dalam setiap usaha yang penuh ketidakpastian dapat mengakibatkan risiko yang akan dipikul oleh para pelaku bisnis tersebut. Ketidakpastian usaha khususnya di bidang perdagangan terdapat risiko pada mata rantai pemasaran (harga, produksi, distribusi, procesing, dan sebagainya). Salah satu faktor yang sangat sulit diperkirakan sehingga menyebabkan ketidakpastian itu adalah risiko fluktuasi harga yang sering mengganggu kepastian untuk menetapkan strategi suatu usaha. Pasar derivatif selain berfungsi sebagai sarana pengalihan risiko fluktuasi harga, juga berfungsi sebagai pembentukan harga yang efektif dan transparan dan sarana investasi serta informasi harga yang dapat digunakan sebagai harga patokan dan rujukan bagi masyarakat luas maupun pengusaha untuk melindungi usahanya dari risiko fluktuasi harga. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengelolaan risiko fluktuasi harga dan pembentukan harga yang transparan serta sebagai sarana investasi yang menguntungkan apabila dilakukan dengan analisis teknikal dan fundamental yang tepat namun bisa sebaliknya mendatangkan kerugian apabila tidak dianalisis dengan tepat, hal tersebut dapat diketahui dengan lengkap dalam isi buku Pasar Derivatif (Derivative Market).

Kebutuhan terhadap kegiatan pengelolaan risiko fluktuasi harga di kalangan bisnis internasional sekarang ini cukup meningkat.

MANAJEMEN EVENT DAN PROYEK

Antara Konsep dan Praktiknya

Event merupakan bagian dari suatu proyek yang memang diselenggarakan untuk kepentingan pihak tertentu dan dengan tujuan tertentu. Oleh karena itu dalam manajemen event tidak lepas dengan manajemen proyek. Tidak berbeda jauh dalam pelaksanaan suatu proyek pun terkadang membutuhkan pihak yang memanajemen ketika ada suatu acara yang dibuat dalam sebuah proyek, misalnya seperti peresmian gedung, syukuran selesainya sbeuah proyek maupun acara lainnya. Namun terlepas dari adanya suatu acara pada sebeuah proyek, dalam manajemen proyek pun tidak lepas dari keterbutuhannya pada manajemen event, seperti kebutuhan publikasi, dan kebutuhan sponsorship. Dengan demikian, sekalipun ada beberapa hal yang berbeda antara manajemen event dan proyek, tetapi ada beberapa hal yang saling terkait antara manajemen event dan proyek, salah satunya peran penting Event Organizer (EO) atau penyelenggara sebuah acara. Untuk itu buku ini membahas mengenai manajemen event dan manajemen proyek.

... management, antara lain : a. Event Organizer (EO); b. Production House (PH) atau Rumah produksi ; c. Communication; d. Agency / biro jasa; e. Panitia Pelaksana; event f. Organizing Committee; g. Dan lain sebagainya. Dalam arti sempit, 34.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik

Dari seluruh proses kegiatan pemberian jasa kepada konsumen oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya akan bermuara pada nilai yang akan diberikan oleh konsumen mengenai kepuasan yang dirasakan. Pentingnya kepuasan konsumen berkaitan dengan persaingan yang makin ketat, serta tingkat kerugian dan keuntungan perusahaan. Khusus alasan yang terakhir, keuntungan, memang tidak selalu ditentukan oleh faktor kepuasan konsumen, tetapi juga oleh kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap suatu produk dan perusahaan. Bebarapa faktor itu jelas saling mempengaruhi karena di tengah ketatnya persaingan, kesetiaan konsumen menjadi hal yang sangat sulit dipertahankan. Kepuasan Konsumen pada akhirnya akan membentuk Loyalitas terhadap pembelian produk. Bagaimanapun juga, Konsumen merupakan aset penunjang perusahaan, tanpa konsumen yang loyal dapat dipastikan pertumbuhan usaha sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik, tersendat-sendat dan butuh suntikan dana berkelanjutan agar tetap survive. Loyalitas konsumen memiliki peran penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja kelangsungan hidup perusahaan. Griffin, (2012:31) mendefinisikan bahwa “Konsumen yang loyal adalah orang yang melakukan pembelian berulang secara teratur/antar lin produk, mereferensikan kepada orang lain yang menunjukkan kekebalan terhadap produk pesaing”.

Dari seluruh proses kegiatan pemberian jasa kepada konsumen oleh sebuah perusahaan, pada akhirnya akan bermuara pada nilai yang akan diberikan oleh konsumen mengenai kepuasan yang dirasakan.

STATISTIKA INFERENSIAL : TEORI DAN APLIKASI

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan kasih sayang serta karuniaNya sehingga buku ini dapat penulis hadirkan ditengah-tengah kita pada saat ini. Pernahkah terbesit dipikiran kita pertanyaan mengenai berapakah rata-rata pengeluaran kita per bulan yang dihabiskan untuk konsumsi atau biaya lain seperti rekreasi, pendidikan, dan lain-lain?, apakah terdapat perbedaan yang nyata dari penghasilan diantara penjual usaha mikro pada pusat perbelanjaan yang kita kunjungi?, atau pernahkah kita berpikir apakah terdapat hubungan yang erat antara upah atau gaji yang kita terima dengan masa kerja yang telah kita jalani selama ini?, atau laba usaha yang kita peroleh dengan promosi yang kita tayangkan di media massa atau media sosial?. Jika pernah maka sebenarnya semua ukuran-ukuran tersebut merupakan ukuran statistik yang secara tidak sadar kerap kita gunakan sehari-hari. Banyak sekali alat-alat statistik yang digunakan dalam rangka menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan suatu fenomena yang memerlukan output numerik serta kesimpulan yang dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Buku statistika ini merupakan jilid kedua dari buku terdahulu yang berisi materi-materi statistika inferensial atau induktif seperti: teori probabilitas dan distribusinya, pengujian hipotesis, analisis varians, regresi linear, dll. Penulis berusaha untuk menyajikan buku ini secara detail, sistematis, dan mudah untuk dibaca serta difahami oleh para pembacanya khususnya bagi mahasiswa yang sedang memerlukan referensi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan statistika ekonomi. Buku ini juga menyajikan variasi soal atau permasalahan serta latihan soal beserta jawaban pada bagian akhir setiap babnya. Diharapkan setelah membaca buku ini, bagi para pembaca mampu memahami serta memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang v berkaitan dengan statistika inferensial di bidang ekonomi secara tepat. Tidak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dan penerbit yang berkenan menerbitkan buku ini serta kepada semua pihak yang berkontribusi dalam penyusunan dan penerbitan buku ini. Kepada kampusku tercinta, ini adalah persembahan penulis atas segala kepercayaan yang diberikan kepada penulis selama ini. Kepada orang tua Penulis semoga ini menjadi ladang amal bagi mereka. Semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah referensi bagi ilmu statistika yang sudah ada. Akhirnya untuk perbaikan buku ini dimasa depan, penulis sangat mengharapkan kritik serta saran bagi perbaikan-perbaikan di edisi yang akan datang.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan kasih sayang serta karuniaNya sehingga buku ini dapat penulis hadirkan ditengah-tengah kita pada saat ini.

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam dan Pengembangan keilmuan Ekonomi Islam di Indonesia. Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam Pada Zaman Rasulullah, Khulafaurrasyidin, Dinasti Umayyah - Al Haq, Dinasti Abbasiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Yusuf, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Muhammad Bin Hasan Al-Syaibani, Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ubaid Al Qasim Ibnu Sallam, Pemikiran Ekonomi Islam Yahya Bin Umar, Pemikiran Ekonomi Islam Al Mawardi, Pemikiran Ekonomi Islam Imam Al Ghazali, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah, Pemikiran Ekonomi Islam Syekh Abu Ishaq Al-Syatibi, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Miskawaih, Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Hazm.

Sistematika buku Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini tidak hanya meliputi biografi dan pemikirannya namun juga Relevansi pemikirannya terhadap perkembangan ekonomi di zaman modern.