Sebanyak 5337 item atau buku ditemukan

Praktik Manajemen Keperawatan

Teori dan Aplikasinya

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya” ini dengan sebaik-baiknya. Buku ini merupakan buku yang disusun berdasarkan hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik yang telah dilakukan sebagai akademisi dalam penerapan tridharma perguruan tinggi. Buku ini menjelaskan tentang konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Buku ini menjadi salah satu output dan hak kekayaan intelektual yang dilakukan sebagai luaran capaian dari setiap kegiatan tridharma perguruan tinggi yang telah dilakukan. Setelah mempelajari buku ini diharapkan para pembaca dapat memahami konsep pengelolaan keperawatan dan langkah-langkah konkret dalam pelaksanaannya di ruangan. Penulis menyadari bahwa penulisan buku ini sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengaharapakan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan buku ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan dan motivasi sehingga buku ini bisa digunakan oleh para pembaca buku ini. Mataram, 10 Juli 2020 Irwan Hadi, S.Kep., Ners., M.Kep. Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Subhanu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya buku “Praktik Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasinya”. Buku ini merupakan buku yang sangat baik karena didasarkan pada hasil pengalaman pembelajaran mahasiswa praktik dan kemudian dikembangkan sesuai dengan keahlian dan kepakarannya. Diharapkan dengan buku tersebut mampu memberikan pemikiran dan ide dalam berinovasi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)

Semoga buku ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai dan menjadi amal jariayah kita semua. Mataram, 2 Januari 2020 Ketua STIKES YARSI Mataram (H. Zulkahfi, S.Kep., Ners., M.Kes.)

Buku Pengayaan Uji Kompetensi Manajemen Keperawatan

Buku Pengayaan Uji Kompetensi Manajemen Keperawatan merupakan buku yang membahas tentang konsep manajemen, konsep kepemimpinan, perencanaan dalam keperawatan, pengorganisasian dalam keperawatan, pengarahan dalam keperawatan, dan pengendalian dalam keperawatan dan soal-soal uji kompetensi. Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa keperawatan yang akan menghadapi uji kompetensi baik uji kompetensi perawat vokasi maupun uji kompetensi ners. Sebagai buku pengayaan materi-materi yang disajikan telah disesuaikan dengan materi yang sering dikeluarkan dalam uji kompetensi. Penyajian buku ini dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh mahasiswa sehingga buku ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk belajar menghadapi ujian kompetensi.

Buku Pengayaan Uji Kompetensi Manajemen Keperawatan merupakan buku yang membahas tentang konsep manajemen, konsep kepemimpinan, perencanaan dalam keperawatan, pengorganisasian dalam keperawatan, pengarahan dalam keperawatan, dan ...

MANAJEMEN KEPERAWATAN (Nursing Management)

Buku Manajemen Keperawatan Edisi II ini merupakan penyempurnaan dari penulisan sebelumnya dengan menambahkan beberapa hal yang menguatkan peran dan fungsi manajemen keperawatan yang selama ini dalam implementasinya masih dipandang belum optimal. Oleh sebab itu, pada Edisi II ini memberi penguatan pada aspek model praktik keperawatan professional dan peningkatan peran dan fungsi komite keperawatan sebagai mediasi dalam sistem pemasaran jasa pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit maupun Puskesmas..Oleh karena itu, mata kuliah ini diberikan kepada para mahasiswa dengan fokus utama agar memiliki kompetensi manajerial di bidang manajemen keperawatan, sehingga dapat menjadi leader dan manajer keperawatan yang tangguh. Ruang lingkup mata kuliah ini difokuskan untuk mempelajari cara mengelola sekelompok perawat yang menjadi stafnya dengan menggunakan peran dan fungsi manajemen, agar pelaksanaan pemberian asuhan keperawatan kepada klien pada tatanan pelayanan keperawatan baik di rumah sakit maupun di Puskesmas dan di tingkat komunitas keluarga dan masyarakat sesuai dengan standar nasional maupun internasional.Pembahasan ditekankan pada implementasi peran dan fungsi manajer di unit perawatan. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran aktif berupa diskusi (berbasis pertanyaan dan masalah), presentasi, role play, dan belajar berdasarkan hasil studi lapangan dilaksanakan selama satu semester agar mencapai kemampuan kognitif dan afektif.

Buku Manajemen Keperawatan Edisi II ini merupakan penyempurnaan dari penulisan sebelumnya dengan menambahkan beberapa hal yang menguatkan peran dan fungsi manajemen keperawatan yang selama ini dalam implementasinya masih dipandang belum ...

Manajemen Pengembangan Softskill Entrepreneurship Santri

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren. Buku ini hadir sebagai penyemangat baru terhadap pengkajian pendidikan Pesantren terkait dengan dominanisasi era revolusi Industri 4.0. Secara praktis, buku ini hadir juga sebagai penyeimbang pendidikan yang sudah digalakkan oleh pemerintah dimana entrepreneurship menjadi ikon diberbagai lembaga pendidikan. Namun ada yang berbeda, buku yang kami susun ini berdasarkan pada penelitian langsung di sebuah pondok pesantren entrepreneurship. Semua santri disetingg dari awal masuk untuk menjadi entrepreneur dan sekaligus memiliki kemampuan sebagaimana yang ada pada pesantren. Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan tentang konsep entrepreneurship secara umum. Akan tetapi dipaparkan juga bagaimana proses pembentukan, pembelajaran, brainwash entrepreneurship sampai pada pelatihan wirausahana.

Buku Manajemen Pengembangan SoftSkill Entrepreneurship ini hadir sebagai bagian penting dari pengembangan pembelajaran dan pendidikan Islam khususnya Pesantren.

Fungsi manajemen dan aplikasinya pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam

Management function and its application in learning process of Islamic religious education in Indonesia.

Gagasan Manajemen

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam organisasi. Jadi, ada orang yang merumuskan dan menerapkan tindakan manajemen yang disebut manajer. Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab, yaitu : Bab 1 Lingkungan Kompetitif Bab 2 Total Quality Management (TQM) Bab 3 Benchmarking Bab 4 Keunggulan Layanan Pengiriman Bab 5 Empowerment dan Engangement Bab 6 Organisasi Horizontal Bab 7 Organisasi Pembelajaran Bab 8 Era Pengetahuan: Teknologi Informasi dan Komputer

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam organisasi.

Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran

Pembelajaran pendekatan Teaching Factory bentuk pembelajaran yang dilakukan langsung di tempat praktik tidak di dalam kelas, dan praktik yang dilakukan berorientasi pada produksi seperti di industri nyata. Penyelenggaraan model ini memadukan sepenuhnya antara belajar dan bekerja, tidak lagi memisahkan antara tempat penyampaian teori dan praktik. Metode pembelajaran dual system merupakan metode yang mengintegrasikan dua lingkungan utama dalam setiap kegiatan peserta didik, yakni lingkungan sekolah dan lingkungan perusahaan (industri). Secara fundamental, dual system bertujuan untuk menempatkan peserta didik dalam situasi nyata di tempat kerja secara menyeluruh. Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran)

Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya menggapai amanat undang-undang itu guru perlu memahami ilmu pengetahuan. Salah satu yang harus di milki Guru adalah kemampuan mengelola kelas atau manajemen kelas. Pentingnya Pengelolaan/ manajemen kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan seuruh potensipotensi di dalam kelas yang terdiri dari: pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu, dana dan fasilitas (sarana dan prasaranan) yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien . Sebagai seorang leader sekaligus manajer di dalam kelas guru hendaknya memilki keterampilan dalam menciptakan iklim kelas yang nyaman guna menunjang anak untuk meraih keberhasilan/ prestasi belajar melalui kegiatan-kegiatan belajar- mengajar yang efektif. Sebagai seorang leader di kelas, guru memberikan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang harus diyakini dan diaplikasikan oleh peserta didik di lingkungannya seharihari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah sudahkan Guru memliki kemapuan pengelolaan/ manajemen Kelas? Buku ini hadir untuk memberikan jawaban akan pertanyaan itu. Buku ini membahas berbagai aspek tentang pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari 1) Perencanaan peserta didik, 2) Penerimaan peserta didik baru, 3) Orientasi sekolah, 4) Pengelompokan peserta didik, 5) Pembinaan disiplin peserta didik, 6) Evaluasi hasil belajar peserta didik, 7) Sistem tingkat, jurusan, mutasi dan drop out, dan 8) Penyelenggaraan layanan khusus. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiwa Fakultas Kependidikan, Guru, Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan dalam pendidikan serta semua orang yang tertarik akan pembahasan mengenai penigkatan kualitas pendidikan.

Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Danim, S, dan Danim, Y. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia. Daryanto, H.M. (2013). ... Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

MANAJEMEN KEPERAWATAN “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran”

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners. Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa keperawatan belajar tentang pendidikan dan proses pembelajaran. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya.

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners.

Bibliografi bercatatan tentang studi pembangunan di Indonesia

koleksi Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD," Yogyakarta

Bibliography of economic development studies in Indonesia; Library of Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD" collection.