Sebanyak 510 item atau buku ditemukan

Pengembangan media pembelajaran SD/MI

Dalam konteks komunikasi, seorang pendidik atau guru memerlukan media sebagai alat bantu untuk memudahkan seorang guru mengomunikasikan pesan berupa materi pelajaran kepada siswa dengan harapan proses komunikasi dapat berjalan baik dan sempurna sehingga siswa dapat menerima pesan yang benar tanpa ada kesalahan. Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran karena penggunaan media dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Namun, seorang guru juga harus mampu memilih, mendesain, dan menampilkan media sesuai dengan perkembangan seorang anak dan dapat membuat anak merasa nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.

Dalam tahapan ini, pemilihan kurikulum, menjadi gerak awal dari serangkaian proses berikutnya. Bagian mana dari kurikulum tersebut yang berpeluang untuk ...

Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Pengembangan Profesionalisme Guru: Bintang Pustaka

Buku ini mencakup kajian keilmuan manajemen kepala sekolah, khususnya tentang program kepala sekolah, pengembangan guru, kedisiplinan guru dan kinerja guru, serta kenyataan di lapangan. Dengan kajian ini, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru, kepala sekolah, pengawas,dan pemangku pendidikandisekolah tidak hanya memahami suatu peristiwa saja namun segala peristiwa yang terjadi tentunya ada keterkaitan dengan peristiwa lain. Buku ini disusun untuk kebutuhan para pemangku pendidikan di sekolah sebagai salah satu upaya membangkitkan peningkatan profesionalisme guru.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, disiplin adalah ketaatan pada peraturan (tata tertib). ... menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah. (UU No.

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Adapun pembelajaran/instruction adalah sebagai proses pembelajaran yakni proses belajar sesuai dengan rancangan. Unsur kesengajaan dari pihak di luar individu yang melakukan proses belajar merupakan ciri utama dari konsep instruction. Proses pengajaran ini berpusat pada tujuan atau goal directed teaching process yang dalam banyak hal dapat direncanakan sebelumnya (pre-planned). Karena sifat dari proses tersebut, maka proses belajar yang terjadi adalah proses perubahan perilaku dalam konteks pengalaman yang memang sebagian besar telah dirancang. Buku ini membahas atau menguraikan tujuh topik, yaitu; Konsep Belajar dan Hakikat Belajar, Pemikiran Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran, Memahami Teori Belajar Kognitivisik, Memahami Teori Belajar Konstruktivistik Dan Teori Belajar Revolusi Sosio-Kultural, Hakikat Multiple Intellegences, Hakikat Kesulitan Belajar, dan terakhir Hakikat Pembelajaran.

Buku ini membahas atau menguraikan tujuh topik, yaitu; Konsep Belajar dan Hakikat Belajar, Pemikiran Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran, Memahami Teori Belajar Kognitivisik, Memahami Teori Belajar Konstruktivistik Dan Teori Belajar ...

20 Hari Menerbitkan Buku Melalui Belajar Menulis Online

Terbitnya buku ini bermula dari penulis mengikuti workshop belajar menulis online bersama sang blogger ternama Bapak Wijaya Kusuma selama 20 hari. Penulis bersyukur dan bangga, telah diberi kesempatan belajar bersama narasumber yang hebat dengan segudang prestasinya. Mulai dari motivator, blogger, youtuber, penulis best seller, guru prestasi, penulis traveler dan dosen. Buku ini berisikan tentang langkah-langkah menjadi penulis yang hebat. Sangat tepat bagi penulis pemula untuk mewujudkan mimpinya, dari mulai belajar menulis hingga menerbitkan buku best seller. Semua berkat bimbingan sang mahaguru di antaranya: Bapak Imam F., Agus Sampurna, Budiman Hakim, Dedi Dwitagama, Namin AB Ibnu Solihin, Khoiri, Munif Chotib, Akbar Zainudin, Encon Rahman, Lukman Hakim, dan kawan-kawan. Ingin menjadi penulis hebat? Buku ini akan menjawab dan mengantarkan mimpi anda pada pintu kesuksesan sebagai seorang penulis sejati. Bisa Anda bayangkan deretan buku yang anda tulis dipajang pada rak toko buku ternama di Indonesia. Yuk miliki bukunya dan buktikan Anda bisa menjadi penulis hebat!

Blogger Ternama (Jadilah Blogger Terkenal di Era Digital dengan Keterampilan Menulis). Jakarta: Kampustaka. ... Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

MERDEKA BELAJAR

Merdeka Belajar merupakan program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Esensi kemerdekaan berpikir, menurut beliau, pembelajaran harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Beliau menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi. Adapun konsep dari Merdeka Belajar adalah: 1) Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) yang digantikan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. 2) Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dikembalikan kepada pihak sekolah. 3) Membentuk siswa yang kompeten, cerdas untuk SDM bangsa, dan berbudi luhu

... Model-Model Pembelajaran Berbasis Digital, Perencanaan Sumberdaya Manusia, ... Media Pembelajaran Transformatif, Era Baru Manajemen Pendidikan, ...

Belajar Dari alam Biluhu

Pembelajaran Sentra Bahan Alam, memperkaya anak-anak belajar tentang konsep-konsep dasar matematika dan sains, sekaligus membentuk sikap-sikap positif yang mereka butuhkan untuk kehidupan mereka saat dewasa. Mereka belajar mengenal dan memahami secara logis aturan main dan batasan-batasan serta belajar menjalankannya. Mereka juga membangun keterampilan sosial selama berinteraksi dengan teman-teman bermain. Tak kalah pentingnya, Sentra Bahan Alam juga membangun kekuatan otot-otot motorik kasar anak, yang dibutuhkan antara lain untuk bisa memegang alat tulis dan menulis. Di dalam Sentra Bahan Alam ada harmoni pembangunan otot-otot dasar kehidupan anak usia dini, yang tidak boleh dilewatkan selama periode golden age. Sebab, pembangunan otot-otot dasar kehidupan itu pada hakikatnya adalah pembangunan struktur otak, yang 80 persennya selesai pada periode usia dini. Kegiatan-kegiatan bermain seperti di atas bisa saja diulang pada usia berapa saja, tapi tidak pernah ada kesempatan kedua untuk membangun struktur otak

Padahal, dengan dukungan infrastruktur digital yang baik, pembelajaran ... C. Efektifitas Pembelajaran Daring Era Covid-19 Mewabahnya kasus Covid-19 di ...

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan tujuan yang ingin dicapai, presiden dan eksekutif menetapkan ketentuan yang tidak memerlukan komunikasi langsung dengan semua anggota. Anggota membuat grup dan menentukan siapa yang bertanggung ...

Dasar-Dasar Ilmu Kepemimpinan Teori Dan Aplikasi

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan. Penyusunan buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat guna penyempurnaan dimasa mendatang

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan.

Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekratif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas. Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbaound sebagai aktivitas luar kelas.

Budaya organisasi terlihat dari perilaku anggota perusahaan, atribut dan hal-hal simbolik yang melekat pada anggota perusahaan, serta kebiasaan yang ...

MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS ANALISIS CITRA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Kehadiran buku manajemen public relations analisis citra perguruan tinggi keagamaan Islam, merupakan sebuah jawaban bagi pengelola pendidikan khususnya perguruan tinggi keagamaan Islam. Kemudian buku ini merupakan sebuah kajian penelitian yang dilakukan pada tiga perguruan tinggi keagamaan Islam swasta di lingkungan kopertais Wilayah XIII Jambi.

Prodi Manajemen Keuangan Syariah; 5). Prodi Manajemen Pendidikan Islam; 6). Prodi Pendidikan Agama Islam. Melihat dari hasil grand tour di tiga perguruan ...