Sebanyak 24 item atau buku ditemukan

Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar

Pembahasan di dalam buku ini difokuskan pada Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, dengan pertimbangan komunikasi dalam menyampaikan isi kebijakan, kesiapan sumber daya manusia yang dituju, sikap yang diberikan birokrasi dalam mencapai kesepahaman kebijakan di setiap struktur birokrasi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kajian di dalam buku ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap 1) proses komunikasi, 2) dukungan sumber daya, 3) disposisi, 4) dukungan struktur birokrasi, dan 5) ketercapaian implementasi kebijakan dalam pengimplemen tasian kebijakan Kurikulum Merdeka dengan merujuk pada Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022 dan No. 262 Tahun 2022.

Pembahasan di dalam buku ini difokuskan pada Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, dengan pertimbangan komunikasi dalam menyampaikan isi kebijakan, kesiapan sumber daya manusia yang dituju, sikap yang diberikan birokrasi dalam ...

Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi)

Judul : Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi) Penulis : Daryono, Mochamad Bayu Firmansyah, Ariadi, Roro Endah Dwi Putri Hapsari, Alfa Julia, Maria Ulfa dan Muhamad Fatoni Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 152 Halaman ISBN : 978-623-497-424-9 Sinopsis Kurikulum Baru yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan warna baru dalam pendidikan di Perguruan Tinggi. Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan gagasan program yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan empat kebijakan utama yakni pembukaan program studi baru, sistem akreditasi kampus, kampus negeri badan hukum serta hak belajar tiga semester di luar Program Studi dengan tujuan mengoptimalkan kompetensi mahasiswa dalam menguasai berbagai bidang ilmu sebagai bekal kiprah di dunia kerja dan masyarakat. Adaptasi dan penyesuaian MBKM hendaknya sejalan dengan visi-misi Universitas sehingga capaian kompetensi dan lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya Kebijakan dan praktik MBKM di kampus hendaknya direspon positif sebagai upaya meningkatkan citra kampus sebagai penyelenggara MBKM. Dalam buku ini akan di jelaskan bagaimana konsep dan juga pengaplikasiannya terhadap pendidikan Perguruan Tinggi.

... foundations and educational technology today. The results showed that MBKM in the context of scientific and technological foundations of Education has two main aspects that are included in the work program of students who follow this ...

Implementasi Buku Teks dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran. Tujuan dari dicanangkannya merdeka belajar adalah untuk menciptakan pendidikan yang bermakna pada aspek keterampilan dan pengalaman. Konsep merdeka belajar dalam sudut pandang filsafat pendidikan akan mampu memberikan keberagaman pandangan. Tujuan dari menulis berbagai perspektif dalam buku ini untuk memberikan pengkajian berupa pemikiran terhadap mahasiswa sejauh mana pemahaman dalam memahami konteks pendidikan dari pemikiran yang berbeda-beda. Artinya merdeka belajar mengakui kodrat manusia memperoleh pembelajaran dan pengalaman, pengembangan peserta didik, menciptakan stabilitas, dan pengakuan terhadap kodrat manusia. Semoga buku ini dapat memberikan sedikit manfaat kepada pembaca.

Merdeka belajar merupakan sebuah gagasan yang memberikan kebebasan pada pendidik dan pelajar dalam menentukan sistem pembelajaran.

Model Manajemen Mutu ‘Merdeka’ di Era Merdeka Belajar

Buku ini terdiri dari 7 bab yang disandarkan pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian keilmuan manajemen pendidikan mutu terbaru. Buku ini diharapkan dapat berkontribusi besar dalam pemajuan keilmuan pendidikan baik secara teoritis maupun praktik, khususnya manajemen mutu pendidikan. Berbeda dengan buku lainnya yang lebih banyak mengulas manajemen mutu pendidikan, buku ini menawarkan sudut pandang lain dengan mengadaptasi manajemen mutu ke model merdeka belajar.

Buku ini terdiri dari 7 bab yang disandarkan pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian keilmuan manajemen pendidikan mutu terbaru.

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: Magang Guru Merdeka Belajar

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Kampus Guru Cikal dalam Program Magang Guru Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Berisi tentang praktik baik yang dilakukan mahasiswa ketika melaksanakan magang Guru Merdeka Belajar. Kampus Guru Cikal berusaha mempertemukan kebutuhan akan tenaga pendidik berkualitas di sekolah-sekolah, dan kebutuhan perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk siap terjun di dunia pendidikan. Kampus Guru Cikal yang bekerja sama dengan Kemdikbudristek, mengajak mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan di berbagai perguruan tinggi di seluruh indonesia untuk mengikuti Program Magang Guru Merdeka Belajar.

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Kampus Guru Cikal dalam Program Magang Guru Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan antara lain mengenai: Urgensi Pendidikan Karaker di Era Disrupsi dan Era Milenial; Problematika Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter; Religus dan Agama Sebagai Fondasi Dasar dalam Pembentukan Karakter; Kebijakan Pendidikan Berbasis Paradigma Merdeka Belajar dalam Menunjang Pendidikan Karakter; Gambaran dan Karakteristik Profil Pelajar Pancasila Yang Mendukung Penguatan Karakter di Era Merdeka Belajar; Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Pemanfaatan Kemajuan Teknologi Informasi (TI) dalam Mengembangkan dan Menguatkan Pendidikan Karakter; Peran Guru, Keluarga, dan Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter; Implementasi dan Pengembangan Karakter di Sekolah; Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Karakter di Pendidikan Tinggi; StrategiPengembangan dan Peningkatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya; Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter; Internalisasi dan Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan; Evaluasi, Penilaian (Assesment) Serta Instrumen Penilaian dalam Pengembangan Pendidikan Karakter.

Sistematika buku ini dengan judul Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Merdeka Belajar, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait.

Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar)

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik. Dengan kata lain, program ini dapat menjadi salah satu jalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di satu sisi dan mutu manusia Indonesia secara luas di sisi yang lain. Dengan buku ini menjadi jalan dalam memahami dan menerapkan cara pandang pendidikan melalui kebijakan “merdeka belajar” yang telah dicanangkan, agar pendidikan di Indonesia mempunyai arah dan tujuan yang jelas. Dalam buku ini terdiri dari 13 Bab, yang terdiri dari, Kurikulum Merdeka Belajar, Program Semester, Program Tahunan, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Model-model Pembelajaran, Pengembangan Bahan Ajar, Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Media Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Asesmen Pembelajaran, dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar.

Program Merdeka Belajar menjadi penunjang kemajuan pendidikan jika dapat dijalankan dengan baik.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Buku ini, membahas tentang 9 (sembilan) bagian utama, yaitu (1) sikap dan perilaku wirausaha; (2) peluang usaha; (3) konsep desain / prototype dan kemasan produk barang / jasa; (4) proses kerja pembuatan prototype produk; (5) Menganalisis Lembar Kerja/ Gambar Kerja Untuk Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa; (6) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (7) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (8) menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa; (9) menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa. Bagi siswa yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan , bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi belajar. Bahan ajar ini dapat dikolaborasikan dengan media Vocationalogy yang dapat diakses secara online di www.vocationalogy.com dalam pembelajaran Blended Learning di era pandemi Covid-19. Bahan ajar ini jika dikolaborasikan dengan media Vocationalogy akan memberikan pengalaman belajar yang utuh bagi siswa SMK dalam mempelajari teori maupun praktikum dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.