Sebanyak 2258 item atau buku ditemukan

Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

Dari 4 Keterampilan Berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) keterampilan menulislah yang dianggap sebagai ketrampilan berbahasa tertinggi dan oleh karenanya dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih dalam melatihnya. Dalam menulis kita tidak hanya sekedar menuliskan kata-kata tetapi kita juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Untuk dapat memiliki Ketrampilan Menulis dibutuhkan waktu berlatih yang lama dan juga intensif. Keterampilan menulis boleh dibilang merupakan keterampilan yang sangat kompleks dan bisa dikatakan sebagai ketrampilan yang hanya dimiliki oleh orang yang terpelajar. Sebenarnya, pekerjaan guru itu tidak bisa lepas dari tugas menulis. Banyak hal yang harus dilakukan oleh guru terkait profesinya dengan menulis. Sebagai guru ia harus menulis perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, butir-butir soal, laporan penelitian tindakan kelas, laporan kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler, membuat RPP, membuat LKS,silabus, dsb. Jadi tugas menulis adalah hal yang melekat pada seorang guru sehingga mau tidak mau guru harus menguasai ketrampilan menulis. Guru dapat mengembangkan diri untuk mengasah keterampilan menulisnya dengan beragam cara. Mereka bisa belajar menulis lewat blog (melalui aktivitas blogging), menerbitkan buku kompilasi bersama teman-teman se profesi, menulis memoar, dlsb. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengasah dan mempertajam keterampilan menulis guru. Guru dapat memilih mana kegiatan yang paling menyenangkan bagi mereka Sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) saya tahu benar bahwa banyak guru yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya dan memiliki pemikiran-pemikiran yang tajam dan kritis. Banyak di antara mereka yang memiliki pemikiran dan pandangan solutif tentang dunia pendidikan yang mereka geluti sehari-hari. Namun kisah dan pemikiran tersebut seringkali hanya mengendap atau beredar secara lisan di kalangan sendiri karena tidak terpublikasikan. Padahal, bila ditulis dan dibukukan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi positif bagi masyarakat di tengah begitu maraknya isu dan berita-berita negatif mengenai pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan.

Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan. Buku Menjadi Guru yang Dicintai Siswa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.

KOPERASI BMT

TEORI, APLIKASI DAN INOVASI

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SECARA umum lembaga keuangan mikro (LKM) diartikan sebagai lembaga keuangan yang melayani para pengusaha mikro. Menurut beberapa lembaga internasional seperti UNDP dan ILO dalam Hisyam (2014), lembaga keuangan mikro adalah lembaga yang melayani masyarakat yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan perbankan. Hal tersebut disebabkan karena masyarakat tersebut tidak dapat memenuhi persyaratan teknis yang diajukan oleh perbankan. Menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, definisi LKM adalah: “lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan”.

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SECARA umum lembaga keuangan mikro (LKM) diartikan sebagai lembaga keuangan yang melayani para pengusaha mikro.

Peran Koperasi Dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Pada UMKM di Indonesia

Buku "PERAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KERAKYATAN PADA UMKM DI INDONESIA" ini merupakan salah satu luaran Riset Terapan Tahun 2021 dari KEMENDIKBUD DIKTI. Atas fasilitasi tersebut, tim peneliti dapat merampungkan riset dan menghasilkan luaran buku yang diharapkan dapat bermanfaat dalam menyokong UMKM melalui eksistensi koperasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi kerakyatan Indonesia yang belum stabil dapat berdampak pada kehidupan masyarakat kecil. Masyarakat yang berada pada garis perekonomian menengah ke bawah perlu mendapat dukungan, salah satunya melalui eksistensi koperasi. Peran koperasi sebagi roda perekonomian nasional serta UMKM yang bergerak dalam ekonomi rakyat sudah dapat dikatakan mengalami perkembangan yang pesat dan dinamis. Pemerintah menetapkan bahwa koperasi berperan penting sebagai salah satu pelaku jalannya perekonomian di Indonesia. Sinergitas antara koperasi dan UMKM tentu harus tetap menujunjung tinggi asas-asas yang sesuai dengan Pancasila. Hal-hal terkait koperasi, perkembangan serta dinamikanya di Indonesia inilah, yang dijabarkan secara mendetail dalam buku luaran riset ini.

Buku "PERAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KERAKYATAN PADA UMKM DI INDONESIA" ini merupakan salah satu luaran Riset Terapan Tahun 2021 dari KEMENDIKBUD DIKTI.

Islamic Political Economy in Capitalist-globalization

An Agenda for Change

Theory and practice of Islamic political economy / Masudul Alam Choudhury -- Development strategies and achievements with a focus on the sustainability with the framework of Islamic movements and political economy in Malaysia / Ataul Huq Pramanik -- The political economy of Islamic finance: the Malaysian experience / Radiah Abdul Kader and Mohamed Ariff -- Industrial relations in Islam / Sayyid Tahir -- Financial structure and institutions for economic and social development / Volker Nienhaus.

Theory and practice of Islamic political economy / Masudul Alam Choudhury -- Development strategies and achievements with a focus on the sustainability with the framework of Islamic movements and political economy in Malaysia / Ataul Huq ...

A Political Economy of the Middle East

A Political Economy of the Middle East is the most comprehensive analysis of the political economy of development in the contemporary Middle East over the past several decades, examining the interaction of economic development processes, state systems, state policies, and social actors in the Middle East. The fourth edition, with new authors Melani Cammett and Ishac Diwan, has been thoroughly revised, with two new introductory chapters that provide an updated framework with which to understand and study the many changes in demography, education, labor markets, urbanization, water and agriculture, and international labor migration in the recent years. The new edition also includes: a new chapter that charts the political economy of the Gulf states and in particular the phenomenal growth of oil economies; a new chapter on the growth of the private sector and its effects in the region; a new chapter on the rise of "crony capitalism;" and increased coverage of the changes in civil society and social movements in the region including an exploration of the causes, dynamics, consequences, and aftermath of the Arab uprisings.

The fourth edition, with new authors Melani Cammett and Ishac Diwan, has been thoroughly revised, with two new introductory chapters that provide an updated framework with which to understand and study the many changes in demography, ...

TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM diartikan sebagai sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan, maka TQM dapat di pandangan sebgai suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua unsur karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan dan berpartisipasi secara aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. Strategi yang digunakan pada TQM diantaranya data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Maka dari itu Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pegawai sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen.

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara ...

Public Relation, Citra dan Praktek

Public Relation, Citra dan Praktek

Secara garis besar Buku ini menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan Public Relations dan Citra yang meliputi : Konsep dan Prinsip Dasar Public Relations, Pengertian dan Fungsi Public Relations, Hubungan Public Relations dengan Internal dan Exsternal Relations, Media dalam Komunikasi dan Media dalam Kegiatan Public Relations, Proses dan Bentuk Kegiatan Public Relations, Opini Publik, Kegiatan Media Relations, Citra Perusahaan, Public Relations dalam Manajemen Krisis, Solusi Penanganan Krisis Serta Pemulihan Kepercayaan Dan Citra.

Secara garis besar Buku ini menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan Public Relations dan Citra yang meliputi : Konsep dan Prinsip Dasar Public Relations, Pengertian dan Fungsi Public Relations, Hubungan Public Relations dengan ...