Sebanyak 483 item atau buku ditemukan

Membangun Layanan Prima Bagi Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Melalui ABDIMAS

Layanan prima merupakan kunci keberhasilan dari suatu bisnis, sebab hanya dengan pelayanan dan cara berkomunikasi yang baik maka sebuah unit bisnis bisa memperoleh kepercayaan dari konsumen untuk bertransaksi. Saat ini, pelayanan dan cara berkomunikasi merupakan penentu dari keberlangsungan bisnis yang dijalankan khususnya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini para pelaku UMKM di Indonesia sangat terkena dampak dari pandemi Covid-19, terlebih dengan diberlakukannya PSBB membuat penjualan menurun secara drastis. Hal tersebut disebabkan banyaknya pengunjung yang merasa takut untuk bertransaksi karena takut tertular melalui makanan serta kontak dengan orang lain. Agar bisnis dapat bertahan maka seluruh pelaku UMKM harus mulai berbenah dengan melakukan banyak penyesuaian baik fasilitas maupun perubahan cara pelayanan yang diberikan. Selain membahas mengenai bagaimana cara melayani dan berkomunikasi yang baik berdasarkan teori dari para ahli dan saran dari praktisi yang berkecimpung di bidang komunikasi serta layanan prima, di dalam buku ini juga dijelaskan tentang strategi layanan dan komunikasi yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM agar dapat bertahan di masa pandemi.

Layanan prima merupakan kunci keberhasilan dari suatu bisnis, sebab hanya dengan pelayanan dan cara berkomunikasi yang baik maka sebuah unit bisnis bisa memperoleh kepercayaan dari konsumen untuk bertransaksi.

Kesehatan dan Keselamatan Wisata

Direktori Hazard, Risiko, dan Layanan Kesehatan Wisata di Bali

Perkembangan industri pariwisata perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk sektor kesehatan. Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada. Buku ini membahas sekilas tentang epidemiologi kesehatan wisata yang mencakup tren perjalanan dan morbiditas terkait wisata, surveilans kesehatan wisata, serta konsep hazard dan penilaian risiko di kawasan wisata. Secara detail, buku ini menyajikan direktori hazard atau bahaya potensial dan analisis risiko serta upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan berdasarkan lokasi dan jenis tempat wisata. Selain itu, data juga dilengkapi dengan pemetaan tempat layanan kesehatan yang melayani wisatawan. Keseluruhan data ini akan dapat digunakan untuk membangun jejaring surveilans kesehatan wisata sekaligus memberikan informasi kesehatan kepada wisatawan secara lebih terarah dan spesifik berdasarkan kategori tempat wisata.

Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada ...

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik. Pengelolaan konflik membutuhkan keterampilan seperti berkomunikasi yang efektif, pemecahan masalah, dan bernegosiasi dengan fokus pada kepentingan organisasi. Konflik sebenarnya bisa menjadi suatu potensi yang baik (fungsional) yang bisa mendorong produktivitas apabila konflik tersebut dikelola dengan baik, namun konflik biasanya dianggap sebagai suatu yang negatif (difungsional) dan dapat mengganggu serta menurunkan produktivitas. Diuraikan dalam 14 sub tema sebagai berikut: Bab 1 Ruang Lingkup Manajemen Konflik Bab 2 Ciri-Ciri Konflik dan Penyebab Terjadinya Konflik Bab 3 Tahapan-Tahapan Perkembangan Kearah Terjadinya Konflik Bab 4 Jenis-Jenis Konflik Bab 5 Sumber – Sumber Konflik Bab 6 Aspek-aspek Manajemen Konflik Bab 7 Dampak Konflik Bab 8 Strategi Mengelola Konflik Bab 9 Strategi Mengatasi Konflik Bab 10 Manajemen Konflik Bab 11 Konflik Lini dan Staf Bab 12 Penanggulangan Konflik Lini Dan Staf Bab 13 Pendekatan Situasi Konflik Bab 14 Kasus Manajemen Konflik yang Terjadi Di Dalam Organisasi

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik.

The Dark Continent: Sejarah Afrika

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern. Adapun konten dari setiap BAB adalah hasil library research penulis dikolaborasikan dengan hasil penelitian dari peneliti/penulis lain kemudian disunting secara kritis, komparatif dan komprehensif sehingga menghasilkan sebuah buku ajar Sejarah Afrika yang relevan. BAB I secara umum memberikan gambaran tentang geografis Afrika, demografi Afrika dan pola kehidupan masyarakat Afrika secara umum. BAB II menguraikan tentang berbagai temuan-temuan arkeologis di Afrika dibeberapa tempat yang menggambarkan pola kehidupan Pra-Aksara di Afrika hingga lahirnya Peradaban Mesir Kuno. BAB III menceritakan tentang kerajaan-kerajaan tradisional di Afrika (Pasca Runtuhnya Mesir) berdasarkan catatan-catatan sejarah penting dari beberapa tokoh yang hidup dilingkungan kerajaan-kerajaan Afrika tersebut. BAB IV dan BAB V berisi tentang sejarah perkembangan Islam di Afrika dan kehidupan bangsa-bangsa Afrika sebelum Imperialisme bangsa Eropa di abad 19. BAB VI menguraikan sejarah muncul dan berkembangnya imperialisme Eropa di Afrika yang menandai adanya perubahan hubungan antara bangsa Afrika dan Eropa pada abad XIX. BAB VII menggambarkan secara umum perjuangan Bangsa-bangsa Afrika dalam melepaskan diri dari kolonialisme dan imperialisme bangsa-bangsa Eropa. Terakhir, pada BAB VIII berisi uraian tentang sepak terjang Bangsa Afrika Pada Peristiwa Perang Dunia I dan II.

Buku ini terdiri dari 8 BAB yang secara garis besar berisi tentang kehidupan bangsa Afrika sejak zaman Pra-Aksara hingga zaman Afrika Modern.

SEJARAH PESANTREN

Jejak, Penyebaran, dan Jaringannya di Wilayah Priangan (1800-1945)

Jaringan pesantren dan proses islamisasi di Jawa Barat merupakan hal yang sangat menarik untuk dikaji; dan, buku yang merupakan karya monumental seorang sejarawah ini, berhasil menampilkan gambaran dokumen dan sumber sejarah pesantren. Buku ini layak dibaca dan dijadikan bahan rujukan bagi pengembangan khazanah keilmuan khususnya sejarah Islam. Dr. H. Sulasman, M.Hum

Jaringan pesantren dan proses islamisasi di Jawa Barat merupakan hal yang sangat menarik untuk dikaji; dan, buku yang merupakan karya monumental seorang sejarawah ini, berhasil menampilkan gambaran dokumen dan sumber sejarah pesantren.

Pengembangan media pembelajaran SD/MI

Dalam konteks komunikasi, seorang pendidik atau guru memerlukan media sebagai alat bantu untuk memudahkan seorang guru mengomunikasikan pesan berupa materi pelajaran kepada siswa dengan harapan proses komunikasi dapat berjalan baik dan sempurna sehingga siswa dapat menerima pesan yang benar tanpa ada kesalahan. Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran karena penggunaan media dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Namun, seorang guru juga harus mampu memilih, mendesain, dan menampilkan media sesuai dengan perkembangan seorang anak dan dapat membuat anak merasa nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.

Dalam tahapan ini, pemilihan kurikulum, menjadi gerak awal dari serangkaian proses berikutnya. Bagian mana dari kurikulum tersebut yang berpeluang untuk ...

Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Makarim tentang merdeka belajar dan guru penggerak perubahan, memperkaya penulis untuk mengungkap pengalaman empirik yang unik karena kondisinya saat ini diluar dari kebiasaan. Pengalaman empirik tersebut dijabarkan dalam berbagai topik yang menarik dan enak dibaca dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, dan berdaya saing tinggi menuju Indonesia emas 2045. Pandemi Covid-19 secara sadar mengubah pikiran manusia untuk selalu care menjaga kesehatan pribadinya. Penyebaran virus corona yang demikian dahsyat sangat mungkin setiap orang tertular terutama yang imunnya rendah yang disebabkan karena beberapa faktor antara lain; usia lanjut, sakit penyakit bawaan, hubungan antar manusia yang kurang peduli dengan protap kesehatan, lingkungan yang kurang sehat, tubuh yang tidak sehat dan bugar dan lain-lain. Kondisi tubuh sehat dan bugar tentu menjadi dambaan setiap insan manusia tanpa terkecuali, dan kondisi ini sesuai dengan capaian target belajar pendidikan olahraga.

Pengalaman empiris para penulis sebagai guru atau dosen bidang keolahragaan di era Pandemi Covid-19, bersamaan dengan kemajuan teknologi digital dan program Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem ...

Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar

Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.

juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...

Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika

Komunikasi dapat dikatakan merupakan nafas dalam eksistensi suatu organisasi, di mana suatu organisasi tidak akan mampu berjalan tanpa adanya komunikasi. Hal ini menjadi latar belakang munculnya studi tentang komunikasi organisasi. Dalam buku ini akan diulas dengan komprehensif bagaimana pelaku organisasi yang memiliki tugas masing-masing saling berkaitan satu dengan yang lain dalam suatu sistem memerlukan komunikasi yang baik agar kinerja dalam organisasi tersebut berjalan optimal. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Bab 2 Teori-Teori Organisasi Klasik dan Transisional Bab 3 Komunikasi Kelompok dan Jaringan Komunikasi Bab 4 Pola, Arah Dan Aliran Komunikasi Dalam Organisasi Bab 5 Budaya dan Iklim Organisasi Bab 6 Kepemimpinan dan Gaya Komunikasi Dalam Organisasi Bab 7 Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi Bab 8 Konflik dan Hambatan dalam Komunikasi Organisasi Bab 9 Stres Dalam Komunikasi Organisasi Bab 10 Manajemen Konflik Bab 11 Inovasi dan Teknologi Informasi dalam Organisasi Bab 12 Etika dalam Komunikasi Organisasi

Di dalam suatu organisasi semua orang akan melakukan komunikasi dengan orang lain, terjadinya kesalahan dalam berkomunikasi akan berdampak pada konflik antar individu, tim kerja dalam suatu organisasi. Dilihat dari tingginya waktu yang ...

Pemasaran Syariah

Terori & Aplikasi

Buku ini muncul sebagai bagian upaya kontribusi dari Penulis untuk terus mengembangkan Ekonomi Islam di Tanah Air tercinta ini, selain itu pula karena masih minimnya literatur yang terkait dengan pemasaran syariah. Buku Pemasaran Syariah ini terdiri atas 5 bab, yang meliputi: Bab I, memberikan gambaran tentang pemasaran dalam perspektif konvensional. Bab II, memberikan penjelasan tentang pemasaran dalam perspektif Al-QurÕan dan As-Sunnah. Pada Bab III, memberikan gambaran tentang hakikat FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq dan Tabligh) dalam pemasaran. Adapun pada Bab IV, diuraikan tentang implementasi pemasaran syariah, dan pada akhirnya Bab V, mengungkap studi kasus yang terjadi di pemasaran syariah. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Buku Pemasaran Syariah ini terdiri atas 5 bab, yang meliputi: Bab I, memberikan gambaran tentang pemasaran dalam perspektif konvensional. Bab II, memberikan penjelasan tentang pemasaran dalam perspektif Al-QurÕan dan As-Sunnah.