Sebanyak 3458 item atau buku ditemukan

Manajemen Keuangan Syariah : Pengantar, Perkembangan & Tantangan

Buku “Manajemen Keuangan Syariah : Pengantar, Perkembangan & Tantangan” ini membahas konsep dasar manajemen keuangan syariah, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam seperti bebas riba, gharar, dan maysir. Di awal, buku ini menjelaskan perbedaan sistem keuangan syariah dan konvensional serta bagaimana keuangan syariah berfokus pada kesejahteraan umat melalui mekanisme bagi hasil, kemitraan, dan instrumen keuangan seperti sukuk dan reksadana syariah. Perkembangan sejarah keuangan syariah, mulai dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga era modern, juga diuraikan dengan jelas. Selain itu, buku ini membahas tantangan yang dihadapi oleh industri keuangan syariah, seperti regulasi dan kurangnya edukasi di masyarakat. Namun, potensi masa depannya tetap besar, terutama dengan meningkatnya minat terhadap keuangan etis dan berkelanjutan. Dengan memberikan gambaran komprehensif tentang prinsip, instrumen, dan tantangan keuangan syariah, buku ini menjadi sumber referensi penting bagi akademisi, praktisi, dan masyarakat umum yang tertarik mendalami topik ini.

... Islamic Finance. Kluwer Law International Usmani, Muhammad Taqi. (2002). An Introduction to Islamic Finance. Karachi: Idaratul Ma'arif. Veithzal, Rivai, et al. (2012). Islamic Financial Management: Teori dan Praktik Manajemen Keuangan ...

MASJID AGUNG TASIKMALAYA: Sejarah, Arsitektur, Tokoh dan Gerakan Islam di Kota Santri

Buku hasil penelitian ini mengungkap tiga hal tentang Masjid Agung. Pertama adalah tentang sejarah Masjid Agung yang tidak terlepas dari sejarah Sukapura, Sumedang, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Sejarah ini dibagi menjadi dua bab yakni sejarah Tasikmalaya dari masa ke masa dan Sejarah Masjid Agung Tasikmalaya dari mulai zaman Galunggung Purba, Sukapura, Sumedang, Kolonial hingga masa kemerdekaan yang dibagi menjadi dua periode yaitu masa Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya. Kedua berbicara tentang Tokoh Ulama yang berkiprah di Masjid Agung serta Pergerakan Islam yang terjadi di dalamnya. Bab ini dibagi menjadi beberapa episode yaitu masa awal pembangunan awal dimana tokoh sentralnya adalah Pangeran Aria Adipati H. Soeriaatmadja didampingi oleh H. Soelaeman. Eposide selanjutnya adalah tokoh Mama Kudang dan didampingi oleh Penghulu H. Abu Bakar, kemudian tokoh selanjutnya adalah KH Khoer Affandi bersama Ulama Pesantren se-kabupaten Tasikmalaya yang tergabung dalam MUI, diantaranya KH Ilyas Ruhiat Cipasung, KH Ishak Farid Cintawana dan KH Wahab Muhsin Sukahideung. Ketiga berbicara tentang Masjid Agung Sendiri baik secara arsitektur dan makna maupun tentang keorganisasian. Pembangunan dari awal kemudian melakukan renovasi dan makna yang terkandung dalam simbol bangunan terakhir dikaji dalam bab ini. Berbagai pola manajemen yang digunakan seperti Idharoh, Riayah dan Imaroh pun dijelaskan secara rinci disertai dengan foto-foto dokumen sejarahnya.

... muslim Civilization " . Terjemahan Efendy Yahya dalam Islam Kesatuan dan Keragaman . Jakarta : Penerbit Obor , 1975 . Eagleton , Terry . Literary Theory : An Introduction . London : Basil Blackwell , 1983 . Faruk . Pengantar Sosiologi ...

Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Kewarganegaraan membahas berbagai aspek dalam kehidupan, yaitu pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosial kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa. Pendidikan Kewarganegaraan dapat diartikan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia yang diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

... citizenship and the roles citizens (Praktek demokrasi kewarganegaraan dan peran warganegara). f. History of ... Citizenship (Intelectual Civic Skilss) a. Indentifying and describing information about political and civic life ...

Kebijakan Publik dan Kewarganegaraan Demokratis: Handbook Analisis Kebijakan Publik

Buku digital ini berjudul "Kebijakan Publik dan Kewarganegaraan Demokratis", merupakan buku yang berisi tentang "Analisis Kebijakan Publik" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan sosial dan politik yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

... Civic Education Association. (2004). Standards. http://www.civiced.org/ stds.html (accessed February, 2005). Nie, Norman H., Jane Junn, and Kenneth Stehlik-Barry. (1996). Education and democratic citizenship in America. Chicago ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga negara agar hidup sesuai aturan, tujuan dan cita-cita bangsa. Pendidikan kewarganegaraan ini mulai diajarkan sejak para peserta didik berusia dini sampai perguruan tinggi, hal ini dilakukan agar dihasilkan para penerus bangsa yang memiliki kompeten dan siap menjalankan hidupnya dengan Benar di masyarakat dan paham menjadi masyarakat yang beretika, berbudaya dan berbangsa. Selain itu, hakikat pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan di sekolah dan instansi pendidikan tinggi yakni sebagai bentuk program pendidikan bernilai Pancasila yang dipelajari untuk dilestarikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yang terdiri dari: hakikat, fungsi, dan tujuan pendidikan kewarganegaraan; identitas dan integrasi nasional; negara dan konstitusi; model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan; sistem pemerintahan di Indonesia; ketahanan nasional Indonesia; penegakan hukum di Indonesia; hubungan negara dengan warga negara; hak asasi manusia; demokrasi di Indonesia dan pendidikan demokrasi.

... Civic Education. Citizenship Foundation. (2003). Running a Mock Trial: A Guide and Materials for Teachers, Participants and Organisers. London: Citizenship Foundation. Citizenship Foundation. (2006). CPD Handbook, Section 3. Citizenship ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MANUSIA, DATA DAN ANALISIS)

Dalam menjalankan sebuah kegiatan baik itu perusahaan, lembaga, organisasi, komunitas atau lainnya dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya masing-masing. Tak hanya itu dalam menjalankan suatu kegiatan di perusahaan yang juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah bagaimana memanajemen sumber daya manusia (SDM) tersebut agar kegiatan yang akan dijalankan berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Manajemen sumber daya manusia ini merupakan suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan atau semua tenaga kerja yang menopang seluruh aktivitas dari organisasi, lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

... berdaya saing dengan perusahaan lain karena memiliki sumber daya manusia yang kurang berkompeten (Nuryanta, 2008). B ... Human Resource Management (Priyono & Marnis, 2016), perencanaan SDM atau perencanaan tenaga kerja adalah suatu ...

Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini. Adanya pergeseran paradigma belajar dengan online learning serta munculnya generasi millenia menjadi perhatian tersendiri di dunia pendidikan.. Era disupsi dengan pemanfaatan teknologi dijadikan syarat dasar. Namun pondas utama dari pendidikan agama islam adalah keteladanan yang tidak dapat terganti dengan keanggihan teknologi manapun. Melalui buku ini, kajian mendasar mengenai pendidikan agama islam di era disrupsi dibahas dalam 9 bab, sehingga dapat menjadi panduan yang komprehensif baik bagi akademisi maupun praktisi. Diharapkan buku ini dapat menjadi sarana penting untuk mempertimbangkan tindakan-tindakan stategis apa yang sesuai dijadikan model, startegi, serta kebijakan dalam pengajaran pendidikan agama islam khususnya di era disrupsi saat ini.

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini.

CLASSROOM MANAGEMENT DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku Classroom Management dalam Pendidikan Agama Islam karya Muhammad Hafiz Ansyari dan rekan-rekannya membahas secara mendalam tentang bagaimana mengelola kelas secara efektif dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis bagi pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, adil, dan penuh makna dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Isi buku mencakup penjelasan tentang konsep dasar manajemen kelas, prinsip keadilan, otoritas guru, pendekatan preventif, suportif, dan korektif, serta pentingnya komunikasi efektif. Buku ini juga mengeksplorasi berbagai tantangan internal dan eksternal yang dihadapi dalam mengelola kelas PAI, dan memberikan solusi yang relevan dengan prinsip-prinsip Islami, seperti menanamkan disiplin melalui pendekatan proaktif dan reaktif. Dilengkapi dengan contoh penerapan, seperti penggunaan teknologi dan media Islami dalam kelas, buku ini menggarisbawahi pentingnya membangun karakter siswa yang berakhlak mulia, memahami tanggung jawab, dan menerapkan nilai-nilai Islami di setiap aspek kehidupan. Penulis berharap bahwa dengan memahami dan menerapkan manajemen kelas berbasis nilai Islam ini, para guru dapat membantu siswa mengembangkan kepribadian yang kuat dan seimbang antara aspek akademis dan spiritual.

... , & Kibtiyah , A. ( 2022 ) . Pembentukan karakter religius , disiplin dan tanggungjawab melalui kegiatan Tahfidzul Qur'an di SD Islam roushon fikr jombang. Attaqwa: Jurnal. 94 - Classroom Management dalam Pendidikan Agama Islam.