Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

STRATEGI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA : Mengelola dan menetapkan SDM yang Berkualitas

Buku "Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia: Mengelola dan Menerapkan SDM yang Berkualitas" membawa pembaca dalam perjalanan mendalam ke dalam dunia manajemen sumber daya manusia (MSDM). Dari pengantar yang menginspirasi hingga pandangan masa depan, buku ini menjelaskan dengan rinci poin-poin penting seperti analisis kebutuhan SDM, perencanaan karir, pengelolaan perubahan, dan konsep SDM dalam evolusi teori manajemen. Konsep perencanaan MSDM diperinci, termasuk rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan. Buku ini tidak hanya menggarisbawahi strategi-strategi kunci dalam MSDM, tetapi juga menjelaskan bagaimana menerapkannya dengan cerdas dalam konteks perubahan global, teknologi, dan keragaman tempat kerja. Dengan gaya yang jelas dan pandangan mendalam, buku ini menjadi sumber rujukan yang tak ternilai untuk para praktisi MSDM dan pembelajar yang mencari wawasan tentang mengelola sumber daya manusia yang produktif dan berdaya saing.

Buku "Strategi Perencanaan Sumber Daya Manusia: Mengelola dan Menerapkan SDM yang Berkualitas" membawa pembaca dalam perjalanan mendalam ke dalam dunia manajemen sumber daya manusia (MSDM).

Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini. Adanya pergeseran paradigma belajar dengan online learning serta munculnya generasi millenia menjadi perhatian tersendiri di dunia pendidikan.. Era disupsi dengan pemanfaatan teknologi dijadikan syarat dasar. Namun pondas utama dari pendidikan agama islam adalah keteladanan yang tidak dapat terganti dengan keanggihan teknologi manapun. Melalui buku ini, kajian mendasar mengenai pendidikan agama islam di era disrupsi dibahas dalam 9 bab, sehingga dapat menjadi panduan yang komprehensif baik bagi akademisi maupun praktisi. Diharapkan buku ini dapat menjadi sarana penting untuk mempertimbangkan tindakan-tindakan stategis apa yang sesuai dijadikan model, startegi, serta kebijakan dalam pengajaran pendidikan agama islam khususnya di era disrupsi saat ini.

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

MEMBANGUN PENDIDIKAN INDONESIA BERKELAS DUNIA

“Buku ini sebagai salah satu referensi bagi dunia pendidikan di Indonesia dalam rangka memajukan dan meningkatkan kualitas layanan, sistem, manajemen dan sumber daya manusia di lingkungan lembaga pendidikan guna menjawab tantangan global di Era Industri 4.0 yang semakin ketat dan dinamis ini.” - Prof. Dr. KH. Said Aqil Husin al Munawwar, Lc, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Integrasi antar bidang ilmu pengetahuan perlu dilakukan sebagai konsekuensi dari tanggung jawab untuk mensejahterakan umat manusia. Seluruh komponen pendidikan harus berbasis integrasi antar ilmu pengetahuan. Buku ini layak dibaca karena akan membantu pembaca untuk memahami bagaimana integrasi antar ilmu itu dilakukan.” - Prof. Dr. Abuddin Nata, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Pendidikan harus berorientasi pada berbagai aspek, baik aspek intelektual, emosional, moral, sosial maupun spiritual. Harmonisasi aspek tersebut dimungkinkan terwujudnya wajah pendidikan yang integral dan mampu menjawab tantangan global. Buku ini sangat cocok untuk bahan renungan bagi kita dalam rangka memperbaiki dan memajukan pendidikan yang lebih baik.” - Prof. Dr. Samsul Nizar, M.Ag (Guru Besar dan Ketua STAIN Bengkalis Riau) “Dalam memperbaiki sistem pendidikan diperlukan berbagai strategi yang tepat; mapan berbasis integratif dan bernuansa holistik untuk membentuk paradigma yang seimbang, moderat, dan berbudaya. Sebagaimana yang telah dikaji dalam buku ini.” Selamat membaca..! - Prof. M. Mas’ud Said, Ph.D (Direktur Pascasarjana Univ. Islam Malang) “Buku ini penting untuk dibaca terutama bagi para pengelola pendidikan di Indonesia.” - Prof. Dr. Zumrotul Mukaffa, M.Ag (Guru Besar UIN Surabaya)

telah dengan sadar dikondisikan sebuah pendidikan karakter melalui pendidikan karakter yag ditranformasikan ke dalam silabus pembelajaran di sekolah (Dalyono & Lestariningsih, 2016). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telah masuk dan ...

Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran

Berdasarkan difinisinya Asesmen merupakan proses pengumpulan data yang menunjukan perkembangan pembelajaran peserta didik. Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan. Kedua hal ini perlu dipahami oleh pelajar/mahasiswa dan khususnya tenaga pengajar/guru/dosen dalam merancang asesmen yang pada akhirnya menuju ke penilaian peserta didik. Oleh karena itu tenaga pengajar perlu untuk memahami dan menguasai jenis-jenis dan kelebihan-kekurangan asesmen dan lain lain, yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa setelah mendapatkan pembelajaran, sehingga peserta didik berhasil menguasai kompetesi yang ditargetkan. Buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini akan menyajikan materi yang mencakup 7 bab yang disusun secara koheren. Kami berharap buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini dapat menjadi referensi kepada pelajar/mahasiswa serta tenaga pengajar/guru/dosen agar lebih memahami Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran.

Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan.

Manajemen Pendidikan Rasulullah

Pendidikan Islam bertujuan memberikan pelayanan bagi pertumbuhan bagi manusia dalam segala aspeknya yang meliputi aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah, linguistik, baik secara individu, maupun secara kolektif dan memotivasi semua aspek tersebut kepada kebaikan dan pencapaian kesempurnaan. Tujuan akhir pendidikan bertumpu pada terealisasinya ketundukan kepada Allah baik dalam level individu, komunitas, dan manusia secara luas. Rasulullah Saw telah memperlihatkan akhlak yang mulia sepanjang hidupnya. Muhammad Athiyah al Abrasyi mengemukakan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah yang paling baik tingkah lakunya, pemuda yang paling bersih, manusia yang paling zuhud dalam hidupnya, hakim yang paling adil dalam memutuskan perkara, prajurit yang paling berani dalam membela kebenaran, ikutan yang terbaik bagi orang-orang saleh dan para pendidik. Pribadi beliau merupakan presentasi akhlak yang sesuai dengan al Qur’an.

Telah menyelesaikan studi strata satu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UPI (2008-2012) dan Magister di ... Bidang kajian yang menjadi fokus penulis saat ini di UNISA adalah Bahasa Arab di MI/SD, dan Pembelajaran Bahasa Arab di ...

Seluk Beluk Perdagangan Ekspor-Impor Jilid 5

Bonus Link Google Classroom yang berisikan softcopy materi buku ini (yang akan diupdated secara terus-menerus) dan rekaman kelas online zoom Penyusunan SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 5 (Lima) ini isi materinya disesuaikan dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Kep. 247/Mei/V/2007, tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Sektor Perdagangan Besar, sub Sektor Perdagangan Ekspor-Impor tertanggal 31 Mei 2007. Disusunnya SKKNI Ekspor-Impor merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, agar memiliki kompetensi dan mampu bekerja sesuai standar minimal yang ditetapkan serta dapat bersaing dalam mengisi pasar kerja di tingkat level lokal, nasional dan internasional. Setelah SKKNI Ekspor-Impor ini ditetapkan, telah dibentuk Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor-Impor dan sudah dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Non-Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional Nomor: Kep.425/E/KK/2010 tertanggal 10 November 2010. Peranan Ekspor-Impor di negara kita menjadi semakin penting dan strategis sebagai suatu penggerak utama kegiatan ekonomi yang dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Dengan meningkatnya kegiatan ekspor-impor, maka partisipasi masyarakat dalam mengurangi pengangguran dapat tercapai, yang pada gilirannya, menambah kesempatan berusaha dan memperluas kesempatan kerja melalui rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor Mengingat keragaman karakteristik dan latar belakang peserta didik, maka diperlukan adanya bahan ajar atau modul pembelajaran berupa buku yang sesuai dengan kurikulum ekspor-impor yang telah ditetapkan. Dalam Kurikulum Ekspor-Impor terdiri dari 5 (lima) jilid. Kami menyadari, bahwa tersedianya buku ini ditengah-tengah peserta didik merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak, terutama Pengurus Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor-Impor dan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Profesi Ekspor-Impor Seluruh Indonesia (APREISINDO). Kami merasa sangat dibantu oleh tersedianya buku-buku penunjang yang kami cantumkan dalam daftar pustaka buku ini. Atas bantuan tersebut, selayaknya kami mengucapkan terimakasih atas utang budi kami kepada para pengarang dan penyusun buku-buku tersebut. Akhir kata, kami menyadari, bahwa Buku SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 1 (Satu) ini jauh dari sempurna, maka tegur sapa dan kritik membangun dari rekan-rekan seprofesi bagi penyempurnaan edisi-edisi berikutnya, akan kami sambut dengan hati terbuka. Mudah-mudahan buku yang kami sajikan ini, akan memberikan manfaat yang besar bagi kita, dan terlebih bagi peserta yang akan mengikuti Uji Kompetensi Ekspor-Impor, para praktisi ekspor-impor dan bagi para pengguna lainnya.

Bonus Link Google Classroom yang berisikan softcopy materi buku ini (yang akan diupdated secara terus-menerus) dan rekaman kelas online zoom Penyusunan SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 5 (Lima) ini isi materinya disesuaikan dengan ...

Tanda pembunuh

kapitalisme global di balik semiotika media

Role of mass media in globalization in Indonesia.

Role of mass media in globalization in Indonesia.

Seluk Beluk Perdagangan Ekspor Impor Jilid 2

Bonus Link Google Classroom yang berisikan softcopy materi pelatihan ekspor-impor level 2 dan rekaman kelas online zoom Penyusunan SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 2 (Dua) ini isi materinya disesuaikan dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Kep. 247/Mei/V/2007, tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Sektor Perdagangan Besar, sub Sektor Perdagangan Ekspor-Impor tertanggal 31 Mei 2007. Disusunnya SKKNI Ekspor-Impor merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, agar memiliki kompetensi dan mampu bekerja sesuai standar minimal yang ditetapkan serta dapat bersaing dalam mengisi pasar kerja di tingkat level lokal, nasional dan internasional. Setelah SKKNI Ekspor-Impor ini ditetapkan, telah dibentuk Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor-Impor dan sudah dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Non-Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional Nomor: Kep.425/E/KK/2010 tertanggal 10 November 2010. Peranan Ekspor-Impor di negara kita menjadi semakin penting dan strategis sebagai suatu penggerak utama kegiatan ekonomi yang dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Dengan meningkatnya kegiatan ekspor-impor, maka partisipasi masyarakat dalam mengurangi pengangguran dapat tercapai, yang pada gilirannya, menambah kesempatan berusaha dan memperluas kesempatan kerja melalui rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor Mengingat keragaman karakteristik dan latar belakang peserta didik, maka diperlukan adanya bahan ajar atau modul pembelajaran berupa buku yang sesuai dengan kurikulum ekspor-impor yang telah ditetapkan. Dalam Kurikulum Ekspor-Impor terdiri dari 5 (lima) jilid. Kami menyadari, bahwa tersedianya buku ini ditengah-tengah peserta didik merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak, terutama Pengurus Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor-Impor dan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Profesi Ekspor-Impor Seluruh Indonesia (APREISINDO). Kami merasa sangat dibantu oleh tersedianya buku-buku penunjang yang kami cantumkan dalam daftar pustaka buku ini. Atas bantuan tersebut, selayaknya kami mengucapkan terimakasih atas utang budi kami kepada para pengarang dan penyusun buku-buku tersebut. Akhir kata, kami menyadari, bahwa Buku SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 2 (Dua) ini jauh dari sempurna, maka tegur sapa dan kritik membangun dari rekan-rekan seprofesi bagi penyempurnaan edisi-edisi berikutnya, akan kami sambut dengan hati terbuka. Mudah-mudahan buku yang kami sajikan ini, akan memberikan manfaat yang besar bagi kita, dan terlebih bagi peserta yang akan mengikuti Uji Kompetensi Ekspor-Impor, para praktisi ekspor-impor dan bagi para pengguna lainnya.

Bonus Link Google Classroom yang berisikan softcopy materi buku ini (yang akan diupdated secara terus-menerus) dan rekaman kelas online zoom Penyusunan SELUK BELUK PERDAGANGAN EKSPOR IMPOR JILID 2 (Dua) ini isi materinya disesuaikan dengan ...