“Buku ini sebagai salah satu referensi bagi dunia pendidikan di Indonesia dalam rangka memajukan dan meningkatkan kualitas layanan, sistem, manajemen dan sumber daya manusia di lingkungan lembaga pendidikan guna menjawab tantangan global di Era Industri 4.0 yang semakin ketat dan dinamis ini.” - Prof. Dr. KH. Said Aqil Husin al Munawwar, Lc, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Integrasi antar bidang ilmu pengetahuan perlu dilakukan sebagai konsekuensi dari tanggung jawab untuk mensejahterakan umat manusia. Seluruh komponen pendidikan harus berbasis integrasi antar ilmu pengetahuan. Buku ini layak dibaca karena akan membantu pembaca untuk memahami bagaimana integrasi antar ilmu itu dilakukan.” - Prof. Dr. Abuddin Nata, MA (Guru Besar UIN Jakarta) “Pendidikan harus berorientasi pada berbagai aspek, baik aspek intelektual, emosional, moral, sosial maupun spiritual. Harmonisasi aspek tersebut dimungkinkan terwujudnya wajah pendidikan yang integral dan mampu menjawab tantangan global. Buku ini sangat cocok untuk bahan renungan bagi kita dalam rangka memperbaiki dan memajukan pendidikan yang lebih baik.” - Prof. Dr. Samsul Nizar, M.Ag (Guru Besar dan Ketua STAIN Bengkalis Riau) “Dalam memperbaiki sistem pendidikan diperlukan berbagai strategi yang tepat; mapan berbasis integratif dan bernuansa holistik untuk membentuk paradigma yang seimbang, moderat, dan berbudaya. Sebagaimana yang telah dikaji dalam buku ini.” Selamat membaca..! - Prof. M. Mas’ud Said, Ph.D (Direktur Pascasarjana Univ. Islam Malang) “Buku ini penting untuk dibaca terutama bagi para pengelola pendidikan di Indonesia.” - Prof. Dr. Zumrotul Mukaffa, M.Ag (Guru Besar UIN Surabaya)
telah dengan sadar dikondisikan sebuah pendidikan karakter melalui pendidikan karakter yag ditranformasikan ke dalam silabus pembelajaran di sekolah (Dalyono & Lestariningsih, 2016). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) telah masuk dan ...
Buku Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI ini ditulis untuk mempertajam pengetahuan melalui teori-teori dalam mengajarkan PPKn kepada peserta didik di SD/MI serta mengimplementasikannya sehingga peserta didik tersebut menjadi pelajar yang Pancasilais. Kehadiran buku ini sangat berperan penting dalam menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, maupun dosen khususnya di bidang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)/Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan juga dapat dijadikan sebagai sumber referensi khususnya pada pembelajaran PPKn. Buku ini berisi tentang pengajaran dan pembelajaran, model pembelajaran berdasarkan teori, hakikat model pembelajaran PPKn, dan bineka model pembelajaran PPKn.
Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249 Muliawan, J. U. (2016).
(PPKN) DI SD/MI: Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0
Kehadiran buku ini berperan penting dalam menambah pengetahuan serta sumber belajar bagi mahasiswa, guru, maupun dosen khususnya di bidang sekolah dasar. Buku ini berisikan penjelasan tentang sejarah PPKn, pengembangan materi PPKn, teori belajar pembelajaran PPKn, penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PPKn, model-model pembelajaran PPKn, media pembelajaran PPKn, dan tahapan perencanaan dalam pembelajaran tematik yang berkaitan dengan PPKn. Semoga hadirnya buku ini menjadi dampak perubahan demi kemajuan bangsa Indonesia dan siap menghadapi era Industri 4.0. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Kehadiran buku ini berperan penting dalam menambah pengetahuan serta sumber belajar bagi mahasiswa, guru, maupun dosen khususnya di bidang sekolah dasar.
Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan hanya dapat terwujud apabila terjadi pergeseran atau perubahan pola pikir dalam proses pembelajaran. Pembelajaran harus berorientasi pada kegiatan pembelajaran interaktif berpusat pada siswa dengan mengedepankan proses pengamatan (riset), pemanfaatan multimedia, sehingga pengetahuan yang diperoleh semakin maksimal dan berdaya guna. Melihat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, buku ini sangat menarik dan layak untuk diminati para akademisi sebagai bahan dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD/MI. Buku ini juga dapat menjadi sumber belajar bagi para mahasiswa khususnya jurusan/prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang mudah dipahami serta mampu mengubah pola pikir para akademisi dalam melaksanakan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Buku ini disampaikan tujuan bagaimana seharusnya proses pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlangsung di SD/MI dengan membimbing peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi/HOTS (Higher Order Thinking Skills).