Sebanyak 19471 item atau buku ditemukan

Pendekatan Sosiologi dan Antropologi dalam Pendidikan

Secara sosiologi pendidikan adalah sebuah warisan budaya dari generasi kegenerasi, agar kehidupan masyarakat berkelanjutan, dan identitas masyarakat itu tetap terpelihara. Sosial budaya merupakan bagian hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir setiap kegiatan manusia tidak terlepas dari unsur sosial budaya. Dengan mempelajari metode pendidikan kebudayaan maka antropologi bermanfaat bagi pendidikan. Dimana para pendidik harus melakukan secara hati-hati. Hal ini disebabkan karena kebudayaan yang ada dan berkembang dalam masyarakat bersifat unik, sukar untuk dibandingkan sehingga harus ada perbandingan baru yang besifat tentative.

... belajar sehingga siswa dapat menggunakan kebudayaan pribadinya untuk memahami dan mengembangkan berbagai wawasan, konsep, keterampilan, nilai, sikap, dan moral yang diharapkan. multikultural (multicultural education) merupakan respn ...

Manajemen Multikultural dalam Satuan Pendidikan

Buku Ajar ini adalah suatu buah pikiran dalam para penulis terkait implementasi manajemen multikultural dalam satuan pendidikan.

... Multikultural " . Jurnal Edueksos , 3 ( 2 ) , 23-44 . Suparta , M. ( 2008 ) . Islamic Multicultural Education . Al Ghazali Center . Suryana , Yaya , dan R. ( 2015 ) . Pendidikan Multikultural : Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa ...

MERANCANG PENGALAMAN BELAJAR MULTIKULTURAL STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN INKLUSIF DI DUNIA GLOBAL

Dunia kita sedang berubah. Perbatasan kultural semakin kabur, dan pengalaman hidup kita dipengaruhi oleh arus global yang dinamis. Setiap hari, kita berinteraksi dengan tradisi, bahasa, dan perspektif yang berbeda—baik di ruang kelas, tempat kerja, maupun dunia maya. Buku ini, "Merancang Pengalaman Belajar Multikultural: Strategi untuk Mengembangkan Sumber Daya Pendidikan Inklusif di Dunia Global", lahir dari urgensi untuk menyiapkan para pendidik dan lembaga pendidikan dalam menghadapi realitas baru ini.

... Cultural Diversity: A Primer" oleh Julie Lee • Artikel: "The Importance of Multicultural Education" oleh Dr. Jane Smith, "Teaching Diversity in the Classroom" oleh Dr. Michael Johnson 176 Merancang Pengalaman Belajar Multikultural ...

PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL - Rajawali Pers

Pembaruan pendidikan Islam dilakukan secara masif demi pemenuhan kebutuhan dan perkembangan zaman. Dalam konteks Indonesia sebagai salah satu negara plural terbesar dunia, sudah sewajarnya menghidupkan pendidikan agama yang menghargai keberagaman. Melalui pendidikan agama Islam multikultural nilai-nilai pengakuan dan penghargaan terhadap pluralitas diajarkan. Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam multikultural penting diimplementasikan untuk mewujudkan komitmen pendidikan Islam dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mulai terkoyak-koyak akibat tidak adanya penghargaan terhadap keragaman yang dapat menjerumuskan pada pandangan-pandangan stereotipe yang dapat memunculkan sikap primordialisme, etnosentrisme, dan diskriminatif terhadap individu maupun kelompok lain yang berbeda. Buku yang berjudul Pendidikan Islam Multikultural (Konsep dan Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Multikultural) ini menyajikan konsep dan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural. Di dalamnya membicarakan secara detail bagaimana mengimplementasikan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) mulai dari konsep teoretis hingga praktik pembelajaran yang memuat perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian yang didasarkan pada nilai-nilai multikultural. Terbitnya buku ini dapat memberi nuansa baru bagi pengembangan teori Pendidikan Agama Islam multikultural yang selama ini masih berputar pada tataran wacana. Melalui contoh-contoh konkret dan paparan yang sederhana menjadikan buku ini mudah dipahami dan diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan secara akademis bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan masyarakat umum terutama guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berparadigma multikultural.

... Multikultural. Malang: UIN Maliki Press. Grand, Carl A, C. S. (2007). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge. Hurlock, E. (2005). Developmental Psychology (A life-Span Approach), Fifth Edition ...

Model Pendidikan Multikultural

Buku ini membahas tentang model pendidikan di tengah pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama) yang ada di Indonesia. Pendidikan multikultural menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya ke dalam sistem pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equality), saling menghormati, menerima, dan memahami serta adanya komitmen moral untuk sebuah keadilan sosial.

... multikultural di kelas baik untuk mata pelajaran agama dan non - agama sudah sesuai dengan teori pendidikan ... Multicultural Education : Issues and Perspectives ... h . 20 . 90 James A Bank , Transforming the Multicultural ...

Musthalahul Hadits

Panduan Lengkap & Praktis Belajar Dasar-dasar Ilmu Hadits

Banyak buku tentang “Ilmu Musthalahul Hadits”, dari yang kecil sampai yang besar, dan dari yang berupa nazham sampai yang berupa syarah nazham. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang sempurna. Namun, buku-buku itu saling melengkapi. Semuanya bertujuan sama, memudahkan umat Islam yang ingin mempelajari ilmu hadits. Sebagai seorang pengajar Ilmu Hadits, Syaikh DR. Mahmud Ath-Thahhan (penulis) telah mempelajari, membersamai, mengajarkan, dan membandingkan berbagai kitab dalam bidang ini. Ada kitab yang cukup sulit dipahami, ada yang terlalu ringkas, ada yang kurang penjelasannya, ada yang kurang contoh-contohnya, ada yang bertele-tele, dan sebagainya. Lalu, beliau pun menulis sendiri kitab dalam ilmu ini, dan beliau beri judul, “TAYSIR MUSTHALAHUL HADITS” (Simplifikasi Musthalahul Hadits). Membaca buku ini akan terasa mudah. Bahasanya gampang dicerna dan dipahami. Jika Anda pecinta ilmu agama, atau apalagi sedang mendalami ilmu hadits, maka buku ini sangat layak untuk Anda baca dan miliki. - Pustaka Al-Kautsar Publisher - Dilarang keras mem-PDF-kan, mendownload, dan memfotokopi buku-buku Pustaka Al-Kautsar. Pustaka Al-Kautsar tidak pernah memberikan file buku kami secara gratis selain dari yang sudah tersedia di Google Play Book. Segala macam tindakan pembajakan dan mendownload PDF tersebut ada ilegal dan haram.

Sebagai seorang pengajar Ilmu Hadits, Syaikh DR. Mahmud Ath-Thahhan (penulis) telah mempelajari, membersamai, mengajarkan, dan membandingkan berbagai kitab dalam bidang ini.

Pengantar Ilmu Hadits

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an. Namun prakteknya mempelajari hadits justru lebih sulit. ilmu hadits adalah sarana dalam memahami dan mendalami hadits yang berasal dar Nabi saw, sehingga akan didapatkan satu pemahaman yang benar tentang hadits tersebut. Di dalam buku ini dibahas: 1. Pengertian Hadits,Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi 2. As-Sunnah dan kedudukannya dalam Islam 3. Penulisan dan Pembukuan hadits Nabi saw 4. Ilmu Hadits; Pertumbuhan, Perkembangan dan Pengenalan akan keduanya 5. Ilmu Rijalul Hadits 6. Ilmu Al Jarh Wa Ta'dil 7.Ilmu Gharib Al Hadits 8. Ilmu Ilal Al Hadits 9. Ilmu Mukhtalaf dan Musykil Hadits 10.Ilmu Mustalah Al Hadits Buku ini diharapkan membantu bagi mereka yang ingin mengetahui ilmu hadits khususnya di kalangan mahasiswa yang mempelajari hadits dan llmu hadits.

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an.