Sebanyak 654 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Pengantar Ilmu Ekonomi Teori dan Aplikasi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Sebagai contoh, seseorang yang ingin membeli barang kebutuhan dipasar. Contoh yang lain adalah seseorang mengalokasikan pendapatan untuk kehiduan sehari-hari. Aktivitas membeli aset juga adalah contoh yang berhubungan dengan ilmu ekonomi. Definisi ilmu ekonomi yang lain adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan tingkat kepuasan yang maksimal, dan bagaimana perusahaan memilih kombinasi input serta besaran jenis komoditas yang diproduksi, kemudian menyalurkan bermacam komoditas tersebut ke konsumen akhir untuk dimanfaatkan nilai gunanya. Sadono Sukirno berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak pembangunan sumber daya yang terdiri atas sumber daya alam dan sumber daya manusia.

... permintaan = perubahan harga = jumlah permintaan awal = harga awal Dari berbagai koefisien elastisitas permintaan sebagaimana dihasilkan oleh rumus diatas , dapat dirincikan macam - macam elastisitas permintaan sebagai berikut . a ...

Ekonomi Demografi dan Kependudukan

Kependudukan atau demografi merupakan ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Dalam demografi terdapat aspek kependudukan yang statis dan dinamis sifatnya. Aspek statis ditunjukkan oleh komposisi penduduk misalnya. Komposisi penduduk merupakan gambaran kondisi penduduk pada suatu titik tertentu, yaitu pada saat dilaksanakan sensus atau survei. Sesudah tanggal atau hari tersebut, komposisi penduduk akan berubah. Perubahan komposisi ini terjadi karena perubahan kelahiran, kematian dan migrasi. Jadi dalam demografi juga dipelajari aspek statis dan aspek dinamis, yang keduanya saling mempengaruhi.

Kependudukan atau demografi merupakan ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia.

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia. Penyajiannya disusun ke dalam sistematika sebagai berikut: Bab 1 membahas tentang manusia dan pendidikan; Bab 2 membahas mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan; Bab 3 membahas landasan filosofis pendidikan; Bab 4 membahas tentang landasan historis pendidikian Indonesia; Bab 5 membahas mengenai tokoh-tokoh pendidikan nasional; dan Bab 6 membahas mengenai pilar-pilar pendidikan dan pendidikan sepanjang hayat.

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia.

Bisnis Digital

Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses

Buku BISNIS DIGITAL: Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses” menggambarkan pentingnya mengelola aspek akuntansi, pajak, dan audit dalam konteks bisnis digital. Buku ini membahas revolusi digital yang sedang terjadi dan memberikan panduan praktis tentang bagaimana mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam mengelola aspek tersebut. Dengan fokus pada bisnis digital, buku ini memberikan wawasan dan strategi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam era digital.Pandangan bisnis telah mengalami transformasi besar dalam era digital ini. Dalam lingkungan yang semakin terhubung dan teknologi yang terus berkembang, pemahaman yang mendalam tentang fondasi komersial online, akuntansi, pajak, dan audit menjadi semakin penting bagi kesuksesan bisnis di dunia digital.

Buku BISNIS DIGITAL: Mengelola Akuntansi, Pajak, dan Audit dengan Sukses” menggambarkan pentingnya mengelola aspek akuntansi, pajak, dan audit dalam konteks bisnis digital.

DIMENSI INOVASI LINGKUNGAN KAMPUNG HIJAU DALAM SURABAYA MENUJU SUSTAINABLE GREEN CITY

Buku ini merupakan buku lanjutan yang lebih bersifat membuktikan apakah segala potensi fenomena kota Surabaya ini memang seperti yang digambarkan dalam buku sebelumnya. Buku sebelumnya dengan judul yang lebih berorientasi pada kapasitas atau kemampuan suatu kampung pada hakekatnya telah mendeskripsikan bahwa kampungkampung unggulan di Surabaya telah menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. Dengan produk dan segala dampak yang diperoleh kampung tersebut, maka buku kedua ini akan menjelaskan secara eksplanatif, sejauhmanakah hal tersebut dikenali sebagai kondisi yang nyata di lapangan saat ini.

... kreatif dan inovatif dari para warga pada akhirnya menjadikan kampung lebih berdaya dan meningkatkan nilai posisinya, baik dalam aspek ekonomi maupun sosial untuk bertahan di tengah persaingan hidup di kota besar. Searah dan mendukung ...

Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital

“Dewasa ini, dunia teknologi bergerak begitu cepat sehingga setiap perubahan mempercepat perubahan berikutnya. Menjadi penting di lingkungan seperti itu untuk memiliki garis dasar dan titik referensi guna membantu pemasar menemukan jalan ke depan. Marketing 4.0 menawarkan pengetahuan baru yang akan menjadi titik awal dan sumber daya yang berharga untuk semua orang yang mencoba menciptakan serta memahami masa depan digital dan mobile.” —Howard Tullman, CEO Chicagoland Entrepreneurial Center/1871 “Internet dan IT mengubah pemasaran secara radikal. Buku ini adalah pembuka mata bagi pemasaran di era baru.” —Hermann Simon, Pendiri dan Ketua Simon-Kucher & Partners “Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Phil Kotler. Kemampuannya untuk mengidentifikasi serta menafsirkan tren dan perkembangan pemasaran yang baru sungguh mencengangkan. Sekali lagi, dengan Marketing 4.0, Kotler dan rekan penulisnya membantu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk kesuksesan pemasaran. Ini sudah pasti merupakan buku pemasaran yang HARUS Anda baca tahun ini.” —Kevin Lane Keller, E.B. Osborn Profesor Pemasaran, Tuck School of Business “Panduan yang hebat pada transformasi yang sudah tampak di ufuk dan menantang praktik pemasaran. Pemasar yang bingung akan belajar cara menavigasi pergeseran kekuatan dan kemungkinan konektivitas digital dan mengubahnya menjadi keuntungan.” —George S. Day, Geoffrey T. Boisi Profesor Emeritus, Wharton School of the University of Pennsylvania

Buku ini adalah pembuka mata bagi pemasaran di era baru.” —Hermann Simon, Pendiri dan Ketua Simon-Kucher & Partners “Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Phil Kotler.

BUNGA RAMPAI EKONOMI DAN BISNIS

ISU KONTEMPORER EKONOMI DAN BISNIS

Diterbitkannya buku kumpulan karangan para dosen sangat penting untuk memperkaya mutu perkuliahan dan syukur apabila mampu mengkritisi serta memberikan alternatif solusi berbagai persoalan aktual ekonomi dan bisnis di Indonesia khususnya di era pandemi Covid-19. Saya berharap bahwa di era pandemi Covid-19 tatkala para dosen lebih banyak berada di rumah karena proses belajarmengajar dilakukan secara virtual (daring), para dosen lebih kreatif dan inovatif menerbitkan karya-karya ilmiahnya. Dengan demikian, mempublikasikan karyakarya ilmiah bagi para dosen sesungguhnya merupakan sebuah keharusan, bukan semata-mata karena memperingati dies natalis. Saya juga berharap agar apa yang dilakukan oleh FEB UWG untuk menerbitkan buku kumpulan karya dosen dapat diikuti oleh para dosen di fakultas-fakultas yang lain

... kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting ... Creative Economy: How People Make Money From Ideas, ekonomi kreatif ... inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif, dan budaya. Industri Kreatif dapat ...

PUBLIC RELATIONS SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI KRISIS

Buku ini berisi Public Relations dalam sebuah perusahaan tidak hanya berdampak pada stakeholder di luar perusahaan melainkan pada manajemen. Aspek manajemen tersebut mulai dari merencanakan, melakukan program dan mencapai tujuan yaitu pengertian, pemahaman dan dukungan dari publik pada perusahaan. Pengertian, pemahaman dan dukungan dari publik berbentuk opini atau citra positif dari publik kepada perusahaan. Publik dalam public relations terbagi dalam publik internal dan publik eksternal. Kegiatan Public Relations yang dilakukan oleh perusahaan harus mengikutsertakan seluruh elemen-elemen internal dan eksternal perusahaan. Diperlukan adanya kegiatan Public Relations yang terencana dan berkelanjutan untuk membina hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholder di sekitarnya. Salah satu upaya dalam membangun hubungan baik adalah dengan sering melakukan komunikasi baik formal maupun informal yang melibatkan beberapa pihak yang berkepentingan.

Buku ini berisi Public Relations dalam sebuah perusahaan tidak hanya berdampak pada stakeholder di luar perusahaan melainkan pada manajemen.

Pengantar Bisnis Internasional

Globalisasi pasar mengacu pada penggabungan budaya yang berbeda dan perdagangan nasional yang berbeda menjadi satu pasar global. Dengan pasar global tersebut hambatan berupa batasanbatasan perdagangan dibuat menjadi lebih mudah dalam perdagangan internasional. Hal ini berdasarkan argumen dari beberapa konsumen di beberapa Negara yang berbeda mengenai rasa dan cita rasa untuk dimulainya beberapa aturan global dalam membuat pasar global. Di Dalam pasar global perusahaan tidak mempunyai ukuran multinasional dalam hal fasilitas dan bentuk keuntungan.

Globalisasi pasar mengacu pada penggabungan budaya yang berbeda dan perdagangan nasional yang berbeda menjadi satu pasar global.

PENGANTAR ILMU PERUNDANG-UNDANGAN

Buku Pengantar Ilmu Perundang-Undangan di hadapan pembaca adalah karya Mastorat, S.Ag. MH., Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Nusa Tenggara Barat. Dalam ranah teori perundang-undangan ditemukan adanya kerangka hukum yang secara sadar politik dirumuskan dalam formulasi positivistik. Kerangka itu menyusun formulasi legal positivisme dalam rupa dogmatic dan non dogmatic. Pada satu sisi rupa dogmatic akan berhadapan secara frontal dengan natural law, dan berbanding searah dengan non dogmatic legal positivism pada sisi yang lain. Bagaimana construction of the legal positivism ketika perumusan materi muatan suatu instrumen hukum yang berasal dari segala sumber dari Pancasila harus diformulasikan padahal Pancasila adalah staats philosofisch norm yang menghendaki konten materi muatan instrumen hukum itu adalah juga implementasi konstitusional dari Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 (UUD NKRI 1945). Konten konstitusionalnya berupa ius constitutum yang antara lain menjadi konstruksi dasar pembentukan politik hukum yang menjadi materi muatan intrumen hukum undang-undang atau peraturan pemerintah pengganti undang-undang.

... Perundang-Undangan disebut science of legislation. Ilmu Perundang-undangan dapat dibagi 2, yaitu 1. Teori perundang-undangan: berorientasi pada usaha menjelaskan pemahaman (yang bersifat dasar) antara lain pemahaman tentang UU ...