Sebanyak 494 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori)

Buku ini berjudul Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori) menyajikan pengetahuan mengenai konsep dan teori tentang manajemen secara lengkap, dan disajikan dalam lima belas bab. Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Buku ini merupakan ide dari para penulis yang dituangkan dalam bentuk book chapter. Karya ini masih memiliki banyak kekurangan baik dari isi materi maupun teknik penyusunannya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Aliran Manajemen Modern Masa manajemen modern berkembang melalui dua jalur yang berbeda. ... Pendekatan sistem anggota manajer bagaimana cara memandang organisasi sebagai suatu keseluruhan dan sebagai bagian 27 EVOLUASI TEORI MANAJEMEN.

DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF JENJANG MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional)

Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD. Pada bagian awal atau bab pertama mengulas tentang historisitas pembelajaran tematik yang mendeskripsikan bahwa pembelajaran tematik bukanlah hal baru dalam pengembangan kurikulum di Indonesia, sebab cikal-bakal dan mula-mula sudah ada sejak kurikulum sebelumnya; KBK dan KTSP, hanya saja proses penyempurnaannya terus berlangsung ketika dicanangkan dan ditetapkan kurikulum 2013, melalui peraturan pemerintah dan permendikbud yang terus mengalami pengembangan hingga revisi ketiga di tahun 2016. Pada bagian ini juga dikemukakan bahwa pembelajaran tematik adalah alternatif perubahan atau inovasi pembelajaran dari konvensional menuju kontekstual yang fungsional.

Buku yang ada di hadapan para pembaca budiman ini terdiri dari 8 bab yang mengkaji tentang pembelajaran tematik, diberi judul Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD.

Perilaku Konsumen Di Era Digital

Studi perilaku konsumen sangat penting menjadi dasar bagi manajemen pemasaran, di mana hasil kajiannya mampu membantu pemasar dalam: merencanakan bauran pemasaran; memutuskan proses segmentasi; menetapkan positioning; mampu melakukan pembedaan terhadap produk; melakukan teknik analisis lingkungan bisnis; serta pengembangan dalam riset pemasaran. Studi perilaku konsumen juga memiliki peran penting ketika pelaksanaan rancangan kebijakan publik, bagi pemangku kebijakan ekonomi dalam suatu negara. Pembuat kebijakan tersebut memerlukan kajian ini dalam merumuskan kebijakan serta perlindungan pada konsumen. Dengan mengetahui bagaimana konsumen berperilaku dapat dimanfaatkan bagi kepentingan pengembangan kemampuan seorang pemasar dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Bagi para akademisi, analisis perilaku konsumen ini menjadi salah satu sumber dalam memperdalam ilmu pengetahuan terutama terkait perilaku konsumen. Materi buku ini disusun berdasarkan kebutuhan atau rencana perkuliahan selama satu semester baik itu di Universitas, ataupun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi/Bisnis, bahkan program studi Pascasarjana studi Magister Manajemen. Oleh sebab itu, perilaku konsumen menjadi salah satu mata kuliah penting untuk diikuti mahasiswa jurusan manajemen/bisnis, terutama yang mengambil konsentrasi manajemen pemasaran. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam pengalaman penulis, walaupun demikian penulis berharap mudah-mudahan buku ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, pelaku bisnis, manajemen perusahaan, dan pengambil kebijakan.

Studi perilaku konsumen sangat penting menjadi dasar bagi manajemen pemasaran, di mana hasil kajiannya mampu membantu pemasar dalam: merencanakan bauran pemasaran; memutuskan proses segmentasi; menetapkan positioning; mampu melakukan ...

Menyempurnakan Setengah Agama: Akulturasi Islam dan Budaya Lokal dalam Perkawinan Masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo

Dalam buku ini, tim penulis akan memberikan pencerahan, serta menambah ilmu pengetahuan kepada pembaca tentang adat perkawinan yang ada di Sulawesi Utara dan Gorontalo. Walau sekarang dua provinsi, sebelumnya merupakan satu wilayah administrasi. Hanya saja, dalam perkembangan tata kelola pemerintahan, Gorontalo dibentuk menjadi wilayah provinsi tersendiri. Dengan dua provinsi seperti sekarang menggambarkan dua etnisitas yang masing-masing memiliki kekhasan tersendiri.Buku ini memberikan pemahaman secara holistik dan komprehensif tentang akulturasi Islam dengan budaya lokal melalui adat perkawinan. Sistem sosial dan kekerabatan yang dianut oleh masyarakat Indonesia menjadi kekuatan dalam mengelaborasi interaksi sosial dalam masyarakat Sulawesi Utara yang heterogen dan multikultural. Berbeda dengan model kekerabatan masyarakat Gorontalo dimana masyarakatnya homogen dari aspek agama, budaya, dan adat istiadat. Adat istiadat masyarakat Gorontalo terjadi akulturasi agama Islam ke budaya lokal yang dikenal sebagai kota serambi Madinah dengan semboyan “Adat bersendikan syariat-syariat, bersendikan Kitabullah” artinya sistem sosial dan kekerabatan pada masyarakat Gorontalo agama Islam menjadi dasar dalam melakukan interaksi sosial.

Dalam buku ini, tim penulis akan memberikan pencerahan, serta menambah ilmu pengetahuan kepada pembaca tentang adat perkawinan yang ada di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

KOMUNIKASI SOSIAL PEMBANGUNAN

Tinjauan Teori Komunikasi dalam Pembangunan Sosial

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun buku ini secara bertahap dari bab ke bab berikutnya. Ada dua alasan kenapa buku ini ditulis, yang pertama karena memang penulis harus menulis. Penulis meyakini bahwa menulis adalah bagian dari gerak yang digerakkan oleh yang Maha Gerak. Membaca dan menulis adalah hal yang paling pertama dan utama yang diajarkan kepada umat manusia (Al-Quran, Surat 96/Al-‘Alaq). Yang kedua, berbekal Ilmu Pemerintahan dan Sosiologi, dan aktif mengajar pada jurusan komunikasi, penulis berharap dapat berperan dalam mengembangkan pengetahuan terhadap mata kuliah komunikasi sosial pembangunan yang diampunya. Kita semua percaya, bahwa kalau ingin membangun bangsa yang berorientasi ilmu pengetahuan tentu saja dengan buku, dan buku adalah knowledge creation. Kehadiran buku ini diharapkan menambah khasanah ilmu pengetahuan sebagai pintu masuk untuk memahami konsep komunikasi dalam pembangunan. Alur dalam buku ini sederhana, yang dimulai dari unsur-unsur universal dari komunikasi yaitu S (Source), M (Messages), C (Channel), R (Receiver), E (Effect), dan melibatkan banyak bentuk komunikasi, mulai dari komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, hingga komunikasi massa. Di dalam buku ini, analisa terhadap unsur-unsur komunikasi tentu sebagai modal dasar yang kuat untuk menghubungkan antara komunikasi dengan perubahan sosial sebagai gejala awal pembangunan. Buku ini ditulis dalam 9 bab, bab-bab tersebut antara lain: Bab I Pendahuluan, Bab II Unsur Komunikasi Pembangunan, Bab III Teknologi Komunikasi, Bab IV Relevansi Teori Komunikasi dalam Pembangunan, Bab V Pembangunan Sosial, Bab VI Paradigma dalam Pembangunan Sosial, Bab VII Indikator Pembangunan, Bab VIII Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Bab IX Penutup. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Yayasan Pendidikan Persada Bunda, Bapak H. Haznil Zainal, S.E., M.M., yang telah memberikan kesempatan berkarya di STISIP-Persada bunda, sehingga buku dapat ditulis. Tak lupa pula ucapan terimakasih kepada bapak Duwi Handoko, S.H., M.H., sebagai Pimpinan Penerbit Hawa dan AHWA, yang telah banyak memberikan bantuan pemikiran, hingga proses terbitnya buku ini. Sangat disadari bahwa pembahasan dalam buku ini masih mempunyai kekurangan dan kelemahan, untuk itu saran dan kritik dari pembaca bisa disampaikan ke alamat email penulis: [email protected] sebagai masukan untuk perbaikan edisi revisi mendatang. Akhir kata, hanya Allah yang Maha Besar dan Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Yang kedua, berbekal Ilmu Pemerintahan dan Sosiologi, dan aktif mengajar pada jurusan komunikasi, penulis berharap dapat berperan dalam mengembangkan pengetahuan terhadap mata kuliah komunikasi sosial pembangunan yang diampunya.