Sebanyak 510 item atau buku ditemukan

Manajemen Madrasah: Teori, Riset dan Praktik

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang dan berdiri pada teritorial yang sangat panjang dari Afrika, sampai Asia. Penamaannya juga bervariasi jenjang. Ada yang menyebut madrasah sebagai bentuk pendidikan dasar dan menengah dan adapula yang menyebut bentuk pendidikan tinggi. Disamping itu madrasah memiliki keunikan di masing-masing negara, tetapi yang hampir mirip di semua negara tersebut, madrasah menerima siswa dari orang tua dengan golongan ekonomi yang rendah dan perhatian pemerintah sangat kecil. Buku ini disusun berdasar teori, riset dan praktek pengelolaan madrasah yang berupaya memberi wawasan dan wacana baru dalam mewujudkan madrasah yang sesuai perkembangan jaman sekaligus tidak meninggalkan misi sucinya dalam mendidik generasi muda yang tafaqquh fiddin. Cakupan buku ini dari yang besifat kajian historis, sosiologis, dan manajemen tentang madrasah baik internasional, regional, nasional maupun local sehingga bisa menambah penguatan bagi optimisme pengembangan madrasah. Buku ini berisi tentang Madrasah Around The World, Pendidikan Dan Madrasah Di Indonesia, Madrasah Dalam Perspektif Kelembagaan, Manajemen Kesiswaan Madrasah, Pengembangan Kurikulum Madrasah, Pengembangan Sumber Daya Manusia Madrasah, Manajemen Sarana Prasarana Madrasah, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, serta Manajemen Website dan Media Sosial.

Kriteria Ruang Laboratorium Sesuai Jenjang Pendidikan MI/SD MTs/SMP - Rasio laboratorium minimum komputer luas ruang 2 m2/peserta didik. Luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2. Lebar laboratorium minimum IPA ruang 5 m.

Pengantar Aplikasi Komputer

Pada era serba digital saat ini, komputer sudah menjadi kebutuhan pokok dalam membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Sehingga keberadaan komputer sangat digemari bahkan dibutuhkan saat ini, komputer memiliki beberapa pengertian dari berbagai sudut pandang. Sama dengan fungsinya tentu berbeda-beda dari berbagai sudut pandang. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung (to compute atau to reckon). Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.

Pada era serba digital saat ini, komputer sudah menjadi kebutuhan pokok dalam membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang.

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan intrepretasi. Bagi pihak luar (di luar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang diperlukannya adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik. Hal ini karena komunikasi efektif antara pelaku dapat terjadi jika ada kepercayaan terhadap pihak ketiga. Manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik dapat melibatkan bantuan diri sendiri, kerja sama dalam memecahkan masalah (dengan atau tanpa bantuan pihak ketiga) atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga. Suatu pendekatan yang berorientasi pada proses manajemen konflik menunjuk pada pola komunikasi (termasuk perilaku) para pelaku dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan dan penafsiran terhadap konflik.

Manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik.

Ilmu Sosial Sebuah Pengantar

Ilmu sosial ialah suatu disiplin ilmu yang meliputi seluruh aspek di dalam kehidupan, mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, individu dengan kelompok, dan interaksi antarkelompok. Mempelajari ilmu sosial dapat mengantarkan mahasiswa memahami konsep-konsep dasar ilmu-ilmu sosial dilihat dari objek material, formal, serta ruang lingkupnya. Objek material dari ilmu sosial adalah manusia, khususnya tingkah laku manusia dalam kelompok. Objek formal dari ilmu sosial adalah tinjauan dari aspek mana dan dalam rangka kepentingan apa tingkah laku manusia tersebut dipelajari. Buku ini hadir sebagai pengantar ilmu sosial. Di dalamnya dibahas lengkap tentang pengertian, konsep dasar, masalah-masalah dalam ilmu sosial, hingga sistem sosial budaya Indonesia. Selamat membaca! Selling point 1. Konsep Dasar dan Pengertian Ilmu Sosial 2. Manusia sebagai Makhluk Sosial 3. Kelompok Sosial 4. Sistem Sosial Budaya Indonesia, dll.

Ilmu sosial ialah suatu disiplin ilmu yang meliputi seluruh aspek di dalam kehidupan, mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, individu dengan kelompok, dan interaksi antarkelompok.

Pengantar Ilmu Komunikasi

Buku ini terdiri dari 12 (dua belas) bab yang ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Buku ini diharapkan dapat menjadi refrensi bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga, kami mengharapkan buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan tentang ilmu komunikasi.

Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi ...

Fiqih Ibadah

Buku ini membahas tentang konsep fiqih dan dan ibadah dalam Islam, kewajiban mengurus jenazah, segala hal yang berhubungan dengan zakat, serta mengupas tentang haji dan umroh. Semua bab diulas dengan mendetail sehingga memudahkan pembaca untuk memahami masing-masing bab.

Buku ini membahas tentang konsep fiqih dan dan ibadah dalam Islam, kewajiban mengurus jenazah, segala hal yang berhubungan dengan zakat, serta mengupas tentang haji dan umroh.

Pengantar Ekonomi Islam

Kehadiran Buku Pengantar Ekonomi Islam ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Pengantar Ekonomi Islam. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sebelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Ekonomi Islam, Landasan Hukum Ekonomi Islam, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Konsep Harta dalam Ekonomi Islam, Jenis Akad dalam Ekonomi Islam, Konsep Uang dalam Ekonomi Islam, Distribusi dalam Ekonomi Islam, Produksi dalam Ekonomi Islam, Konsumsi dalam Ekonomi Islam, Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam dan bab terakhir yaitu Sumber Daya Insani dalam Ekonomi Islam.

Kehadiran Buku Pengantar Ekonomi Islam ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi, termasuk sistem informasi berbasis Internet, memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Memasuki abad ke-21 ini kemajuan teknologi sangat pesat di dalam segala bidang termasuk dalam SIM Banyak Perusahaan yang telah mengunakan SIM yang terkomputerisasi dan mengambil keuntungan dari SIM yang terkomputerisasi. Tetapi juga terdapat perusahaan yang masih menggunakan SIM yang masih manual dengan kelemahan dan kelebihannya. Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Konsep Dasar Sistem Informasi, Bab 2 Komponen Sistem Informasi Manajemen, Bab 3 Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Bab 4 Struktur Sistem Informasi Manajemen, Bab 5 Keamanan Sistem Informasi, Bab 6 Sistem Informasi Pada Organisasi, Bab 7 Konsep Pengambilan Keputusan Pada Sistem Informasi Manajemen, Bab 8 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 9 Dasar Dasar Intelegensi Bisnis, Bab 10 Isu Sosial dan Etika dalam Sistem Informasi, Bab 11 Telekomunikasi, Internet dan Teknologi Nirkabel, Bab 12 Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Saat Ini, Bab 13 Perusahaan Digital E-Commerce dan E-Business, dan Bab 14 Mengelola Sistem Informasi Internasional.

Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Psikologi Perkembangan: Konsep Pengembangan Kreativitas Anak

Diketahui pada dasarnya, para ahli sepakat mengambil kesimpulan bahwa psikologi perkembangan adalah sebuah studi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogeni, yaitu mempelajari struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya dari masa konsepsi hingga menjelang mati (meninggal dunia). Oleh karenanya, perkembangan menunjuk pada suatu proses kearah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Perkembangannya menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali. Adapun dalam pertumbuhan ada ahli psikologi yang tidak membedakan antara perkembangan dan pertumbuhan, bahkan ada yang lebih mengutamakan pertumbuhan. Hal ini mungkin untuk menunjukan bahwa orang yang berkembang tadi bertambah kemampuannya dalam berbagai hal, lebih mengalami diferensiasi, dan pada tingkat yang lebih tinggi, lebih mengalami integrasi. Istilah pertumbuhan lebih ditujukan menunjukan bertambah besarnya ukuran badan dan fungsi fisik yang murni. Menurut banyak ahli psikologi, istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat yang khas mengenai gejala psikologis yang muncul.

Diketahui pada dasarnya, para ahli sepakat mengambil kesimpulan bahwa psikologi perkembangan adalah sebuah studi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogeni, yaitu mempelajari struktur jasmani, perilaku, ...

Montase dan pembelajaran

montase sebagai pembangun daya fikir dan kreativitas anak usia dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya srategis untuk menyiapkan generasi bangsa yang kreativ, berjiwa sisial ,berkarakter dan berkualitas dalam rangka memasuki era globalisasi yang penuh dengan berbagai tantangan. Dalam hal ini sukses masa depan hanya dapat diciptakan dengan mempersiapkan generasi sekarang ini, pedidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling rendah tingkatanya, tetapi boleh jadi memiliki makna yang paling tinggi dari satuan-satuan pendidikan lainya; karena PAUD akan melandasi pendidikan dasar, pendidikan mebengah, dan pendidikan tinggi. Dapat dikatakan bahwa keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dasar, menengah dan tinggi sangat dipengaruhi oleh apa yang diperoleh dan di alaminya di PAUD. Dalam konteks inilah buku montase dalam pembelajaran (montase sebagai pengembang daya fikir dan kreativitas anak usia dini ) diterbitkan; untuk dijadikan bahan pemikiran oleh berbagai pihak, dan untuk dijadikan pedoman bagi para pelaku di lapangan, khususnya guru, dan tenaga pendidikan lainya.

Dalam konteks inilah buku montase dalam pembelajaran (montase sebagai pengembang daya fikir dan kreativitas anak usia dini ) diterbitkan; untuk dijadikan bahan pemikiran oleh berbagai pihak, dan untuk dijadikan pedoman bagi para pelaku di ...