Sebanyak 2052 item atau buku ditemukan

Psikologi Landasan Keilmuan Praktik Keperawatan Jiwa

Buku ini disusun menyesuaikan dengan standar kurikulum yang ada dan diperkaya dengan berbagai pokok bahasan yang terkait dalam praktik keperawatan jiwa. Dalam isi buku ini, terdapat berbagai pokok bahasan yang bersifat umum dan khusus terkait dengan aplikasi psikologi sebagai landasan keilmuan dalam praktik keperawatan jiwa.

Suryabrata, S. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, M. 2006, Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya. Syaifuddin.1992. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat.

Pendidikan politik bernegara dengan landasan moral dan etika

pidato ilmiah penganugerahan gelar kehormatan doktor honoris causa dalam bidang pendidikan luar sekolah

Moral and ethical aspects in developing politics and government of Indonesia; a speech.

Moral and ethical aspects in developing politics and government of Indonesia; a speech.

APLIKASI PSIKOLOGI POSITIF: PENDIDIKAN, INDUSTRI, DAN SOSIAL

Psikologi positif mengkaji mengenai pengalaman subjektif manusia yang bersifat positif di masa lampau, saat ini dan masa depan. Pada tingkat individual, psikologi positif mengkaji mengenai sifat-sifat positif manusia yang bersifat personal seperti kapasitas untuk mencintai, keberanian, kemampuan membangun hubungan interpersonal, sensitivitas terhadap estetika, sifat pantang menyerah, memaafkan, orisinalitas, dan optimisme untuk masa depan. Sedangkan pada kelompok, psikologi positif mengkaji mengenai nilai-nilai kebenaran dan institusi-institusi yang menggerakkan manusia untuk menjadi manusia beradab yang lebih baik dengan menerapkan prinsip-prinsip seperti bertanggung jawab, kepedulian, altruisme, toleransi, dan etos kerja.

Psikologi positif mengkaji mengenai pengalaman subjektif manusia yang bersifat positif di masa lampau, saat ini dan masa depan.

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Paradigma baru pembelajaran bahasa, sastra Indonesia dalam kurikulum 2013 dan implementasinya

On study and teaching of Indonesian language and literature for 2013 school curriculum in Indonesia; papers of a seminar.

Mudahnya mengisi nilai dan rapor kurikulum 2013 dengan “Si nidra” : dilengkapi dengan CD aplikasi dan panduan pemakaiannya

Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi menggunakan teknologi komputer. Pada kesempatan kali ini penulis menawarkan sebuah aplikasi berbasis microsoft Office Excel sebagai solusi membantu kerja gurumatapelajaran ataupun wali kelas dengan nama “SI NIDRA” yang merupakan singkatan dari Apikasi Nilai dan Rapor.

Kompleksnya dalam proses pembuatan rapor, perlu di sikapi dengan mencari solusi untuk meringankan dan mempercepat kerja guru matapelajaran ataupun wali kelas.

Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis

“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)

Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...

Buku Panduan Guru

(Edmodo sebagai Media E-Learning Kimia Berbasis Smartphone)

Buku ini menyajikan panduan secara lengkap bagi Guru, khususnya bidang studi KIMIA dalam menggunakan Edmodo sebagai media pembelajaran. Buku ini disajikan secara lengkap mulai dari cara membuat akun hingga melaksanakan pembelajaran E-learning.

Hal ini sesuai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara e-learning dan motivasi peserta didik, ketika guru menerapkan
e-learning lebih banyak motivasi dihasilkan oleh peserta didik dan sebaliknya.

Metode Penelitian

Menjadi seorang peneliti pastinya harus paham benar bagaimana metode-metode untuk meneliti dan melakukan sebuah penelitian. Seorang peneliti, terutama peneliti pemula seringkali merasa bingung tentang apa yang ia lakukan pada tahap tertentu. Buku ini menawarkan sebuah panduan yang cukup komprehensif, mulai dari awal memulai penelitian hingga praktik teknis penulisan. Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah akademik, metode penelitian ini juga disiapkan untuk penelitian-penelitian untuk cakupan ilmu yang lebih luas. Maka, dengan adanya buku ini, penelitian Anda akan lebih baik dan berkualitas.

Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah ...