Sebanyak 2977 item atau buku ditemukan

Modul Hakikat Pembelajaran Micro Teaching

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan. Selain menuntut kesiapan dan penguasaan materi ajar, yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menghadapi calon siswa dengan berbagai karakter. Tak hanya itu, mahasiswa calon guru juga harus menyiapkan diri dengan kompetensi pedagogik yang relevan. Terkait dengan empat kompetensi pendidik, ada beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai mahasiswa calon pendidik. Keterampilan dasar itu meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengelola kelas. Semua keterampilan tersebut adalah dasar-dasar 'gaya' pedagogik seorang pendidik. Disajikan dengan gaya ringkas, berbagai keterampilan dasar tersebut dapat dipelajari melalui buku pengaya ini.

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan.

Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori dan Aplikasi

Pasar yang kompetitif dan persaingan global yang tinggi telah mengharuskan berbagai perusahaan memiliki Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) yang mampu menjamin terciptanya efisiensi, efektivitas, pencapaian target, sustainable profit, dan reputasi yang selalu berada dalam ekspektasi para stakeholders. Untuk mewujudkan ini pengetahuan akan ilmu SPM menjadi penting dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dalam buku ini para pembaca diajarkan bagaimana memahami, memetakan, dan menemukan titik persoalan dari SPM secara komprehensif dan detil, serta akhirnya mampu memberikan solusi yang bersifat konstruktif dan aplikatif yang disesuaikan dengan kasus-kasus di lapangan. Bahwa apa yang penulis paparkan dalam buku ini telah diuji coba selama mengajar baik di tingkat strata satu dan pascasarjana, termasuk memasukkan beberapa bahan dari hasil diskusi, pelatihan, dan pengalaman penulis sebagai praktisi bisnis. Penulisan buku ini dilakukan dengan menempatkan bahasa-bahasa yang bisa dimengerti oleh berbagai kalangan, yaitu baik akademisi, birokrat, politisi, dan praktisi bisnis. Adapun topik yang dibahas dalam buku ini adalah: Konsep sistem pengendalian manajemen, Perencanaan strategi, Perencanaan dan pengendalian sumber daya manusia, Penyusunan dan pegendalian anggaran, Pengendalian risiko pasar, Pengendalian dan pelaksanaan produksi, Perencanaan dan pengendalian manajemen, Segmentasi dan analisis pengendalian pasar, Pengendalian manajemen metode balanced scorecard, Pengendalian manajemen metode swot, Sistem pengendalian manajemen pendekatan return investment, Sistem pengendalian manajemen pendekatan analisis. Judul : Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori dan Aplikasi Pengranag : Irham Fahmi Halaman : 302 Penerbit : RajaGrafindo Persada Tanggal Terbit : 6 Okt 2022 Isbn : 9786233725408 Bahasa : Indonesia

Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen Teori Dan Aplikasi Bahwa apa yang penulis paparkan dalam buku ini telah diuji coba selama mengajar baik di tingkat strata satu dan pascasarjana, temasuk memasukkan beberapa bahan dari hasil diskusi, ...

Teacherpreneurship Pendidikan Dasar: Praktik Baik Wirausaha Pendidikan SDN Kartini Sarirejo

Buku ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akademik pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Temanggung. Dalam penulisan buku ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan perlindungan-Nya, Ketua STAINU Temanggung Dr. H. Muh Baehaqi, MM., Kaprodi PGMI STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda, M.Pd., seluruh dosen PGMI STAINU Temanggung, keluarga penulis yang senantiasa memberikan doa dan semangat, semua rekan yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan buku ini. Tak lupa untuk segenap dewan guru SDN Sarirejo Kartini Semarang. Penulis menyadari bahwa bahwa penulisan buku ini jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik yang diberikan sangat berharga dalam penyelesaian buku ini sehingga menjadi lebih baik. Terakhir, penulis berharap agar buku ini dapat memberi manfaat khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya.

... jasa les privat yang tentunya sudah berkoordinasi dengan orang tua siswa. 3. Karya Wisata Anak- anak bisa diajak berkarya wisata atau mengunjungi tempat perbelanjaan, atau tempattempat produksi barang atau jasa. Misalnya anak- anak ...

Model Pembelajaran Multimodal Bermuatan Ekonomi Kreatif

Panduan Praktis Pembelajaran Multimodal di Perguruan Tinggi

Pembelajaran multimodal, yang melibatkan berbagai bentuk media seperti teks, gambar, audio, dan video, telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengaktifkan berbagai saluran sensorik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam. Buku ini menawarkan alternatif pembelajaran fundamental di perguruan tinggi di mana model pembelajaran multimodal dipadukan dengan konsep ekonomi kreatif. Saat ini, pada era yang semakin kompetitif dan dinamis, perguruan tinggi perlu beradaptasi dengan cara-cara baru dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang konsep ekonomi kreatif dan bagaimana mengaplikasikannya dalam praktik. Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana memilih modalitas media yang tepat untuk menyampaikan konsep ekonomi kreatif secara efektif kepada mahasiswa. Dalam setiap langkah, penekanan diberikan pada pengembangan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan mahasiswa untuk menghubungkan teori dengan aplikasi nyata. Sebagai bonus, buku ini menawarkan panduan praktis untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi kreatif ke dalam proyek-proyek pembelajaran, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan solusi kreatif untuk tantangan nyata dalam industri. Dengan demikian, buku ini tidak hanya merangsang pemahaman teoritis tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan praktis yang diperlukan untuk sukses di dunia ekonomi kreatif yang terus berkembang. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, dosen, dan praktisi pendidikan tinggi yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang berdaya guna dan relevan bagi mahasiswa di era ekonomi kreatif. Dengan model pembelajaran multimodal yang menarik dan berfokus pada ekonomi kreatif, buku ini menawarkan konsep inovatif yang dapat mengubah cara pembelajaran di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri kreatif dengan percaya diri dan pengetahuan yang mendalam.

Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi.

MSDM

Artificial Intelligence dan Ekonomi Kreatif

Inovasi kini menjadi kata kunci, tak hanya menjanjikan pertumbuhan inovasi juga menjadi faktor kesinambungan bahkan mendisrubsi kemapanan. Di semua lini ekonomi, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang kini membutuhkan sentuhan inovasi. Semata karena Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah sektor andalan pencetak lapangan kerja yang cepat dan luas. Di tahun 2019 kita mencatat lebih dari 34 juta orang menggantungkan hidup di sektor parekraf, dan tak kurang dari 90 juta orang yang terkait dan menikmati manfaat. Sektor pariwisata punya daya ungkit ekonomi yang dahsyat, tantangan menghadap, akibat pandemic COVID-19 Pariwisata dan Ekonomi Kreatif justru kini menjadi sektor yang paling terdampak wabah. Wabah yang terjadi membutuhkan respon kedaruratan, penerapan protokol Kesehatan menjadi hal utama yang wajib dilakukan Pemerintah telah melakukan emergency responses, membangun ketahanan dan menyelamatkan perekonomian lewat beragam program seperti perlindungan sosial, stimulus dan padat karya. Untuk bertahan dan memulihkan ekosistem, pasar pariwisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan sejumlah program membantu pelaku parekraf tetap dapat menjalankan usahanya diantaranya melalui program pemberian subsidi, bantuan, dan hibah. Disadari bahwa, ditengah dan seusai pandemic, kita semua akan hidup dengan cara baru. Untuk itu saya telah meletakkan tiga platform kerja Kemenparekraf, yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Dimana inovasi dan faktor fundamental merespon perubahan, menjadi pijakan untuk bangkit dari keterpurukan. Buku ini menggali betapa inovasi lewat teknologi kecerdasan buatan (AI Artificial Intelligence) telah jauh melangkah, masuk ke banyak sektor dan lini kehidupan kita. Pariwisata dan ekonomi kreatif pun ikut menjadi wahana penerapan AI. Diawali dengan laju digitalisasi dan pemanfaatan big data yang tak terbendung, AI menggenapi sebagai sistem yang intelijen dan independent. Sektor pariwisata harus mengambil manfaat optimal, berupa penguatan interaksi digital, personalisasi, untuk pengalaman para wisatawan. AI pun akan melahirkan lapangan pekerjaan baru, lewat peningkatan produktivitas secara luas, produk dan layanan baru, hingga profesi baru yang berkualitas. Untuk itu pemerintah, dunia usaha, dan dunia Pendidikan harus berkolaborasi tak hanya menjadi target pasar bagi teknologi AI, namun bersiap jadi pelaku dan penentu. Menjadikan inovasi termasuk AI sebagai media untuk menggarap potensi pasar yang dinamis. Menyambut masa depan, menyiapkan sumber daya insani, dan membuka lapangan kerja baru seluas-luasnya. Selamat membaca, jadikan buku ini sebagai pemantik inspirasi, saatnya gerak cepat untuk berinovasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A., M.B.A

Inovasi kini menjadi kata kunci, tak hanya menjanjikan pertumbuhan inovasi juga menjadi faktor kesinambungan bahkan mendisrubsi kemapanan.

Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Sektor ekonomi kreatif mutlak harus mendapat perhatian. Hal ini karena sektor ini memiliki peranan penting terhadap perekonomian nasional. Namun upaya mengembangkan sektor ekonomi keratif kini dan mendatang masih menghadapi permasalahan. Pertama, penetapan 16 subsektor ekonomi kreatif belum diiringi upaya penyiapan yang sistemik, khususnya pada tataran regulasi dan infrastruktur penunjang. Artinya, sebagian besar pemerintah daerah belum menyadari keberadaan ekonomi kreatif sebagai suatu talenta baru yang dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi dan bahkan memicu daya saing daerah.Kedua, kehadiran ekonomi kreatif sebagai wujud ide kreatif-inovatif masyarakat dan manfaat keekonomiannya, belum mampu menstimulasi pemerintah daerah khususnya untuk segera merespons melalui pengaturan dan penataan serta pengembangan usaha dan produk-produk kreatif yang mampu memberikan nilai tambah ekonomi dan nilai kemanfaatan yang dapat langsung dirasakan masyarakat.Ketiga, diversifikasi budaya dan potensi wilayah yang spesifik dan sangat variatif telah mendorong masyarakat untuk melakukan usaha-usaha dan menghasilkan produk-produk kreatif. Hanya saja, pemerintah daerah belum melakukan upaya yang dapat terjangkau untuk mengangkat keunggulan, budaya, dan karakteristik wilayahnya, sehingga dapat menstimulasi lahirnya kewirausahaan lokal yang berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian daerah dan turut memicu daya saing daerah, bahkan nasional.

Sektor ekonomi kreatif mutlak harus mendapat perhatian.

EKONOMI KREATIF : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Buku ini menjelaskan definisi dan ruang lingkup ekonomi kreatif, memastikan pemahaman yang kuat tentang konsep ini. Selain itu, buku ini membawa pembaca dalam perjalanan sejarah perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, merinci peran sektor ini dalam pertumbuhan ekonomi negara, serta mengidentifikasi sektor ekonomi kreatif yang beragam. Inovasi, pelaku utama, dan risiko investasi di sektor ini juga menjadi fokus penting, sementara dampak ekonomi kreatif pada masyarakat dianalisis secara rinci. Buku ini juga menjelajahi bidang-bidang ekonomi kreatif yang khusus, seperti kuliner dan desain. Buku ini merangsang pemikiran pembaca tentang peran dan dampak ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai sumber referensi yang komprehensif, buku ini memungkinkan pembaca untuk memahami betapa pentingnya sektor ekonomi kreatif dalam kerangka ekonomi nasional serta bagaimana hal ini akan membentuk masa depan Indonesia.

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Political Public Relations

Principles and Applications

Political Public Relations maps and defines this emerging field, bringing together scholars from various disciplines—political communication, public relations and political science—to explore the area in detail. The volume connects differing schools of thought, bringing together theoretical and empirical investigations, and defines a field that is becoming increasingly important and prominent. It offers an international orientation, as the field of political public relations must be studied in the context of various political and communication systems to be fully understood. As a singular contribution to scholarship in public relations and political communication, this work fills a significant gap in the existing literature, and is certain to influence future theory and research.

As a singular contribution to scholarship in public relations and political communication, this work fills a significant gap in the existing literature, and is certain to influence future theory and research.

Public Relations in Japan

Evolution of Communication Management in a Culture of Lifetime Employment

Despite its rapid economic development, Japan lacks a large public relations industry and its role is viewed very differently from its Western counterparts. PR functions are handled predominantly in-house and a degree in a PR field is not a hiring requirement for those agencies which do operate. Mainstream PR history focusses entirely on its organizational aspects, and there are no Japanese PR "gurus" defining the field. Public Relations in Japan is the first in-depth scholarly discussion of what political, social and economic conditions affected the development of PR in Japan. Drawing on historical and empirical studies from multiple perspectives, it explores how and why public relations management and education in Japan is fundamentally informed by Japanese working practices. Central to this is the culture of lifetime employment which has created a fundamentally generalist approach to PR practice which discourages a high degree of professionalization.

Public Relations in Japan is the first in-depth scholarly discussion of what political, social and economic conditions affected the development of PR in Japan.

Reputation Management Techniques in Public Relations

Reputation is becoming an imperative business function that influences strategic decisions including the direction of a business plan and how an organization should be communicating with its stakeholders and publics. It is crucial for an organization to measure public relations outputs and outcomes as well as measuring established and developing relationships. Reputation Management Techniques in Public Relations is a critical scholarly resource that examines public relations strategies, such as employing media plans, determining communication channels, setting objectives, choosing the right promotional programs and message strategies, budgeting and assessing the overall effectiveness of a company’s public relations strategy. Featuring coverage on a broad range of topics, such as brand and customer communications, corporate social responsibility, and leadership, this book is geared towards practitioners, professionals, and scholars seeking current research on reputation management.

Featuring coverage on a broad range of topics, such as brand and customer communications, corporate social responsibility, and leadership, this book is geared towards practitioners, professionals, and scholars seeking current research on ...