Karena masyarakat terus berubah, pembelajaran juga layaknya terus dimutakhirkan. Dengan adanya kemajuan teknologi dan perubahan pola hidup masyarakat, kita sedang memasuki era di mana cara-cara lama dalam pendidikan sudah kedaluwarsa dan perlu terus diperbaharui dan disesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Saat ini, di tengah gelombang disrupsi yang terus menerjang berbagai aspek kehidupan manusia, pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berorientasi kepada kehidupan nyata harus terus diteliti, diuji coba dan diterapkan. Semua itu demi kesiapan peserta didik untuk menghadapi persaingan tiada batas yang telah dimulai bahkan tatkala mereka masih ada di bangku sekolah dan kuliah.
... pai tujuan tertentu . Terdapat beberapa teori yang mendasari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT menurut ( Liang et al . , 2021 ) , yaitu : 1. Teori Kognitif Sosial . Teori ini menyatakan bahwa individu belajar melalui pengalaman ...
Buku ini mencoba merangkum berbagai filsafat pendidikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Berbagai aliran filsafat pendidikan seperti vitalisme, eksistensialisme, dan humanisme, berperan penting dalam membentuk metode dan teknik pendidikan. Masing-masing aliran memberikan perspektif yang berbeda dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik. Filsafat pendidikan juga berfungsi sebagai panduan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dengan prinsip-prinsip filosofis. Secara umum, filsafat pendidikan dibagi menjadi dua: progresif, dipengaruhi oleh Dewey dan Rousseau, dan revolusioner, yang menyoroti hubungan sekolah dengan masyarakat dan kekuasaan dalam proses tersebut. Landasan filsafat pendidikan mencakup gagasan tentang hakikat manusia, pengetahuan, nilai-nilai, dan perilaku yang dianut oleh lembaga pendidikan.
Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, sehingga sangat minim kesempatan mereka untuk mengakses informasi di sela-sela waktu istirahatnya. Hal ini juga diperparah dengan mahasiswa yang sudah berkeluarga dan hidup dalam tatanan sosial kemasyarakatan yang juga banyak menuntut waktu mereka. Dengan demikian buku ini dihadirkan untuk melengkapi khazanah pengetahuan dan kepustakaan maha-siswa dalam melaksanakan perkuliahan khususnya mahasiswa yang tergolong punya banyak kesibukan.
Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet.
Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan. Selain menuntut kesiapan dan penguasaan materi ajar, yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menghadapi calon siswa dengan berbagai karakter. Tak hanya itu, mahasiswa calon guru juga harus menyiapkan diri dengan kompetensi pedagogik yang relevan. Terkait dengan empat kompetensi pendidik, ada beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai mahasiswa calon pendidik. Keterampilan dasar itu meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengelola kelas. Semua keterampilan tersebut adalah dasar-dasar 'gaya' pedagogik seorang pendidik. Disajikan dengan gaya ringkas, berbagai keterampilan dasar tersebut dapat dipelajari melalui buku pengaya ini.
Untuk mengukur kinerja guru-guru Agama Hindu diperlukan beberapa komponen dan tolok ukur. Salah satu faktor yang paling bisa dilihat adalah manajemen organisasi di bidang pendidikan. Manajemen di sini termasuk kepemimpinan, sistem kerja, hubungan antarbidang, job description, system reward & punishment dan yang lainnya. Jika hal ini bisa berjalan dengan lancar, maka dipastikan sistem pendidikan yang diselenggarakan akan berkualitas. Penelitian yang dikemas dalam buku ini kiranya dapat memberikan inspirasi untuk melihat lebih dalam bagaimana kinerja bisa dibangun di kalangan guru Agama Hindu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
... ketidakpedulian kepala sekolah dalam membantu guru menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi, dan ketidakpedulian guru dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai akibat instruksi kepala sekolah yang didasarkan pada ...
Kumpulan cerita-cerita sederhana para calon guru bahasa Inggris yang mengalami pembelajaran daring, termasuk tatap muka terbatas tatkala melakukan Praktik Kerja Lapangan. Buku ini berisi tulisan calon guru Bahasa Inggris yang berkenan untuk menuliskan pengalaman inspiratif mereka yang dikemas dalam bentuk praktik baik. Tulisan-tulisan ini memuat banyak hal menarik yang terjadi di masing-masing situasi sekolah di Bali, permasalahan-permasalahan yang ada, dan bagaimana proses adaptasi dengan situasi nyata di lapangan dilakukan.
Kumpulan cerita-cerita sederhana para calon guru bahasa Inggris yang mengalami pembelajaran daring, termasuk tatap muka terbatas tatkala melakukan Praktik Kerja Lapangan.
Aplikasi Teori Semiotika Rolland Barthes dalam Film Pendek “Konflik”
Film adalah salah satu cara pengungkapan pesan lewat simbol-simbol. Banyak sekali sutradara film yang memuat pesan-pesan tersembunyi pada film melalui lambang, simbolisme, pragmatisasi karakter dan sebagainya. Melalui analisis semiotika Rolland Barthes, penulis buku ini mencoba mengungkap pesan-pesan tersirat yang disampaikan sang sutradara lewat karyanya. Semiotika film sangat berperan dalam ilmu komunikasi, sebab dengan menyiratkan pesan, cara komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien daripada diungkapkan secara eksplisit. Beberapa trik analisis juga disampaikan secara sederhana dalam buku ini.
Film adalah salah satu cara pengungkapan pesan lewat simbol-simbol. Banyak sekali sutradara film yang memuat pesan-pesan tersembunyi pada film melalui lambang, simbolisme, pragmatisasi karakter dan sebagainya.
Buku ini berisi sintaks pembelajaran IPA SMP, menyajikan fenomena KLB (starting of phenomena), mengorganisasikan pembelajar (student organizing), melakukan penyelidikan berbasis persepektif secara kelompok (perspective-investigation), mempresentasikan hasil percobaan (presenting), mengaitkan, menganalisis dan mengevaluasi fenomena KLB (evaluation). Buku ini mudah dipahami oleh semua kalangan terutama kalangan pendidik, karena di dalamnya berisi pembelajaran bermakna dan model pembelajaran yang kontekstual untuk meningkatkan karakter dan literasi sains.
Buku ini berisi sintaks pembelajaran IPA SMP, menyajikan fenomena KLB (starting of phenomena), mengorganisasikan pembelajar (student organizing), melakukan penyelidikan berbasis persepektif secara kelompok (perspective-investigation), ...
Sebuah kumpulan kisah para guru yang mengalami pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19. Guru-guru dari berbagai wilayah di Indonesia berbagi pengalaman, suka-duka dan tantangan baru yang inspiratif dalam bentuk best practices.
Sebuah kumpulan kisah para guru yang mengalami pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19. Guru-guru dari berbagai wilayah di Indonesia berbagi pengalaman, suka-duka dan tantangan baru yang inspiratif dalam bentuk best practices.
Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan panduan dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna menunjang proses kegiatan layanan bimbingan konseling. Media bimbingan dan konseling merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bimbingan dan konseling yang merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan seorang siswa atau konseli untuk memahami, membimbing, dan mengambil keputusan tentang masalah yang dihadapi.
Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan panduan dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna menunjang proses kegiatan layanan bimbingan konseling.