Sebanyak 307 item atau buku ditemukan

BLENDED LEARNING

Pengembangan dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika

Pendidikan yang berkualitas, haruslah ditunjang oleh guru yang berkualitas. Blended learning perlu dikuasai tenaga pengajar, karena memfasilitasi keanekaragaman gaya belajar peserta didik, baik secara tatap muka/luring, daring, maupun praktik. Secara spesifik, terdapat poin kunci yang hendak penulis kupas dalam buku ini, yakni tentang bagaimana mengembangkan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan pencapaian konsep matematika yang memenuhi kriteria layak pada siswa kelas X SMA. Serta, terkait dengan bagaimana hasil pengembangan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan pencapaian konsep matematika yang memenuhi kriteria efektif pada siswa kelas X SMA. Dengan basis riset yang ketat, pembaca akan disuguhkan dengan data-data aktual sekaligus analisis yang tajam, sehingga kedepannya, dapat kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh semua kalangan pemerhati pendidikan. Penulis berharap, buku ini dapat menjadi salah satu referensi penting dalam kaitannya memenuhi tuntutan perkembangan teknologi pembelajaran, di mana senantiasa diperlukan pengembangan teknologi pembelajaran, demi mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, buku ini diharapkan dapat memfasilitasi tenaga pengajar dan mahasiswa yang menaruh minat pada upaya pengembangan model pembelajaran Blended Learning, baik dalam pembelajaran matematika, atau mata pelajaran lainnya.

Blended learning perlu dikuasai tenaga pengajar, karena memfasilitasi keanekaragaman gaya belajar peserta didik, baik secara tatap muka/luring, daring, maupun praktik.

MONOGRAF PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pada monograf ini juga disajikan telaah tentang kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK baik secara keseluruhan, ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis, ditinjau dari Self-Renewal Capacity maupun ditinjau dari perspektif gender.

Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.

Metode Penelitian Ekonomi Islam

Sistematika buku “Metode Penelitian Ekonomi Islam” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN EKONOMI ISLAM BAB 4 PENELITIAN DALAM BIDANG EKONOMI ISLAM BAB 5 OBJEK PENELITIAN EKONOMI ISLAM ATAU MUAMALAH BAB 6 PERUMUSAN MASALAH BAB 7 PENYUSUNAN HIPOTESIS BAB 8 TINJAUAN PUSTAKA BAB 9 TEKNIK PENGUMPULAN DATA BAB 10 PENGOLAHAN DATA BAB 11 PENYAJIAN LAPORAN HASIL PENELITIAN BAB 12 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : BANK Syariah BAB 13 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : ZAKAT BAB 14 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM: WISATA HALAL

Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH ...

NARASI VISUAL DIBALIK MOTIF BATIK PURWAKARTA

Pemerintah daerah banyak mencanangkan daerahnya menjadi daerah penghasil batik dan salah satunya adalah Purwakarta yang terus menggali potensi lokalnya menjadi gagasan karya seni batik. Berbagai motif yang dirancang dapat diapresiasi melalui buku monograf ini sekaligus olah motif dengan menggali potensi lokal yang menjadi keunggulan daerah. Berbagai motif yang dirancang dapat dimanfaatkan oleh wilayah pembatikan di Indonesia, sekaligus diharapkan dapat membantu upaya industri kreatif dalam mengembangkan motif batik.

Gambar 5 Motif Lauk Situ Buleud Dokumentasi: Tim Peneliti 2021 Gambar 6 Taman Air Mancur Sri Baduga Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3114558/taman-air-mancursri-baduga-tonggak-sejarah-kebangkitan-sunda Gambar.

Jeli Membangun Karakter Anak

Menjadi orang tua merupakan pengalaman hidup yang panjang dan penuh liku. Dimana setiap detiknya adalah pembelajaran kehidupan. Orang tua tidak hanya dituntut memiliki cukup umur, cukup materi, dan cukup ilmu melainkan harus memiliki cukup mental dan spiritual agar dapat menjalankannya perannya dengan baik. Meski tidak mendekati sempurna, namun beberapa 'modal' tersebut setidaknya haruslah dipahami.

Menjadi orang tua merupakan pengalaman hidup yang panjang dan penuh liku.

TEORI – TEORI BELAJAR

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Hakikat Belajar, 2) Jenis-Jenis Dan Prinsip Belajar, 3) Asas-Asas Pembelajaran, 4) Masalah-Masalah Belajar, 5) Ruang Lingkup Teori Belajar, 6) Urgensi Teori Belajar, 7) Teori Behavioristik, 8) Teori Kognitif, 9) Teori Konstruktivistik, 10) Teori Sosiokultural, 11) Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), 12) Teori Humanistik, 13) Teori Belajar Pemrosesan Informasi, 14) Teori Belajar Neuroscience, 15) Motivasi Belajar, 16) Gaya Belajar

Buku dengan judul Teori – Teori Belajar merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa.

Komunikasi Bencana

Teori dan Pendekatan Praktis Studi Kebencanaan di Indonesia

Indonesia secara geografis dan demografis rentan terhadap terjadinya bencana alam dan bencana nonalam. Letaknya yang berada pada gugus gunung api aktif dan ujung pergerakan tiga lempeng dunia yakni Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik membuat Indonesia memiliki potensi bencana alam geologis seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor serta termasuk beberapa potensi bencana nonalam terkait sosial dan ekonomi yang mengancam masyarakat. Tingginya potensi bencana tersebut membuat Indonesia harus meningkatkan kesiapsiagaan dan juga penanggulangan bencana agar bisa mengurangi risiko dari dampak bencana. Upaya mitigasi bencana terhadap masyarakat perlu diberikan agar masyarakat menjadi tangguh bencana. Dalam buku ini dijelaskan, upaya Mitigasi Bencana oleh pemerintah yang mengacu kepada dua kerangka besar yakni Sendai Framework 2016-2020 dan SDG’s sebagai acuan mitigasi kepada masyarakat. Kajian ini menggunakan pendekatan mitigasi bencana dari perspektif Ilmu Komunikasi sebagai salah satu upaya menerapkan program pengurangan risiko bencana berbasis komunitas yang tepat bagi tipologi Indonesia. Buku ini berupaya untuk melengkapi mitigasi bencana stuktural yang lebih banyak terfokus kepada aspek fisik dengan menambahkan kajian dari telaah Ilmu Komunikasi. Bagaimana komunikasi menjadi dasar dan mendorong masyarakat berpartisipasi untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan diri dari dampak bencana sehingga upaya pengurangan risiko bencana dapat berjalan optimal dibahas secara mendalam. Bahasan tersebut antara lain tentang Ilmu Komunikasi dalam penanggulangan bencana, pengertian penanggulangan bencana, siklus penanggulangan bencana, konstruksi pemaknaan bencana, koordinasi penanganan bencana, komunikasi dan mitigasi bencana, integrasi informasi dalam komunikasi bencana dan konsep difusi inovasi dalam komunikasi bencana.

Bahasan tersebut antara lain tentang Ilmu Komunikasi dalam penanggulangan bencana, pengertian penanggulangan bencana, siklus penanggulangan bencana, konstruksi pemaknaan bencana, koordinasi penanganan bencana, komunikasi dan mitigasi ...

PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar

Judul : PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar Penulis : Dewi Anzelina, M.Pd. Suvriadi Panggabean, M.Si. Rabitah Hanum Hasibuan, M.Pd. Khairunnisa, M.Pd. Wiene Surya Putra, M.Pd. Ridha Maulida, M.Pd. Maulana Arafat Lubis, M.Pd. Editor : Dr. Edy Surya, M.Si. Ukuran : 14,5 x 21cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-88-7 SINOPSIS Tulisan dalam buku ini adalah kumpulan karya tulis ilmiah dari para mahasiswa/i program studi strata-3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan (UNIMED) angkatan 2020 sebagai output dari mata kuliah Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar oleh dosen bapak Dr. Edy Surya, M.Si. Adapun judul-judul yang terdapat dalam buku ini, yaitu: MBKM Solusi Belajar di Masa Pandemi COVID-19, Integrasi Google Sites Sebagai Alternatif Solusi Pembelajaran Daring Matematika Sekolah Dasar, Kiat Sukses Mendidik Generasi Emas Melalui Bermain Bebas di Era Teknologi 4.0, Transformasi Sistem Pembelajaran di Indonesia Pada Masa Era Pandemi Covid-19, Kumpulan Metode Pendidikan, Pembelajaran, Informasi Teknologi Guru di Masa Pandemi COVID-19 Dari Seluruh Dunia, Padlet Sebagai Mediator Orangtua dalam Mengawasi Pembelajaran Anak Secara Daring, Model Blended Learning: Tren Pembelajaran Masa Kini di Indonesia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Bermain Bebas untuk Optimalisasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta. ... PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK.