Sebanyak 3450 item atau buku ditemukan

Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital

Judul : Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital Penulis : Dr. Nurliana Nasution, ST., M.Kom. MTA., MCF Yuvi Darmayunata, M. Kom., MTA Sri Wahyuni, M.Pd, Ch., Cht. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 129 Halaman No ISBN : 978-623-497-034-0 Tahun Terbit : September 2022 SINOPSIS Pada era digital, pembelajaran yang diterapkan harus menggunakan perangkat digital yang tentunya memudahkan penggunanya dalam pelaksanaan pembelajaran. Salahsatu hasil dari digital learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan perlengkapan dan media internet. Di lembaga pendidikan dikenal dengan learning management system, yang merupakan wadah untuk pendidik dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar. Blended learning adalah salah satu sistem pembelajaran di Era Digittal dan Augmented Reality merupakan salahsatu alat pembelajaran yang dapat digunakan khususnya untuk pendalaman konsep. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented Reality didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya, bersifat interaktif menurut waktu nyata, serta berbentuk animasi tiga dimensi.

Pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini yang menggunakan kurikulum saintifik dengan pendekatan tematik tentunya sangat didukung oleh augmentend reality. Karena proses kerjanya secara visual membuat anak dapat memahami ...

Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru

Studi Komparatif Australia dan Indonesia

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia. Awalnya, kami tertarik meneliti kurikulum Australia karena adanya kemandirian kurikulum Sekolah Australia yang sangat otonom. Bahkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau kurikulum 2006 kita mengadopsi School Based Curriculum Development Australia. Hal yang kental diimpor dari Australia adalah terkait konsep pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan Genre Based. Tentu saja, ini membuat kami ingin melihat kebijakan politik, struktur kurikulum, sistem persekolahan, kegiatan stake holder sekolah, kesiapan guru dan komitmennya terhadap implementasi kurikulum dan pandangan para ahli kurikulum di sana. Hasilnya kami rangkum dalam buku ini. Karena waktu yang sangat terbatas yakni sepuluh hari untuk mengunjungi beberapa tempat di Melbourne Australia, maka ada beberapa bagian artikel yang kami copy-paste dari berbagai website terutama web resmi pemerintah Australia. Kami memiliki asumsi bahwa data website itu adalah milik publik dan diperbolehkan untuk diduplikasi atau dimodifikasi sesuai peruntukannya. Dalam daftar pustaka, kami cantumkan alamat resminya. Kami tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke semua tempat untuk meneliti sehingga informasi dari website menjadi pendukung penting dalam buku walaupun bukan inti dari isinya. Intisari dari buku ini tidak diduplikasi dari catatan manapun, ini original dari refleksi kami sebagai peneliti. Untuk mengetahui secara maksimal pendidikan dan kurikulum serta cara hidup Australia, kami mencoba untuk melakukan perjalanan tanpa guide dan jemputan. Ini ditujukan untuk memahami nilai-nilai kehidupan yang hadir secara empiris di Australia. Kunjungan ke tiga universitas terkenal Australia, konjen Indonesia di Melbourne, beberapa sekolah dan berdiskusi dengan para guru merupakan kegiatan terintegrasi satu sama lainnya. Kami juga merekam semua perjalanan melalui foto, audio atau video. Semua terekam dengan baik dan sesuai dengan data lapangan. Data-data itu diinterpretasikan sesuai dengan analisis data, baik secara objektif maupun subjektif. Setelah memahami sistem pendidikan Australia dengan melihat langsung ke sekolah SD dan SMP-SMA, kami melihat ada gerakan yang diinspirasi oleh Australia di Indonesia. Namanya, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta. Karena memiliki ide yang sama, maka kami pun meneliti GSM sebagai bagian tidak terpisahkan dalam buku ini. Jadi buku ini pun berisi tentang ide inspiratif faktual yang dilakukan oleh GSM di Indonesia.

Buku ini adalah merupakan hasil refleksi kami dalam melakukan penelitian kurikulum di Australia.

Analisis Maqashid Syari’ah terhadap Moderasi Beragama dan Preferensi Politik Warga Nahdliyin (Studi Empiris terhadap Pilkada Serentak 2020)

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan. Sebab Pilkada yang dirancang sebagai demokrasi elektoral, justru menjadi ajang baru timbulnya konflik kekerasan dan benturan-benturan fisik antar pendukung calon kepala daerah menjadi pemandangan jamak yang ditemui. Singkatnya, mekanisme demokrasi yang ada seolah justru melegitimasi munculnya kekerasan akibat perbedaan yang sulit ditolerir antara pihak-pihak berkepentingan di arena demokrasi. Dengan kata lain, desain demokrasi di Indonesia dalam konteks penyelenggaraan pilkada telah gagal sebagai cara mentransformasikan konflik. Sepanjang perhelatan pilkada di Indonesia, salah satu penyebab konflik adalah sentimen keagamaan. Hal ini tentunya bisa menyebabkan disitegrasi bangsa.

Pengarusutamaan moderasi beragama terhadap pilkada serentak 2020 sangat dibutuhkan.

Panorama Maqashid Syariah

Buku ini merupakan kumpulan pemikiran dari para ulama terkait dengan Maqshid syariah yang disusun oleh para penulis yang sudah berpengalaman di dalam dunia ilmu Hukum Islam dan Maqashid Syariah. Sebagai sebuah pemikiran tentu saja ianya memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga harus disikapi sebagai suatu karya brilliant yang menjadi bahan kajian untuk generasi berikutnya.

Beberapa karangan fonumental yang pernah ditulis diantaranya Maqashid Al Shariah : A Beginner's Guide, Islam, Christiany and Pluralism, Shariah and Politics, Maqashid Al-Shariah as Philosophy of Islamic Law A system Approach, ...

Memahami Maqashid Al-Syari’ah Perspektif Khaled M. Abou El Fadl dan Jasser Auda

Pembicaraan tentang Maqashid al-Syari’ah atau tujuan hukum Islam senantiasa menarik dan penting untuk dibahas, karena menuntut untuk selalu update seiring dengan kemajuan kehidupan modern dan tuntutan perkembangan zaman. Maqashid al-syari’ah terdiri dari dua kata, maqashid dan syari’ah. Kata maqashid merupakan bentuk jama’ dari maqshad yang berarti maksud dan tujuan, sedangkan syari’ah mempunyai pengertian hukum-hukum Allah yang ditetapkan untuk manusia agar dipedomani untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Maka dengan demikian, maqashid al-syari’ah berarti kandungan nilai yang menjadi tujuan pensyariatan hukum atau tujuan-tujuan yang hendak dicapai dari suatu penetapan hukum. Buku ini ditulis dalam rangka memberikan sumbangan pemikiran secara umum terhadap hukum Islam atau fikih, lebih khusus pada tujuan hukum Islam atau maqashid syari’ah yang menjadi landasan hukum atau fikih Islam. Hal ini dikarenakan hukum Islam harus senantiasa tanggap terhadap persoalan kontemporer yang senantiasa terjadi di dunia modern saat ini dan meminta kepastian hukum. Memahami Maqashid Al-Syari’ah Perspektif Khaled M. Abou El Fadl dan Jasser Auda ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

lagi praktik fikih yang dikualifikasikan sebagai materi keyakinan.76 Sehingga jelas bahwa syariah memiliki keterkaitan yang lebih besar dengan wahyu Ilahi, sedangkan fikih merupakan produk akal manusia atau pengetahuan tentang ketentuan ...

Rekonstruksi Paradigma Maqashid Asy-Syari'ah

Kajian Kritis dan Komprehensif

Dewasa ini, wajah pemikiran Islam global lebih banyak yang bersifat rigid, radikal, dan fundamentalistik. Bahkan, banyak dijumpai tindakan kriminal atau aksi terorisme yang diklaim oleh beberapa pelakunya atas nama "hukum Islam". Padahal, basis fundamental setiap hukum Islam adalah prinsip kebijaksanaan dan keselamatan umat manusia. Mirisnya lagi, aksi terorisme tersebut justru dilakukan di tengah-tengah masyarakat yang sedang menikmati kedamaian, ketenteraman, dan kemakmuran hidup. Salah satu problem fundamentalnya ialah wacana hukum Islam masih bercorak atomistik-parsialistik, baik dalam tataran metodologis maupun praktis. Aplikasi hukum Islam lebih bersifat reduksionis daripada holistik, literal daripada moral, satu dimensi daripada multidimensi, bercorak oposisi biner ketimbang multinilai, dekonstruksionis ketimbang rekonstruksionis, dan bersifat kausal ketimbang teleologis. Oleh karenanya, diperlukan pendekatan sistem yang bercorak multidisipliner terhadap teori-teori maqashid asy-syari'ah secara metodologis. Buku ini mengulas pendekatan sistem tersebut, yang diusung oleh Jasser Auda. la melakukan rekonstruksi paradigmatik baru dalam menganalisis hukum Islam. Berpijak pada sejumlah fitur sistem dalam membangun world view keislaman di era kontemporer. Maqosid yangdulutitiktekannya hanya pada pentingnya perlindungan terhadap umat Islam, bergeser menjadi perlindungan terhadap kemanusiaan-universal. Selamat membaca!

... syariah Islam dengan politik . Namun , titik tekan pembahasan hubungan antara syariah dengan politik tersebut adalah fenomena setelah Arab ... Sharia and Politics : Questions for Rekonstruksi Paradigma Maqashid asy - Syari'ah 57.

Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Bismillahirrahmanirrahiim Buku pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015.

Bismillahirrahmanirrahiim Buku pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas IX ini disusun berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan ...

Bahasa Jepang Perhotelan: Effective Japanese for Hotel Staff

Buku ini adalah luaran hasil penelitian oleh kedua penulis. Penelitian itu berjudul “Interferensi Bahasa Jepang Oleh Staff Hotel di Kabupaten Badung dalam Melayani Wisatawan Jepang.” Berdasarkan hasil observasi pada beberapa hotel di Kabupaten Badung ditemukan permasalahan dalam berbahasa Jepang oleh staff hotel khususnya penguasaan kosakata dan ungkapan untuk menyampaikan maksud kepada wisatawan Jepang. Buku ini memuat kosakata bahasa Jepang yang sering digunakan dalam lingkup pariwisata yang dilengkapi dengan model percakapan bahasa Jepang pada bagian-bagian yang ada di Hotel seperti bagian kantor depan, restoran dan housekeeping. Kosakata umum dan contoh-contoh penggunaannya dalam dialog disajikan dengan cara sesederhana mungkin dalam buku ini. Tak hanya bagi para staf hotel, buku ini juga layak dibaca oleh siapa pun yang ingin menambah wawasan dan kosakata bahasa Jepang, terutama dalam ranah pariwisata.

Buku ini adalah luaran hasil penelitian oleh kedua penulis.

Memahami Dasar Ilmu Hukum

Konsep Dasar Ilmu Hukum

Dalam mempelajari bidang apa saja, mahasiswa harus memahami dan menguasai hal-hal yang mendasar dalam bidang studi tersebut. Tanpa penguasaan materi dasar, akan sulit bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya pada tingkat lebih lanjut. Mengingat pentingnya materi dasar itulah, maka disusunlah buku ini sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa yang menekuni kajian bidang studi hukum. Buku ini disusun secara sistematis dan komprehensif untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya. Muatannya mencakup beragam materi dasar seperti ruang lingkup ilmu hukum, sejarah ilmu hukum, konsep dasar, teori-teori ilmu hukum, kaidah-kaidah hukum, penafsiran dan mazhab atau aliran dalam ilmu hukum, lembaga hukum, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, buku ini wajib dimiliki oleh mahasiswa hukum dan siapa saja yang tertarik dengan studi ilmu hukum, baik di ranah akademik atau praktis. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Dalam mempelajari bidang apa saja, mahasiswa harus memahami dan menguasai hal-hal yang mendasar dalam bidang studi tersebut.

BUKU AJAR KONSEP DASAR PAUD

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar. Pendidikan ini diperuntukkan bagi anak usia 0 – 6 tahun. Dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini diperlukan bekal pengetahuan dan pemahaman yang memadai supaya anak-anak dapat terlayani dengan baik sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pengetahuan dan pemahaman terhadap pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Mereka adalah calon-calon pendidik anak usia dini yang akan berhadapan langsung dengan anak-anak. Di samping itu, mereka sebagai akademisi juga mempunyai peran penting untuk mensosialisasikan dan memajukan pendidikan anak usia dini di masyarakat. Sebagai upaya mempermudah dalam mengetahui dan memahami pendidikan anak usia dini tersebut penulis mempersembahkan sebuah buku berjudul ‘Buku Ajar Konsep Dasar PAUD’. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa maupun dosen PGPAUD di seluruh Indonesia sebagai pegangan dan tambahan refrensi mata kuliah Konsep Dasar PAUD. Dengan buku ajar ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan mudah sehingga kelak mereka dapat menjadi pendidik-pendidik PAUD yang profesional.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan sebelum memasuki sekolah dasar.