Sebanyak 264 item atau buku ditemukan

Pekasam

Antologi Cerpen Antikorupsi

Sederhana tapi menempel sekali dalam kenangan. Dua puluh delapan tahun berlalu, ada kalimat yang masih tersusun rapi di ingatan saya. “Jajan harus jujur, kalau hanya mampu bayar satu, maka ambil jajanan satu saja.” Kalimat itu diucapkan oleh seorang guru di depan kelas saat saya masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. Dulu saya menanggapinya hanya dengan anggukan saja. Selain karena saya jarang jajan, saat itu kadang justru saya bawa makanan untuk dijual di sekolah. Tapi, sekarang saya paham, guru ibarat air dan pupuk untuk tunas-tunas bangsa yang akan tumbuh besar. Pemahaman akan nilai-nilai kebaikan sangat penting dimiliki para guru. Melalui alur 38 cerita dalam buku ini, terbaca bahwa guru adalah sosok yang sangat dekat dengan penanaman kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, dan nilai lain yang mendukung sikap-sikap antikorupsi. Nilai-nilai yang disisipkan di setiap cerita terasa sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Di beberapa cerita menuliskan praktik korupsi juga sangat mungkin dilakukan oleh seorang guru atau masyarakat biasa yang bukan penyelenggara negara. Kondisi ini nyata terjadi. Maka harus dilawan dan diatasi bersama-sama. Terima kasih telah membantu KPK menyebarkan nilai-nilai antikorupsi. Febri Diansyah Kepala Biro Humas KPK

Sederhana tapi menempel sekali dalam kenangan.

Fintech dalam Keuangan Islam: Teori dan Praktik

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia. Jika dibandingkan dengan sektor lain, kemajuan teknologi digital ini berjalan lebih gesit dan penuh inovatif. Dari aspek yang sederhana saja, dewasa ini jumlah orang yang memiliki telepon seluler (ponsel) mungkin jauh lebih besar daripada mereka yang memiliki akses terhadap listrik atau air bersih. Difusi gelombang teknologi digital telah merangkak masuk ke semua aspek kehidupan dan ekonomi masyarakat dunia, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan, ritel, hotel, dan bahkan keuangan. Dalam sektor keuangan, inovasi teknologi sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Antara teknologi dan keuangan, keduanya memiliki sejarah simbiosis mutualisme yang panjang, sehingga secara inheren teknologi keuangan (financial technology), juga bukan merupakan pengembangan baru bagi industri jasa keuangan. Meskipun demikian, intensitas pembahasan dan kajian tentang keduanya cukup tinggi akhir-akhir ini, terutama karena penetrasi fintech itu sangat cepat. Isu tersebut menjadi perhatian banyak pihak pada berbagai level di Indonesia, baik di kalangan pengambil keputusan, akademisi, dan praktisi bisnis keuangan maupun di tingkat publik (masyarakat) sebagai konsumen atau pengguna fintech. Misalnya seperti isu mata uang kripto (cryptocurrency), bitcoin, blockchain. Meskipun telah muncul banyak perhatikan dari kalangan ekonom secara umum terkait fintech, penulis belum banyak melihat diskursus yang mengaitkannya dengan keuangan Islam. Padahal, kaitannya dengan keuangan Islam (Islamic Finance) menarik untuk dibahas, sebab Indonesia merupakan salah satu pasar ekonomi syariah terbesar di Indonesia (katadata.co.id, 2020). Oleh sebab itu, Book Chapter ini hadir untuk memberikan perspektif baru terkait fintech dari sudut pandang keuangan Islam secara komprehensif dari berbagai kalangan akademisi yang terbagi dalam 18 sub pembahasan yang saling terkait. Tujuannya tentu memberikan edukasi edukasi kepada para umat Islam khususnya, dan bagi pelaku pada pasar ekonomi syariah pada umumnya.

Gelombang revolusi dalam teknologi digital yang terus berkembang dengan pesat telah mengubah wajah dunia.

Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital

Judul : Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital Penulis : Dr. Nurliana Nasution, ST., M.Kom. MTA., MCF Yuvi Darmayunata, M. Kom., MTA Sri Wahyuni, M.Pd, Ch., Cht. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 129 Halaman No ISBN : 978-623-497-034-0 Tahun Terbit : September 2022 SINOPSIS Pada era digital, pembelajaran yang diterapkan harus menggunakan perangkat digital yang tentunya memudahkan penggunanya dalam pelaksanaan pembelajaran. Salahsatu hasil dari digital learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan perlengkapan dan media internet. Di lembaga pendidikan dikenal dengan learning management system, yang merupakan wadah untuk pendidik dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar. Blended learning adalah salah satu sistem pembelajaran di Era Digittal dan Augmented Reality merupakan salahsatu alat pembelajaran yang dapat digunakan khususnya untuk pendalaman konsep. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented Reality didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya, bersifat interaktif menurut waktu nyata, serta berbentuk animasi tiga dimensi.

Pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini yang menggunakan kurikulum saintifik dengan pendekatan tematik tentunya sangat didukung oleh augmentend reality. Karena proses kerjanya secara visual membuat anak dapat memahami ...

Bunga Rampai Studi Komparatif Pendidikan Indonesia dan Negara-Negara Lain

Mengomparasikan Indonesia yang memiliki beragam budaya dan heterogenitasnya dengan Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Denmark, Australia, Finlandia, dan beberapa negara maju di dunia sesungguhnya tidak semata-mata hanya membandingkan saja, tetapi lebih dari itu. Sebagai negara yang baru berada dalam euforia demokrasi, peradaban yang dibangun Indonesia tentu belum dapat dibandingkan secara utuh dan padu dengan negara-negara maju. Namun, setidaknya Indonesia memiliki keberadaban dalam tata aturan kehidupan bermasyarakat yang dilandasi kebinekaan dan semangat untuk saling bergotong royong serta menjunjung tinggi semangat kekeluargaan. Membandingkan Indonesia dengan apa yang sudah dicapai negara-negara maju di dunia adalah dalam rangka menggali sisi positif yang telah dicapai mereka dapat dijadikan rujukan bagi kita semua. Terdapat berbagai hal yang mendasari lahirnya artikel-artikel dalam buku ini, salah satunya adalah mengetahui persoalan pendidikan pada umumnya, dan secara khusus terkait pendidikan bahasa. Selain itu, melalui buku ini, ingin mengenalkan juga berbagai sudut pandang budaya negara-negara maju yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia.

Konsep pendidikan dan pendidikan literasi di Australia menjadi alternatif menuju konsep pendidikan dan pendidikan literasi menuju peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia unggul. Keunggulan mutu pendidikan Autralia yang ...

Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun

Perkembangan bahasa merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki anak, sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya. Perkembangan adalah suatu perubahan yang berlangsung seumur hidup dan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi seperti biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Bahasa adalah suatu sistem simbol untuk berkomunikasi yang meliputi fonologi (unit suara), morfologi (unit arti), sintaksis (tata bahasa), semantik (variasi arti), dan pragmatik (penggunaan bahasa). Dengan bahasa, anak dapat mengkomunikasikan maksud, tujuan, pemikiran, maupun perasaannya pada orang lain. Buku ini berisi 6 (enam) bab yang membahas mengenai Bahasa dan Fungsinya, Keterampilan Berbahasa dan Karakteristik Bahasa Anak, Tahapan Perkembangan Bahasa Aspek Perkembangan Bahasa Anak, serta Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun.

Buku ini berisi 6 (enam) bab yang membahas mengenai Bahasa dan Fungsinya, Keterampilan Berbahasa dan Karakteristik Bahasa Anak, Tahapan Perkembangan Bahasa Aspek Perkembangan Bahasa Anak, serta Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun.

Konsep Dasar Matematika

Penalaran Matematika, Pengantar Logika, Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear, Relasi Dan Fungsi, Pertidaksamaan Kuadrat, Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan, Deret Bilangan, Geometri, Geometri Transformasi, Permutasi Dan Kombinasi,Peluang, Pengolahan Data Dan Pemecahan Masalah

DAFTAR PUSTAKA Dhoruri, A. (2009) Barisan Aritmetika dan deret aritmetika. Dwiningrum, S. (2018) Handout Materi Pola Bilangan. Istiqomah (2020) Matematika Umum Kelas XI. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Sosial Emosional TK

Kompas Ilmu

Buku ini disusun sesuai dengan indikator resmi yang dikeluarkan pemerintah untuk TK.

Buku ini disusun sesuai dengan indikator resmi yang dikeluarkan pemerintah untuk TK.

Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai perilaku organisasi dalam ilmu manajemen, baik konsep, teori maupun penerapannya dalam kehidupan organisasi. Buku ini diharapkan dapat memberi tambahan ilmu dan pengetahuan kepada pembaca khususnya yang berkaitan dengan konsep perilaku organisasi. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi).

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas tiga belas bab, dan diberi judul Perilaku Organisasi (Dari Konsep, Teori Menuju Aplikasi).

Ekonomi Pembangunan

Konsep, Kriteria, Dan Ukuran Pembangunan Ekonomi Nasional, Permasalahan Pembangunan Ekonomi Nasional, Karakteristik Dan Sistem Ekonomi Indonesia, Struktur Dan Prospek Ekonomi Indonesia, Teori Umum Pembangunan Ekonomi Nasional, Masalah Pembentukan Modal Di Negara-Negara Sedang Berkembang, Masalah Ketenagakerjaan Dan Kesempatan Kerja Di Indonesia, Masalah Hubungan Internasional Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional, Analisa Ekonomi Dalam Perumusan Kebijakan Pembangunan Nasional Dan Strategi Pembangunan Ekonomi Nasional

Konsep, Kriteria, Dan Ukuran Pembangunan Ekonomi Nasional, Permasalahan Pembangunan Ekonomi Nasional, Karakteristik Dan Sistem Ekonomi Indonesia, Struktur Dan Prospek Ekonomi Indonesia, Teori Umum Pembangunan Ekonomi Nasional, Masalah ...

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa pelajaran (bahkan lintas rumpun mata pelajaran) yang diikat dalam tema-tema tertentu. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto.