Sebanyak 54 item atau buku ditemukan

Kriminalisasi dalam Hukum Pidana

Kebijakan kriminalisasi diartikan sebagai proses penentuan suatu perbuatan yang dapat dipidana dan dilarang. Dalam menentukan suatu tindak pidana digunakan kebijakan hukum pidana atau penal policy. Bagaimana hukum pidana dapat dirumuskan dengan baik serta memberikan pedoman kepada pembuat Undang-undang (kebijakan legislatif, kebijakan aplikatif, kebijakan yudikatif) dan pelaksanaan hukum pidana (kebijakan eksekutif). Dalam kebijakan legislatif merupakan tahapan yang strategis karena menentukan tahap-tahap berikutnya. Hal ini mengingat pada saat perundang-undangan pidana akan dibuat maka akan ditentukan arah yang hendak dituju dengan dibuatnya Undang-Undang itu, perbuatan apa yang dipandang untuk dijadikan sebagai suatu perbuatan yang dilarang oleh hukum pidana, ini berarti menyangkut proses kriminalisasi. Indonesia adalah negara hukum, demikian rumusan Pasal 1 ayat 3 UUD 1945. Sebagai negara hukum maka semua tindakan pemerintah dalam menyelenggarakan negara untuk mencapai tujuan negara harus mendasarkan pada Undang-Undang yang telah ditetapkan. Hukum sebagai dasar Pemerintah untuk menjalankan Pemerintahan dan untuk membatasi kekuasaan pemerintahan. Kepentingan individu masyarakat dan negara terus berkembang dinamis sesuai dengan tuntutan modernisasi dan globalisasi. Perubahan masyarakat yang dinamis ini perlu diatur di dalam hukum. Proses pembuatan hukum harus mendasarkan pada nilai-nilai atau jiwa bangsa, sehingga tidak bisa langsung diterima konsep hukum yang berasal dari luar. Jati diri bangsa inilah yang merupakan filter masuknya nilai-nilai dari bangsa lain.

Kebijakan kriminalisasi diartikan sebagai proses penentuan suatu perbuatan yang dapat dipidana dan dilarang.

Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia yang diperlukan untuk mencapai target pembangunan jangka panjang. Ketersedian sumber daya manusia dalam jumlah besar dapat ditransformasikan menjadi orang-orang kreatif yang akan menciptakan nilai tambah yang besar terhadap sumber daya alam dan budaya yang melimpah ketersediaannya. Penduduk yang besar, khususnya kelas menengah yang jumlahnya terus meningkat merupakan pasar karya kreatif yang besar di dalam negeri. Pasar global untuk karya kreatif juga diperkirakan akan meningkat seiring dengan mulai membaiknya perekonomian global dan emerging market. Kombinasi ketersediaan sumber daya dan pasar yang besar ini berpontensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang lebih pesat di masa datang dan menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu sumber pertumbuhan baru dalam perekonomian Indonesia.

... kreatif yang masih dalam bentuk sebuah ide baru dapat dituangkan untuk memunculkan sesuatu yang baru yang inovatif dengan tujuan adanya perubahan baru yang lebih baik. Hubungan antara kreatif dan inovatif dapat ditunjukkan pada gambar ...

Science Education

Policy, Professionalism and Change

`This book does provide a useful, concise discussion of the legislative background to science in schools from the nineteenth century to the present day′ - Colette Murphy, British Journal of Educational Studies `This book makes a fascinating and compelling read, particularly for anyone who has a professional involvement or interest in the ′National Curriculum′.... For anyone with an interest in teaching science as a professional enterprise this book is a must′ - Joe McDowall, School Science Review `This book makes a fascinating and compelling read.... The insights provided are fascinating and reminded me of how, as a bust teacher, it is often difficult to see the wood for the trees!... For anyone with an interest in teaching science as a professional enterprise this book is a must′ - Joe McDowell, Science Education, Research and Practice Who wants to change school science education and why? What mechanisms exist to effect change? What implications do they have for teachers′ professionalism? These are the principal questions explored in this book. The authors focus on strategies for effecting change, including decentralized and statutory mechanisms, and the use of systems of assessment. The authors question the effectiveness of centralized programmes in improving the quality of students′ science education. They suggest that this arises from a failure to acknowledge the contribution that the science teaching profession must make to reform. They argue that sustained and effective change, embodying improvements in standards, depends upon promoting the initiative, authority and expertise of science teachers themselves, and upon finding a new balance between these professional characteristics and the political demand for accountability. Science Education will be of interest to teachers, policy-makers and researchers in any educational system which strives to raise the quality of science education in its schools.

For anyone with an interest in teaching science as a professional enterprise this book is a must′ - Joe McDowell, Science Education, Research and Practice Who wants to change school science education and why?