Sebanyak 565 item atau buku ditemukan

Hukum Asuransi Syariah

Buku ini menguraikan sangat jelas dan cerdas tentang hal-hal sebagai berikut. - Pengertian asuransi syariah dalam makna takaful, at-ta'min, dan attadhamun. - Asal usul, pertumbuhan, perkembangan, dan dasar hukum asuransi syariah, yang kemudian mendiskusikan bahwa berasuransi tidak berarti menolak takdir. - Analisis filosofi asuransi berkenaan saling betanggung jawab, kerja sama untuk saling membantu dan saling melindungi dari segala hal kesusahan. - Akad-akad dalam asuransi, baik dalam bentuk mudharabah, musyarakah, wadhi'ah, muzara'ah dan akad-akad jual beli yang kemudian mengungkapkan bahwa asuransi syariah takaful berimplementasi kepada berbagai hasil dan resiko. - Konsep dasar dan model pengelolaan asuransi syariah. - Analisis asuransi syariah dan asuransi konvensional dalam berbagai aspek perbedaannya, sehingga tampak keunggulan asuransi syariah bila dibandingkan dengan asuransi konvensional. - Uraian tentang analisis dan manfaat asuransi syariah, status hukum asuransi, dan analisis beberapa alternatif perseroan, baik perseroan firma, perseroan saham, koperasi, saham, dan bursa saham keistimewaan buku ini: - Membahas asuransi syariah dan hukum asuransi syariah. - Penyajian runtut, detail, dan berwawasan keilmuan yang tinggi. - Merujuk kepada peraturan hukum terkini dan disertai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) mengenai asuransi syariah.

- Pengertian asuransi syariah dalam makna takaful, at-ta'min, dan attadhamun. - Asal usul, pertumbuhan, perkembangan, dan dasar hukum asuransi syariah, yang kemudian mendiskusikan bahwa berasuransi tidak berarti menolak takdir.

Teori Planned Behavior dan Asuransi Syariah

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia dewasa ini mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan banyaknya pertumbuhan pe-rusahaan asuransi syariah dan adanya peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS) perusahaan asuransi menjadi perusahaan sendiri paling lambat akhir Oktober 2024. Data dari OJK sampai dengan Desember 2018 ada 48 UUS, terdiri dari 22 UUS asuransi jiwa, 24 UUS asuransi umum dan 2 UUS reasuransi, di samping itu, Total as-set asuransi syariah meningkat tiap tahunnya. Namun total as-set yang dimiliki asuransi syariah masih jauh tertinggal dibandingkan total asset asuransi konvensional. Salah satu faktornya adalah jumlah nasabah asuransi syariah yang masih san-gat terbatas dibandingkan dengan jumlah nasabah asuransi konven-sional, Sehingga, diperlukan strategi pemasaran yang baik sebagai upaya untuk menggaet calon nasabah supaya bergabung dengan asuransi syariah, di antara variabel yang diperlu dipertimbangkan oleh marketer asuransi syariah dalam memasarkan produk asuransi syariah kepada nasabah adalah theory of planned behavior yang dikembangkan oleh Ajzen (1991), theory of planned behavior men-jelaskan bahwa bahwa tindakan manusia diarahkan oleh tiga macam kepercayaan, yaitu kepercayaan perilaku (sikap), ke-percayaan normative (norma subjektif) dan kepercayaan kontrol (control behavior). Banyak penelitian termasuk di dalamnya penelitian dalam buku ini mengkonfirmasi adanya kontribusi pengaruh yang kuat dari theory of planned behavior terhadap minat dan keputusan membeli produk asuransi syariah.

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia dewasa ini mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan banyaknya pertumbuhan pe-rusahaan asuransi syariah dan adanya peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang pemisahan Unit Usaha Syariah ...

Pengantar Ekonomi Islam

... Monetary System (Menuju Sistem Moneter yang Adil), Islam and the Economic Challenge (Islam dan Tantangan Ekonomi), The Future of Economics: An Islamic ... Islam (Jakarta: Bank 72 PENGANTAR EKONOMI ISLAM.

Etika Bisnis di Era Teknologi Digital

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders. Selain membahas teori etika dan corporate governance secara umum, buku ini juga membahas corporate governance dan corporate social responsibility di era teknologi digital. Selain itu, buku ini juga membahas sharing economy, cyber ethics, dan cybercrime. Salah satu kelebihan buku ini adalah adanya aplikasi berbasis Augemented dan Virtual Reality (AR & VR) sebagai bahan pembelajaran yang merupakan hasil riset penulis. Aplikasi AR & VR ini untuk merespon perubahan gaya belajar mahasiswa dari verbal, visual ke virtual. Aplikasi AR & VRakan memberikan pengalaman virtual pada praktik bisnis. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kasus etika bisnis yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya, buku ini juga mendasarkan pada berbagai hasil penelitian yang sudah dipublikasi di jurnal internasional terindeks di database bereputasi tinggi di bidang etika (misal Journal of Business Ethics) dan di bidang pendidikan berbasis komputer (misal Education and Information Technologies). Dengan demikian, selain untuk pembelajaran di kelas, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi penelitian. Meski demikian, buku ini disajikan dengan "pendekatan populer" dan banyak dibantu gambar untuk memudahkan pemahaman pembaca, terutama generasi milenial.

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders.

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN

Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa, dosen, dan terutama praktisi bisnis dan entrepreneur. Untuk optimalisasi dalam memahami buku ini sebaiknya pembaca terlebih dahulu membaca buku Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen. Buku ini akan membahas proses perencanaan dan anggaran, perancangan sistem pengendalian manajemen.

Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa, dosen, dan terutama praktisi bisnis dan entrepreneur.

Manajemen Keuangan Internasional, Ed 2

Buku ini merupakan edisi ke 2 dari terbitan pertamanya tahun 2018. Ada beberapa perbaikan konsep dan perbaikan lainnya yang menyebar di berbagai bab. Edisi kedua ini juga diterbitkan oleh penerbitan baru yaitu UNY Press.

Buku ini merupakan edisi ke 2 dari terbitan pertamanya tahun 2018. Ada beberapa perbaikan konsep dan perbaikan lainnya yang menyebar di berbagai bab. Edisi kedua ini juga diterbitkan oleh penerbitan baru yaitu UNY Press.

Ekonomi Koperasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep dan Sejarah Koperasi, Perkembangan Koperasi Di Indonesia, Asas dan Prinsip Koperasi, Bentuk dan Jenis Koperasi, Tujuan dan Fungsi Koperasi, Perangkat Organisasi Koperasi, Manajemen Koperasi, Pembentukan Koperasi, Permodalan Koperasi, Sisa Hasil Usaha, Peranan Koperasi, dan Kendala Perkembangan Koperasi.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

AGENDA RISET BISNIS DAN EKONOMI TOPIK TERKINI TEKNOLOGI TERBARUKAN

BAB 1. Topik Terkini dan Agenda Riset ke Depan Adopsi Teknologi Blockchain di Bidang Akuntansi dan Pengauditan Jogiyanto Hartono, Prof., Ph.D., MBA, CA. Julianto Agung Saputro, S.Kom, M.Si, Ak, CA., Dr. BAB 2. Teknologi Doble Entry Vs. Blockchain: Menggagas Transformasi Akuntansi Digital Sony Warsono, MAFIS, Dr. BAB 3. Pengauditan Blockchain: Aplikasi dan Dampak Teknologi Blockchain dalam Proses Pengauditan serta Agenda Riset ke Depan Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc. Fitri Amalia, S.E., M.Sc., Ph.D. Arizona Mustikarini, S.E., M.Bus(Acc) BAB 4. Teknologi Blockchain pada Rantai Pasokan Makanan Halal: Kajian Literatur dan Agenda Penelitian Mendatang Nurul Indarti, Prof., Sivilekonom, Cand.Merc., Ph.D. Grisna Anggadwita, ST., MSM. BAB 5. Analisis Literatur dan Potensi Riset Kecurangan Mata Uang Kripto Rijadh Djatu Winardi, M.Sc., Ph.D., CFE. BAB 6. Artificial Intelligence dan Agent-Based Computational Model: Konsep dan Aplikasi pada Riset Ekonomi dan Keuangan Islam Diyah Putriani M.Ec., Ph.D. BAB 7. Topik-Topik Penelitian Pembelajaran Mesin di Bidang Akuntansi dan Pengauditan Julianto Agung Saputro, S.Kom, M.Si, Ak, CA., Dr. Jogiyanto Hartono, Prof., Ph.D., MBA, CA. BAB 8. Penggunaan, Tantangan, dan Potensi Riset Metamesta dalam Perspektif Akuntansi Syaiful Ali, MIS., Ak., CA., Ph.D. Fitri Amalia, M.Sc., PhD. Rijadh Djatu Winardi, M.Sc., Ph.D., CFE. BAB 9. Ada Apa dengan NFT? Potensi, Friksi, Implementasi dan Pengembangan Riset di Masa Depan Dian Kartika Rahajeng, S.E., M.Sc., Ph.D. Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc. BAB 10. Agenda Riset Media Sosial: Memahami Sisi Gelap Pemengaruh Media Sosial Rina Herani, S.E., M.Sc

Dalam hal ini, penerapan ABM dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memodelkan perekonomian Islam dengan membangun artificial economy di mana dalam perekonomian tersebut melibatkan masyarakat, pemerintah, sektor perbankan, ...

Sistem Penjaminan Pembiayaan pada Perbankan Syariah

Implementasi Sistem Jaminan pada Sektor Usaha

Kajian yang penulis paparkan dalam buku ini merupakan problema perbankan syariah dalam penetapan jaminanpembiayaan untuk nasabah debiturnya. Pembahasan ini penting penulis paparkan untuk dipahami oleh masyarakat yang berhubungan dengan perbankan terutama perbankan syariah, dan juga mahasiswa Hukum Ekonomi Islam yang matakuliah tentang perbankan syariah. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dicerna sehingga gampang dipahami para pembaca tentang konsep-konsep perbankan, terutama masalah jaminan dan yang penting untuk dipahami dengan baik tentang berbagai bentuk dan urgensinya. Pembahasan dalam buku ini berbeda dengan bukubuku tentang jaminan perbankan lainnya, yang cenderung melihat hanya dalam satu perspektif yaitu ketentuan hukum positif saja. Pembahasan tentang jaminan lebih komprehensif, mencakup pembahasan dalam perspektif Hukum Islam dengan menggunakan teori yang telah dibahas dalam fiqh muamalah dalam bentuk akad rahn dan kafalah, juga dalam Hukum Perdata dan ketentuan hukum yang mengatur tentang bank syariah.

Kajian yang penulis paparkan dalam buku ini merupakan problema perbankan syariah dalam penetapan jaminanpembiayaan untuk nasabah debiturnya.

Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Konsep danTeori

Dalam rangka meningkatkan daya saing bisnis, setiap perusahaan dituntut mampu mengembangkan strategi-strategi yang efektif. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk menghasilkan keputusan strategi yang efektif adalah melalui peningkatan kualitas pelayanan dan memahami faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Meski diakui, bahwa ujung tombak perusahaan adalah kemampuan dari bidang manajemen pemasaran (marketing management). Namun, persoalan perilaku konsumen secara spesifik harus menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Banyak keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada dalam rancangan strategi pemasaran. Untuk itu, buku ini sengaja disusun untuk memenuhi menjawab persoalan tersebut. Buku “Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian, Konsep dan Teori” ini disusun dengan maksud agar pembaca dapat dengan mudah memahami bagaimana perilaku konsumen, misalnya terkait dengan pengetahuan sejumlah faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen, dan bagaimana proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli.. Adapun isi buku ini terbagi dalam lima bagian, yaitu 1) bisnis dan kualitas pelayanan; 2) manajemen pemasaran dan jasa; 3) kualitas pelayanan jasa; 4) perilaku konsumen dan Kepuasan pelanggan;, serta 5) keputusan pembelian. Selanjutnya, yang menjadi sasaran bagi pembaca buku ini adalah para pelaku atau praktisi bisnis, peneliti, dan mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah manajemen pemasaran terutama terkait dengan perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Lebih lanjut, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian. Terakhir, penulis berharap semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Tentunya kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi pelengkap dan pendukung referensi yang telah ada sebelumnya. Kritikan dan saran dari pembaca akan menjadi masukan yang berharga guna penyempurnaan buku ini.

Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk menghasilkan keputusan strategi yang efektif adalah melalui peningkatan kualitas pelayanan dan memahami faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.