Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

Sisi-sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru

Optik Hukum, Implementasi, dan Rekonsepsi

Guru seringkali digugu dan ditiru begitulah pepatah klasik menyebutnya. Jikalau ada anak yang pandai pastilah yang ditanyai siap orang tuanya tapi sebaliknya kalau ada anak didik yang malas, kurang cerdas dll yang ditanya siapakah gurunya? paradigma ini seakan melekat seraya menisbatkan bahwa “tanggunga jawab” seorang guru tidaklah mudah. Semua pihak tentulah setuju dengan istilah profesionalisme guru. Tidak hanya secara keilmuan melainkan juga secara finansial, walaupun isilah guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sudah mengalami sedikit distorsi dan redifinisi di tengah kebijakan yang cenderung lesu. Guru yang profesional diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di tanah air yang selama ini tergolong relatif rendah. Meskipun beberapa individu telah mencapai prestasi yang gemilang di beberapa forum olimpiade. Namun keinginan dan harapan ini akan menjadi isapan jempol belaka apabila para stakeholders hanya berharap dan berharap tanpa berbuat sesutu yagn lebih baik. Buku ini membedah seputar realitas dan sisi-sisi lain kebijakan profesionalisme guru, dari sisi optik hukum, implementasi dan rekonsepsi. Sehingga cocok bagi para akademisi, praktisi, politisi, pemangku kebijakan serta birokrasi, terlebih aktivis mahasiswa, dan insan cendekia yang peduli akan pendidikan di negeri ini.

Buku ini membedah seputar realitas dan sisi-sisi lain kebijakan profesionalisme guru, dari sisi optik hukum, implementasi dan rekonsepsi.

Islam dalam Narasi Sejarah dan Peradaban

Upaya Menelusuri Wajah Islam dalam Dimensi Ruang dan Waktu

Sejarah peradaban Islam selalu menjadi inspirasi yang tak pernah usang untuk peradaban umat manusia. Islam dalam sejarahnya telah melampaui berbagai kurun, yaitu mulai dari permulaan kejayaan sampai kepada runtuhnya kekhilafahan Islam. Perjalanan sejarah inilah yang menjadi sumber dan inspirasi yang lengkap untuk dijadikan rujukan dalam membangun peradaban manusia modern.

... ), hlm. 212 114 M.K.Muhsin, Menyayangi Dhuafa, (Jakarta: Gema Insani, 2004), hlm. 58-59 115Fathurrohman Muhammad, History of Islamic Civilization, (Yogyakarta: Garudhawaca, 2017), hlm.49 68 | Islam dalam Narasi Sejarah &Peradaban.

Teori Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Biasanya untuk barang dengan keterlibatan rendah (low-involvement), proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang dengan keterlibatan tinggi (high-involvement), proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Di sisi lain, perilaku konsumen merupakan proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan untuk membeli, menggunakan serta mengonsumsi barang-barang dan jasa yang dibeli, juga termasuk faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Dari definisi tersebut, perilaku konsumen mengacu pada keinginan dan kebutuhan konsumen dalam aktivitas perusahaan. Konsep konsumen adalah raja nampaknya menjadi penting dipahami segenap pebisnis. Hal ini terjadi karena mereka memiliki kemampuan penuh untuk menyaring semua yang ditawarkan perusahaan dengan motivasi dan persepsi yang mereka miliki. Buku perilaku konsumen ini merupakan buku yang menjelaskan tentang perkembangan perilaku konsumen dari awal sampai era saat ini. Tentu banyak informasi yang terkait kajian perilaku konsumen disampaikan, baik dari sisi teoretis maupun kisah-kisah praktik yang terjadi di dunia bisnis. Buku ini sangat cocok digunakan oleh berbagai kalangan. Kalau Anda pebisnis, buku ini cocok karena banyak informasi penting dan aktual tentang beragam kasus bisnis dan teori yang sudah dikembangkan beberapa dekade sebelumnya. Kalau Anda mahasiswa, buku ini cocok sebagai bekal Anda menguatkan pemahaman dan konsep perilaku konsumen, terlebih ada mata kuliah yang secara spesifik membahas tentang perilaku konsumen di berbagai fakultas yang ada di universitas negeri maupun swasta. Kalau Anda konsultan, buku ini juga bisa digunakan untuk referensi mengelola konsultan Anda, terutama yang terkait dengan perilaku konsumen, lebih khusus lagi tentang bagaimana mengetahui, memahami, dan mendesain untuk menyikapi perilaku konsumen yang sedang berubah.

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Pemasaran Jasa Perspektif UKM

Pemasaran jasa merupakan salah satu topik dalam manajemen pemasaran yang tidak hanya membahas fungsi-fungsi pemasaran dalam mendesain sebuah produk dalam kategori layanan atau jasa, namun juga dapat menjadi acuan bagi pengelola usaha dalam menetapkan bentuk manajemen hubungan pelanggan dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan pasta pembelian produk. Pada buku ini, penulis mengupas bagaimana teori dasar dalam pengambilan keputusan pemasaran khususnya untuk pengelolaan dan pengembangan produk dalam bentuk layanan atau jasa. Penulis mengajak pembaca untuk melihat beberapa bentuk implementasi dari topik pemasaran jasa melalui perspektif Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Perbedaan sumber daya yang dikelola oleh UKM menjadikan manajemen usaha pada tingkat tersebut memiliki keunikan sendiri yang diharapkan dapat memberi wawasan tambahan kepada pembaca terkait bagaimana langkah efektif untuk mengelola sumber daya khususnya untuk implementasi strategi pemasaran di bidang layanan atau jasa. Buku ini dapat dimanfaatkan sebagai buku ajar pada mata kuliah manajemen pemasaran khususnya pada topik pemasaran produk layanan atau jasa, dan juga dapat digunakan sebagai buku saku dalam proses perencanaan strategic oleh pemilik dan/atau pengelola UKM. Buku ini dilengkapi dengan berbagai macam contoh praktis dalam untuk implementasi fungsi dan proses dalam topik pemasaran jasa.dan juga soal dan latihan kasus untuk diselesaikan melalui teori dan konsep yang telah didiskusikan pada setiap bagian di dalam buku. Selamat membaca dan semoga sukses!

Pemasaran jasa merupakan salah satu topik dalam manajemen pemasaran yang tidak hanya membahas fungsi-fungsi pemasaran dalam mendesain sebuah produk dalam kategori layanan atau jasa, namun juga dapat menjadi acuan bagi pengelola usaha dalam ...

Manajemen Bisnis Ritel

Buku ini berguna untuk membekali wawasan dan pemahaman mengenai pengelolaan bisnis ritel bagi mahasiswa. Fokus pada buku ini adalah memberikan gambaran tentang ruang lingkup, konsep inti, serta perilaku konsumen bisnis ritel. Aspek-aspek penting dalam pengelolaan bisnis ritel yang meliputi keuangan, operasional, sumber daya manusia, rantai pasok, dan pemasaran diulas secara komprehensif dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga membahas empat perkembangan penting dalam ritel: (1) meningkatnya peran Internet dalam ritel, (2) cara baru untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan (3) penggunaan teknologi dalam bisnis ritel. Materi pembelajaran serta soal latihan disusun secara sistematis dalam buku ini, sehingga akan mudah dipelajari oleh mahasiswa.

Buku ini berguna untuk membekali wawasan dan pemahaman mengenai pengelolaan bisnis ritel bagi mahasiswa.

Desain Sistem Digital

Menggunakan FPGA dan VHDL Teori dan Aplikasi

Buku ini berisi dasar-dasar desain sistem digital yang diimplementasikan pada sebuah board FPGA. Buku ini menyajikan secara komprehensif teori sistem digital yang dikombinasikan dengan pemrograman VHDL. Buku ini menjelaskan secara lugas mulai dari pengenalan FPGA, teori dasar gerbang logika, jenis rangkaian logika dasar hingga contoh aplikasi sederhana menggunakan FPGA Xilinx Spartan 3E.

RENCANA. PEMBELAJARAN. KOMPETENSIYANG DIHARAPKAN DICAPAI OLEH PESERTA Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa dapat: 1. Memahami sistem bilangan biner dan operasi aritmatika dalam bahasa VHDL 2. Memahami sistem pensaklaran yang ...

Desain Struktur Kayu dengan Metode LRFD

Buku “Desain Struktur Kayu dengan Metode LRFD” adalah buku yang membahas tentang perencanaan struktur kayu yang mengacu pada peraturan Spesifikasi Desain untuk Konstruksi Kayu sesuai SNI 7973:2013. Konsep perencanaan yang digunakan dalam buku ini adalah metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) yang sangat populer digunakan dalam desain struktur dewasa ini. Buku ini ditulis untuk mendukung proses pembelajaran pada mata kuliah Struktur Kayu yang merupakan mata kuliah wajib pada program studi Teknik Sipil. Pada Bab I, buku ini berisi tentang penggunaan material kayu sebagai konstruksi struktur bangunan, yang dilanjutkan dengan pembahasan sifat-sifat mekanik kayu pada Bab II yang juga mencakup tegangan karakteristik kayu. Pada Bab III mulai diuraikan tentang dasar-dasar bagaimana merencanakan struktur kayu menggunakan konsep Load and Resistance Factor Design (LRFD), serta dijelaskan tentang faktor-faktor koreksi dalam desain struktur kayu. Dengan memahami konsep dasar perencanaan tersebut, selanjutnya dibahas tentang aplikasi desain terhadap gaya-gaya yang bekerja pada elemen struktur kayu. Dimulai dari Bab IV yang membahas tentang desain struktur batang tarik, lalu diikuti oleh pembahasan desain struktur batang tekan pada Bab V. Pada Bab VI diuraikan tentang penjelasan perencanaan struktur batang lentur yang berisi tentang desain batang lentur, desain batang geser, dan pemeriksaan terhadap lendutan. Bab VII berisi tentang pembahasan struktur yang menerima kombinasi gaya aksial dan lentur. Akhir pembahasan ditutup dengan uraian tentang desain sambungan mekanik pada struktur kayu di Bab VIII.

Buku ajar ini disusun mengacu silabus kurikulum pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang digunakan pada mata kuliah “Struktur Kayu”. Setiap Bab pada buku ajar ini diawali dengan menjelaskan Capaian Pembelajaran, ...

Teknologi Pengolahan Buah Tropis Indonesia

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas. Secara garis besar, isinya dapat dipilah menjadi tiga bagian. Pertama, paparannya dimulai dari uraian ringkas mengenai makna buah-buahan bagi kesehatan, potensi, prospek dan tantangan dalam pengembangan agribisnis buah-buah tropis di Indonesia. Karakteristik buah-buahan secara umum dan faktor-faktor penyebab kerusakan, baik dari aspek sifat bawaan maupun dari pengaruh faktor lingkungan biotik maupun abiotik diuraikan secara singkat. Potensi kerusakan akibat penanganan pascapanen hingga penyimpanan, pengemasan dan pengangkutan buah segar juga dikemukakan. Bagian kedua buku ini mengemukakan secara umum mengenai berbagai tipikal produk olahan buah-buahan Indonesia yang berbentuk makanan padat maupun minuman berbagai jenis. Produk olahan padat meliputi buah kering, pengalengan, produk jam dan jelly, manisan buah dan buah hasil restrukturisasi dan keripik buah. Olahan berbentuk minuman antara lain berupa minuman probiotik (terfermentasi) berbasis buah dan minuman buah berbagai jenis. Buah-buahan tertentu dipilih untuk ditampilkan sebagai bagian ketiga yang sekaligus sebagai bagian terakhir buku. Bagian ketiga antara lain memuat mengenai deskripsi, komposisi pohon industri dan produk olahan masing-masing buah seperti: belimbing, belimbing wuluh, manga, nanas, nangka, pisang, sirsak, sukun, apel dan delima. Sebagian di antaranya juga memuat manfaat dan tingkat produksinya. Peluang riset di masa mendatang terkait dengan pengolahan buah-buahan tropis juga dikemukakan. Buku ini dapat digunakan sebagai rujukan bagi siapa saja yang tertarik dengan buan-buahan tropis Indonesia, baik dari kalangan perguruan tinggi, peneliti, industri, maupun masyarakat umum pemerhati masalah buah-buahan tropis Indonesia.

Buku ini sengaja disajikan cukup ringan tetapi tetap ilmiah dengan isi yang agak luas.

Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang pesat merupakan tantangan bagi organisasi, baik organisasi sektor publik maupun sektor bisnis. Perkembangan teknologi berdampak pula pada pekerjaan bidang administrasi perkantoran. Agar organisasi dapat bersaing, bertahan, serta berkelanjutan, maka organisasi harus menyusun strategi agar dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi tersebut. Pemanfaatan teknologi yang terus mengalami evolusi akan memberikan hasil yang Iebih berdaya guna serta berhasil guna bagi organisasi nantinya. Perkembangan teknologi, menuntut pekerja di bidang administrasi menguasai sejumlah kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai oleh pengelola dan pelaku bidang administrasi perkantoran professional mencakup: pengoperasian komputer, internet, komunikasi, kemandirian, pengetolaan database, perencanaan sumber daya organisasi, pengelolaan media sosial, dan berfokus pada pencapaian tujuan organisasi. Pengelola pekerjaan kantor dituntut memiliki kemampuan berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik dan memahami teknologi digital. Oleh karena itu, buku ini disusun sebagai sarana pengayaan pengetahuan serta keterampilan di bidang administrasi perkantoran dengan berbasis teknologi informasi yang terdiri dari 14 bab yaitu Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi informasi, Organisasi Perkantoran Modern, Perencanaan Pekerjaan Perkantoran, Proses Bisnis Administrasi Perkantoran, Korespondensi Bisnis, Laporan Bisnis, Pengelolaan Arsip Elektronik, Pengelolaan Data dan Informasi, Sistem informasi Perkantoran, Sarana dan Prasarana Kantor, Lingkungan Kantor, Otomatisasi Perkantoran dan Virtual Office, Pengawasan dan Pengarahan Perkantoran, serta Efisiensi Kerja Perkantoran. Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain, manajer perusahaan bisnis, pustakawan, dan arsiparis tentang Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi maupun siapapun pekerja yang memanfaatkan administrasi perkantoran sebagai pedoman dalam pengelolaan administrasi perkantoran sebuah perusahaan bisnis, instansi, kantor, perguruan tinggi, atau badan korporasi lain; serta berbagai sumber informasi untuk penguasaan keterampilan dalam administrasi perkantoran.

Buku ini hadir sebagai bahan referensi bagi mahasiswa/wi jurusan sekretaris, mahasiswa/wi jurusan administrasi perkantoran/administrasi niaga, siswa/wi SMK administrasi perkantoran, pimpinan kantor, instansi, perguruan tinggi, atau badan ...

Manajemen Risiko Agroindustri

Teori dan Aplikasinya

Buku ajar ini terdiri dari 15 bab: 1: Konsep dasar risiko dan manajemen risiko sebagai fungsi perusahaan 2: Standar manajemen risiko 3: Identifikasi dan klasifikasi risiko 4: Penilaian risiko 5. Tahapan penilaian risiko dan matriks risiko 6: Penilaian risiko 7: Failure modes and effects analysis (FMEA) dan House of Risk (HOR) 8: Penanggulangan risiko 9: Teknik pengendalian risiko 10: Transfer risiko dan asuransi risiko 11: Manajemen risiko operasional 12: Manajemen risiko sumber daya manusia 13: Manajemen risiko pemasaran 14: Manajemen risiko rantai pasok 15: Manajemen risiko agroindustri berkelanjutan dan penyusunan dokumen perencanaan manajemen risiko

“The Orange Book” Sebuah ketidakpastian pada hasil yang from Her Majesty's timbul dari kombinasi dampak dan Treasury of the UK kemungkinan peristiwa yang potensial Government (Her Majesty's Treasury of the UK Government, 2004).