Sebanyak 54 item atau buku ditemukan

TEORI DAN APLIKASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal. Terapan dari ilmu psikologi perkembangan digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan dan pengasuhan, organisasi industri, pengoptimalan kualitas hidup dewasa tua, dan penanganan remaja.

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat dan dinamis, pengetahuan tentang konsep dasar manajemen bisnis adalah aset berharga bagi individu dan organisasi. Konsep-konsep ini adalah fondasi bagi kesuksesan, yang berlaku sepanjang masa, tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis atau proyek yang di hadapi. Prinsip- prinsip utama yang membentuk dasar manajemen bisnis yang efektif. Mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, kepemimpinan, dan budaya organisasi, informasi yang dapat membantu memahami, menerapkan, dan mengasah keterampilan manajemen bisnis.

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat dan dinamis, pengetahuan tentang konsep dasar manajemen bisnis adalah aset berharga bagi individu dan organisasi.

PROFESI KEGURUAN

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam membangun peradaban dan kemajuan suatu bangsa. Guru, sebagai ujung tombak pendidikan, memiliki peran sentral dalam mewujudkan cita-cita pendidikan. Guru bukan sekadar penyampai ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentuk karakter dan kepribadian generasi penerus bangsa. Mendidik siswa untuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya merupakan tanggung jawab moral yang diemban guru. Menyadari betapa mulianya tugas guru, buku ini hadir untuk mengkaji profesi guru secara mendalam. Dimulai dengan pembahasan mengenai hakikat guru, syarat menjadi guru, hingga peran strategis guru dalam pendidikan. Buku ini juga membedah berbagai kompetensi yang wajib dimiliki guru profesional, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, maupun profesional. Pembahasan mengenai kode etik guru dan implementasinya di lapangan turut melengkapi isi buku ini. Di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks, profesi guru dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalismenya. Oleh karena itu, buku ini menyuguhkan uraian tentang strategi peningkatan profesionalisme guru baik secara mandiri maupun berkelompok. Pada bagian akhir, buku ini membahas peluang dan tantangan profesi guru dalam menghadapi persaingan global.

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam membangun peradaban dan kemajuan suatu bangsa.

Konsep Diri Evidence-Based pratice

Dengan memiliki konsep diri yang positif, diharapkan individu mampu melakukan berbagai aktivitas dengan adaptif. Buku “Konsep Diri” ini memaparkan tentang konsep diri, komponen dan faktor yang mempengaruhinya, tindakan untuk mengatasi gangguan konsep diri dan bukti ilmiah (evidence-based practice) kegiatan peningkatan konsep diri individu.

... diri kolektif. Diri individual merupakan diri yang berfokus kepada kemampuan individu yang sifatnya personal seperti kognitif, kepribadian dan pilihan. Diri individu terpisah dari orang lain, dan tidak bergantung kepada orang lain atau ...

Etika & Profesi Keguruan

Manusia sebagai bagian makhluk hidup yang bermasyarakat (zoon politicon) tidak dapat terlepas dari relasi dengan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal di mana melakukan aktivitas. Dalam melakukan aktivitas keseharian maka manusia membutuhkan etik, manusia diperhadapkan pada norma atau aturan atau adat atau hukum yang mengikat, baik saat berelasi dengan Tuhan, secara interpersonal, lingkungan hidup sekitar maupun secara hubungan pribadi. Seorang guru perlu berkontribusi dalam tingkat keberhasilan pendidikan melalui aktivitas dan kinerja pengajaran pada tahap institusional dan intruksional. Kontribusi strategis guru harus selaras dengan amanat yang tercantum pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Aktivitas guru sebagai tenaga profesional merupakan agent of change dalam pembelajaran. Tenaga profesional ditentukan oleh aktivitas yang berdasarkan kualifikasi akademik, kompetensi dasar, sertifikat pendidik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan akademik yang telah ditetapkan pemeritah sehingga guru semakin berperan dalam pendidikan. Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, bab lima tentang prinsip dan tahapan pengembangan karier guru, bab enam tentang pendidikan profesi guru, bab tujuh tentang kompetensi dan karakteristik guru abad 21, bab delapan tentang hak dan kewajiban guru, bab sembilan tentang kinerja, komitmen, dan efektivitas kerja guru, bab sepuluh tentang guru sebagai jabatan profesional, bab sebelas tentang kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran, bab dua belas tentang sertifikasi guru, bab tiga belas tentang guru dalam implementasi kurikulum, dan bab empat belas tentang guru dalam menilai proses dan evaluasi pembelajaran.

Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, ...

Sistem Informasi Manajemen (Pendekatan Konseptual)

Buku ini disusun dalam bentuk book chapter hasil kolaborasi dari para paraktisi dan akademisi. Buku ini terdiri dari dua belas bab yang membahas tentang sistem informasi manajemen. Peranan sistem informasi manajemen sangat penting dalam suatu organisasi, era yang serba digital saat ini memudahkan pertukaran arus informasi yang sangat cepat dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini tentu masih terdapat banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya edisi selanjutnya.

Buku ini disusun dalam bentuk book chapter hasil kolaborasi dari para paraktisi dan akademisi.

TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs

Buku "TEKNOLOGI INFORMASI & SDGs : Peranan Teknologi Informasi di Berbagai Bidang Dalam Mendukung Sustainable Development Goals" membahas tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs adalah tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB dan bertujuan untuk mencapai keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan di seluruh dunia. Buku ini mencakup berbagai bidang yang terkait dengan SDGs, seperti manajemen, pendidikan, industri, transportasi, pertanian & peternakan. Buku ini menjelaskan tentang bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan di bidang-bidang tersebut, serta memfasilitasi koordinasi dan kolaborasi antar berbagai pihak yang terlibat dalam pencapaian SDGs. Buku ini cocok untuk para pembaca yang tertarik dalam bidang teknologi informasi, pembangunan berkelanjutan, dan SDGs. Buku ini juga berguna bagi para profesional, akademisi, dan praktisi yang ingin memperdalam pemahaman tentang bagaimana teknologi informasi dapat memainkan peran penting dalam mencapai keberlanjutan di seluruh dunia.

Memperkuat kapasitas lembaga keuangan domestik untuk mendorong dan memperluas akses terhadap perbankan, asuransi dan jasa keuangan bagi semua. Adapun manfaatnya adalah: a. Melihat keterjangkauan masyarakat terhadap fasilitas lembaga ...

Ekonomi Koperasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsep dan Sejarah Koperasi, Perkembangan Koperasi Di Indonesia, Asas dan Prinsip Koperasi, Bentuk dan Jenis Koperasi, Tujuan dan Fungsi Koperasi, Perangkat Organisasi Koperasi, Manajemen Koperasi, Pembentukan Koperasi, Permodalan Koperasi, Sisa Hasil Usaha, Peranan Koperasi, dan Kendala Perkembangan Koperasi.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ekonomi Koperasi. Sistematika buku Ekonomi Koperasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.