Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Daya Seni

Bunga Rampai 25 Tahun Prodi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa UGM

Tidak hanya ditujukan sebagai wujud perayaan 25 tahun (1991-2016) berdirinya Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa (PSPSR), Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, inisiatif atas pembuatan buku ini dimaksudkan untuk menstimulasi serta mengembangkan wacana daya seni pada lingkup pembaca yang lebih luas. Buku ini, secara eksplisit dapat menyingkap ketertautan dan keberlindanan seni dengan aspek lain yang telah lebur, dan secara implisit dapat memberikan logika yang taktis dalam membaca, menyikapi, atau menerapkan atas konstelasi seni yang terus berkembang kini. Dengan logika tersebut, pandangan yang kerap kali memosisikan seni hanya sebagai aspek pendukung dari aspek lain, seperti: politik, ekonomi, sosial, hukum, teknik, dan sebagainya, dapat berubah dengan melibatkan kesadaran dan pemahaman atasnya. Buku bunga rampai ini ditulis dari beberapa dosen yang mengajar di prodi PSPSR serta beberapa dosen yang turut membimbing dan menguji tugas akhir, di antaranya adalah: Prof. Dr. R.M. Soedarsono, Prof. Dr. Timbul Haryono, M.Sc., Prof. Drs. SP. Gustami, S.U., Prof. M. Dwi Marianto, MFA, Ph.D., Prof. Dr. Victor Ganap, M.Ed., Prof. Dr. Soetarno, DEA., Dr. Rr. Paramtiha Dyah F., M.Hum., Dr. Phil. Vissia Ita Yulianto, Dr. Wiwik Sushartami, M.A., Dr. G.R. Lono Lastoro Simatupang, M.A., dan Dr. Kris Budiman. Selain itu, buku daya seni ini turut mengakomodasi beberapa pembicara di seminar The Power of Art yang dihelat setahun silam, yakni: Prof. Dr. Bambang Sugiharto, Prof. Dr. Friedrich von Borries, dan Dr. Paul Rae. Alhasil bertolak dari empatbelas penulis tersebut, pewacanaan akan daya seni dapat mulai tercipta.

Perbedaan vokalisasi yang berasal dari tradisi baca-tulis musik dan tradisi lisan juga menandai perbedaan vokalisasi dalam melantunkan ornamentasi melisma.

Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas

Penulis: Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Erika Revida, Iskandar Kato, Hijrayanti Sari, Sudung Simatupang, Andriasan Sudarso, Muhamad Faisal, Diena Dwidienawati Tjiptadi, Sisca, Martono Anggusti, Yurilla Endah Muliatie xiv; 210 hlm; 16 x 23 cm ISBN: 978-623-342-112-6 Cetakan 1, Juni 2021 Buku ini mengulas tentang bagaimana memahami konsumen dalam menjalankan bisnis. Dengan memahami konsumen diharapkan pebisnis mampu merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan efisien demi tercapainya tujuan perusahaan. Adapun tujuan dari buku ini untuk membantu mahasiswa, akademisi dan praktisi memahami perilaku konsumen dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Buku ini terdiri dari 11 Bab dengan masing –masing bahasan sebagai berikut Bab 1. Analisis Perilaku Konsumen Bab 2. Motivasi dan Kebutuhan Bab 3. Pengetahuan dan Persepsi Konsumen Bab 4. Pengolahan Informasi Bab 5. Pembelajaran Konsumen Bab 6. Sikap Konsumen Bab 7. Lingkungan Budaya, Demografi, Ekonomi dan Sosial dan Situasi konsumen Bab 8. Proses Pengambilan Keputusan Bab 9. Loyalitas Konsumen Bab 10. Tanggungjawab Sosial Kepada konsumen Bab 11. Penelitian Perilaku Konsumen

Kotler dan Amstrong, (2009), kepuasan konsumen eksternal dipengaruhi pula oleh kualitas pelayanan purna jual. Uraian tersebut, menyimpulkan bahwa pemasok dan konsumen adalah setiap orang atau badan yang datang dari dalam perusahaan ...

MENUJU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Kekuatan-kekuatan yang ada di sekitar organisasi dapat mempengaruhi organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Di dalam lembaga pendidikan, pengaruh yang langsung antara lain datang dari pihak pengelola, yaitu kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lain termasuk staf tata usaha (internal stakeholder). Pengaruh langsung juga diterima dari murid, orang tua murid, masyarakat, dan pemerintah (external stakeholder). Sedangkan kekuatan yang berpengaruh tidak langsung terhadap pendidikan antara lain : kemajuan teknologi, keadaan politik, perubahan sosial dan ekonomi. Perubahan yang terjadi karena pengaruh internal maupun eksternal, langsung maupun tidak langsung, merupakan aspek sasaran kerja manajemen. Sejauh ini manajemen memang diakui lebih dahulu lahir ketimbang organisasi. Hal itu dikemukakan karena organisasi merupakan rangkaian kerja manajemen, yang artinya bahwa proses manajemen membentuk sebuah organisasi. Akan tetapi, mungkinkan manajemen berjalan sebelum organisasi ada? Buku ini akan memberikan wawasan kepada 5 pokok diskusi menuju bentuk manajemen berbasis sekolah, yakni : 1.Konsep Dasar Manajemen 2.Konsep Dasar Pendidikan 3.Manajemen Dalam Pendidikan 4.Perkembangan Teori Manajemen Pendidikan 5.Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Buku ini akan memberikan wawasan kepada 5 pokok diskusi menuju bentuk manajemen berbasis sekolah, yakni : 1.Konsep Dasar Manajemen 2.Konsep Dasar Pendidikan 3.Manajemen Dalam Pendidikan 4.Perkembangan Teori Manajemen Pendidikan 5.Manajemen ...

Modul Pengenalan Dasar Manajemen Olahraga dan Musik

Buku Modul Pembelajaran: Pengenalan Dasar Manajemen Olahraga dan Musik ini digunakan untuk membantu proses belajar bagi para peserta didik yang berminat mengenal ilmu manajemen di bidang olahraga dan musik. Pembentukan dan tata kelola manajemen olahraga dan musik ini merupakan hal yang baru dan membutuhkan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan tata kelola manajemen di bidang-bidang yang lain. Para peserta didik, dalam tahap awal pengenalan manajemen olahraga ini, akan diperkenalkan tentang proses pembentukan manajemen industry olahraga, melalui pemahaman dasar akan pentingnya analisa strategi di bidang olahraga dan pengertian hal-hal yang terkait dalam proses pembentukan analisa strategi, termasuk analisa lingkungan terkait dengan bidang-bidang olahraga. Pemahaman akan analisa strategi dan analisa lingkungan ini dapat membantu proses pemahaman, pembentukan dan pengembangan bagi manajemen operasional olahraga untuk dapat mengoptimalkan proses manajemen, kualitas, dan penerapan (performance) di bidang olahraga yang dikelola. Selain manajemen olahraga ini, para peserta didik juga akan memiliki pandangan dan pemahaman yang lebih luas mengenai manajemen di bidang musik industry dan hal-hal terkait untuk memaksimalkan suatu kegiatan musik, seperti proses pembentukan tim yang diperlukan dalam proses pembentukan dan pencitraan seorang penyaji ataupun seorang artisan di bidang musik. Dalam hal ini, seorang manajemen musik harus dapat mengambil langkah-langkah dan tindakan untuk dapat mengoptimalkan sumber pendapatan ataupun penghargaan bagi pada seniman atau musisi, baik sebagai seorang artisan ataupun sebagai seorang penyaji dalam kegiatan musik pertunjukan

The online equivalent of broadcasting, but only by streaming via the internet. 15. A Simultaneous webcast of a radio or television broadcast or cable broadcast. Lembar Pilihan Kuis 2: 1. Linear Streaming 2. Making Available 3.

MANAJEMEN PENDIDIKAN KONTEMPORER

Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

Indonesia pernah dihadapkan pada situasi yang rumit, dimana konsep kolonialis menubuh ke dalam dunia pendidikan, khususnya bidang manajemen. Kemudian muncul model manajemen pendidikan liberalis sosialis, yang mendewakan sikap otoriterisme. Baru kemudian pada tahun 1994, Indonesia berhasil merombak kurikulum ke arah yang lebih cerah. Pemusatan total pada peserta didik diperluas dengan memasukkan unsur muatan lokal sebagai pendekatan. Pendidikan yang mulanya sentralistik, diubah menjadi desentralistik. Dari sini, kemudian bergemuruh pendidikan berbasis kearifan lokal. Otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan dipandang sebagai kabar baik. Setiap daerah memperkenalkan budayanya melalui pembelajaran. Potensi lokal dikembangkan, diintegrasikan, dan diinternalisasikan ke dalam proses pembelajaran. Daerah terpinggirkan menjadi produktif, kebudayaan daerah yang tenggelam hidup kembali, adat istiadat pun banyak diungkap. Akhirnya manajemen pendidikan Indonesia bergeser ke arah pengembangan kearifan lokal. Dengan sajian-sajian menarik dilengkapi studi lapangan sebagai bukti sampelnya, buku ini hadir sebagai obor bagi manajemen pendidikan di negeri ini. Beragam pola menajemen pendidikan kontemporer dibahas dalam buku ini, mulai dari pendekatan manajemen pendidikan yang berbasis pada karakter, budaya, hingga kearifan lokal. Sudah saatnya pendidikan di Indonesia menjadi media penyelamat bangsa dengan mencetak generasi yang berkarakter dan dapat mengembangkan potensi kearifan lokal di daerahnya.

Maka tugas manajemen pendidikan adalah menjaga kearifan budaya untuk kebahagiaan ... prosedur, sarana-prasarana yang tersusun saling mempengaruhi untuk ...

Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap insan dan setiap bangsa, dalam meningkatkan daya saingnya. Buku ini disusun sebagai panduan guru-guru dan pelaku pendidikan. Buku Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi ini membahas masalah dan persoalan manajemen mutu yang mengitarinya. Implementasi TQM secara dini dalam pendidikan hendaknya mampu memberikan solusi dan warna peningkatan mutu SDM kita.

Buku Konsep Mutu dalam Manajemen Pendidikan Vokasi ini membahas masalah dan persoalan manajemen mutu yang mengitarinya. Implementasi TQM secara dini dalam pendidikan hendaknya mampu memberikan solusi dan warna peningkatan mutu SDM kita.

MANAJEMEN PENELITIAN PENGEMBANGAN ( RESEARCH & DEVELOPMENT ) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI

Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan. Masyarakat semakin sadar akan kelanjutan menempuh pendidikan jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi dosen, guru maupun pegawai. Jenjang pendidikan yang ditempuh adalah Strata Satu (S1) ke jenjang Strata Dua (S2), Strata Dua (S2) ke jenjang Strata Tiga (S3). Faktual dilapangan masih ditemukan mahasiswa semester akhir pada jenjang Strata dua (S2) dan Strata tiga (S3) yang merasakan kegalauan dalam penyusunan tesis dan disertasi. Buku Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) merupakan solusi bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research & Development). Buku ini secara garis besar berisi praperencanaan penelitian, perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian, serta publikasi penelitian. Buku ini juga memberikan panduan, prosedur serta contoh bagi mahasiswa yang sedang menyusun tesis dan disertasi dari pengalaman penulis yang pernah lakukan.

Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan.

Manajemen Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memang dapat dikatakan cukup kompleks, penilaian ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dalam pelaksanaannya pendidik harus memahami betul tahapan-tahapan dan teknik penilaian yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik.

Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA

Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & Developement). Buku “Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)” merupakan solusi bagi mahasiswa, peneliti, dosen yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research Development) atau R & D khususnya di Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Buku ini juga dapat digunakan sebagai literartur perkuliahan metodologi penelitian bidang Manajemen Pendidikan IPA atau pendidikan IPA maupun bidang ilmu lainnya. Buku ini secara garis besar memberikan contoh secara kongkret bagi peneliti dan pembaca mengenai langkah-langkah setiap tahapan penelitian pengembangan (Research Development). Contoh kongkret penelitian pengembangan (Research Development) yang pernah penulis lakukan. Garis besar isi buku ini adalah: Pendahuluan, penelitian pengembangan, Tahap studi pendahuluan /need asses-ment, tahap pengembangan, tahap pengujian, penyu-sunan instrumen penelitian pengembangan dan dua contoh penelitian pengembangan bidang Manajemen Pendidikan IPA dan pendidikan IPA yang pernah dilakukan penulis.

Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & ...