Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP/MTs Kelas 9

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Penerbit Grasindo. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013.

Total Quality Management in Education

This text has been written for managers in higher education as well as for headteachers and deputy heads in the school sector.;"Total quality management" (TQM) is a philosophy and a methodology that is widely used in business, and increasingly in education, to manage change or other processes. With the pressure for change and quality in education never more acute, this book provides an opportunity for readers in education to acquaint themselves with TQM.;Revised and updated, this edition introduces the key concepts of TQM in the education context. It discusses organizational, leadership and teamwork issues and the tools and techniques of TQM. This text should help educators develop a framework for quality management in their school, college, department or university.

This text has been written for managers in higher education as well as for headteachers and deputy heads in the school sector.

Hukum Keluarga Islam Masyarakat Kerinci Jambi

Adanya buku ini, diharapkan proses pembelajaran dapat terarah dan mahasiswa dapat memahami materi yang berkaitan dengan perbandingan pembagian harta warisan melalui buku teks, internet, penelitian, dan lain-lain. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat pencari keadilan tentang kewarisan.

... kekeluargaan dan sifat warisan yang dalam suatu masyarakat tertentu berhubung erat dengan sifat kekeluargaan serta berpengaruh pada kekayaan dalam masyarakat itu. Sifat dari kekeluargaan tertentu menentukan batas-batas, yang berada ...

KUNCI IBADAH

Sekarang ini adalah zaman pembangunan dan kemajuan di berbagai bidang.Namun pembangunan itu bukanlah semata-mata ditujukan pada pembangunan fisik saja seperti gedung, jalan atau pabrik, tetapi pembangunan itu hendaklah diawali dari pembangunan jiwa, dengan cara; mengerjakan perintah Allah Ta'ala, memperbaiki budi pekerti serta memahami syari'at Islam. Dari permasalahan tersebut, dengan hidayah Allah SWT, terbukalah hati kami untuk menyusun sebuah buku kecil ini yang kami beri nama "KUNCI IBADAH" berisi tentang Rukun Iman dan Rukun Islam menurut madzhab Syafi'i, untuk menuntun saudara-saudara muslim kita, khususnya bagi mereka yang masih dalam tahap belajar dan yang belum mengetahui benar akan syari'at agamanya.

Dari permasalahan tersebut, dengan hidayah Allah SWT, terbukalah hati kami untuk menyusun sebuah buku kecil ini yang kami beri nama "KUNCI IBADAH" berisi tentang Rukun Iman dan Rukun Islam menurut madzhab Syafi'i, untuk menuntun saudara ...

Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran

Dalam Perspektif Pragmatis

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis. Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan acuan operasional bagi guru untuk melaksanan kegiatan pembelajaran, sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran: Dalam Perspektif Pragmatis, adalah sebuah buku yang mengurai kurikulum dan pembelajaran secara pragmatis. Paparan isi buku ini, tidak hanya mengemukakan konsep dan teori-teori bermakna, tetapi juga mengungkap secara gamblang bagaimana menerapkan suatu kurikulum dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran dalam buku ini menggunakan pendekatan implementatif dan kontekstual. Pendekatan implementatif penting dikemukakan untuk melihat secara jelas teori konseptual tertuang dalam praktik-praktik operasional di lapangan. Sementara pendekatan kontekstual dibutuhkan mengingat latar belakang dan kondisi pengguna kurikulum adalah berbeda-beda. Buku ini mengurai filosofi kurikulum mengingat masih terdapat pemahaman kurang lengkap terutama di kalangan tenaga pendidik di SD mengenai kurikulum. Akibatnya, pemahaman yang kurang lengkap tersebut, dapat berdampak pada implementasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran ril kepada peserta didik. Buku ini berusaha menjembatani pemahaman tenaga pendidik tersebut dengan memaparkan konsep kurikulum dalam berbagai aspek dan sudut pandang. Buku ini berisi tentang berbagai isu terkait kurikulum dan beragam dimensi terkait pembelajaran. Kedua mainstream isu tersebut ditata ke dalam 9 Bab dan 38 Sub-bab. Kesembilan Bab tersebut tereksplorasi secara berturut-turut meliputi Hakikat Kurikulum, Isi Kurikulum, Kurikulum Berkarakter, Implementasi Kurikulum, Kondusifitas Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna, Pembelajaran Tematik-Integratif, Model-model Pembelajaran Kontemporer, Lesson Study dan Kompetensi Guru. Kurikulum dan pembelajaran sangat erat kaitannya dengan lesson study. Lesson study, merupakan salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kajian pembelajaran kolaboratif. Isi Sub-sub bab dipaparkan secara lugas dan sistematis serta diperjelas dengan contoh-contoh konkret untuk memudahkan pembaca menangkap isi dan maknanya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan atau siapa saja pembaca yang tertarik untuk mengembangkan wawasan mengenai kurikulum dan pembelajaran di sekolah.

KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN: Dalam Perspektif Pragmatis.

Buku Ajar Micro Teaching

Mengajar dalam Teori dan Praktik

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, sehingga sangat minim kesempatan mereka untuk mengakses informasi di sela-sela waktu istirahatnya. Hal ini juga diperparah dengan mahasiswa yang sudah berkeluarga dan hidup dalam tatanan sosial kemasyarakatan yang juga banyak menuntut waktu mereka. Dengan demikian buku ini dihadirkan untuk melengkapi khazanah pengetahuan dan kepustakaan maha-siswa dalam melaksanakan perkuliahan khususnya mahasiswa yang tergolong punya banyak kesibukan.

Kebutuhan mahasiswa akan materi ajar dalam proses perkuliahan terkadang tidak sepenuhnya dapat mereka lengkapi walaupun dengan berlimpahnya informasi yang dapat diperoleh di dunia maya, seperti internet.

Modul Hakikat Pembelajaran Micro Teaching

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan. Selain menuntut kesiapan dan penguasaan materi ajar, yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menghadapi calon siswa dengan berbagai karakter. Tak hanya itu, mahasiswa calon guru juga harus menyiapkan diri dengan kompetensi pedagogik yang relevan. Terkait dengan empat kompetensi pendidik, ada beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai mahasiswa calon pendidik. Keterampilan dasar itu meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan variasi stimulus, keterampilan bertanya dasar dan lanjut, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengelola kelas. Semua keterampilan tersebut adalah dasar-dasar 'gaya' pedagogik seorang pendidik. Disajikan dengan gaya ringkas, berbagai keterampilan dasar tersebut dapat dipelajari melalui buku pengaya ini.

Mata kuliah pengajaran mikro (micro teaching) kadang-kadang menjadi hal yang ditakuti oleh mahasiswa program studi pendidikan.

Teori Organisasi dalam Perpektif Pendidikan

Buku ini dibuat dengan tujuan agar menjadi bagian dari sumber rujukan mahasiswa, Dosen, dan para pembaca, khususnya mahasiswa kependidikan, mudah di pahami dan dipraktekan pada kehidupan sehari-hari, khususnya pada pembelajaran baik di sekolah, maupun perkuliahan di perguruan tinggi. Terimakasih atas bantuan dari berbagai pihak sehingga buku ini dapat terbit sesuai cita-cita penulis, dan semoga bermanfaat bagi pembaca dan pemerhati Pendidikan. Tanpa bantuan dari berbagai pihak mungkin tulisan ini tiada artinya. Isi atau gambaran buku ini, menjelaskan tentang teori-teori organisasi dan asal mula munculnya teori organisasi, serta falsafah teori organisasi, dalam perspektif kependidikan yang di dasari oleh orang-orang yang saling membutuhkan dan berinteraksi dalam mencapai tujuan. Penulis : Dr. Nurdin, M.Pd. & Dr. Endang Herawan, M.Pd. Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-x+192 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Nurdin, M.Pd. & Dr. Endang Herawan, M.Pd. Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-x+192 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam. Dari konsep dasar hingga pengelolaan aspek keuangan, humas, serta sarana dan prasarana pendidikan, buku ini menjadi panduan komprehensif bagi para praktisi dan pemimpin lembaga pendidikan Islam. Dengan berlandaskan dasar-dasar teoritis dan konseptual, pembaca diajak memahami hakikat manajemen pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya sekadar uraian teoritis, tetapi juga menarik pembaca melalui sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan dalam bingkai pemikiran Islam. Sebuah penelusuran yang membuktikan bahwa manajemen pendidikan bukan hanya elemen tambahan, melainkan bagian integral dari tradisi pendidikan Islam. Buku ini ditujukan untuk para praktisi pendidikan dan pemimpin lembaga pendidikan Islam, buku ini berfungsi sebagai panduan yang praktis dan mendalam. Buku ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan, tetapi juga menjadi landasan kuat bagi manajemen yang efektif dan berkesinambungan dalam dunia pendidikan Islam.

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam.

Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk membantu para praktisi pendidikan, baik guru, instruktur, bahkan dosen dalam memahami konsep teoretis, proses implementasi, dan cara mengevaluasi penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Seperti yang kita ketahui bersama, media pembelajaran digunakan di kelas untuk mendukung proses belajar mengajar itu sendiri sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan efektif.

... Pembelajaran IPA di jenjang MI/SD tidak dapat terpisahkan oleh media pembelajaran karena banyak materi IPA sulit dipahami jika hanya dijelaskan dengan buku. Adanya media yang tepat dalam pelajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan minat ...