Hidup di masa yang jauh setelah era Rasulullah SAW memiliki satu problema mendasar, yakni tidak adanya tempat bertanya sebagaimana di era Rasulullah SAW. Ketika hidup di era Rasulullah SAW, para sahabat tidak memiliki kesulitan ketika dihadapkan kepada suatu masalah. Sebab para sahabat dapat langsung bertanya kepada Rasulullah SAW secara langsung. Sehingga masalah yang dihadapi dapat terpecahkan karena langsung mendapatkan jawaban dari Rasulullah. Namun hidup di era sekarang jauh berbeda dengan kehidupan pada masa sahabat tersebut. Sehingga diperlukan aturan yang dapat menjadi petunjuk dalam setiap bidang kehidupan manusia. Kondisi inilah yang terjadi dalam kehidupan ekonomi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan hubungan manusia atau tingkah laku manusia. Banyak masalah yang tidak terjadi pada masa Rasulullah SAW, namun saat ini terjadi. Sehingga memerlukan petunjuk bagaimana menghadapi masalah tersebut. Di sinilah diperlukan sebuah aturan yang dapat menjadikan pegangan bagi umat Islam. Fikih ekonomi tidak lain adalah bagian dari aturan yang dapat menjadi petunjuk dalam kehidupan hubungan manusia dalam kegiatan ekonomi tersebut. Terlebih lagi, perkembangan ekonomi yang semakin dinamis dalam kehidupan masyarakat melahirkan banyak masalah yang sebelumnya tidak terfikirkan sama sekali. Di sinilah diperlukan ijtihad-ijtihad keagamaan dalam rangka memberikan petunjuk kepada umat Islam dalam menghadapi kehidupan ekonomi masyarakat.
dengan sesamanya dalam masalah keduniawaan.2 Dalam buku lain juga sama mengatakan bahwasanya fikih muamalah yaitu ilmu tentang hukum-hukum syara' yang mengatur hubungan atau interaksi antara manusia dengan manusia yang lain dalam bidang ...
Buku ini saya susun karena sangat minimnya kajian teoritik Manajemen Strategik yang difokuskan kepada pengelolaan perspektif bisnis di lembaga pendidikan Islam. Padahal manajemen strategis sangat penting dipelajari dan digunakan para pengelola lembaga pendidikan Islam agar dapat memenangkan pertarungan dalam industri pendidikan yang memang tidak bisa lagi dipungkiri telah sangat kapitalistik.
Buku ini saya susun karena sangat minimnya kajian teoritik Manajemen Strategik yang difokuskan kepada pengelolaan perspektif bisnis di lembaga pendidikan Islam.
Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, pemahaman yang kuat tentang manajemen pemasaran menjadi kunci keberhasilan. Buku “Manajemen Pemasaran” adalah panduan yang komprehensif bagi para praktisi dan pemula yang ingin menguasai strategi dan taktik pemasaran yang efektif. Di dalam buku ini disajikan materi-materi tentang: Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Peran Manajemen Pemasaran Bagi Perusahaan Strategi Pemasaran pengambilan Keputusan Analisis Pasar & Perilaku Konsumen Segmentasi Pasar & Targetting Branding & Positioning Produk Riset Pasar dan Pengumpulan Data Konsumen Perencanaan & Pengembangan Produk Baru Manajemen Distribusi dan Penjualan Promosi dan komunikasi pemasaran Manajemen Harga & Penentuan Harga Produk Evaluasi dan Kinerja Pemasaran
Bisnis kredit merupakan kegiatan utama bank. Bisnis ini memberikan keuntungan sekaligus risiko yang besar karena dapat berpengaruh pada kesehatan dan kelangsungan usaha. Sebagai lembaga intermediasi, sebagian besar dana bank berdasarkan dana masyarakat, dengan demikian pemberian kredit perbankan dibatasi ketentuan Undang-Undang dan ketentuan Bank Indonesia. Karena ketat dan dinamisnya kondisi lingkungan dan regulasi perbankan, bank perlu mempersiapkan SDM bisnis perkreditan yang handal sekaligus memahami segala aturan main yang berlaku. Buku ini membahas berbagai informasi dari organisasi perkreditan, budaya kredit, produk kredit, risiko perkreditan, proses kredit, penetapan suku bunga kredit, hukum perkreditan, pemasaran sampai pembiayaan syariah. Buku ini juga merupakan modul pembelajaran bagi para peserta yang memersiapkan diri mengikuti sertifikasi bidang kredit tingkat I untuk para credit officer.
Sebagai lembaga intermediasi, sebagian besar dana bank berdasarkan dana masyarakat, dengan demikian pemberian kredit perbankan dibatasi ketentuan Undang-Undang dan ketentuan Bank Indonesia.
Ilmu Ekonomi yang tidak menghiraukan aspek kemanusiaan dan agama semestinya bukan menjadi acuan berpikir seorang ekonom muslim. Sistem ekonomi Islami sebagai ilmu ini sedang banyak dibahas. Dimana perkembangannya didasari oleh pemahaman terhadap Al-Qur’an dan Hadits yang bukan untuk menguasai atau menghegemoni namun bertujuan untuk menegakkan kalimat Allah dan memakmurkan dunia serta membebaskannya dari penguasa yang dzalim dan eksploitatif terhadap kehidupan. Buku ini berusaha mengkaji kejadian ekonomi yang terjadi di dunia. Peristiwa ekonomi yang terjadi pun tidak luput dari kebenaran yang disampaikan Allah SWT dalam firman-Nya “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar” (QS. Ar-Rum: 41). Fenomena tersebut tldak hanya berlaku untuk kejadian alam semata, namun juga berlaku untuk kehidupan sosial antar makhluk hidup, salah satunya di bidang ekonomi, yang memperlihatkan bagaimana manusia mengikuti hawa nafsu sehingga bersifat serakah yang akhirnya menciptakan berbagai bentuk ketidakadilan sosial dan ekonomi. Sebagai Buku Ajar, buku ini menggunakan bahasa yang mudah dlpahami oleh mahaslswa ekonomi secara umum. Buku ini berusaha membahas mengenai kondisi Slstem Ekonomi Saat Ini, dilanjutkan pembahasan terkait apa itu Sistem Ekonomi Islami, dan bagaimana Konsep Ekonomi Makro Islami dari berbagai ahli.
Dasar-dasar ekonomi makro dalam perspektif islam, indikator ekonomi makro islam, fungsi konsumsi makro dalam perspektif islam, tabungan dan investasi dalam perspektif islam, fungsi uang dalam perspektif islam, keseimbangan di pasar barang, zakat dan kebijakan fiskal, kebijakan moneter dalam perspektif ekonomi islam, pertumbuhan ekonomi dalam perspektif ekonomi islam, inflasi dan pengangguran dalam ekonomi islam, sistem perekonomian dalam perspektif ekonomi islam, nilai tukar dalam perspektif ekonomi islam, isu-isu kontemporer dalam makro ekonomi islam.
Dasar-dasar ekonomi makro dalam perspektif islam, indikator ekonomi makro islam, fungsi konsumsi makro dalam perspektif islam, tabungan dan investasi dalam perspektif islam, fungsi uang dalam perspektif islam, keseimbangan di pasar barang, ...
Manajemen Keuangan Internasional dalam buku ini membahas manajemen keuangan dalam pengaturan internasional. Manajemen keuangan terutama berkaitan dengan perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian keuangan secara optimal yang dilakukan perusahaan. Manajemen tersebut diharapkan dapat membantu dalam membuat berbagai keputusan keuangan perusahaan, seperti yang berkaitan dengan investasi, pembiayaan, kebijakan dividen, dan manajemen modal kerja. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan materi perkuliahan pada mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan adanya buku ini penulis berharap para mahasiswa yang sedang memprogram mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional dapat lebih mudah memahami berbagai teori yang terkai dengan keuangan Internasional.
Buku Hukum Ekonomi Syariah: Sebuah Kajian Komprehensif ini merupakan pengetahuan mendasar dan fundamental bagi pembelajar di bidang Hukum Ekonomi Syariah, disusun dengan memasukkan tiga kompetensi dasar, yaituhukum, ekonomi, dan ilmu-ilmu syariah. Untuk memudahkan pembaca, buku ini disusun dengan singkat dan padat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai batu loncatan bagi pembelajar pemula atau sebagai ringkasan bagi pembelajar tingkat lanjut. Buku ini juga dilengkapi dengan serangkaian soal pada setiap babnya.
Menyoroti Produk Pemikiran Hukum Islam Di Indonesia : Kajian Metodologis Penetapan dan Penerapan Fatwa Ulama . ( Ringkasan Disertasi ) . PPs UIN Alauddin Makassar . Mustofa , & Wahid , A. ( 2009 ) . Hukum Islam Kontemporer .
Pentingnya sistem informasi manajemen dalam perusahaan tidak terlepas dari hal-hal yang bisa memengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri. Segala jenis keputusan manajemen dan aktivitas manajemen selalu berdasarkan pada data. Di sisi lain setiap saat manajemen harus membuat keputusan. Keputusan harus didasari oleh informasi yang tepat. Informasi dihasilkan oleh sistem informasi manajemen. Manajemen membutuhkan informasi. Sedangkan sistem informasi manajemen menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sederhana, namun ada hal yang mendorong sistem informasi manajemen menjadi lebih dibutuhkan oleh manajemen perusahaan, bahkan menjadi wajib dimiliki. Buku ini hadir untuk menjawab tatangan para manajer informasi dalam mengatur perusahaan agar tetap kompatibel sesuai perkembangan zaman. Penulis membahas mulai konsep dasar sistem informasi manajemen hingga praktiknya dalam perusahaan. Penulis juga menawarkan konsep etis dalam pengembangan sistem informasi, sehingga kehadirannya menjadi penyeimbang tujuan profit perusahaan. Buku ini sangat cocok untuk para dosen, mahasiswa maupun praktisi.
Keputusan harus didasari oleh informasi yang tepat. Informasi dihasilkan oleh sistem informasi manajemen. Manajemen membutuhkan informasi. Sedangkan sistem informasi manajemen menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Sistematika buku Sistem Informasi Manajemen Kontemporer ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Bab 2 Konsep Sistem dan Informasi Manajemen, Bab 3 Komponen Sistem Informasi Manajemen, Bab 4 Konsep Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi, Bab 5 Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi, Bab 6 Keamanan Sistem Informasi Manajemen, Bab 7 Peranan SIM Dalam Kegiatan Manajemen, Bab 8 Pemanfaatan Teknologi Pada Sistem Informasi, Bab 9 Isu Sosial dan Etika Dalam Sistem Informasi, Bab 10 Sistem Informasi Pada Organisasi, Bab 11 Sistem Informasi Pada Akuntansi, Bab 12 Sistem Informasi Pada Pendidikan, Bab 13 Sistem Informasi Manajemen Pada Pemerintahan, Bab 14 Sistem Informasi Pemasaran, Bab 15 Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SIM, dan Bab 16 Perusahaan Digital E-Commerce dan E-Business.