Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

Surat Kabar Guru Belajar Edisi II Program Pendidikan Untuk Semua Yogyakarta

MENDAKI LEBIH TINGGI Senyum bahagia anak adalah hadiah terbaik atas kerja keras pendidikan. Terlebih senyum itu berasal dari murid penyandang disabilitas yang optimis untuk melanjutkan pendidikan tinggi. --- Saya bisa menyetir mobil itu termasuk lambat dibandingkan kebanyakan teman. Saya mengendarai mobil setelah bekerja sekian tahun. Setelah bisa, saya mengurus surat ijin mengemudi. Gara-gara itu saya akhirnya tahu bahwa surat izin mengemudi ternyata ada levelnya. Surat Izin Mengemudi (SIM) yang saya miliki berada pada level paling rendah, level penguasaan yang paling sedikit tantangannya. Hanya bisa mengendarai kendaraan yang tergolong kecil. Setelah mempunyai SIM jenjang terendah sekian bulan, saya baru bisa mengajukan SIM pada jenjang yang lebih tinggi. Semakin tinggi jenjang, semakin kompleks tantangannya dan semakin banyak penyesuaian perilaku yang dibutuhkan. Begitu juga menjadi guru. Pada dasarnya menguasai kompetensi yang sama namun dengan jenjang penguasaan yang berbeda-beda. Saya selalu membayangkan guru pada pendidikan inklusi dan pendidikan luar biasa menempati jenjang yang lebih tinggi dibandingkan guru pada umumnya. Saya membayangkan guru pada pendidikan khusus sama seperti guru pada umumnya hanya saja tantangan yang dihadapi lebih kompleks. Guru pada umumnya menghadapi murid yang beragam kondisinya. Guru pendidikan khusus menghadapi keragaman murid yang lebih intensif. Guru pada umumnya dituntut kreatif melakukan pembelajaran. Guru pendidikan khusus dituntut lebih kreatif lagi. Wajar bila kita respek dan perlu belajar dari guru pendidikan khusus. Itulah mengapa menjadi kehormatan bagi Kampus Guru Cikal ketika dipercaya Nusantarun untuk mengelola program Pendidikan untuk Semua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Program ini bertujuan menyediakan dukungan dan kesempatan bagi murid penyandang disabilitas mendapatkan akses pendidikan tinggi. Guru pendidikan khusus, bagaimana pun, menjadi penggerak utama program yang berinteraksi langsung dengan murid penyandang disabilitas. Program Pendidikan untuk Semua sendiri termasuk kompleks. Banyak pihak yang dilibatkan, mulai guru, murid penyandang disabilitas, orangtua, pemerintah daerah hingga perguruan tinggi yang mempunyai program bagi murid penyandang disabilitas. Variasi program dan konten pembelajarannya pun relatif kompleks. Setelah lebih dari satu tahun berjalan, program Pendidikan untuk Semua ini sebenarnya sudah pada fase akhir program. Sayangnya, kondisi darurat COVID-19 membuat pelatihan bagi murid penyandang disabilitas di Yogyakarta yang berpotensi mendapatkan beasiswa harus tertunda. Saat ini kami tengah menyiapkan program belajar daring (online) pengganti untuk memastikan kualitas pembelajaran yang setara dengan pelatihan yang dilakukan di Jawa Tengah. Surat Kabar Guru Belajar edisi ini menampilkan perjalanan dan pelajaran sepanjang perjalanan program dari awal hingga akhir. Pada akhirnya, keyakinan awal semakin menguat bahwa murid penyandang disabilitas layak mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi. Sebagaimana ditegaskan pada tulisan guru Sri Wahyuni, murid penyandang disabilitas tidak butuh perlakuan istimewa. Mereka butuh perlakuan yang sama, sebagaimana kita memperlakukan semua murid secara istimewa. Terima kasih Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas dukungannya. Terima kasih untuk IAIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas 11 Maret dan Universitas Dian Nuswantoro atas komitmennya terhadap kesempatan yang setara bagi murid penyandang disabilitas melanjutkan pendidikan tinggi. Terima kasih Nusantarun yang telah memberi kepercayaan dan menjadi teman seperjalanan untuk mewujudkan pendidikan untuk semua. Telah panjang perjalanan kita, tapi masih panjang perjalanan yang harus ditempuh untuk mendampingi murid penyandang disabilitas yang mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi. Mari terus melangkah bersama, menemani mereka mendaki lebih tinggi! Bukik Setiawan Kampus Guru Cikal

Sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah saya sering menjumpai berbagai macam permasalahan murid dalam proses pemenuhan tugas-tugas perkembangannya. Saya menyadari bahwa satu masalah saja dalam diri murid dapat berpengaruh ...

Manajemen Sumber Daya Insani di Lembaga Pendidikan Optimalisasi Supervisi untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

Dalam buku ini penulis menggunakan istilah Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) walau pada dasar konsepnya tidak terdapat perbedaan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), hanya saja di buku ini penulis berupaya menggali kon- sep-konsep Islam. Topik sumber daya insani merupakan kajian sentral manajemen, tentu tanpa mengabaikan tema lainnya. Tanpa adanya sumber daya insani bermutu dapat dipastikan organisasi tidak dapat bergerak dan sangat sulit mencapai tujuan organisasi.

Berbeda dengan permasalahan guru, Kimbal Wiles menyampaikan hal yang diharapkan guru dari atasannya. Hal ini penting mendapat perhatian. Masalah-masalah yang dihadapi guru dalam tingkat satuan pendidikan mulai dari SD/Mis, SMP/MTs, ...

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, berbagai isu aktual seputar pendidikan tersaji dalam buku ini berupa artikel-artikel yang sederhana namun sangat padat dengan informasi yang menjadi sorotan masyarakat. Pendidikan sebagai kebutuhan para generasi mendatang terkadang dibarengi dengan berbagai intrik permasalahan sehingga menarik untuk dibicarakan. Melalui buku ini penulis sebenarnya bukan memberitahukan kemampuan menulisnya tetapi lebih kepada memberi informasi yang sedang hangat dibicarakan. Sharing berbagai kasus dalam dunia pendidikan kepada para pembaca yang budiman. Kasus yang berkembang bisa memberi informasi, mengingatkan, menginspirasi atau hanya sekedar berbagi saja. Guru sebagai fibur dilingkungan pendidikan menjadi topik dalam tulisan ini. Mengingat dalam kehidupannya guru dan permasalahannya terkadang menarik untuk dibicarakan dan seakan tidak ada habisnya. Kiprahnya menghadapi mahluk hidup sebagai objek kerja sangat menarik untuk diungkap menjadi sebuah kisah yang dikemas dalam bentuk artikel sehingga para pembaca akan dengan mudah dan cepat menagkap makna dari setiap artikel yang tersaji itu. Tulisan dengan bahasa dan alur yang sederhana menjadikan buku ini sebagai sumber bacaan yang ringan meski memiliki ketebalan yang cukup sekalipun, tetap bacaan ini memiliki sajian yang sangat ringan dan santai. Mungkin saja slah satu dari artikel yang tersaji disini pernah anada alamai atau bis amemberikan sebuah inspirasi dalam kegiatan mengajar anda sehingga proses pembelajaran yang anda lakukan akan mendapatkan hasil yang lebih baik, Bahkan mungkin saja artikel yang ada dalam buku ini mengingat kita semua bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan sebuah usaha yang maksimal, Kecuali kita tidak berbuat apa-apa. Mimiliki buku ini untuk menambah koleksi bacaan anda di rumah. Simak setiap intisari dari rentetan artikel yang tersaji didalamnya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, ...

Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar. Bagaimanapun, sektor pendidikan di sebuah negara harus tetap hidup sebagai bekal untuk membangun bangsa. Salah satu pemeran penting agar pendidikan bangsa ini tetap hidup adalah guru. Buku ini ditulis oleh para guru nusantara dengan ide-ide menarik tentang cara menghidupkan pembelajaran di masa pandemi. Buku ini tentu wajib dibaca oleh para guru untuk menambah kreativitas dalam mengajar di masa-masa sulit–karena pembelajaran yang menyenangkan membuat peserta didik lebih mudah dalam menerima ilmu.

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar.

TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM diartikan sebagai sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan, maka TQM dapat di pandangan sebgai suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua unsur karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan dan berpartisipasi secara aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. Strategi yang digunakan pada TQM diantaranya data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Maka dari itu Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pegawai sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen.

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara ...

Pendidikan Musik: Permasalahan dan Pembelajarannya

Buku ini berisi kumpulan makalah yang sudah disajikan dalam seminar baik tingkat nasional maupun internasional, yang dalam perjalanannya penulis berupaya untuk menyikapi persoalan jagat pendidikan seni sesuai dengan isu dan topik yang dimunculkan dalam seminar. Yang tentunya dianggap sebagai isu aktual pada saat itu. Ada yang berupa gagasan-gagasan konseptual, ada juga tulisan hasil penelitian. Sebagian lagi adalah tulisan-tulisan yang masih berceceran sebagai hasil orat-oret penulis di waktu senggang. Dan kita tahu, bahwa pendidikan seni di negara kita masih “dinomorduakan”, bahkan sepertinya ada kesan belum dianggap sebagai bagian dari ilmu pengetahuan. Itulah tantangan kita, untuk menghadapi puspa ragam persoalan yang senantiasa menampar dunia pendidikan seni kita. Seperti menghadapi kalangan yang belum mampu melihat pendidikan seni sebagai sebuah keajaiban bagi manusia. Padahal melalui senilah manusia bisa mengasah jiwa, dan melalui senilah manusia belajar merasa. Pendidikan seni secara luas bukanlah hanya sebuah jalan menuju alam kesenimanan, melainkan lebih penting dari itu adalah sebuah proses untuk memanusiakan manusia.

GURU. MUSIK. SEKOLAH. DASAR. Latarbelakang Masalah Dalam satu perspektif, pendidikan musik di sekolah dasar saat ini pada umumnya belum sampai pada titik yang membanggakan, jika dipandang dari ekses atau dampak pendidikan musik terhadap ...

Kedudukan Komik dalam Pendidikan Sains dan Pertanyaan Penggerak untuk Memotivasi Minat Siswa

Handbook Pengajaran dan Pembelajaran Sains

Buku digital ini berjudul "Kedudukan Komik dalam Pendidikan Sains dan Pertanyaan Penggerak untuk Memotivasi Minat Siswa", merupakan buku yang berisi tentang "Pengajaran dan Pembelajaran Sains" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

PBS mengambil pendekatan penyelidikan terhadap kegiatan mengajar dan belajar sains . Di PBS , siswa menemukan solusi untuk pertanyaan yang bermakna melalui penyelidikan , kolaborasi dan penggunaan teknologi pembelajaran .

Perencanaan Pendidikan

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik. Oleh karena itu, mempelajari perencanaan pendidikan dengan sebaik mungkin akan memberikan bekal dan fondasi yang kuat bagi peminat perencanaan pendidikan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam bidang ilmu ini. Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakaran masing-masing. Buku ini terdiri dari 15 bab mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilaksanakan bertahun-tahun. Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan khasanah keilmuan baik secara teoritis maupun praktik, khususnya terkait dengan bidang kajian perencanaan pendidikan. Buku ini berbeda dengan berbagai buku yang lebih banyak mengulas perencanaan pendidikan dari sisi formulasi dan implementasi semata, buku ini menawarkan sudut pandang lain.

Buku Perencanaan Pendidikan ini di rancang untuk membantu mahasiswa/guru/dosen/praktisi pendidikan agar dapat belajar bagaimana perencanaan pendidikan yang baik.

Perencanaan Pendidikan Islam

Sistematika buku kolaborasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan praktis berdasarkan kajian perkuliahan yang dilakukan bertahun-tahun. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, di antaranya: Definisi, Karakteristik, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam, Perencanaan Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Perencanaan Pendidikan Sebagai Alat Analisis Kemajuan Bangsa, Kondisi Aktual Perencanaan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Analisis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Narasi Dalam SPN (Sistem Pendidikan Nasional), Keterkaitan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tingkat Daerah (Kota/Kabupaten), Pengambilan Keputusan dalam Perumusan Kebijakan Pendidikan, Proses Perumusan Kebijakan Perencanaan Pendidikan Pada Tingkat Politik Strategik, Strategi Perencanaan Sekolah Islam Yang Unggul.

Namun, masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat Indonesia masih terus meningkat. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada semua jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar ...