Sebanyak 3496 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI

This book is a comprehensive guide that reviews various aspects of Islamic religious education in the tertiary environment. By combining theological understanding and philosophical views, this book invites readers to reflect on the role of religion in academic and social life. This book consists of 11 chapters Chapter 1 discusses the importance of Islamic religious education in higher education as a foundation for forming a generation with noble character and broad insight. This chapter also discusses the goals and challenges of Islamic religious education in the context of modern education. Chapter 2 explores the concept of the "Godly Man", which emphasizes the importance of the human relationship with God in the search for the meaning of life. This chapter invites readers to reflect on the essence of human existence within the framework of Islamic spirituality. Chapter 3 discusses how Islam can guarantee happiness in life. By exploring Islamic moral and ethical principles, this chapter illustrates how adherence to religious teachings can bring peace and happiness. This book also includes several other chapters, including Integration of Faith-Islam-Ihsan, Building a Quranic Paradigm, Grounding Islam in Indonesia, Integration of Pluralism-Multiculturalism and Tolerance for Unity, and several others. This book is not just a textbook, but is also a call to explore the deep meaning of Islamic teachings and apply them in everyday life. This book will help readers understand the important role of religion in shaping character, morals and ethics in the context of modern higher education.

This book is a comprehensive guide that reviews various aspects of Islamic religious education in the tertiary environment.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa. Ini melibatkan pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menerapkan teknologi dalam instruksi, dan melacak kinerja mereka. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep dasar teknologi pendidikan, bab dua tentang pengembangan teknologi pendidikan, bab tiga tentang kawasan & ranah teknologi pendidikan, bab empat tentang teknologi pendidikan dalam membentuk karakter bangsa, bab lima tentang teknologi pendidikan dalam masyarakat, bab enam tentang peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, bab tujuh tentang peningkatan kompetensi guru & dosen melalui teknologi pendidikan, bab delapan tentang perkembangan teknologi komunikasi & dampaknya terhadap pendidikan, bab sembilan tentang pemanfaatan teknologi pendidikan pada pergururuan tinggi, bab sepuluh tentang klasifikasi media pembelajaran, bab sebelas tentang pemanfaatan teknologi pendidikan sekolah, bab dua belas tentang teknologi pendidikan & teori pembelajaran, bab tiga belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam praktik pendidikan, dan bab empat belas tentang teknologi sebagai pendekatan dalam permasalahan pendidikan, bab lima belas tentang penerapan teknologi pendidikan di negara maju dan berkembang,

Teknologi pendidikan merupakan aplikasi sistematis dari proses dan sumber teknologi yang relevan dalam pengajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja siswa.

Kepemimpinan Pendidikan Modern

Buku ini hadir dalam rangka memahami konsep manajemen oleh seorang pemimpin dalam perilaku menjadi seorang leader yang futuristik dan modern karena buku ini didasarkan pada penelitian terhadap materi-materi dari perkuliahan meliputi: Konsep dan Definisi Kepemimpinan, Karakteristik Kepemimpinan, Syarat Dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Kepemimpinan Dan Manajemen, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Kepemimpinan Sekolah Yang Sukses, Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah, Kepimpinan Pendidikan Pada Konteks Yang Multikultural Dan Menantang, Konteksasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Negeri, Kontestasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta. Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal.

Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku ...

TEKNOLOGI PENDIDIKAN: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan, perkembangan teknologi pendidikan, teori pembelajaran dan teknologi, aplikasi pembelajaran digital, desain kurikulum berbasis teknologi, pembelajaran berbasis game, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital, evaluasi dan pengukuran pembelajaran digital, keamanan dan etika dalam pendidikan digital, pengembangan profesional guru di era digital, tantangan sosial dan psikologis dalam pembelajaran digital, inklusi digital: meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan masa depan teknologi pendidikan.

Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan.

Pengantar Teknologi Pendidikan

Selamat datang dalam dunia yang penuh inovasi dan transformasi, di mana teknologi menjadi tiang yang membangun jembatan antara ilmu pengetahuan dan pembelajaran. Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan. Seperti yang dikatakan oleh John Dewey, seorang filsuf pendidikan ternama, "Jangan sekedar mengajar murid secara mekanis, melainkan bawalah mereka untuk berpikir." Dalam konteks ini, teknologi menjadi katalisator yang memperluas ruang berpikir dan pembelajaran. Buku yang ditulis oleh dosen dan praktisi yang berkecimpung di ilmu Pendidikan ini menghadirkan berbagai materi menarik diantaranya: Konsep Dasar Teknologi Pendidikan, Integrasi Teknologi dalam Kurikulum, Perkembangan Teknologi, Tren dan Inovasi Terkini dalam Teknologi Pendidikan, Alat dan Media Pembelajaran, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi, Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi, Manajemen Teknologi Pendidikan, Implementasi Teknologi Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran media digital, Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan. Serta Implikasi Sosial dan Etika dalam Penggunaan Teknologi Pendidikan Semoga buku ini tidak hanya menjadi panduan, tetapi juga inspirasi bagi para pendidik, mahasiswa, dan siapa pun yang peduli terhadap masa depan pendidikan. Mari kita bersama menapaki jejak menuju transformasi pendidikan yang berkelanjutan.

Buku berjudul "Pengantar Teknologi Pendidikan" membawa Anda dalam perjalanan menggali potensi teknologi untuk memperkaya proses pendidikan.

Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Digital

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri. Inovasi-inovasi teknologi telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental, membuka pintu-pintu baru menuju pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan efektif. Buku berjudul, "Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang di Era Modern", merupakan sebuah panduan komprehensif bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dari penggunaan alat-alat digital dalam kelas hingga pemanfaatan platform pembelajaran daring, buku ini menguraikan beragam strategi dan praktik terbaik untuk memanfaatkan teknologi secara optimal. Buku ini membahas tema-tema menarik meliputi Konsep Teknologi pendidikan di Era Digital, Ruang lingkup Teknologi Pendidikan, Perkembangan Teknologi Pendidikan, Perubahan Paradigma Pembelajaran, Peran Teknologi dalam Pembelajaran, Tantangan dan Peluang, Strategi Mengintegrasikan Teknologi dalam Kurikulum, Implementasi Kurikulum Digital, Evaluasi Efektivitas Pembelajaran Digital, Etika Penggunaan Teknologi di Pendidikan, Implementasi Teknologi di Sekolah, Implementasi Teknologi di Perguruan Tinggi, serta Rekomendasi Kebijakan Pendidikan berbasis teknologi.

Dalam era di mana teknologi menjadi tulang punggung peradaban manusia, pendidikan tidak bisa lagi berjalan sendiri.