Sebanyak 57 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus. Kekhususan tersebut tak hanya terletak dalam ragam aktivitas yang digunakan (sebagai media menyampaikan pelajaran) seperti bermain, bernyanyi, menggunting, dan menyusun balok, tetapi juga dalam metode asesmen dan penelitian. Dalam kaitan khusus tersebutlah buku ini, berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian. bagian awal buku ini menyajikan pengantar penelitian pendidikan secara umum, di bagian kedua: pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian. Dan bagian ketiga, sebagai penutup: aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Karakteristik dan perkembangan psikologi yang khas, membuat proses belajar dan mengajar bagi anak usia dini menjadi khusus.

BUKU SAKU GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini hadir karena banyaknya keluhan tentang pergantian kurikulum dimana belum dipahami kurikulum yang lama muncul lagi kurikulum baru. Pada intinya tidak ada yang sulit jika guru tidak terlambat memahami kurikulum lama. Oleh karena itu buku saku sangat mudah digunakan oleh para guru pemula dalam meracik pembelajaran. Persoalan teknis, dalam menghadapi perubahan ini dapat diatasi melalui hadirnya buku panduan ini. Buku saku guru PAUD ini merupakan persiapan untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 agar berjalan lancar, karena kurikulum bukan hanya menyangkut tujuan dan arah pendidikan akan tetapi juga menyangkut bahan ajar yang harus dimilki oleh anak didik. Buku saku ini sangat cocok dijadikan sebagai panduan untuk guru PAUD dalam meramu pembelajaran khusunya guru pemula yang belum pernah mengalami proses kurikulum yaang selalu berubah. Cocok juga bagi para mahasiswa dalam membuat program pembelajaran. Buku ini dapat juga dijadikan referensi bagi dosen PAUD Semoga buku saku guru PAUD ini dapat mempermudah guru dalam mencerna dan memahami kurikulum 2013, dan kepada pihak yang ingin memberikan sumbangsih pikiran kami menerima dengan hati yang terbuka demi perbaikan buku ini.

Menurut Direktorat Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (2015:30) lingkup perkembangan yang ada dalam standar yang disebut dengan aspek perkembangan dengan kompetensi dasar dalam kurikulum. Sesungguhnya aspek pencapaian perkembangan ...

Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini

Di saat ini anak mencocokkan pengetahuan yang ia dapatkan dengan keadaan yang sebenarnya . ... penetasan telur ayam , peternakan • sanggar - sanggar seni , tari , drama , teater Sekolah tidak perlu mengadakan rekreasi bila pada umumnya ...

KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

panduan bagi guru, calaon guru, dan orang tua

Proses mental dan perilaku guru atau orang tua dalam melayani komunikasi dengan anak dituntut harus mampu menyeimbangkan diri sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Oleh karena itu, sudah selayaknya seorang guru atau orang tua memahami bahkan menguasai karakteristik setiap anak didiknya. Untuk menunjang hal tersebut perlu tertanam aspek kecerdasan dalam diri guru atau orang tua. Guru dan orang tua cerdaslah yang mampu mendidik anak-anaknya dengan melayani segenap kebutuhan pengembangan proses mental dan perilaku komunikasi anak. supaya anak mampu menyelesaikan tugas perkembangannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untuk melakukan komunikasi secara terpadu memerlukan totalitas usaha demi
tercapainya sebuah tujuan dilakukannya komunikasi dalam kegiatan
pembelajaran. Anak usia dini lebih menyukai guru yang melakukan konsep
komunikasi ...

Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak usia dini

... drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni, gerak dan tari, serta drama. 3. Standart proses Pelaksanaan pembelajaran dalam program pendidikan anak usia dini (PAUD) ...

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya. Semua yang diterimanya pada periode tersebut menjadi pondasi dan kerangka utama tumbuh kembangnya di masa mendatang, baik fisik maupun psikologi. Namun periode tersebut juga merupakan periode yang rumit untuk dipelajari, karena keterbatasan kemampuan anak dalam mengomunikasikan apa yang didapatnya; dan keterbatasan orang dewasa dalam memahami apa yang hendak dikomunikasikan, dirasakan, dan dipelajari oleh anak. Dari kacamata tersebut, maka buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut. Perbincangan dalam buku ini mencakup bagaimana keterampilan lunak dan motorik anak berkembang; apa pengaruh media pada anak di periode tersebut serta bagaimana anak dapat terpengaruh, sampai perkembangan peran gender dan seks serta emosi anak yang terjadi dan berlangsung pada periode tersebut. Dari cakupan pembahasan yang ada di dalamnya, buku ini penting bagi semua orang yang hendak dan sedang menggeluti perkembangan anak usia dini. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya.

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter

Tanggung jawab pendidikan dibebankan kepada tiga lingkungan dengan beberapa strategi pembelajaran pada anak yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat . Ketiganya, disebut tripusat pendidikan yang satu sama lainnya saling terkait dan saling menunjang untuk mewujudkan sasaran dan tujuan pendidikan. Pendidikan yang diselenggarakan di sekolah merupakan jalur formal, sedangkan pendidikan yang diselenggarakan di masyarakat merupakan jalur nonformal, dan pendidikan yang diselenggarakan di keluarga merupakan jalur informal. Dalam pandangan penulis bahwa pendidikan informal yang juga disebut sebagai pendidikan keluarga, merupakan jalur pendidikan yang sangat signifikan, karena di sinilah anak mula-mula dididik, atau dapat pula dikatakan bahwa di lingkungan keluargalah pertama kali anak dipelihara, dibesarkan, dan menerima sejumlah nilai serta norma yang ditanamkan kepadanya. semoga buku bahan ajar ini bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya, dan Ilmu Pendidikan Islam pada khususnya.

1) Pola pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan oleh Sekolah Dasar di Kabupaten Sidenreng Rappang, merujuk pada ... ibadah, dan akhlak pada anak melalui pendekatan sosialkultural 2) Faktor pendukung terwujudnya pendidikan anak di ...

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Perspektif Dosen PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Dalam buku ini terdiri dari 16 chapter, yang ditulis oleh enam belas dosen PG-PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 16 chapter tersebut, adalah: Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini; Egocentric Thinking: Memahami Egosentrisme pada Anak Usia Dini; Urgensi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini; Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini; Persepsi Orang Tua terhadap Whole Language dalam Pengenalan Reseptif Menyimak Anak Usia Dini; Perkembangan Emosi dan Permasalahan Emosi Anak Usia Dini; Membangun Adab Anak Melalui Komunikasi Epektif dalam Keluarga; Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini; Digital Parenting 4.0; Tanggung Jawab dan Disiplin untuk Membentuk Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini; Urgensi Parenting Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam; Mengendalikan Marah Dengan Senyuman dan Tawa dalam Mengasuh Anak Usia Dini; Keteladanan Orang Tua Sebagai Dasar Nilai Agama bagi Anak Usia Dini; Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini; Asyiknya Home Learning untuk Anak Usia Dini

Usaha pembentukan dan perkembangan anak agar memiliki perilaku dalam keagamaan yaitu tidak melawan orang tua, ... kepada anak sejak kecil, serta selalu konsisten dalam memberikannya, akan menjadikan iman dan akhlak anak tetap kokoh, ...

Metode Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Buku ini menjelaskan tentang metodologi pembelajaran sains untuk jenjang PAUD. Metode pembelajaran juga dapat diterapkan pada jenjang pendidikan dasar atau sekolah dasar.

Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Usia Dini. Jogyakarta: Diva Press. Nugraha, A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains, Bandung: ... Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grasindo. Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah ...

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Sebuah Bunga Rampai (Edisi Pertama)

Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut. Perbincangan dalam buku ini mencakup bagaimana keterampilan lunak dan motorik anak berkembang; apa pengaruh media pada anak di periode tersebut serta bagaimana anak dapat terpengaruh, sampai perkembangan peran gender dan seks serta emosi anak yang terjadi dan berlangsung pada periode tersebut. Dari cakupan pembahasan yang ada di dalamnya, buku ini penting bagi semua orang yang hendak dan sedang menggeluti perkembangan anak usia dini Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut.